7 Cara Mengatasi Masalah Sambungan atau Kode MMI Tidak Valid

Di jaman sekarang jaman modern sudah banyak sekali smartphone yang menggunakan dual sim. Adanya dual sim tersebut bisa jadi ada kesalahan masalah koneksi atau kode mmi tidak valid ini.

Apa Yang di Maksud Kode MMI?

Kode mmi adalah kode yang kita masukkan di telepon yang berisi karakter antara * dan #. Masalah sambungan atau kode mmi tidak berlaku, umum terjadi karena koneksi jaringan seluler yang lemah atau tidak ada.

Masalah ini sudah tidak sedikit lagi terjadi di banyak orang terutama di hp dual sim seperti xiaomi, asus, ssamsung, lenovo dan masih banyak lagi. Dan juga di banyak kartu sim terutama indosat, telkomsel, xl, smartfren dan kartu sim lainnya.

Pesan error masalah sambungan kode mmi tidak valid ini muncul ketika kalian memasukkan USSD seperti saat cek pulsa, dan cek-cek lainnya yang berhubungan dengan USSD.

Apa Penyebab Kode MMI Tidak Valid?

kode mmi tidak valid

Penyebabnya itu sendiri beragam artinya banyak penyebab yang menyebabkan masalah sambungan ini muncul.

Beberapa penyebab masalah sambungan atau kode mmi tidak valid.

  • Kesalahan pengaturan jaringan pada hp
  • Jaringan atau sinyal kurang baik alias lemah
  • Gangguan jaringan
  • Kesalahan pada sistem
  • Mode 4G Lte Only

Jika masalah ini terjadi, fatalnya banyak orang tidak dapat membuat atau menerima panggilan bahkan tidak dapat menerima atau mengirim sms.

Banyaknya masalah tentang kode mmi tidak valid ini, kurang lengkap jika kami tidak memabahas ini. Kami mempunyai tips cara mengatasi kode mmi tidak valid.

7 Cara Mengatasi Masalah Sambungan Kode Mmi Tidak (Indosat, xl, telkomsel, axis, smartfren)

Tips-tips di bawah ini bisa kalian coba untuk mengatasi masalah sambungan atau kode mmi tidak valid. Berikut tips yang dapat kalian coba.

  1. Cek USSD Benar atau Salah

Jika kalian menerima pesan atau notif kode mmi tidak berlaku, mungkin penyebab utama masalah ini adalah kesalahan Ketika memasukkan kode dial ussd. Ulangi kode dial dengan benar. Dan jika masalahnya bukan ini kalian dapat melihat tips berikut ini.

  1. Menonaktifkan Kartu Sim

Kalian dapat menonaktifakn kartu sim untuk sementara, mononaktifkan kartu sim bisa memulai ulang jaringan di hp kalian. Memang sederhana, tapi cara yang sederhana bisa mengatasi masalah ya kenapa harus  cari yang sulit.

Untuk menonaktifkan kartu sim kalian dapat menuju ke setting kemudian cari kartu jaringan kemudian nonaktifkan kartu sim yang bermasalah kode mmi tidak valid.

Jika sudah kalian bisa mengaktifkan lagi dan tunggu sinyal sampai keluar kemudian coba ulangi memasukkan ussd. Jika berhasil masalah kode mmi tidak valid sudah berhasil.

  1. Mode Pesawat

Cara yang paling mudah ketika jaringan kalian mengalami gangguan adalah dengan mengaktifkan mode pesawat. Caranya sangat mudah yaitu dengan mengaktifkan mode pesawat kemudian tunggu beberapa detik, lalu nonaktifkan lagi mode pesawat.

Kenapa mode pesawat dapat mengatasi kode MMI tidak valid. Karena pada dasarnya saat kalian mengaktifkan kemudian menonaktifkan mode pesawat saat itu jaringan kalian akan melakukan restart dan ketika jaringan dinyalakan kembali, maka jaringan tersebut akan berganti IP dan mencari IP yang tercepat.

  1. Tambahkan Tanda (+) atau (,)

Kalian bisa mencoba menambahkan tanda (,) pada akhir kode uusd yang akan digunakan. Misalnya nomor kalian indosat kalian dapat mencoba mengecek pulsa dengan memasukkan *123#,.

Untuk memasukkan tanda (,) kalian dapat menekan tombol (*) kurang lebih 2-3 detik. Atau kalian juga bisa menambahkan tombol (+) setelah tanda (*) kode ussd. Seperti menambahakan tanda (,) bedanya tanda + ini berada di dalam antara (*) dan (#) contoh *+123#. Untuk menambahkan tanda (+) kalian dapat menekan angak 0 kurang lebih 2-3 detik.

  1. Mengubah Jaringan ke 2G atau 3G

Mengubah jaringan ke 2G atau 3G bisa kalian coba. Kalian bisa menuju ke pengaturan hp kalian. Gunakan mode 2G atau 3G dan coba cek Kembali dengan memasukkan kode uusd sesuai kartu sim kalian indosat, xl, telkomsel atau axis.

Atau kalian pernah menggunakan kode rahasia untuk menjadikan jaringan kalian ke 4GLte Only. Kalian dapat mengganti setelan 4GLte only tersebut ke pengaturan lain. Misalnya dari 4GLte Only ke LTE/TD-CDMA/UMTS. Untuk mengubah itu kalian dapat memasukkan ussd *#*#4636#*#*.

Buat kalian yang menggunakan hp khusunya xiaomi ada banyak kode rahasia xiaomi yang dapat kalian coba, Kalian dapat membaca kode rahasia xiaomi untuk mengubah jaringan.

Buat pengguna hp vivo atau oppo bisa menggunakan kode *#*#4838#*#* lalu pilih informasi telepon.

  1. Hapus Data Aplikasi Telepon

Menghapus data aplikasi ini bisa mengatasi masalah ini. Kesalahan kode mmi tidak valid bisa disebabkan karena aplikasi terdapat virus atau ada error.

Cara menghapus data aplikasi telepon

  • Pertama kalian bisa menuju ke setting (pengaturan)
  • Kemudian buka Aplikasi
  • Lalu pilih Semua Aplikasi dan cari aplikasi telepon,
  • Jika sudah ketemu tab dan pilih penyimpanan
  • Kemudian pilih hapus data. Jika muncul notif pilih saja ok
  1. Restart HP

Merestart hp merupakan hal paling umum yang di lakukan banyak orang. Faktanya merestart hp bisa mengembalikan masalah seperti kesalahan jaringan kode mmi tidak valid ini.

Cara ini tidak cuma mengatasi masalah kode mmi tidak valid. Untuk cara mengatasi tidak terdaftar di jaringan (not registered on network) yang sudah kami bahas, cara ini bisa untuk mengatasi masalah tersebut.

Beberapa tips di atas bisa kalian coba untuk mengatasi masalah sambungan kode mmi tidak valid ini. Terlihat sederhana, tapi diantara tips berikut bisa mengatasi masalah sambungan ini. Masalah ini sering terjadi di hp hp yang memiliki dual sim seperti xiaomi 4x dan xiaomi tipe lainnya, Adapun yang mengalami di hp Lenovo, Samsung, oppo dan hp lainya. Dan kebanyakan kartu yang digunakan adalah indosat, selain indosat ada juga seperti telkomsel, dan juga smartfren.

Semoga pembahasan tentang masalah sambungan kode mmi tidak berlaku ini bisa berguna dan dapat membantu mengatasi masalah kode mmi tidak berlaku di hp kalian.

Tinggalkan komentar