Penyebab Kenapa Video di Youtube Tidak Bisa di Download dan Cara Mengatasinya

Mungkin kalian pernah mengalami Youtube yang tidak bisa didownload. Lalu kenapa Youtube tidak bisa di download atau di unduh? Berikut ini kami akan memberikan penjelasannya.

Video-video menarik bisa dengan mudah kalian tonton di Youtube, tetapi terkadang jika menemukan video yang sesuai dengan yang kalian inginkan dan belum selesai menonton tentu download secara offline adalah solusi untuk kalian jika ingin melanjutkan menonton tanpa harus mencari ulang video tersebut.

Sebenarnya bisa juga memasukkan ke playlist di tonton nanti tetapi download secara offline lebih nyaman.

Tetapi ada dua jenis video di Youtube ada yang bisa di download offline dan banyak juga yang tidak bisa di download offline. Setting video di youtube tersebut memang diatur sendiri oleh content creator yang menguploadnya.

Selain itu video di Youtube memang saat ini sudah mengalami resolusi yang yang sangat bagus, termasuk kualitas videonya juga. Jadi tentu saja banyak pengguna yang tertarik untuk mendownloadnya secara offline meskipun tidak bisa ditonton dalam waktu yang lama.

Akan tetapi terdapat banyak kendala yang di alami yaitu video tidak bisa didownload. Lalu kenapa tidak bisa download video di Youtube dan apa penyebabnya?

Baca Juga: Kenapa Video Offline Youtube Tidak Bisa Dibuka

Penyebab Kenapa Youtube Tidak Bisa di Download

Saat kalian menemukan video Youtube yang menarik tentu saja akan sangat ingin untuk mendownloadnya secara offline untuk ditonton sewaktu-waktu. Tetapi tidak berlaku bagi semua video untuk bisa di download. Mengapa seperti itu?

Padahal jika dilihat secara seksama terkadang tombol download pada video ada yang abu-abu atau hitam. Video Youtube memang banyak juga yang tersedia untuk bisa di download offline tetapi ada juga yang tidak dijinkan oleh pihak Youtube untuk di download ,apa yang menyebabkan video itu tidak bisa di download?

Berikut ini beberapa penyebab kenapa Youtube tidak bisa di download.

  1. Jaringan Koneksi Internet Lambat

Untuk mendownload video offline youtube membutuhkan koneksi jaringan internet yang lancar. Karena tidak semua jaringan stabil ini bisa juga menyebabkan video Youtube tidak bisa di dwonload.

  1. Video di Setting Tidak Save Offline

Penyebab kenapa video Youtube tidak bisa di download karena uploader mensetting video yang di uploadnya tidak untuk di download pengguna lain atau bisa diprivasi untuk dirinya sendiri. Atau bisa juga uploader awalnya mensetting bisa di download kemudian diubah tidak bisa di download.

Sehingga pengguna lain tidak bisa mengunduhnya. Kalian bisa mengeceknya dengan melihat tanda tombol dibawah ini:

  • Tombol Download di Nonaktifkan

Saat menonton video di Youtube kalian pasti menemukan tombol download offline tidak aktif alias abu-abu. Hal ini disebabkan uploader memang sengaja mensetting seperti itu sehingga pengguna tidak diijinkan untuk di unduh secara offline. Biasanya hanya berlaku beberapa negara tertentu saja.

  • Tanda Silang di Tombol Download

Berikutnya tanda silang pada tombol Youtube juga biasa kalian temukan. Munculnya tanda tersebut dikarenakan lisensi atau kriteria video masuk kategori premium. Sehingga penggguna tidak diijikan untuk menonton secara offline oleh uploader.

  1. Memori Internal Penuh

Kenapa video di Youtube tidak bisa di download? Biasanya terjadi karena memori internal kalian yang penuh. Youtube sendiri juga memiliki kapasitas memori untuk menyimpan video offline, karena sering mendownload video tidak sadar jika kapasitas memori internal sudah penuh. Video yang kalian download masuk ke memori internal ya.

Jadi jika video tidak bisa di download hal ini bisa jadi salah satu penyebabnya, jadi kalian cek dahulu memori internal kalian.

  1. Aplikasi Youtube Belum di Update

Penyebab kenapa video di Youtube tidak bisa di download berikutnya adalah kalian belum update Youtube ke versi terbarunya. Setiap aplikasi biasanya setiap satu bulan pasti mengalami update versi, tetapi jika tidak mengaktifkan update otomatis tidak akan tahu jika aplikasi Youtube sudah waktunya di update.

Update ke versi terbaru memudahkan kalian untuk menikmati fitur-fitur terbaru yang disediakan youtube.

  1. Belum Berlangganan Youtube Premium

Untuk video yang memiliki hak cipta atau copyright kalian tentu tidak bisa mendownloadnya. Tetapi jika kalian berlangganan Youtube Premium kalian bisa mendownload video tersebut dan bisa kalian tonton secara offline.

Penyebab-penyebab kenapa video di Youtube tidak bisa di download di atas memang biasanya sering terjadi, hanya saja terkadang tidak banyak yang menyadari. Maka dari itu tetap rajin untuk memeriksa kondisi aplikasi Youtube kalian kecuali yang berlangganan Youtube Premium.

Cara Mengatasi Youtube Tidak Bisa di Download

Setelah tahu penyebab kenapa video di Youtube tidak bisa di download, maka berikutnya kalian perlu tahu juga bagaimana cara mengatasi video di Youtube tidak bisa di download.

Berikut cara mengatasi video di Youtube tidak bisa di download yang bisa kalian lakukan.

  1. Stabilkan Koneksi Internet

Jika kondisi jaringan internet tidak sedang stabil maka kalian urungkan dahulu untuk mendownload offline. Tunggu beberapa saat sampai koneksi internet kembali normal sedia kala.

Namun jika kalian sudah menunggu lama dan belum ada perubahan kalian bisa menggunakan koneksi wifi. Agar lebih nayaman juga jika smartphone kalian dual SIM, gunakam SIM 1 untuk internet data kalian.

  1. Ubah Setting Download Youtube

Mengubah setting video Youtube itu tidak bisa kalian lakukan sendiri, karena itu hak dari uploader.

Jadi kalian hanya bisa mengubah setting download saja di Youtube kalian. Hal ini biasanya untuk mengatasi jika ada smatrphone yang hanya bisa mendownload menggunakan wifi saja bukan data internet.

Atau bisa juga sebaliknya kalian akan kesulitan jika tidak tersedia Wifi secara gratis jadi harus mendownload menggunakan data internet.

Cara mengubahnya sangat mudah sekali kalian hanya perlu ke Settings Youtube lalu masuk ke Menu Downloads terakhir kalian Geser opsi Download over Wifi Only. Dengan ini kalian bisa mendownload secara offline baik pakai Wifi maupun internet data.

  1. Hapus Data Aplikasi dan Luangkan Memori Internal

Kenapa video Youtube tidak bisa di download offline? Bisa saja karena memori internal kalian penuh. Jika Memori Internal penuh kalian tentu saja harus menghapus beberapa sehingga tersedia ruang yang kosong untuk video offline youtube kalian.

Hal ini juga bisa disebabkan karena setiap aplikasi yang kalian download pasti menyimpan data berapapun ukurannya.

Jadi agar space memori agak lega, kalian perlu menghapus beberapa data di aplikasi Youtube yang tidak penting dengan cara berikut :

  • Kalian masuk ke Settings atau Pengaturan.
  • Lalu cari App Management atau Manajemen Aplikasi pada daftar menu Settings.
  • Kemudian masuk ke App Management cari aplikasi Youtube.
  • Tab Youtube lalu pada tulisan Clear Data kalian tab untuk menghapus data yang tidak perlu seperti Canche.

Space memori internal Youtube kalian akan sedikit lega, atau kalian bisa mendownload video offline yang sudah kalian tonton sebelumnya.

  1. Update Youtube versi Terbaru

Cara mengatasi kenapa video di Youtube tidak bisa di download adalah Update aplikasi Youtube.

Untuk mengupdate Youtube versi terbaru sangat mudah sekali tidak perlu waktu lama kalian langsung saja ke Playstore atau Appstore. Lalu kalian bisa cari aplikasi Youtube pada kolom pencarian atau bisa juga ke Akun lalu My Aplikasi atau Aplikasi Saya.

Pada tulisan Update kalian tab itu dan otomatis akan mendownload berkas Update beberapa detik atau menit. Setelah selesai download aplikasi Youtube sudah bisa kalian gunakan seperti biasanya.

Untuk mempermudah lagi kalian bisa mengaktifkan download otomatis pada aplikasi Youtube kalian jadi jika sudah waktunya update otomatis terupdate sendiri.

  1. Beralih ke Youtube Premium

Konten video Youtube Premium berbeda dengan Youtube biasa, lebih banyak video keren dan menarik serta kalian bisa menikmati fitur download offline video yang ada hak ciptanya. Cara berlangganan juga mudah kalian tinggal klik menu Youtube Premium.

Jika sudah langganan Youtube Premium jangan lupa untuk bayar tagihannya setiap bulan agar tetap leluasa menikmati video premium pilihan kalian.

Sudah tahu kan penyebab kenapa Youtube tidak bisa di download dan juga cara untuk mengatasinya. Tidak sulit sekali untuk kalian lakukan.

Semoga bisa membantu kalian ya, jangan lupa share. Terima kasih sudah membaca.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA