Hp Tidak Bisa Menerima Panggilan Masuk Dan Keluar

Hp tidak bisa menerima panggilan masuk dan keluar adalah hal yang umum terjadi di Sebagian orang. Hal ini bisa dialami beberapa merk hp seperti Samsung, Xiaomi, Realme, Vivo, Oppo dan yang lainnya.

Dan juga di beberapa kartu provider seperti Telkomsel, XL, Indosat, Smartfren dan yang lain. Gagal menerima panggilan masuk dan keluar disebabkan oleh beberapa hal seperti kode mmi tidak valid, sinyal lemah, kartu mati, dan masih banyak lagi.

Lain dari itu, hp tidak bisa menerima panggilan ini juga bisa disebabkan karena nomor pusat pesan atau smsc yang hilang atau salah.

Banyak faktor yang menyebabkan hp kalian tidak bisa menerima panggilan masuk dan keluar. Informasi ini akan membahas cara mengatasi hp tidak bisa menerima panggilan masuk dan keluar.

Sebelum lanjut ke cara mengatasi hp tidak bsa menerima panggilan kalian harus tau penyebab hp tidak bisa menerima panggilan masuk dan keluar.

Penyebab Hp Tidak Bisa Menerima Panggilan Masuk Dan Keluar

  1. Sinyal Lemah

Sinyal yang lemah memungkinkan hp kalian tidak bisa menerima panggilan. Jika hal ini yang terjadi pada kalian, sebaiknya kalian bisa berpindah lokasi ke daerah kota atau yang lain. Yang mungkin ada sinyal. Dengan sinyal yang baik dan kuat diharapkan dapat menerima panggilan masuk dan keluar.

  1. Gangguan Sinyal

Gangguan sinyal umumnya disebabkan oleh pihak provider sendiri. Seperti perbaikan jalur sinyal atau tower ini dapat menyebabkan gangguan sinyal di daerah kalian.

Gangguan sinyal tidak hanya menimpa pada panggilan namun menimpa juga pada koneksi internet. Jadi jika terdapat gangguan sinyal, maka kalian cukup menunggunya hingga gangguan sinyal tersebut hilang.

  1. Mode 4G LTE Only

Jika kalian sedang mengaktifkan mode 4G LTE Only, ini juga memungkinkan hp kalian tidak bisa menerima panggilan masuk maupun keluar. Ini adalah salah satu kelemahan dari jaringan 4G yaitu tidak bisa menerima panggilan masuk dan keluar.

  1. Nomor Pusat Pesan Hilang / Salah

Umumnya setiap kartu memiliki nomor pusat pesan. Jika nomor pusat atau smsc ini hilang atau salah kalian tidak bisa menerima panggilan masuk dan keluar bahkan tidak bisa menerima sms dan mengirim sms.

  1. FDN Aktif

FDN singkatan dari Fixed Dailing Number yang jika fitur ini aktif, maka kalian tidak akan bisa menerima panggilan masuk ataupun keluar.

Mengaktifkan fitur Fixed Dailing Number ini memaksa jaringan kalian untuk melakukkan pembatasan pada panggilan masuk dan keluar, dan juga sms, cek pulsa dan lainnya.

  1. Kartu Terblokir / Mati

Hal yang sering tidak diperhatikan di jaman sekarang ini yaitu masa aktif kartu. Mulai ada aplikasi chatting seperti WhatsApp, panggilan menggunakan pulsa dan sms tidak banyak lagi yang menggunakanya. Mungkin kartu hp kalian mati yang menyebabkan tidak bisa ditelpon.

Baca Juga:

  1. Kode MMi Tidak Valid

Kesalahan kode MMI juga bisa membuat kalian tidak bisa melakukkan panggilan keluar maupun panggilan masuk. Bahkan mau cek kuota menggunakan kode dial juga tidak bisa.

Jika ini yang menimpa hp kalian kalian harus tau cara mengatasi masalah sambungan atau kode mmi tidak valid.

  1. Bug Sistem

Bug pada sebuah sistem juga memungkinkan hp kalian tidak bisa menerima panggilan masuk. Bug ini adalah sebuah kesalahan yang terjadi pada sebuah perangkat, dalam hal ini sebuah smartphone atau hp.

  1. Tidak Terdaftar di Jaringan

Jaringan di Indonesia memang sering berubah-ubah. Tidak terdaftar dijaringan atau not registered on network juga memungkikan penyebab kalian tidak bisa menerima panggilan masuk dan keluar. Kalian bisa membaca tentang tidak terdaftar di jaringan.

Setelah mengetahui penyebab-penyebab yang mungkin menimpa hp kalian. Selanjutnya yaitu cara mengatasi hp tidak bisa menerima panggilan masuk dan keluar.

Cara Mengatasi Hp Tidak Bisa Menerima Panggilan Masuk dan Keluar

Cara-cara dibawah ini mungkin bisa membantu menyelesaiakan permasalah yang menimpa hp kalian. Cara ini bisa kok digunakan untuk pengguna hp Samsung, Xiaomi, Asus, Vivo, Oppo dan yang lainnya. Mungkin di beberapa hp tempatnya berbeda.

  1. Restart Hp

Merestart sebuah hp adalah Langkah awal yang cerdas. Merestart bisa mengembalikan bug-bug sistem yang bertabrakan. Kalian bisa merestart hp kalian untuk mengatasi masalah seperti ini.

Apabila setelah melakukan restart hp masalah hp tidak bisa menerima panggilan masuk dan keluar, maka kalian dapat melakukan cara  yang lainnya di bawah ini.

  1. Aktifkan Mode Pesawat

Masalah dengan jaringan adalah masalah yang cukup umum. Ternyata untuk mengatasi hal tersebut caranya sangat mudah, salah satu caranya adalah dengan mengaktifkan mode pesawat.

Caranya adalah dengan mengaktifkan mode pesawat kemudian matikan lagi mode pesawat tersebut. Mengaktifkan dan menonaktifkan mode pesawat ini bisa dibilang salah satu cara untuk merestart jaringan.

  1. Menonaktifkan Kartu Sementara

Menonaktifkan kartu sama halnya mencabut kartu sim kalian. Kalian bisa menonaktifkan kartu untuk sementara waktu dan mengaktifkannya lagi. Untuk caranya adalah sebagai berikut:

Kalian bisa menuju ke pengaturan kemudian pilih kartu ganda kemudian nonaktifkan kartu yang bermasalah. Setelah itu tunggu beberapa menit dan aktifkan kembali.

Atau untuk cara lainnya, kalian bisa juga melepas kartu dari hp, kemudian tunggu beberapa waktu setelah itu pasang kartu kembali.

  1. Ubah Mode 4G LTE Only

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, mengunci jaringan ke 4G LTE Only dapat menjadi penyebab hp tidak bisa menerima panggilan masuk dan keluar.

Untuk cara mengatasinya, kalian bisa mengubahnya ke jaringan 3G. Umunya untuk mengubah kunci 4G tersebut terletak pada pengaturan menggunakan kode dial *#*#4636#*#* atau *#*#4838#*#* atau *#*3646#*#*.

  1. Cek Nomor Pusat Pesan

Kalian bisa mengecek terlebih dahulu nomor pusat atau smsc kartu kalian. Mungkin nomor pusat pesan salah atau bahkan tidak ada. Sebelumnya saya sudah membahas tentang seputaran nomor pusat pesan di beberapa provider.

Kalian bisa membaca sesuai dengan kartu yang kalian gunakan berikut:

  1. Ubah ke 3G

Mengubah mode ke mode jaringan 3G bisa mempelancar jaringan kalian. Hal ini biasa dilakukkan jika jaringan jelek dan tidak stabil. Kalian bisa mencoba merubah jaringan di pengaturan hp ke 3G terlebih dahulu.

  1. Hapus Data Aplikasi

Menghapus data pada aplikasi telepon juga bisa mengatasi masalah ini. Menghapus data berarti mengembalikan settingan data yang tersimpan ke default yang artinya sesuai sistem.

Kalian bisa menuju ke pengaturan->aplikasi->semua aplikasi dan cari aplikasi telepon kemudian hapus data dan clear cache.

  1. Reset Hp

Jika semua cara sudah di coba namun belum berhasil. Langkah terakhir yaitu melakukkan reset hp. Namun sebelum mereset sebaiknya backup dahulu data-data penting yang ada pada hp kalian. Seperti dokumen, foto, dan file penting lainnya.

Cara ini dapat kalian lakukan jika semua cara sudah kalian coba dan ternyata masih tidak bisa menerima panggilan masuk dan keluar.

  1. Cek Perizinan Aplikasi

Mengecek perizinan aplikasi untuk mengelola panggilan wajib kalian aktifkan. Jika aplikasi yang kalian gunakan tidak memeliki izin untuk membuat panggilan. Maka kalian tidak bisa melakukkan panggilan masuk maupun keluar.

Caranya kalian bisa menuju ke setelah->aplikasi->semua aplikasi kemudian cari aplikasi telepon, aktifkan izin ke panggilan.

Itulah cara mengatasi hp tidak bisa menerima panggilan masuk dan keluar yang bisa dicoba di hp Samsung, Xiaomi, Realme, Vivo, Oppo atau yang lainnya.

Masalah ini akan berpengaruh bagi kalian yang masih menggunakan telpon dengan pulsa. Namun hal ini juga merepotkan buat kita saat misalnya ingin menerima kode otp melalui panggilan.

Baca Juga: Nomor indosat tidak bisa menerima sms

Akhir Kata

Sekian informasi yang dapat saya berikan mengenai cara mengatasi hp tidak bisa menerima panggilan masuk dan keluar ini. Semoga informasi yang saya berikan bermanfaat dan dapat membantu permasalah kalian.

Tinggalkan komentar