Mudah Banget Gadai BPKB Motor Di Bank BRI, Begini Caranya

 Saat sedang kesulitan dan membutuhkan dana yang cukup banyak terkadang solusi yang paling bisa membantu adalah mengajukan pinjaman dana. Berbagai jenis lembaga keuangan bahkan bank selalu menawarkan pinjaman dana dengan syarat dan ketentuan berlaku untuk nasabah maupun calon nasabahnya. Salah satunya kalian bisa mengajukan pinjaman dengan gadai BPKB motor di Bank BRI.

Bank BRI selalu memberikan kemudahan dan layanan terbaik untuk semua nasabahnya baik itu nasabah yang menabung atau meminjam dana. Semua pasti memiliki kesempatan untuk mengajukan pinjaman dana di bank BRI hanya saja harus mengikuti prosedur yang berlaku beserta syarat dan ketentuan.

Banyak juga yang memilih untuk menggadaikan BPKB Motor demi memperoleh pinjaman dana yang sedang dibutuhkan. Terlebih suku bunga pinjaman di bank BRI sangat terjangkau sekali sehingga menjadi salah satu alasan mengapa memilih untuk mengajukan pinjaman di bank BRI.

Syarat Gadai BPKB Motor Di Bank BRI

Proses pengajuan pinjaman dana di Bank BRI dengan jaminan BPKB Motor sangatlah cepat dan mudah. Asalkan semua persyaratan yang diminta bisa kalian penuhi, apa saja itu?

  1. Warga negara Indonesia.
  2. Usia minimal 21 tahun.
  3. Dokumen asli sebagai jaminan (BPKB motor asli sesuai dengan jenis dan tipe kendaraan).
  4. Fotokopi E-KTP aktif, Kartu Keluarga dan Slip Gaji (untuk PNS atau karyawan swasta). Opsional bisa juga disertakan pas foto terbaru.
  5. Melampirkan surat keterangan usaha dari Kepala Desa atau Lurah atau Pasar.
  6. Materai 6000 untuk penandatangan surat perjanjian kredit. Surat keterangan tersebut berisi tentang apabila kredit macet pihak bank BRI akan menarik kendaraan yang dijadikan jaminan.
  7. Mengisi surat pengajuan kredit jaminan BPKB Motor.
  8. Memiliki rekening aktif bank BRI.

Jika semua persyaratan diatas sudah kalian penuhi maka kalian bisa mengajukan pinjaman dana dengan jaminan BPKB Motor. Proses persetujuan kredit memakan waktu berjam-jam hingga berhari-hari tergantung dari banyaknya pendaftar dan kesibukan bank.

Baca Juga: Cara Mengecek Transferan Masuk BRI

Suku Bunga Gadai BPKB Motor di Bank BRI

Yang namanya pinjam dana dimanapun lembaganya tentu saja bunga tidak dapat dipisahkan. Meskipun ada yang bilang pinjaman dana dengan bunga 0% itu tidak ada karena tidak mungkin ada yang mau rugi dan itu termasuk salah satu strategi marketing.

Bank BRI sendiri terkenal akan bunganya yang rendah diantara bank bank yang lain. Karena itu menjadi daya tarik mengapa orang sangat berminat untuk mendapat pinjaman dana dari bank BRI. Berikut beberapa suku bunga dan tenor waktu pinjaman dana dari Bank BRI :

  1. Tenor waktu 6 bulan besar suku bunganya 2,15% flat
  2. Tenor waktu 12 bulan besar suku bunganya 2,5% flat
  3. Tenor waktu 18 bulan besar suku bunganya 2,75% flat
  4. Tenor waktu 24 bulan besar suku bunganya 3,0% flat

Jika diperhatikan suku bunga yang ditawarkan tidak lebih dari >3%, sangatlah terjangkau bagi masyarakat menengah ke bawah. Tetapi jika tenor waktu cicilan pinjaman lebih dari 24 bulan nilai suku bunganya bisa >3%. Suku bunga ini juga bisa berubah sewaktu-waktu tergantung dengan kebijakan bank.

Untuk jumlah dana pinjaman yang bisa kalian peroleh dari gadai BPKB Motor prosentase nilainya adalah kurang lebih 70% dari nilai kendaraan. Pinjaman yang bisa diajukan mulai dari Rp.1.000.000 hingga puluhan juta.

Cara Gadai BPKB Motor di Bank BRI

Bagi beberapa orang pasti belum tahu bagaimana cara gadai BPKB Motor di bank BRI, bahkan banyak juga yang mundur karena takut ditolak dan tidak sesuai kriteria yang ditetapkan. Karena bank BRI termasuk bank besar dengan nasabah yang tentu banyak juga.

Meminjam dana dengan agunan sertifikat tanah atau rumah tentu yang paling banyak kalian ketahui, namun kalian bisa juga mendapatkan pinjaman dana dari Bank BRI menggunakan jaminan BPKB Motor.

Setelah kalian memahami tentang seluk beluk dari Gadai BPKB Motor sebelumnya, jika kalian sudah yakin untuk melakukan gadai berikut cara-caranya:

  1. Siapkan berkas sesuai persyaratan yang diminta ke dalam satu amplop atau map.
  2. Kunjungi kantor unit atau kantor cabang Bank BRI terdekat dan bawa semua persyaratan yang kalian siapkan sebelumnya.
  3. Berikutnya antri terlebih dahulu, sampai nanti pegawai yang bertugas memanggil nomor antrian kalian. Kalian antri di bagian kredit ya bukan ke CS atau teller.
  4. Setelah dipanggil nomor antrian kalian, serahkan semua berkas kepada pegawai bersangkutan untuk diperiksa dan sedikit melakukan wawancara.
  5. Pihak bank akan menerima terlebih dahulu berkas persyaratan, lalu akan melakukan survey kelayakan.
  6. Petugas survey akan melakukan penilaian kelayakan kendaraan untuk menentukan dana pinjaman yang sesuai serta juga survey kebenaran alamat dan kelayakan kriteria peminjam sudah sesuai atau belum. Biasanya survey dimulai dari RT dan tetangga sekitar.
  7. Setelah selesai survey jika kalian lolos dari kriteria yang ditentukan pihak bank akan menghubungi kalian lagi.
  8. Kalian akan diminta untuk ke bank mengambil dana pencairan pinjaman sekaligus menjelaskan suku bunga dan cicilan setiap bulannya sesuai jangka waktu yang kalian pilih.

Gadai yang dimaksud disini seperti kalian meminjam dana di Bank BRI dengan jaminam BPKB Motor. Hal ini memang masih banyak dilakukan masyarakat yang memang membutuhkan modal usaha namun tidak memiliki jaminan yang besar seperti sertifikat rumah atau tanah.

Kelebihan Gadai BPKB Motor di Bank BRI

Jika dibandingkan Gadai di tempat selain Bank BRI, ada kelebihan yang bisa kalian dapatkan ketika akan Gadai BPKB Motor di Bank BRI. Apa saja itu?

  1. Syaratnya mudah sehingga ini menjadi alasan kenapa banyak yang memilih pinjam dana di Bank BRI dengan jaminan BPKB Motor.
  2. Proses pencairan dana cepat, berbeda dengan di lembaga pinjaman atau gadai lainnya pencairan dana di Bank BRI kurang dari 24 jam. Terkadang jika terlalu banyak pengajuan bisa juga memakan waktu berhari-hari 3-7 harian kurang lebih.
  3. Tidak ada biaya layanan gadai, biasanya ada dana tambahan yang harus dibayarkan ketika akan gadai barang untuk Bank BRI tidak berlaku biaya tambahan apapun.
  4. Suku bunga pinjaman cenderung ringan, seperti yang dijelaskan sebelumnya suku bunga yang ditawarkan tidak lebih dari 3%.
  5. Jangkauan layanan luas, baik unit atau cabang Bank BRI hampair ada di setiap pelosok kecamatan jadi akan sangat mudah untuk diakses.
  6. Dijamin keamanannya, keamanan dari Bank BRI jangan diragukan lagi. Sebagai bank BUMN dengan nasabah terbanyak tentu saja keamanan data atau apapun dari nasabah adalah nomor wahid.

Setelah kalian menarima pencairan dana, maka bulan berikutnya kalian harus membayar cicilan sampai tenor waktu selesai. Usahakan bayartepat waktu jangan melebihi batas tempo waktu supaya tidak membayar denda. Saat mengajukan pinjaman dana sesuaikan jumlah tenor pinjamannya sesuai dengan kemampuan bayar kalian sehingga tidak akan terjadi kredit macet.

Baca Juga: Cara Ganti Pin ATM BRI

Jika terjadi kredit macet maka mau tidak mau kendaraan kalian akan disita oleh pihak bank BRI untuk melunasi sisa cicilan tagihan kalian. Pembayaran cicilan bisa dilakukan melalui bank BRI langsung, Indomaret atau Alfamart, Payment Point, Kantor Pos dan Brilink.

Sampai disini pembahasan gadai BPKB Motor di Bank BRI, semoga bisa membantu kalian. Jika ada yang kalian kurang pahami, tuliskan komentar di kolom yang tersedia. Jangan luoa share dan terima kasih sudah membaca. 

This content is protected by DMCA