20+ Contoh Peluang Usaha di Lingkungan Sekitar yang Mudah dan Menguntungkan

Peluang usaha sebenarnya dapat dengan mudah kalian temukan pada lingkungan sekitar. Berikut ini kami akan memberikan contoh peluang usaha di lingkungan sekitar yang dapat kalian jadikan referensi sebagai ide usaha.

Membahas peluang usaha di lingkungan sekitar tentu ada banyak peluang yang bisa kalian lihat. Dari mulai usaha modal banyak hingga tanpa modal sepeserpun.

Karena saya tinggal di daerah pedesaan ada beberapa peluang usaha yang bisa saya rekomendasikan untuk kalian. Memang sangat banyak sekali contoh peluang usaha di lingkungan sekitar yang bisa kalian coba. Tetapi sebelum menjalankan usaha tersebut kalian harus memastikan prospek usaha tersebut ke depannya.

Contoh Peluang Usaha di Lingkungan Sekitar

Berikut ini beberapa contoh peluang usaha di lingkungan sekitar yang bisa kalian pilih sesuai dengan minat dan modal yang kalian miliki :

1. Toko Kelontong

Toko kelontong adalah salah satu bisnis di rumah yang lumayan menguntungkan. Meskipun modal yang dibutuhkan tidak sedikit tetapi banyak yang memilih bisnis ini.

Jika langsung berjualan banyak memang akan membutuhkan modal yang tidak sedikit, tetapi jika sedikit demi sedikit tentu dengan modal 300-500 ribu kalian sudah bisa membuka toko kelontong kecil-kecilan.

Baik di desa maupun di kota keberadaan toko kelontong sangat dibutuhkan sekali, karena memang tidak semua orang suka untuk membeli kebutuhan sehari-hari di tempat yang jauh.

Kalian yang punya hobi jualan bisa banget untuk membuka toko kelontong untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat sekitar juga menambah penghasilan.

Baca Juga: Usaha yang Cocok di Desa Pinggir Jalan

2. Jual Jasa Pulsa, Paket Data dan Token Listrik

Jasa jual pulsa merupakan salah satu contoh peluang usaha di lingkungan sekitar yang sangat berpotensi sekali. Karena memang dalam satu desa hanya ada 3-5 orang saja yang biasa jual jasa pulsa, paket data apalagi token listrik. Tetapi karena anak muda sekarang pasti sudah kenal dengan dompet digital yang serba bisa untuk transfer, bayar tagihan, beli pulsa, beli paket data, beli token listrik dan lain sebagainya tentu kalian bisa membuka jasa jual pulsa dan lainnya.

Meskipun keuntungan yang didapatkan tidak terlalu banyak, sekali transaksi kalian bisa mendapat untung 1500-2000 jika sehari bisa 25 orang kalian sudah dapat untung bersih 50.000 apalagi jika sedang promo cashback kalian dapat untung dua kali.

Dan paling penting kalian tidak perlu modal yang banyak hanya dengan smartphone dan deposit saldo mulai dari 100.000 saja sudah bisa mulai usaha.

3. Jual Bahan Bakar Minyak

Baik di desa maupun kota kebutuhan bahan bakar hampir setiap hari dibutuhkan tidak hanya kendaraan tetapi juga mesin diesel. Jika tempat tinggal kalian terlalu jauh dengan SPBU kesempatan yang bagus untuk jualan bahan bakar minyak mulai bensin, pertalite dan solar.

Biasanya para orangtua akan lebih memilih beli di tempat jualan bensin daripada ke SPBU terlebih saat kebutuhan mendesak dan bensin tinggal sedikit. Modalnya juga tidak terlalu banyak dengan menggunakan botol bekas serta corong dan bbm kalian sudah bisa membuka usaha jualan bbm.

4. Ternak dan Jual Beli Ayam Kampung

Salah satu ternak hewan yang paling mudah adalah ternak ayam kampung. Dengan modal 2 ekor ayam jantan dan betina dalam satu tahun jumlah ayam kalian akan bertambah. Perawatannya yang mudah membuat banyak orang memilih untuk ternak ayam kampung.

Selain itu harga ayam kampung juga cukup mahal, karena memang dagingnya yang gurih dan lebih sehat dari ayam boiler. Sehingga banyak target pasar untuk jualan ayam kampung, bahkan ada beberapa pembeli ayam kampung datang ke peternak langsung untuk membeli.

5. Jual Ternak dan Jual Beli Kambing

Selain ayam ternak dan jual beli kambing juga banyak ditemui saat ini. Bahkan di desa hampir 60% penduduknya pasti memiliki kambing. Kambing saat ini sudah bisa dijual mulai dari anakan hingga dewasa. Kambing jantan harganya dua kali lipat dari kambing betina dan itu sudah mutlak.

Kambing selalu dibutuhkan setiap hari untuk akikah, kirim doa tidak hanya pada saat idul adha saja. Tetapi karena pada saat idul adha harga kambing naik peternak lebih memilih untuk menjualnya ketika idul adha.

6. Jasa Pijat

Contoh peluang usaha di lingkungan sekitar berikutnya adalah jasa pijat. Jasa pijat memang sudah sangat jarang ditemui saat ini, karena memang diperlukan keterampilan khusus. Bagi beberapa orang ketika capek dari bekerja atau beraktivitas mereka pasti akan mencari jasa pijat baik laki-laki ataupun perempuan.

Mereka bisa saja menuju ke salon atau spa, tetapi karena pijat harga jasanya lumayan terjangkau mereka lebih memilih untuk menggunakan jasa pijat yang merakyat di semua kalangan. Jadi jika kalian mempunyai skill pijat bisa sekali untuk membuka jasa pijat.

7. Jual Sayuran Keliling

Penjual sayuran keliling merupakan contoh peluang usaha di lingkungan sekitar yang masih banyak peminatnya. Hal ini karena memang biasanya lokasi pasar yang jauh dan juga kesibukan aktivitas banyak para ibu-ibu tidak mau ke pasar sendiri lebih memilih berbelanja di penjual sayur keliling.

Meskipun membeli sayuran di penjual keliling ada sedikit perbedaan bisa selisih 500-2000 tergantung sayur yang dijual tetapi masih banyak diminati. Berjualan sayur keliling pun modalnya tidak terlalu banyak dengan 500.000 kalian bisa menjual beberapa jenis bahan sayuran serta bumbu dapur. Kalian bisa berjualan mulai dengan jalan kaki, naik sepeda atau motor berkeliling di lingkungan sekitar kalian.

Baca Juga: Cara Mengelola Keuangan Usaha Dagang Kecil

8. Jual Ikan Keliling

Ikan merupakan salah satu lauk pauk yang sangat digemari selain dari ayam, tahu ataupun tempe. Berjualan ikan juga memiliki potensi yang cukup bagus, karena orang tidak mudah bosan dengan ikan dan bisa diolah atau dimakan hanya dengan digoreng dan dimakan pakai sambal.

Orang-orang tidak mungkin membeli ikan langsung di TPI karena memang lokasinya yang sangat jauh. Sehingga ini bisa menjadi peluang kalian untuk menjual ikan keliling baik ikan segar ataupun ikan yang sudah di asap. Kalian juga bisa membuka sistem pre order atau pesan antar pada pelanggan kalian.

9. Jual Hasil Perkebunan

Jika kalian memiliki kebun dan kalian tanami buah, sayur atau pohon kelapa hasilnya bisa kalian jual selain untuk konsumsi sendiri. Hasil perkebunan di lingkungan sekitar biasanya yang paling banyak adalah kelapa.

Kalian bisa menjual kelapa dari yang muda, tua, daunnya, batangnya semuanya bisa dijual. Jika pohon kelapa produktif kalian masih bisa menjual buahnya baik yang muda atau sudah tua. Kelapa sudah seperti menjadi kebutuhan memasak setiap hari, jadi ini menjadi kesempatan kalian untuk menjualnya. Tetapi selain kelapa biasanya perkebunan juga menghasilkan buah pisang, buah kakao, kunyit, jahe, kencur, kacang panjang, kacang tanah, ketela pohon, pepaya dan masih banyak lainnya. Dalam satu kebun biasanya ada beberapa macam hasil yang bisa dijual.

Hasil kebun tersebut bisa kalian jual di tetangga, masyarakat sekitar atau pasar.

10. Jual Minuman Dingin dan Snack

Jualan minuman dingin dan juga snack merupakan contoh peluang usaha di lingkungan sekitar yang sangat kami rekomendasikan karena peluang gagalnya sedikit.

Apalagi tinggal di lingkungan yang banyak anak kecilnya, ini bisa menjadi peluang usaha yang cukup baik. Anak kecil sangat suka sekali jajan entah itu minuman atau makanan apapun mereka akan mudah tertarik untuk membeli.

Jadi kalian bisa membuka usaha jual minuman seperti pop ice, teh sisri, marimas, jasjus, nutrisari dan masih banyak lainnya. Kalian juga bisa menambah snack seperti tempura, gorengan, permen, roti, dan lain-lainnya. Untuk harga kalian bisa menjual mulai dari 500-3000 rupiah.

11. Jasa Tambal Ban dan Bengkel Kendaraan

Saat ban bocor atau motor mengalami kerusakan tentu jasa tambal ban dan bengkel motor sangat dibutuhkan. Contoh peluang usaha di lingkungan sekitar ini memang terlihat seperti mudah dilakukan namun tidak semua orang terampil dalam hal tersebut.

Bengkel atau tambal ban di daerah pedesaan sangat jarang ditemui karena memang tidak sembarang orang bisa melakukannya. Harus memiliki pengalaman dalam bidang tersebut, biasanya anak SMK lulusan TKR atau Otomotif bisa menawarkan jasa ini.

12. Jasa Bengkel Las Besi

Jasa bengkel las besi ini menjadi contoh peluang usaha di lingkungan sekitar yang sangat menjanjikan. Karena pasang surut dari bisnis ini tidak terlalu signifikan.

Pekerjaan di bidang las besi ini juga tidak mudah karena diperlukan keterampilan dan jam terbang tinggi. Karena membuat barang-barang yang di las tidaklah sebentar apalagi menggabungkan banyak besi-besi.

Karena lebih modern banyak alat yang menbutuhkan jasa las seperti pagar, kanopi, alat rumah tangga, dan lainnya. Jasa bengkel las juga tidak murah, karena memang pekerjaan ini sangat beresiko sehingga wajar jika harus dibayar mahal.

13. Jasa Service Alat Elektronik

Saat alat elektronik rusak dan kita tidak bisa memperbaiki sendiri maka kemana lagi kalo bukan

Ke jasa service. Memperbaiki sendiri sebenarnya bisa saja, tetapi terkadang hasilnya tidak maksimal bahkan tidak bisa menyala dengan normal lagi.

Hal itu bisa disebabkan karena kita tidak ahli dalam bidang tersebut, maka dari itu lebih baik dibawa ke tukang service yang sudah berpengalaman. Perbaikan alat elektronik sendiri ada yang membutuhkan waktu sebentar ada juga yang lama tergantung kondisi alatnya.

Jasa service saat ini cukup banyak dicari, jadi jika kalian paham tentang perbaikan alat elektronik yang rusak bisa menawarkan jasa tersebut. Modalnya kalian hanya memerlukan satu set  peralatan perbaikan.

14. Jasa Bimbingan Belajar

Membuka jasa bimbingan belajar juga cukup menjadi contoh peluang usaha di lingkungan sekitar yang sangat menguntungkan.

Saat ini masih banyak yang membutuhkan jasa bimbingan belajar untuk menjelaskan ulang materi dan membantu mengerjakan soal serta tugas dari guru. Sistem pembayaran kalian bisa menetapkan bayar per pertemuan, per jam, mingguan atau bulanan. Jika banyak siswa yang menggunakan jasa kalian kalian bisa mendapatkan pendapatan yang lumayan.

15. Agen Perbankan

Jika daerah kalian jauh dari bank, kalian bisa membuka jasa agen perbankan untuk mempermudah transaksi perbankan masyarakat sekitar kalian. Menjadi agen perbankan tidaklah sulit, kalian hanya perlu mendaftarkan diri di bank terkait lalu pihak bank akan mensurvei lokasi tempat pembukaan.

Jika lokasi cocok, pihak bank akan meng acc pengajuan kalian. Masyarakat bisa menganggap agen bank seperti mesin atm, karena bisa dilakukan penarikan, transfer, bayar tagihan, dan lainnya seperti pada saat di bank.

Sekali transaksi perbankan kalian bisa mengambil keuntungan mulai dari Rp. 1000. Semakin banyak yang bertransaksi semakin banyak pendapatan yang akan kalian dapatkan.

 16. Toko Bahan Bangunan

Contoh peluang usaha di lingkungan sekitar ini membutuhkan modal yang lumayan banyak jadi saya tidak terlalu merekomendasikan kepada kalian untuk membuka bisnis ini.

Tetapi jika kalian memiliki modal yang cukup tidak masalah jika ingin membuka usaha toko bangunan, karena memang masih sangat jarang ditemukan bahan bangunan di desa kecil berbeda dengan kota besar.

17. Jasa Mebel dan Jual Beli Kayu

Meja, kursi, lemari, jendela, dipan dan lain sebagainya adalah salah satu hasil kerja dari mebel. Tanpa ada mebel benda-benda tersebut tidak akan ada. Mebel sendiri memang sangat sulit dan modalnya juga banyak.

Meskipun begitu jika kalian memiliki pengalaman di bidang perkayuan tidak masalah untuk mencoba usaha di bidang ini meskipun pada awalnya usaha berjalan sangat lambat sekali. Jika sudah berjalan beberapa tahun prospek kedepannya usaha ini cukup menjanjikan terlebih sudah memiliki pelanggan tetap.

18. Toko Alat Tulis Kantor dan Fotocopy

Jika kalian tinggal di dekat daerah sekolah atau kantor, contoh peluang usaha di lingkungan sekitar adalah dengan membuka usaha toko ATK dan fotocopy karena akan sangat diperlukan para siswa dan pegawai.

Kelihatan memang usahanya yang sederhana tetapi cukup memilik prospek yang bagus. Banyak yang selalu membutuhkan alat tulis, fotokopi berkas dan juga penjilidan setiap harinya. Maka dari itu jika kalian membuka usaha ini akan sangat menguntungkan.

Baca Juga: Cara Mengelola Keuangan Usaha Warung

19. Jasa Pembuatan Kue dan Jajanan

Contoh peluang usaha di lingkungan sekitar berikutnya adalah jasa pembuatan kue dan jajanan. Jasa ini akan sangat dibutuhkan jika banyak event yang berlangsung, pada acara kirim doa atau acara tertentu lainnya akan membutuhkan banyak kue dan jajanan untuk suguhan atau dibawa pulang oleh tamu.

Karena tidak semua orang bisa membuatnya, kalian yang memiliki keahlian bisa membuka usaha membuat kue atau jajanan pasar baik basah maupun kering. Selain menerima pesanan kalian juga bisa menjualnya di rumah, di pasar atau dititipkan ke penjual sayur keliling.

20. Jual Sayur dan Lauk Pauk Matang

Bagi yang memiliki aktivitas padat di pagi hari, memasak makanan di rumah seperti tidak sempat jadi lebih memilih untuk membeli sayur atau lauk siap makan. Nah jika lingkungan kalian di dominasi pekerja kantoran atau karyawan pabrik atau mahasiswa, maka contoh peluang usaha di lingkungan sekitar yang berpotensi profit adalah menjual sayur dan lauk yang sudah matang.

Kalian bisa menjual menu di pagi hari untuk sarapan, siang hari untuk makan siang, dan pada malam hari tidak berjualan. Karena jika malam pembeli akan lebih suka membeli mie ayam, bakso atau nasi goreng.

21. Jual Isi Ulang LPG dan Galon

Biasanya di toko kelontong sudah disediakan LPG atau galon, tapi yang saya maksud disini khusus untuk galon dan LPG saja jadi stoknya bisa lebih banyak dari toko kelontong.

Modalnya memang tidak sedikit, tetapi usaha ini memiliki prospek yang bagus karena pasti akan ada yang selalu butuh galon dan LPG.

Itulah tadi beberapa contoh peluang usaha di lingkungan sekitar yang bisa kalian pilih, jika kalian ada pendapat peluang usaha lainnya boleh di tuliskan di kolom komentar. Semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk kalian. Terima kasih sudah membaca.

 

This content is protected by DMCA