Kelebihan dan Kekurangan Google Form Yang Perlu Kalian Ketahui

Pastinya kalian sudah tidak asing dengan yang namanya Google Form? Ya, Google Form adalah layanan pembuatan formuli gratis dari Google. Akan tetapi apakah kalian sudah mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan Google Form. Untuk itu pada artikel kali ini kami akan memberikan pengetahuan kepada kalian tentang kelebihan dan kekurangan Google Form.

Google Form pertama kali di luncurkan pada 16 Februari 2008, merupakan salah satu fitur dari Google Drive Office Suites. Jadi jika kalian ingin membuat formulir survei di Google Form kalian harus mempunyai akun Google atau Gmail terlebih dahulu.

Google Form dikenal sebagai Google Formulir dalam bahasa Indonesia. Google Form biasanya digunakan untuk survei dalam bentuk formulir.

Penggunan Google Form tidak hanya untuk survei saja tetapi juga bisa di gunakan untuk membuat soal, kuisioner bahkan lamaran pekerjaan secara online.

Di masa pandemi saat ini pasti kalian sering menggunakan Google Form untuk mengerjakan soal dari guru atau dosen kalian, juga beberapa kuisioner dari kakak tingkat kalian yang sedang mengerjakan skripsi.

Bagi kalian yang sering memakai Google Form pasti tahu di Google Form sendiri ada banyak jenis pertanyaan yang di sediakan. Juga tersedia berbagai fitur menarik yang dapat kalian nikmati secara gratis.

Selain terdapat fitur yang cukup lengkap, tentunya pasti ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang ada di Google Form. Jadi kalian harus mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan Google Form.

Jenis-Jenis Pertanyaan di Google Form

Respon yang diupload responden akan masuk ke Google Drive pembuat form. Biasanya responden perlu masuk ke akun Google mereka terlebih dahulu apabila terdapat jenis pertanyaan file upload pada form.

Banyak sekali jenis pertanyaan yang bisa dibuat di Google Form. Jadi kalian bisa menyesuaikan pertanyaan sesuai kebutuhan kalian.

Untuk mempermudah pemahaman kalian, kami akan memberikan daftar jenis-jenis pertanyaan yang ada di Google Form.

Kelebihan dan Kekurangan Google Form

  1. Linier Scale

Responden dapat memilih dari skala 0 atau 1 hingga 2-10. Biasanya di gunakan untuk mengukur tingkat kepuasan responden/pelanggan. Kalian juga bisa menambahkan label berupa tulisan atau emoji di sebelah kiri dan kanan skala.

  1. Multiple Choice

Responden di berikan pertanyaan dengan jawaban opsi pilihan ganda. Jadi kalian dapat memilih jawaban sesuai keinginan kalian atau jika ada jawaban lain kalian pilih saja opsi other.

  1. Short Answer

Jawaban yang diperoleh dari responden akan berupa uraian singkat. Tipe ini cocok untuk mengumpulkan data yang singkat, seperti nama, umur, atau alamat email.

Kalian juga  dapat membuat aturan dalam mengisi kolom jawaban menggunakan response validation ( khusus untuk jawaban pertanyaan tertentu).

  1. Checkboxes

Hampir sama dengan multiple choice, di mana terdapat beberapa pilihan opsi jawaban. Bedanya, responden dapat memilih lebih dari 1 opsi jawaban pada tipe checkboxes ini.

Kalian juga dapat memasukkan opsi Other dan responden dapat mengisikan jawaban lain yang tidak ada di opsi.

  1. Drop-down

Responden memilih salah satu dari pilihan yang terdapat di menu drop-down. Mirip dengan checkboxes, kalian dapat membuat responden berpindah ke section/ bagian lain sesuai jawaban responden.

  1. File Upload

Responden perlu mengupload file ke form yang kalian buat. Batas total file yang diupload adalah 1 GB. Responden tidak bisa lagi mengupload file setelah total file jawaban yang di upload berjumlah 1 GB.

Kalian sebenarnya dapat mengubah besar ukuran file respon sesuai kebutuhan kalian. Klik Change This Form kemudian pilih This Form can accept up to 1 GB of files Scroll ke bawah pilih Maximum size of all files uploaded. Selesai jadi responden bisa mengirim respon file lebih dari 1 GB.

  1. Multiple-Choice Grid

Pertanyaan yang ada ditulis dalam Rows, sedangkan jawabannya ditulis dalam Columns. Pertanyaan yang kalian buat bisa kalian acak sesuai keinginan kalian.

  1. Tick Box Grid

Hampir sama dengan multiple-choice grid di mana pertanyaan dan jawaban ditampilkan dalam bentuk grid. Bedanya, kalian dapat memilih lebih dari 1 jawaban untuk tiap pertanyaan pada tick box grid.

  1. Date

Di sini kalian dapat menanyakan suatu tanggal spesifik, misalnya tanggal lahir responden. Google Form juga memberi pilihan tambahan untuk menampilkan waktu pada jawaban.

Format tanggal yang ditampilkan ke responden akan menyesuaikan dengan format tanggal dari akun Google pembuat form.

  1. Time

Terdapat 2 jenis jawaban yaitu time (waktu) dan duration (durasi). Kalian dapat memilih sesuai kebutuhan kalian.

Itulah jenis pertanyaan yang ada di Google Form sekaligus fitur-fitur di Google Form. Akan tetapi agar terlihat adil, kalian harus mengetahui kelebihan dan kekurangan Google Form.

Baca Juga : Cara Membuat Link Share Google Drive

Kelebihan dan Kekurangan Google Form

Tentunya kalian pasti ingin mengetahui apa saja sih kelebihan dan kekurangan Google Form. Meskipun Google Form sudah banyak orang, hal tersebut tidak berarti Google Form tidak mempunyai kekurangan.

Untuk lebih lengkap tentang kelebihan dan kekurangan Google Form, kalian dapat membaca artikel ini lebih lanjut di bawah ini.

Kelebihan Google Form

Kalian pasti sudah mengetahui fitur-fitur apa saja yang terdapat dalam Google Form. Dengan fitur tersebut, tak heran jika banyak orang yang menggunakan Google Form.

Selain fitur-fitur tersebut adalah kelebihan dari Google Form, apakah kalian sudah mengetahui apa kelebihan Google Form dibandingkan dengan platform pembuat formulir lainnya.

Berikut adalah kelebihan Google Form:

  1. Free/Gratis

Fitur dari Google Drive ini disediakan secara gratis alias bebas biaya oleh Google. Jadi kalian tidak perlu memakai aplikasi berbayar lainnya untuk membuat kuisioner. Jadi kalian bisa menggunakan Google Form secara penuh sesuai kebutuhan kalian.

  1. Mudah Digunakan Oleh Siapapun

Google Form ini bisa di akses oleh siapapun, baik pemula maupun yang sudah terbiasa dengan Google Form dan juga fitur yang di sediakan mudah penggunaanya. Selain itu Google Form sudah mobile friendly dimana fitur yang di sediakan bisa di akses melalui smartphone.

  1. Banyak Pilihan Tema

Banyaknya pilihan tema yang di sediakan Google Form membuat kuisioner yang kalian buat akan terlihat lebih variatif, menarik dan tidak membosankan.

  1. Program yang Ringan Untuk Digunakan

Kalian bisa menggunakan Google Form ini tanpa ada kendala bahkan untuk smartphone yang memiliki spesifikasi rendahpun tetap bisa digunakan itu karena program yang disediakan Google Form sangat ringan.

  1. Adanya Fitur Spreadsheets

Google Form memiliki fitur Spreadsheets sehingga kalian dapat melihat tanggapan survei yang telah dikumpulkan pada formulir secara rapi dan otomatis. Jadi kalian tidak perlu menginput hasil tanggapan secara manual dan memudahkan kalian dalam mengolah data.

  1. Easy to Share/ Mudah Dibagikan

Kalian bisa dengan mudah membagikan kuisioner kalian di berbagai platform dalam bentuk link. Jadi kalian tidak perlu bertemu langsung dengan responden dan membagikan kuisioner kalian dalm bentuk file.

Selain kelebihan Google Form di atas, Google Form juga mempunyai kekurangan. Berikut ini beberapa kekurangan dari Google Form yang harus kalian ketahui.

Kekurangan Google Form

Kekurangan dari Google Form ini mungkin tidak akan terlalu mengganggu atau merepotkan jika pemanfaatan yang kalian lakukan sederhana.

Berikut adalah kekurangan Google Form :

  1. Harus Terkoneksi dengan Internet

Saat responden mengisi kuisioner, maka responden harus terhubung dengan internet terlebih dahulu karena Google Form hanya bisa digunakan secara online.

Terkadang jika koneksi internet tidak stabil, Google Form bisa merefresh/keluar sendiri dan responden harus mengerjakan kuisioner dari awal lagi. Jadi pada saat mengisi kuisioner Google Form disarankan untuk menggunakan koneksi internet yang stabil.

  1. Tidak Bisa Digunakan dalam Forum Diskusi Online.

Akan sangat mudah sekali jika Google Form dapat digunakan dalam forum diskusi online. Tentunya juga akan menghemat waktu dan tempat terlebih kondisi pandemi seperti sekarang ini.

  1. Tidak Bisa Menggunakan Equation/Simbol Matematik Secara Langsung.

Soal matematika maupun jawabannya sangat memerlukan adanya equation atau simbol matematik. Fitur ini tidak tersedia di Google Form, jadi jika kalian membuat soal matematika kalian hanya bisa mengupload gambar soal maupun jawaban yang terdapat simbol matematik.

  1. Tidak Bisa Diintegrasikan dengan Platform Lain

Google Form tidak bisa digunakan secara langsung di platform lain. Misalnya saja seperti di forum atau sosial media. Jadi hanya bisa dibuka melalui link dan tidak bisa diisi melalui platform lain.

Itulah kekurangan Google Form yang perlu kalian ketahui. Akan tetapi menurut kami, meskipun Google Form mempunyai kekurangan tersebut. Hal tersebut tidaklah bermasalah, karena mengingat Google Form mempunyai kelebihan yang cukup banyak.

Baca Juga : Cara Menyimpan Foto di Google Drive

Cara Membuat Formulir dengan Google Form

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan Google Form, rasanya pasti kalian ingin membuat sebuah formulir. Untuk itu kami juga akan menuliskan cara membuat formulir dengan Google Form.

Kalian tidak perlu meluangkan banyak tenaga untuk memberikan pertanyaan satu persatu kepada responden apalagi sampai mencetak pertanyaan di kertas. Dengan Google Form kalian hanya perlu membagikan link dan responden akan mengisi kuisioner kalian secara online.

Selain itu data dari jawaban responden juga terjamin keamanannya. Karena jawaban responden akan secara otomatis tersimpan di akun Google Drive kalian.

Kalian pasti penasaran bagaimana cara membuat kuisioner di Google Form. Berikut langkah-langkah untuk membuat kuisioner di Google Form :

  1. Pertama tama kalian harus mempunyai akun Google dan lakukanlah Login
  2. Setelah itu ketik pada pencarian google dengan keyword Google Form
  3. Akan muncul website Google Form, buka Google Form tersebut
  4. Pilih Form. Pilih juga template, terdapat banyak opsi template jadi silahkan kalian pilih template sesuai keinginan kalian.
  5. Mengisi Judul Form
  6. Mengisi Deskripsi Form. Setelah kalian selesai mengetik judul, selanjutnya kalian akan diminta untuk mengisi Form Descirption. Uraikan secara deskriptif, terperinci dan jelas kuisioner kalian agar mudah di pahami para responden.
  7. Membuat pertanyaan. Langkah selanjutnya masuk ke kolom Question, di sini kalian ketik semua pertanyaan yang ingin kalian tanyakan kepada responden. Kalian juga akan di minta memilih jenis pertanyaan sesuai yang kalian inginkan seperti jenis pertanyaan yang saya sebutkan di atas.
  8. Kirim kuisioner. Setelah selesai membuat pertanyaan. Kalian bisa membagikan hasil dari Google Form yang kalian buat kepada para responden melalui email atau menyalin link. Caranya klik Send atau Kirim di kanan atas pilih opsi mengirim form ke email pilih include form in email klik send yang ada di pojok kanan bawah. Untuk kalian yang menyalin link, link bisa kalian share ke sosial media yang ada misal whatsap, instagram, line, facebook dan lain sebagainya.

Itu tadi beberapa kelebihan dan kekurangan Google Form. Terlepas dari semua itu Google Form telah banyak membantu dan memudahkan kita dalam membuat kuisioner dan juga membagikannya dengan mudah hanya dengan menggunakan link.

Semoga artikel kelebihan dan kekurangan Google Form ini bisa membantu kalian dan jika ada yang kurang paham kalian dapat menuliskan pertanyaan di kolom yang sudah kami sediakan. Jika ini membantu kalian bisa share kepada teman-teman kalian.

Tinggalkan komentar