10 Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Menerima SMS

Pasti kalian sedang bertanya kenapa HP tidak bisa menerima SMS? Karena alasan tersebut kami akan memberikan penyebab dan cara mengatasi HP tidak bisa menerima SMS.

SMS atau Short Message Service merupakan layanan kirim pesan yang sudah tersedia secara paten di setiap handphone maupun smartphone. Pesan yang biasa dikirimkan juga merupakan pesan-pesan singkat.

Saat ini masih banyak para pengguna yang masih setia menggunakan SMS walaupun dengan biaya yang relatif agak mahal. Tetapi ternyata masih banyak operator kartu SIM Card menyediakan berbagai layanan promo SMS atau bonus SMS.

Layanan SMS juga sering digunakan untuk mengirim kode verifikasi ataupun OTP dari banyak aplikasi online yang diminta untuk melengkapi nomor telephone aktif.

Hal itu bisa menyebabkan kita kesusahan karena kita menjadi tidak bisa menerima pesan tersebut. Dan proses aktivasi akun aplikasi online menjadi terganggu. Lalu bagaimana cara mengatasi HP tidak bisa menerima sms verifikasi.

Semua permasalahan tersebut akan kami jelaskan secara detail mulai dari penyebab dan bagaimana cara mengatasi HP tidak bisa menerima SMS.

Penyebab HP Tidak Bisa Menerima SMS

Perlu diketahui ada banyak penyebab handphone atau smartphone tidak bisa menerima pesan SMS. Berikut penyebab HP tidak bisa menerima SMS baik SMS biasa maupun SMS verifikasi.

  1. Sinyal yang Buruk

Sinyal buruk bisa disebabkan karena terjadi hujan lebat yang disertai angin sehingga menyebabkan sinyal menjadi muncul kemudian hilang atau bahkan menghilang sampai cuaca menjadi normal.

Tidak tersedianya jaringan provider di daerah kalian juga bisa menyebabkan sinyal buruk bahkan tidak tersedia (SOS). Terkadang juga ada beberapa provider yang jaringan sinyalnya tidak tersedia (panggilan darurat) ketika terjadi mati lampu.

  1. Memori SMS Penuh

Setiap aplikasi di handphone pasti disediakan kapasitas memori, termasuk aplikasi SMS juga. Jika memorinya penuh secara otomatis handphone tidak akan bisa menerima sms bahkan mengirim sms juga bisa mengalami kegagalan.

  1. Kartu Provider yang Belum Diregistrasi

Sejak beberapa tahun yang lalu kementrian komunikasi mewajibkan bagi pengguna kartu provider untuk melakukan registrasi dengan menggunakan nomor identitas diri (KTP) dan KK.

Jika kalian belum melakukan registrasi dengan benar, maka kartu kalian tidak akan bisa digunakan untuk menerima dan mengirim sms.

  1. Mengunci 4G

Mengunci jaringan 4G juga dapat menyebabkan tidak dapat menerima SMS. Akan lebih baik jika kalian melakukan setting jaringan pada 3G atau HSPA agar dapat menerima SMS.

  1. Operator Mengalami Gangguan

Ada beberapa waktu sinyal provider memang normal atau penuh tetapi keadaan jaringan yang down bisa menyebabkan kegagalan dalam menerima pesan dan pesan menjadi terpending.

  1. Kesalahan Nomor Pusat Layanan

Kebanyakan nomor pusat layanan sudah otomatis masuk, tetapi alangkah lebih baik jika kita memeriksa ulang kembali nomor pusat layanan. Jika ada kesalahan penulisan nomor pusat layanan mungkin bisa jadi penyebab handphone tidak bisa menerima sms.

  1. Kesalahan Pengaturan Jaringan

Terkadang untuk beberapa kartu provider yang sering digunakan akan mudah menerima pesan jika diletakkan di SIM 1 bagi handphone yang memiliki dual SIM. Atau mungkin jaringan yang seharusnya sudah 4G untuk saat ini tetapi untuk handphone belum support sehingga harus diatur ke setting jaringan dibawah 4G agar tetap nyaman digunakan.

  1. Cache Aplikasi SMS yang sudah terlalu penuh

Cache di aplikasi SMS yang terlalu banyak bisa menyebabkan aplikasi SMS tidak bisa menerima pesan bahkan bisa menjadikannya error juga. Jadi kalian wajib untuk memeriksa jumlah cache yang ada untuk mengatasi agar cache tidak terlalu banyak atau penuh dari space memori yang disediakan.

Apabila kalian mengalami salah satu dari penyebab di atas, maka kalian akan mengalami HP tidak bisa menerima SMS. untuk itu kami akan memberikan cara mengatasi SMS tidak masuk berikut ini.

Cara Mengatasi SMS Tidak Masuk

Dari penyebab hp tidak bisa menerima SMS di atas, kami akan memberikan cara mengatasi SMS tidak masuk agar dapat masuk ke HP kalian.

Berikut ini cara mengatasi SMS tidak masuk agar hp yang tidak bisa menerima SMS dapat menerima SMS kembali.

  1. Cari Tempat yang Terdapat Banyak Sinyal

Saat sinyal buruk pastikan tenang terlebih dahulu, lihat lingkungan sekitar apakah terdapat tower terdekat dengan kartu provider yang sedang kalian pakai saat ini.

Jika ingin sinyal jaringan bagus coba cari tower terdekat sesuai dengan kartu provider kalian. Kalau kalian berada di kota pasti semua jaringan tersedia, jadi tidak perlu khawatir sinyal buruk.

  1. Hapus Pesan Terdahulu

Untuk memori pesan yang penuh, silahkan kalian hapus beberapa pesan yang kalian kira tidak cukup penting sehingga bisa tersedia space memori untuk menerima pesan kembali.

Atau ketika menerima pesan yang tidak penting lebih baik langsung hapus saja sehingga space memori SMS tetap banyak.

  1. Registrasi Nomor Telepon

Sebelum kalian memakai kartu provider baru, terlebih dahulu kalian wajib untuk meregristasi kartu kalian dengan menggunakan nomor KK dan nomor identitas kalian (NIK).

Sebelumnya kartu perdana baru memang bisa langsung dipakai. Tetapi keputusan Kementrian Komunikasi beberapa tahun lalu mewajibkan untik meregistrasi kartu provider tanpa kecuali. Dan jika tidak melakukan registrasi otomatis akan diblokir dan kartu tidak bisa dipakai.

Caranya sangat mudah sekali untuk meregristasi kartu provider baru.

  1. Saat memasukkan nomor baru otomatis kalian akan diminta untuk melengkapi data pemakai kartu. Seperti NAMA, TANGGAL LAHIR, dan sebagainya.
  2. Setelah selesai kalian akan diminta untuk memasukkan nomor KK diikuti nomor identitas (NIK).
  3. Setelah selesai kalian akan mendapatkan notifikasi bahwa telah berhasil melakukan registrasi dan dinyatakan bahwa nomor itu telah dipakai oleh kalian.
  4. Untuk nomor lama kalian bisa mengirimkan registrasi dengan mengirim pesan ke nomor 4444 dengan menyertakan nomor KK dan nomor identitas (NIK).

Untuk format pengiriman ke 4444 atau melakukan registrasi ini, setiap kartu provider berbeda beda. Jadi kalian dapat mencari di internet bagaimana cara registrasi kartu sesuai provider yang kalian gunakan.

  1. Tunggu Hingga Kembali Normal

Saat pihak operator mengalami gangguan, maka hal tersebut tidak bisa kalian hindari. Akan tetapi hal ini tidaklah sering terjadi, mungkin dalam beberapa bulan hanya berapa kali saja terjadi.

Sehingga kalian hanya perlu menunggu saja untuk beberapa jam sekitar 2-3 jam sampai benar-benar jaringan normal kembali.

  1. Atur Nomor Pusat Pesan

Jika nomor pusat mengalami kesalahan, kalian bisa membenarkannya dengan cara berikut ini.

Untuk mencari nomor pusat pesan silahkan kunjungi link berikut sesuai dengan provider kalian.

  1. Langkah pertama kalian buka Pengaturan
  2. Kemudian pilih Aplikasi Sistem
  3. Pilih Pesan
  4. Pilih menu Pengaturan Lainnya

Cara Mengganti Nomor Pusat Pesan XL

  1. Kemudian pilih Nomor Pusat Pesan SMS
  2. Jika kalian menggunakan dual SIM maka tentukan kartu yang akan kalian ganti nomor pusat pesannya.
  3. Kemudian rubah Nomor Pusat Pesan sesuai dengan provider yang kalian gunakan
  4. Setelah kalian melakukan perubahan pilih Oke dan lakukan restart pada ponsel kalian

Nomor Pusat Pesan XL

  1. Rubah Jaringan

Banyak handphone di Indonesia yang defaultnya belum bisa menerima pesan dengan baik pada saat jaringan 4G. Jadi jika kalian saat ini memakai jaringan 4G silahkan ubah di pengaturan menjadi 3G atau 3G only.

  1. Hapus Cache Aplikasi Pesan

Cache atau sampah aplikasi yang terlalu banyak perlu dihapus. Kalian bisa menghapusnya, dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka Setelan di handphone kalian
  2. Selanjutnya buka Menu Aplikasi lalu geser ke bawah cari aplikasi SMS atau Perpesanan lalu buka.
  3. Buka menu Penyimpanan lalu ketuk tombol Hapus Cache.

HP Tidak Bisa Menerima SMS

Dengan menghapus cache pada pesan, maka HP tidak bisa menerima pesan SMS verifikasi akan dapat menerima verifikasi.

  1. Pindahkan SIM Card ke HP Lain

Dengan memindahkan SIM Card ke HP lain, kalian dapat mendeteksi apakah terdapat error pada HP yang kalian gunakan. Apabila pada ponsel lain, SIM Card dapat menerima SMS, maka bisa dipastikan terdapat kesalahan pada HP kalian.

  1. Hubungi Call Center

Menghubungi Call Center Operator adalah hal yang sangat tepat untuk bertanya solusi HP tidak bisa menerima SMS. Kalian dapat menghubungi call center sesuai dengan operator yang kalian gunakan.

Berikut daftar Call Center yang kami ketahui:

Call Center Telkomsel

Call Center 3 (Tri)

  1. Reset Factory (Kembali ke Pengaturan Pabrik)

Langkah terakhir jika semua cara di atas tidak berhasil, kalian dapat mencoba dengan melakukan Reset Factory atau Kembali ke Pengaturan Pabrik. Hal ini dilakukan agar fungsi pengaturan handphone kembali seperti semula.

Tetapi perlu digaris bawahi sebelum melakukan reset, backup terlebih dahulu data-data penting yang ada di handphone kalian. Sehingga setelah direset data kalian bisa tetap aman.

Pertanyaan seperti kenapa SMS tidak masuk, kenapa HP tidak bisa menerima SMS, atau yang lainnya akan terjawab dengan artikel kami ini.

Cara mengatasi HP tidak bisa menerima SMS ini dapat diterapkan pada semua merek HP seperti Oppo, Xiaomi, Samsung, Vivo, Realme, atau merek lainnya.

Perlu diketahui cara di atas juga dapat kalian gunakan untuk mengatasi HP tidak menerima SMS verifikasi.

Apabila terdapat sesuatu yang kurang dipahami, kalian dapat bertanya melalui kolom komentar yang sudah kami sediakan.

Atau jika artikel ini dirasa bermanfaat, kalian dapat berbagi melalaui tombol share yang sudah kami sediakan.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA