Penyebab Kulkas Dingin Tapi Tidak Beku dan Cara Mengatasinya

Mungkin beberapa kalian ada yang mengalami permasalah tentang kulkas dingin tapi tidak beku. Berikut kami akan memberikan penjelasan penyebab kulkas dingin tapi tidak beku dan cara mengatasinya.

Ada dua jenis bahan makanan atau minuman yang diletakkan di dalam kulkas. Dimana jenis satu harus disimpan dalam keadaan beku dibawah suhu 0⁰ C sampai maksimal -12⁰ C yaitu sejenis daging, ikan atau juga bisa es baik es batu maupun es krim.

Jenis selanjutnya biasanya seperti sayuran dan buah-buahan serta sejenisnya harus disimpan pada suhu minimal 2⁰ C sampai dengan 6⁰ C.

Perbedaan kedua jenis bahan makanan tersebut harus disimpan di suhu yang sudah ditentukan agar keawetannha terjaga dengan baik. Sehingga ketika akan diolah tetap enak dimakan dan tidak busuk.

Tetapi terkadang kulkas juga bisa menyebalkan, misal untuk es krim seharusnya jika diletakkan di dalam evaporator harusnya tidak meleleh karena kulkas hanya dingin tapi tidak beku akhirnya es krim meleleh.

Apa yang menyebabkan kulkas dingin tapi tidak beku. Berikut kami akan memberikan penjelasan secara singkat dan mudah dipahami.

Penyebab Kulkas Dingin Tapi Tidak Beku dan Cara Mengatasi

Penyebab kulkas dingin tapi tidak beku sangatlah beragam, yang pasti terjadi karena kerusakan alat atau kesalahan pengguna. Berikut penyebab dan cara mengatasi kulkas dingin tapi tidak beku.

  1. Kompresor Tidak Berfungsi dengan Baik

Kompresor yang tidak berfungsi dengan baik tentu saja bisa mengganggu kinerja kulkas sehingga akhirnya suhu dingin pada kulkas tidak bisa maksimal.

Kompresor sendiri layaknya jantung yang bisa mengatur sirkulasi dingin kulkas, tetapi jika komponen ini tidak berfungsi karena rusak sudah pasti dingin di kulkas juga bisa berangsur berkurang bahkan tidak beku.

Baca Juga: Penyebab Kulkas 2 Pintu Tidak Dingin

  1. Penggumpalan Evaporator

Jika penggumpalan es yang berlebihan pada evaporator terjadi bisa menyebabkan sirkulasi pendinginan kulkas terhambat.

Hal ini bisa terjadi karene sistem defrost tidak berjalan secara maksimal, sehingga terjadi penggumpalan karena air sisa defrost tidak bisa keluar akhirnya ikut membeku dan menutupi rongga jalannya sirkulasi udara sehingga menyebabkan kulkas dingin tapi tidak beku.

  1. Gumpalan Es yang Berlebihan

Jika proses pendinginan berjalan dengan baik bisa ditandai dengan frost atau gumpalan es yang tipis dan merata dibseluruh bagian evaporator.

Namun jika gumpalan es yang ada sangat tebal bisa menganggu proses pendinginan terjadi secara maksimal. Maka dari itu disarankan jika bunga es terlalu banyak samapi menutup evaporator, kalian harus menurunkan suhu thermostat supaya gumpalan es bisa berkurang.

Baca Juga: Kulkas 2 Pintu Bagian Bawah Tidak Dingin

  1. Pintu pada Bagian Evaporator Tidak Tertutup Rapat

Didalam kulkan pasti kalian akan menemui pintu pada evaporator atau freezer. Dimana hanya pada bagian evaporator saja terjadi pembekuan. Namun jika pintu tersebut tidak tertutup rapat maka suhu dingin akan turun keba area bawah evaporator.

Akibatnya kulkas dingin tetapi proses pembekuan tidak bisa maksimal. Sebenarnya tetap bisa beku karena tidak bisa maksimal sehingga misal kurang dari 24 jam air bisa membeku jadi es batu itu bisa memakan waktu sedikit lebih lama.

  1. Pintu Kulkas Rusak

Pintu kulkas yang rusak bisa disebabkan beberapa faktor diantaranya karet pada pintu kulkas kendor, pintu gasket rusak, magnet di pintu tidak menempel dengn rapat dan engsel pintu rusak.

Akibatnya suhu dingin di dalam kulkas terbuang sia-sia dan mengakibatkan kulkas dingin tapi tidak beku.

Bagaimana? Sudah tahukan penyebab kulkas dingin tapi tidak beku? Beberapa hal diatas adalah penyebab yang akan sering kalian temukan di dalam kulkas kalian.

Untuk menjaga sirkulasi pendinginan bekerja dengan maksimal lakukan pembersihan penggumpalan es pada kulkas dengan rutin, tutup pintu kulkas dengan benar serta lalukan service kulkas jika ditemukan kerusakan pada komponen kulkas dan harus diperbaiki atau ganti dengan yang baru.

Sampai disini pembahasan kali ini tentang penyebab dan cara mengatasi kulkas dingin tapi tidak beku. Semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk kalian.

Jangan lupa untuk bagikan ke teman-teman kalian. Tinggalkan komentar di kolom yang telah kami sediakan jika ada yang kurang kalian pahami.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA