Cara Mengatasi Kartu Telkomsel Tidak Bisa Menerima SMS dan Telepon

Mungkin kalian sedang mengalami tidak bisa menerima SMS dan telepon pada kartu Telkomsel. Berikut akan kami berikan cara mengatasi kartu Telkomsel tidak bisa menerima SMS dan telepon.

Saat ini tersedia banyak sekali operator telekomunikasi seluler di Indonesia. Dimana setiap operator telekomunikasi mempunyai banyak tawaran layanan mulai dari sms, telepon dan internet.

Salah satu operator telekomunikasi seluler di Indonesia yang cukup terkenal adalah Telkomsel. Telkomsel mempunyai pangsa pasar hampir 60% dan pelanggan kurang lebih 170 juta.

Telkomsel juga bekerja sama dengan 500 lebih mitra roaming. Sehingga produk kartunya bisa digunakan hampir di 200 negara.

Pengguna kartu telkomsel saat ini sangat banyak sekali. Bahkan di pelosok daerah, pengguna kartu telkomsel tidak akan kesusahan untuk mencari sinyal jaringan karena PT.Telkom Indonesia mengoperasikan 236 ribu Base Tranceiver Station atau tower pemancar sinyal Telkomsel.

Jaringan sinyal dari kartu telkomsel juga sangat stabil bahkan ketika mati lampu pun sinyalnya masih tetap ada.

Akan tetapi bagaimana jika kalian mengalami kartu Telkomsel tidak bisa menerima SMS dan telepon. Berikut akan kami berikan penjelasan tentang penyebab dan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab Kartu Telkomsel Tidak Bisa Menerima SMS dan Telepon

Kenapa kartu telkomsel tidak bisa menerima SMS dan telepon? Banyak beberapa penyebab yang bisa menjadikan kartu telkomsel kalian tidak bisa menerima sms maupun telepon.

Berikut adalah penyebab kartu Telkomsel tidak bisa menerima SMS dan telepon:

  1. Sinyal Lemah

Sinyal lemah sering terjadi di daerah pelosok yang jarang ditemukan BTS (Base Tranceiver Station), karena jika handphone berada lumayan jauh dari BTS bisa menyebabkan sinyal lemah dan hal tersebut dapat menyebabkan tidak bisa menerima SMS dan telepon.

  1. Gangguan Sinyal atau Terjadi Trouble

Biasanya gangguan sinyal atau trouble terjadi karena adanya perawatan berkala pada Base Tranceiver Station (BTS) atau tower Telkomsel seperti perbaikan jaringan dan beberapa hal lain.

  1. Salah Pengaturan

Terkadang kita usil atau iseng mengutak-atik pengaturan panggilan atau SMS, sehingga bisa menyebabkan tidak bisa menerima SMS dan telepon. Terlebih kita juga yang terkadang sering lupa bahwa telah mengubah pengaturan akhirnya menjadikan panik.

  1. Belum Melakukan Registrasi

Setiap kartu perdana baru maupun lama saat ini dianjurkan dan diwajibkan untuk melakukan registrasi nomor kartu dengan menggunakan no KK dan nomor identitas diri (KTP).

Jika kalian belum melakukan registrasi dengan benar, maka hal tersebut bisa menjadi penyebab kartu telkomsel tidak bisa menerima sms dan telepon.

  1. Kartu Telkomsel Sudah Tidak Aktif

Karena seringnya menggunakan paket data ataupun wifi, hal tersebut dapat menyebabkan kita lupa untuk mengecek apakah kartu masih aktif atau tidak. Karena jika kartu tidak diisi pulsa dalam jangka waktu tertentu, hal tersebut dapat menyebabkan kartu mati.

  1. Bug Sistem

Bug Sistem terjadi karena ada kesalahan pada perangkat HP sehingga bisa menganggu kinerja handphone termasuk tidak bisa bisa menerima panggilan masuk dan SMS.

Hal diatas beberapa penyebab kenapa kartu Telkomsel tidak bisa menerima sms dan telepon. Jika kalian sudah mengetahui penyebabnya, kini kami akan memberikan beberapa cara mengatasi kartu Telkomsel tidak bisa menerima SMS dan telepon.

Baca Juga: Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Menerima SMS

Cara Mengatasi Kartu Telkomsel Tidak Bisa Menerima SMS dan Telepon

Apa solusi untuk mengatasi kartu Telkomsel yang tidak bisa digunakan untuk menerima SMS maupun telepon? Apakah caranya sangat sulit? Tenanglah terlebih dahulu cara mengatasinya sangat mudah sekali.

Berikut cara mengatasi kartu Telkomsel tidak bisa menerima SMS dan telepon:

  1. Cek Sinyal Telkomsel

Kartu telkomsel yang tidak bisa menerima sms atau telepon dapat disebabkan karena sinyal yang lemah dan tidak stabil. Daerah yang jarang ditemukan tower pemancar Telkomsel juga bisa menjadikan sinyal di HP menjadi sedikit dan tidak stabil. Sehingga kalian perlu melakukan pengecekan sinyal.

Berikut beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk meningkatkan sinyal Telkomsel.

  • Cari daerah yang di sana ada Tower untuk kartu Telkomsel.
  • Cari tempat yang tinggi seperti bukit atau bangunan dengan beberapa lantai.
  • Cari tempat yang bebas atau sedikit bangunan dan pohon.
  • Jika kartu Telkomsel tetap tidak ada jaringan sinyalnya, maka kalian bisa untuk mengganti kartu dengan operator yang cocok sesuai dengan tower yang ada di daerah tempat kamu tinggal.
  1. Tunggu Hingga Kembali Normal

Jika terjadi gangguan jaringan atau trouble, kalian hanya perlu menunggu sekitar 2 sampai 3 jam saja sampai jaringan benar-benar kembali normal. Trouble sendiri hanya terjadi beberapa kali saja dalam jangka waktu yang tidak ditentukan. Jadi kalian cukup tunggu saja sampai jaringan kembali normal dan siap digunakan kembali.

  1. Hapus Cache SMS dan Telepon

Hapus cache SMS dan telepon agar tidak terjadi bug sistem. Kelebihan cache memang tidak baik karena masing-masing aplikasi memiliki jumlah space memori internal yang tidak banyak, jadi jika dirasa cache sudah penuh segera lakukan penghapusan di pengaturan aplikasi.

  1. Buka Setelan di handphone kalian
  2. Selanjutnya buka Menu Aplikasi lalu geser ke bawah cari aplikasi SMS atau Perpesanan lalu buka.
  3. Buka menu Penyimpanan lalu ketuk tombol Hapus Cache.

HP Tidak Bisa Menerima SMS

Lakukan hal yang sama kepada aplikasi telepon kalian. Dengan menghapus cache akan memungkin untuk HP dapat menerima SMS dan telepon kembali.

  1. Registrasi Nomor Telepon

Jika kalian belum melakukan registrasi, kalian hanya perlu mengirim pesan di nomor 4444 dengan menyertakan nomor KK dan nomor identitas diri(KTP). Setelah itu kartu akan siap untuk digunakan kembali.

  1. Hapus Aplikasi My Telkomsel

Ketika kalian telah mengupdate aplikasi My Telkomsel, beberapa pesan tidak akan dikirimkan melalui SMS lagi, tetapi langsung dialihkan ke aplikasi My Telkomsel.

Jadi jika ingin menerima SMS seperti biasa, kalian hanya perlu menghapus apliksi My Telkomsel saja.

  1. Aktifkan Kembali SIM Card yang Mati

Untuk SIM Card yang sudah tidak aktif, kalian bisa mengaktifkan kembali nomor tersebut dengan mendatangi Grapari terdekat agar kartu bisa diaktifkan kembali oleh customer service dengan membawa kartu identitas diri (KTP).

Pengaktifan kembali kartu tidak dipungut biaya sepersenpun alias gratis. Setiap kabupaten sudah ada masing-masing satu kantor grapari.

Apabila kalian bingung bagaimana caranya, kalian dapat membaca cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati.

  1. Ubah ke 3G atau 2G

Jaringan 4G saat ini tidak bisa menerima pesan dan telepon dengan baik. Jadi kalian bisa coba untuk mengganti jaringan ke 3G atau 2G. Kalian bisa melakukan perubahan jaringan melalui pengaturan handphone kalian.

  1. Restart HP

Jika kalian mengalami kartu Telkomsel tidak bisa menerima SMS dan telepon, cobalah untuk merestart HP. Dengan merestart HP, maka pengaturan jaringan akan kembali normal dan bisa mengatasi masalah kalian tidak bisa menerima SMS atau telepon.

  1. Beralih ke Mode Pesawat

Hal ini dilakukan untuk memancing jaringan. Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu mencari menu mode pesawat atau airplane mode di pengaturan. Lalu aktifkan beberapa saat setelah itu nonaktifkan mode pesawat. Lakukan langkah tersebut beberapa kali sampai kalian mendapatkan hasil yang terbaik.

  1. Hard Reset

Ini merupakan langkah terkahir yang bisa kalian coba. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka menu Pengaturan atau Settings di handphone kalian.
  2. Jangan lupa sebelum itu lakukan pencadangan data dengan pilih Cadangkan dan Reset
  3. Ceklis pada bagian Backup Data untuk menyimpan file penting kalian.
  4. Selanjutnya pilih Reset Data Pabrik lalu Reset Perangkat.
  5. Selesai dan tunggu beberapa saat lalu hidupkan kembali handphone kalian.

Itulah beberapa cara mengatasi kartu Telkomsel tidak bisa menerima SMS dan telepon yang bisa kalian coba, langkah-langkahnya sangat mudah sekali bukan? Telepas dari kartu telkomsel yang bermasalah, handpone kalian yang bermasalah juga bisa menjadi penyebab tidak bisanya menerima SMS maupun telepon.

Semoga artikel di atas bisa membantu permasalahan kalian. Jika ada yang kurang kalian pahami silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaan di kolom yang telah kami sediakan. Jangan lupa share untuk membagikan artikel kami ini.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA