Simak kelebihan dan kekurangan Google Drive

Laciusang.comkelebihan dan Kekurangan Google Drive : Saat ini penggunaan cloud server seperti Google Drive semakin meningkat. Ada banyak server cloud yang tidak terlalu istimewa, tetapi Google Drive memiliki banyak sekali yang menyukainya.

Selain itu, karena banyak orang dapat menikmati perubahan ponsel Android, kehadiran Google semakin ditingkatkan. Tentu Anda ingin tahu apa saja kelebihan dan kekurangan dari Google Drive bukan? Untuk memahami alasannya, perhatikan penjelasan berikut!

Kelebihan dan Kekurangan Google Drive

kelebihan dan kekurangan Google Drive tidak hanya memungkinkan Anda menyimpan data dengan aman, tetapi juga memudahkan untuk melakukan aktivitas milenial sehari-hari seperti berbagi file, mengedit, dan lainnya. Layanan ini sepenuhnya membebaskan pengguna dari ketergantungan pada berbagai perangkat lunak.

Kelebihan dan Kekurangan Google Drive

Baca Juga: Apa itu Google Drive dan Apa Fungsinya?

Pasalnya, pengguna bisa membuka berbagai jenis file tanpa harus menginstalnya terlebih dahulu di laptop atau PC. Dalam hal ini, Google Drive mendukung sekitar 20 jenis file yang berbeda, sehingga Anda dapat membuka berbagai jenis file secara langsung di browser Anda.

Kelebihan Google Drive

Dimasukkannya Android sebagai salah satu sistem operasi smartphone sangat memudahkan Google untuk menjual beberapa produk unggulannya. Salah satunya adalah Google Drive.

Kelebihan Google Drive

Penyelarasan yang mudah memungkinkan pengguna terhubung ke Google Drive tanpa repot. Anda dapat menggunakan fitur Google Drive hanya dengan masuk ke akun Google Anda.

Memori Besar

Dari kelebihan dan kekurangan Google Drive versi gratis, tentunya Anda bisa menggunakan memori penyimpanan hingga 15 GB. Jumlah tersebut dinilai cukup besar dibandingkan dengan ukuran cloud server. Sebagai catatan, Turun Box hanya menawarkan penyimpanan gratis sebesar 2GB. Dan OneDrive hanya sekitar 7GB. Saat Anda siap menjadi anggota premium, Anda dapat menambahkan memori apa pun yang Anda inginkan. Harga premium Google Drive bervariasi berdasarkan kebutuhan Anda.

Dapat Menyimpan Banyak file Berbagau Format

Keuntungan terbesar menggunakan Google Drive adalah dapat menyimpan berbagai jenis file dengan banyak pola. Itu dapat menyimpan file dokumen, video, foto, suara dan bahkan file coding. Hal ini tentunya sangat berguna untuk menyimpan berbagai jenis data di perangkat Anda.

Tersedia Sebagai Web Hosting

Potensi keuntungan baru ini terletak pada Google Drive. Peran lain dari Google Drive adalah digunakan sebagai media penyimpanan file serta situs web hosting.

Jenis-jenis cloud computing di dunia biasanya selalu dikenakan biaya, namun dengan Google Drive Anda bisa mendapatkannya secara gratis. Ini tentu saja sangat membantu dalam meng-hosting coding Anda di beberapa situs pengembang.

Bagikan File dengan Mudah

Google Drive memudahkan berbagi file dengan orang lain dengan mengirimkan tautan, atau mengundang banyak orang sehingga hanya orang tertentu yang dapat melihat dan mengedit file tersebut. Plus, Anda dapat dengan mudah berbagi file jika orang yang ingin Anda ajak berbagi memiliki akun Google.

Dapat digunakan Sebagai Cadangan Data

Anda dapat menggunakan Google Drive sebagai cadangan data otomatis. Misalnya, ketika Anda mengambil gambar dengan ponsel Anda, Anda dapat segera mencadangkan gambar yang Anda ambil dengan menggunakan pengaturan di Google Drive.

Selain bisa menyimpan foto, Google Drive juga bisa membackup data ke WhatsApp. Anda dapat menyimpan banyak pesan dan file yang dikirim melalui WhatsApp. Dengan begini, Anda tidak perlu khawatir kehilangan sebagian data pesan WhatsApp saat ponsel Anda rusak atau diganti dengan yang baru.

Dapat Menjalankan dan Mengubah File

Misalnya, jika Anda memiliki file dalam format atau video dan ingin menjalankannya, Anda tidak perlu mengunduhnya terlebih dahulu. Ini karena Google Drive dapat menjalankan file video layaknya program pemutar video.

Demikian pula, file dokumen yang ingin diubah tidak perlu diunduh terlebih dahulu untuk menggunakan program dokumen. Google Drive memiliki program konversi dokumen seperti Word, Excel, dan Power Point.

Mekanisme keamanan yang Cukup Tinggi

Mekanisme keamanan Google Drive cukup tinggi di kelasnya. Misalnya, jika Anda ingin berbagi file di Google Drive dengan orang lain, Anda dapat menentukan hanya orang tepercaya yang dapat membuka file yang dibagikan tersebut.

Ada dua model yang tersedia untuk berbagi file: “dapat ditonton” dan “dapat diubah”. Jika kita ingin penerima “melihatnya”, mereka hanya dapat melihat file yang ingin kita bagikan. Anda harus mendapatkan izin dari pemilik asli untuk mengimpor. Anda juga dapat mencari, melihat, dan mengubah file yang dibagikan oleh pengirim untuk dikirim “untuk dilihat” oleh penerima.

Kekurangan Google Drive

Namun, dengan semua keunggulan, manfaat, dan fitur lanjutan Google Drive, masalah keamanan dan privasi tertentu telah disorot. Dalam hal ini, Google Drive tampaknya memiliki kelemahan berikut:

Kekurangan Google Drive

Tergantung Jaringan Internet

Semua mekanisme di Google Drive menggunakan mekanisme cloud, jadi sangat perlu menggunakan koneksi internet secara otomatis. Untuk masuk ke Google Drive, pastikan perangkat Anda terhubung ke internet.

Mencadangkan data PC belum Maksimal

Google Drive adalah program pencadangan data otomatis yang dapat Anda akses secara offline dari komputer Anda. Namun, sayang sekali Anda hanya dapat mencadangkan data file video dan foto saat ini. Dan untuk backup data seperti dokumen dan file sejenis, kami belum bisa mengimplementasikannya.

Nah, itulah beberapa Kelebihan dan kekurangan Google Drive yang perlu kalian ketahui. Semoga artikel diatas bermanfaat ya, Jika artikel diatas bermanfaat jangan lupa share ke sosmed kalian, agar teman saudara kalian juga tahu. Terinmakasih!!

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA