6 Penyebab Kompresor AC Hidup Sebentar Lalu Mati dan Cara Mengatasinya

Salah satu masalah yang seringkali ditemui saat menggunakan AC adalah pada bagian kompresor. Berikut akan kami jelaskan tentang penyebab kompresor AC hidup sebentar lalu mati dan bagaimana cara mengatasinya.

Keberadaan Air Conditioner atau AC memang sangat dibutuhkan, terutama di gedung-gedung besar untuk membuat ruangan agar sejuk dan dingin sehingga orang-orang yang bekerja di dalam gedung terasa nyaman.

Tetapi yang namanya barang elektronik pasti ada saja masalah yang bisa terjadi seperti komponen kompresor AC hidup sebentar lalu mati. Apa yang yang bisa menyebabkan hal tersebut?

Penyebab Kompresor AC Hidup Sebentar Lalu Mati

Masalah kompresor AC mati hidup ini merupakan masalah yang sering terjadi. Lalu apa penyebab kompresor AC hidup sebentar lalu mati ini? Berikut penjelasannya.

  1. Thermisthor AC mengalami kerusakan

Jika thermistor AC mengalami kerusakan maka kompresor akan mati. Hal ini karena peran thermistor berguna sebagai pengelola suhu AC.

Jika thermistor mengalami kerusakan, tentu tidak akan ada yang mengelola suhu AC. Sehingga menyebabkan kompresor AC hidup sebentar lalu mati.

  1. Pengaktifan Mode Timer

Salah satu mode dari remote AC adalah timer. Dengan mode ini kalian bisa mengatur berapa lama AC akan dinyalakan.

Tetapi beberapa orang kurang paham tentang mode timer ini. Bahkan ada yang menyalakan mode timer dan tidak memahami, hanya bisa menyalakan saja tetapi tidak bisa mematikan.

Maka dari itu jika kompresor mati tiba-tiba bisa jadi dikarenakan mode timer diaktifkan dan waktu dari timer tersebut sudah habis dan menyebabkan kompresor ac mati.

Bagi kalian yang mempunyai AC dengan merek Pansonic, kalian dapat membaca cara mematikan timer AC Panasonic yang sudah kami tuliskan sebelumnya.

  1. Kerusakan PCB Modul

Kerusakan PCB Modul juga bisa mengakibatkan kompresor AC hidup sebentar lalu mati. Kerusakannya dipicu karena tegangan listrik yang mengalami naik turun, konslet atau sambaran petir pada unit outdoor AC.

 

  1. Switch On-Off Bermasalah

Masalah fisik yang menjadikan kompresor AC hidup sebentar lalu mati juga dapat disebabkan oleh casing penutup AC menekan atau menjepit bagian power on off saat kalian membuka lalu mengembalikan penutup indoor AC.

 

  1. AC yang terlalu Kotor

Kotornya AC yang disebabkan karena banyaknya debu dan kotoran juga bisa menjadikan kompresor AC hidup sebentar lalu mati. Hal ini terjadi karena jika AC kotor akan menambah beban kompresor sehingga menjadi panas.

Akhirnya karena panas, kompresor kemudian mati sebentar untuk menurunkan suhu supaya tidak terlalu bekerja terlalu keras.

  1. Berkurangnya Tekanan Refrigerant (Freon)

Kompresor AC hidup sebentar lalu mati juga dapat disebabkan oleh berkurangnya tekanan freon. Kurangnya tekanan tersebut diakibatkan karena adanya kebocoran halus pada pipa, getaran mesin mengakibatkan nepel kendor, dan pemasangan pipa yang kurang pas.

Saat terjadi kebocoran, tekanan freon akan kosong atau tidak ada. Cara lain untuk mengetahui kebocoran pipa yaitu munculnya bercak oli di area yang bocor.

Itu tadi faktor penyebab kompresor ac mati hidup. Setelah kalian mengetahui penyebabnya, berikut akan kami berikan solusi atau cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Kompresor AC Hidup Sebentar Lalu Mati

Apabila penyebab dari kompresor AC hidup sebentar lalu mati sudah dapat kalian temukan, maka kalian juga harus mengetahui cara mengatasi kompresor AC hidup sebentar lalu mati berikut ini.

  1. Cek Dengan Multimeter

Jika thermistor bermasalah, lakukan pengecekan dengan menggunakan alat khusus bernama multimeter. Dan akan dianggap normal misal pada suhu 25 derajat maka akan menerima 2,5 VDC. Jika mendapatkan 5 VDC maka tidak ada tekanan pada thermistor, namun jika 0 VDC maka terjadi short pada thermistor.

Untuk komponen controler bekerja 3,3 V maka thermistor akan memutuskan 3,3 VDC dan akan diterima 1,7 VDC pada suhu 25 derajat. Hasil yang diterima bisa bervariasi tergantung dari suhu AC.

  1. Cek Remote AC

Saat kalian mengecek pada remot ternyata lampu pada mode timer berkedip bisa dipastikan mode ini aktif. Untuk menonaktifkannya matikan AC lalu restart ulang remot AC.

Baca Juga: Cara Setting Remote AC Universal

  1. Gunakan Stabilizer

Untuk kerusakan PCB Modul, kalian bisa menggunakan Stabilizer untuk menjaga stabilnya arus listrik sehingga AC tetap bisa bekerja dengan optimal. Kalian juga bisa melakukan pengecekan secara berkala saklar sekring apakah dalam keadaan normal atau tidak.

  1. Tutup Case AC dengan Baik

Saat menutup case penutup indoor AC periksa apakah menekan swicth on-off pada AC, jika iya maka segera tata ulang agar switch on off tetap aman.

  1. Bersihkan AC

Bersihkan AC secara berkala sekali atau dua kali dalam seminggu untuk mencegah AC kotor sehingga mengurangi tekanan pada kompresor.

  1. Cek Freon dengan Gauge Manifold

Lakukan pengecekan tekanan freon dengan menggunakan alat gauge manifold. Kondisi normalnya biasanya jika menggunakan freon R22 maka tekanan yang dibutuhkan antara 75 sampai 90 PSI dan untuk freon R32 atau R410A tekanan yang dibutuhkan 120 sampai 140 PSI tetap dengan menyesuaikan kekuatan ampere unit kompresor.

Itulah cara mengatasi kompresor AC hidup sebentar lalu mati yang dapat kalian lakukan apabila kalian mengalami masalah tersebut.

Penyebab Kompresor AC Mobil Hidup Sebentar lalu Mati dan Solusinya

Pada AC mobil hal yang sama juga bisa terjadi, berikut faktor penyebab kompresor ac mobil mati hidup beserta cara mengatasinya.

  1. Magnetic Clutch Rusak

Kerusakan magnetic clutch disebebkan karena faktor usia dan jangkan waktu pemakaian yang cukup lama sehingga lilitan pada komponen putus. Komponen ini berfungsi menerima arus listrik dan kinerjanya secara elektromagnetik.

Rusaknya Magnetic clutch mengakibatkan kompresor hidup mati sehingga kinerja AC tidak menjadi optimal. Karena usia pemakaian yang terlalu lama menjadikan kinerja komponen elektrikal mengalami penurunan.

Untuk mengatasi hal tersebut maka kalian harus menggantinya dengan komponen yang baru agar AC tetap bekerja dengan normal.

  1. Relay Kompresor AC Putus

Relay Kompresor berada di dalam magnetic clutch, berfungsi mengamankan arus listrik berlebih pada komponen AC. Kerusakannya bisa disebabkan akibat terjadi konslet, sehingga aliran arus listrik pada magnetic clutch akan terhenti dan komponen AC tidak akan bekerja semestinya akhirnya mati hidup.

Penggantian dengan komponenyang baru adalah solusinya tetapi tetap dengan melakukan pemeriksaan pada bagian rangkaian kabel magnetic clutch dipastikan tidak terkelupas dan songket kabel kendor atau gosong.

 

  1. Ada Gangguan Sensor Suhu AC

Sensor suhu AC berfungsi memastikan kapan magnetic clutch harus menyala atau mati setelah suhu pada kabin tercapai. Namun jika komponen ini mengalami kerusakan maka tidak ada komponen yang bisa medeteksi suhu dan magnetic clutch tidak akan bisa bekerja optimal bahkan AC bisa mati total.

Untuk mengatasi hal tersebut kalian bisa melakukan pengecekan pada komponen lalu jika memang benar-benar rusak tidak bisa dipakai maka harus diganti dengan yang baru.

 

Faktor utamanya pada AC mobil adalah kerusakan pada sistem, jadi kalian harus membawa ke ahli atau teknisi AC untuk segera dilakukan perbaikan dan penggantian komponen yang rusak dengan yang baru.

Jangan panik dan takut jika ada kerusakan, lakukan pengecekan dahulu lalu lihat permasalahan apa yang terjadi dan cari solusinya. Jika masih bisa diperbaiki sendiri silahkan diperbaiki. Jika tidak bisa, panggilkan saja teknisi.

Sampai disini pembahasan kali ini tentang kompresor AC hidup sebentar lalu mati. Semoga bisa membantu. Jangan lupa bagikan ke teman kalian jika bermanfaat. Jika ada yang ditanyakan tinggalkan komentar atau pertanyaan di kolom yang telah tersedia.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA