Penyebab Dan Cara Mengatasi Keyboard Laptop Mengetik Sendiri

Sebagai pengguna laptop atau komputer, pastinya kalian sudah tidak asing lagi dengan yang namanya keyboard. Keyboard yang digunakan dalam jangka waktu yang lama juga dapat mengalami kerusakan, salah satu kerusakan yang sering terjadi adalah keyboard laptop mengetik sendiri. Untuk itu kalian perlu mengetahui cara mengatasi keyboard laptop mengetik sendiri.

Keyboard merupakan perangkat keras pada komputer atau laptop yang digunakan sebagai alat untuk input data berupa huruf, angka, dan simbol. Fungsi keyboard sangat penting karena sebagian perintah yang berupa teks dan kontrol lain dimasukkan ke dalam sistem komputer melalui keyboard.

Akan tetapi jika keyboard laptop error maka kalian harus tahu cara mengatasinya. Beberapa orang pasti merasa kesulitan karena keyboard yang tiba – tiba error seperti mengetik sendiri. Maka dari itu, pada artikel ini kami akan menuliskan beberapa penyebab dan cara mengatasi keyboard laptop mengetik sendiri.

Fungsi keyboard cukuplah penting untuk membuat komputer maupun laptop berjalan dengan semestinya. Di laptop sendiri, keyboard diciptakan menyatu dengan badan laptop, sehingga membuat laptop menjadi lebih simpel dan ringkas.

Sebagai sebuah perangkat pendukung komputer yang selalu digunakan setiap saat,  keyboard juga bisa mengalami kerusakan terlebih jika dalam penggunaanya tidak diperlakukan dengan baik. Beberapa kasus kerusakan laptop yang sering terjadi adalah keyboard laptop yang mengetik sendiri. Hal tersebut pasti sangat menyebalkan bukan? Lalu apa penyebab dan cara mengatasi keyboard laptop mengetik sendiri? Jawabannya ada di bawah ini.

Keyboard Laptop Mengetik Sendiri

Kejadian keyboard yang mengetik sendiri dilayar desktop bukanlah hal yang aneh, karena error system ataupun kerusakan perangkat bisa menyebabkan hal tersebut. Tetapi masih banyak orang yang kebingungan jika keyboard laptop yang digunakan mengetik sendiri tanpa ditekan atau error yang lainnya. Jika hal tersebut terjadi di laptop kalian maka kalian harus tahu cara memperbaikinya.

Sebagaian orang apabila mengalami masalah serupa, pasti lebih memilih untuk dibawa ketempat service laptop, dikarenakan tidak mengetahui cara mengatasinya. Nahh, daripada repot – repot harus keluar rumah, lebih baik kalian membaca artikel kami yaitu penyebab dan cara mengatasi keyboard laptop mengetik sendiri.

Perlu kalian ketahui, cara mengatasi keyboard laptop mengetik sendiri itu sangat mudah loh, tidak perlu jauh – jauh membawanya ke tempat service, kalian sudah bisa melakukannya sendiri di rumah. Namun, sebelum itu, mungkin kalian harus tahu apa penyebab keyboard laptop mengetik sendiri.

Untuk menghindari terjadinya eror seperti keyboard mengetik sendiri, kalian bisa mencegahnya dengan beberapa penyebab – penyebabnya seperti yang kami rangkum di bawah ini.

Penyebab Keyboard Laptop Mengetik Sendiri

Penyebab keyboard laptop mengetik sendiri bisa terjadi karena beberapa hal yang mungkin hal tersebut sangat sederhana. Yaitu antara lain sebagai berikut:

  1. Debu Yang Menyelip Di Bagian Tombol Keyboard

Debu yang masuk pada sela-sela keyboard ini nantinya akan menyebabkan tombol keyboard laptop menjadi super sensitive, dan pada akhirnya menyebabkan tombol tersebut seolah mengetik sendiri, padahal kita hanya menekan tombolnya satu kali saja, bahkan hanya dengan menyentuh tombolnya saja, tanpa menekannya, sudah keluar kata yang kita sentuh.

Debu bisa saja menyelinap di bagian tombol keyboard karena penggunaan laptop yang sering digunakan di ruang terbuka, seperti kafe, lapangan, taman, dan lokasi lainnya yang berada di luar ruangan. Selain itu, remah-remah makanan yang terjatuh ke dalam keyboard juga dapat menimbulkan keyboard mengetik sendiri.

Untuk mengatasi hal tersebut, kalian bisa membersihkan secara teratur keyboard yang kalian gunakan dengan tisu atau penyedot debu.

  1. Sering Ditindih Oleh Benda Berat Atau Terlalu Sering Digunakan

Penyebab kedua ini bisa dikarenakan oleh manusia sendiri atau human error. Biasanya, secara tidak sadar, kita sering meletakkan sesuatu yang sangat berat di bagian keyboard. Hal ini akan menyebabkan keyboard menjadi tertekan sangat keras dan sangat kuat, sehingga tombol keyboard menjadi sangat sensitif.

Terlalu sering digunakan seperti untuk bermain game juga bisa menyebabkan kerusakan pada keyboard. Pasalnya jika terlalu sering menekan satu atau lebih timbol secara ekstrim, biasanya hal ini akan menyababkan kondisi keyboard laptop menjadi sangat sensitif, dan bisa membuat keyboard mengetik sendiri.

Untuk mengatasi hal tersebut, hindari meletakkan benda berat pada keboard kalian. Dan juga jika kalian menggunakan laptop untuk sesuatu yang berlebih seperti bermain game, kalian dapat menggunakan keyboard external.

  1. Laptop Yang Jarang Digunakan

Laptop yang jarang digunakan dan juga jarang dibersihkan juga akan menjadi salah satu yang membuat laptop error. Tak hanya keyboard saja akan tetapi juga pada perangkat yang lainnya seperti baterai juga bisa rusak jika lama tak digunakan. Maka dari itu walaupun jarang digunakan kalian harus tetap membersihkan laptop secara rutin.

  1. Terjadi Error

Sebuah sistem terkadang juga dapat mengalami error, tak terkecuali dengan keyboard. Mungkin salah satu penyebab dari keyboard laptop mengetik sendiri adalah terjadi error pada driver yang terinstall pada laptop kalian.

Untuk mengatasi hal tersebut kalian perlu melakukan update driver atau mengganti driver keyboard yang terpasang pada laptop kalian.

Baca Juga : Cara Mengatasi Speaker Laptop Mati

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Mengetik Sendiri

Setelah mengetahui penyebab terjadinya keyboard laptop yang mengetik sendiri, kini saatnya kalian harus mengetahui apa saja cara yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Di bawah ini adalah penjelasannya:

Jalankan Troubleshoot Keyboard

Windows menyediakan fitur Troubleshoot yang bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah yang terjadi pada windows. Fitur ini berfungsi untuk mendeteksi masalah apa yang terjadi pada laptop atau komputer dan juga solusinya. Apabila masalah tersebut terjadi karena software yang bug atau glitch, maka fitur Troubleshoot dapat mengatasinya. Berikut adalah tutorialnya:

  1. Nyalakan laptop atau komputer kalian, kemudian buka menu Settings

Masuk Ke Settings

  1. Cari dan pilih menu Update & Security

Update and Security

  1. Masuk ke tab Troubleshoot, geser ke bawah dan cari pilihan Keyboard
  2. Selanjutnya pilih Run The Troubleshooter

Keyboard Laptop Mengetik Sendiri

Setelah itu kalian tinggal menunggu saja prosesnya kemudian tunggu saja langkah-langkah yang diberikan sampai selesai.

Update Driver Keyboard

Apabila solusi keyboard laptop mengetik sendiri yang pertama tersebut masih belum berhasil, bisa jadi kesalahan tersebut memang diakibatkan oleh driver keyboard. Untuk itu kalian perlu meng-update driver keyboard dengan langkah berikut:

  1. Pastikan laptop atau komputer sudah terhubung dengan internet
  2. Buka menu Device Manager

Masuk Ke Device Manager

  1. Maka kalian akan menemukan Driver yang terinstal pada Hardware laptop, selanjutnya pilih pada Keyboard
  2. Klik panah ke samping lalu klik kanan pada Standard PS/2 Keyboard, lalu pilih Update Driver

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Mengetik Sendiri

  1. Kemudian pilihlah Search Automatically For Updated Driver Software

Update Driver untuk Keyboard Mengetik Sendiri

Dengan begitu, secara otomatis windows akan mencari update driver keyboard laptop kalian. Akan tetapi, terkadang dengan fitur ini windows tidak menemukan driver terbarunya. Untuk itu, kalian bisa mencoba mengupdatenya secara manual dengan cara:

  1. Download driver terbaru dari keyboard kalian. Caranya ketikkan keyword pencarian Driver Keyboard Laptop (sesuai merek dan seri yang kalian gunakan)
  2. Buka menu Device Manager
  3. Maka kalian akan menemukan Driver yang terinstal pada Hardware laptop, selanjutnya pilih pada Keyboard
  4. Klik panah ke samping lalu klik kanan pada Standard PS/2 Keyboard, lalu pilih Update Driver
  5. Pilih Browse My Computer For Driver Software
  6. Pilih lokasi dimana driver yang sudah kalian download tadi dengan tombol Browse
  7. Kemudian klik Next, tunggu proses instal hingga selesai.

Tunggu prosesnya hingga selesai, kemudian silahkan Restart laptop kalian.

Matikan Fitur Sticky Keys

Apabila kalian membeli laptop bekas, kemungkinan pemilik laptop sebelumnya mengaktifkan fitur sticky keys.  Fitur tersebut berfungsi untuk mengubah fungsi dari sebuah tombol, sehingga jika kalian menekan tombol tersebut, kemungkinan hasilnya tidak sesuai. Berikut ini cara menonaktifkannya:

  1. Buka Control Panel
  2. Ubah tampilannya terlebih dahulu ke Small Icons yang ada di pojok kanan atas
  3. Pilihlah Ease of Access Center
  4. Kemudian pilih Make The Keyboard Easier To Use
  5. Hilangkan tanda centang pada Turn on Sticky Keys kemudian lanjutkan dengan pilih Set up Sticky Keys yang ada dibawahnya
  6. Hilangkan semua tanda centang yang ada lalu klik Apply dan OK

Silahkan mencoba menggunakan cara ini, apabila cara sebelumnya masih belum berhasil.

Bersihkan Debu di Keyboard

Jika semua cara di atas sudah dilakukan dan keyboard masih tetap error, maka bisa dipastikan kerusakan terjadi pada hardware keyboard kalian. Untuk mengatasi hal tersebut perhatikan langkah-langlah di bawah ini :

  1. Siapkan pisau cutter atau benda keras tipis lainnya yang bisa digunakan untuk mencongkel tombol keyboard yang mengalami error tersebut.
  2. Simpan dengan baik tombol keyboard yang kalian congkel, dan ingat posisi tombol keyboard tersebut.
  3. Kalian akan melihat keyboard yang berbentuk bulat dan dikelilingi sebuah karet kotak berwarna hitam.
  4. Bersihkan menggunakan tisu, berhati-hatilah dalam membersihkan, karena apabila terlalu kasar, maka akan menyebabkan kerusakan pada PCB keyboard kalian.
  5. Setelah selesai, bersihkan kembali dengan menggunakan tisu atau lap kering (lebih baik menggunakan microfiber).
  6. Kemudian pasang kembali tombol keyboard yang kalian buka sebelumnya.

Gunakan Keyboard External

Masih ada cara lain selain yang kami tulis di atas tadi, yaitu dengan mengganti keyboard laptop dengan keyboard eksternal yang biasa digunakan pada komputer. Untuk menggunakan keyboard external tersebut, kalian harus menonaktifkan keyboard internal terlebih dahulu agar tidak muncul lagi tombol-tombol yang menekan dengan sendirinya. Berikut ini adalah caranya :

  1. Buka Device Manager
  2. Pilih menu Keyboard, lalu tekan panah kesamping
  3. Klik kanan pada keyboard bawaan laptop kalian Standard PS/2 Keyboard kemudian pilih Uninstall Device
  4. Matikan laptop, lalu sambungkan keyboard external, dan hidupkan laptop seperti biasa

Setelah itu keyboard bawaan sudah tidak aktif lagi, sehingga kalian sudah bisa menggunakan keyboard external dengan engikuti langkah-langkah tersebut.

Dan itulah penyebab dan cara mengatasi keyboard laptop mengetik sendiri. Silahkan dicoba apabila laptop kalian mengalami eror seperti di atas. Jangan lupa untuk share agar bisa membantu yang lain juga.

Tinggalkan komentar