Cara Membuat Password dan Mengunci Laptop Windows

Sebagai orang yang aktif menggunakan laptop atau komputer alangkah baik memberikan keamanan password pada laptop kalian. Ini diperlukan agar tidak semua orang bisa menggunakan laptop milik kalian. Umumnya laptop berisi banyak data-data atau informasi yang terkait dengan kebutuhan sehari-hari atau file-file kerjaan yang penting. Mungkin saat kalian kerja atau kuliah, Saat mengerjakan projek atau tugas skripsi dengan teman sekelas. Terus kalian tinggal sebentar untuk ke toilet atau beli makanan.  Nah temen kalian jahil atau emang gak suka sama kamu terus data atau file penting yang kalian kerjakaan di hapus oleh teman kalian gimana rasanya pasti marah besar kan hehe. Maka dari itu memberikan password pada komputer sangatlah penting. Kali ini laci usang akan membahas gimana sih cara membuat password di laptop.

Sebenarnya kita sudah disediakan bagi pengguna windows untuk keamanan ini. mungkin dari sobat-sobat ambyar ini masih bingung gimana caranya. Oke langsung saja.

Baca Juga :

Cara Mengaktifkan Tema Gelap File explorer Windows 10

Cara Install Whatsapp di Laptop

Cara Membuat Password di Laptop

  1. Windows 7

Nih yang masih menggunakan komputer windows 7 berikut langkah-langkahnya.

  • Langkah Pertama buka Start Menu kemudian pilih Control Panel
  • Langkah Kedua setelah control panel terbuka pilih view by: small icon kemudian pilih User Accounts
  • Langkah Ketiga selanjutnya pilih Creat a password for your account
  • Langkah Keempat isikan password yang kamu inginkan, ulangi password untuk memastikan password benar. Dan berikan pertanyaan jika sewaktu-waktu kalian lupa password. kemudian pilih Creat Password
  • Akan ada tulisan password protected menandakan bahwa password sukses dibuat.
  1. Windows 8

Buat yang masih menggunakan windows 8 berikut cara membuat password laptop di windows 8.

  • Langkah pertama silahkan klik tombol windows pada keyboard atau kalian arahkan cursor ke pojok kanan bawah, arahkan saja jangan mengklik apapun
  • Langkah kedua kemudian pilih Change PC
  • Langkah ketiga pilih User kemudian pilih Creat a Password
  • Langkah keempat isikan password yang kamu ingingkan, kemudian isikan juga hint pilih next dan selesai.
  1. Windows 10

Untuk pengguna windows 10 berikut cara buat password di windows 10.

  • Pertama silahakan masuk ke setting dengan mengeklik startmenu/windows kemudian pilih setting, bisa juga dengan menekan tombol windows + i atau ketikan saja di pencarian.
  • Kedua selanjunya pilih Accounts kemudian pilih Sign-in Option
  • Ketiga pilih Password dan isikan password yang kamu inginkan
  • Keempat klik finish dan Selesai.

Membuat password sudah bisa. Maka dari itu, saat kerja atau kuliah harap mengunci laptop dahulu sebelum meninggalkan laptop. Ketika kalian mengunci laptop saat dibuka akan ada proses memasukan password yang kalian buat tadi. Ingin tau cara mengunci laptop berikut cara mengunci laptop. Mengunci laptop dapat digunakan disemua merek laptop ya sob mau acer, asus, hp, dell atau yang lainnya yang penting windows yang kalian gunakan sama seperti tutoeial ini ada windows 7, 8 dan 10.

Cara Mengunci Laptop di Windows 10

  1. Menggunakan ShortCut

  • Ctrl + Alt + Delete

Di windows 10 mengunci laptop bisa menggunakan shortcut dengan menekan keyboard Ctrl + Alt + Delete kalian akan diarahkan ke menu pilihan silahkan pilih Lock untuk mengunci laptop.

  • Windows + L

bisa juga dengan menggunakan shortcut windows + L ini memudahkan pengguna untuk mengunci laptop saat hendak ditinggal sebentar.

  1. Menggunakan Tombol Windows

Bisa juga dengan kalian klik tombol windows di pojok kiri bawah atau menekan keyboard windows. Kemudian pilih power dan pilih lock.

Cara Mengunci Laptop di Windows 7

  1. Menggunakan ShortCut

  • Windows + L

Shortcut ini tidak Cuma bisa digunakan di windows 10. Di windows 7 juga bisa digunakan untuk lock atau mengunci laptop.

  • Ctrl + Alt + Del

Shortcut ini juga bisa digunakan untuk mengunci di windows 7 ya sob. Silahkan coba sendiri di laptop kalian masing masih. Pilih lock Lock This Computer untuk mengunci laptop.

  1. Menggunakan StartMenu

Kunci laptop di windows 7 bisa juga secara manual silahkan klik starmenu di pojok kiri bawah, kemudian arahkan cursor ke Shut Down arahkan saja jangan di klik. Selanjutnya pilih Lock.

Cara Kunci Laptop di Windows 8

Di windows 8 cara menguncinya juga sama kalian bisa menggunakan bantuan shortcut Windows + L dan Ctrl + Alt + Del.

Itulah beberapa cara agar file penting yang ada di komputer kalian aman dari gangguan teman yang jahil. Membuat password pada komputer atau laptop sangat penting, jika ada orang lain membuka komputer kita mereka tidak bisa mengakses komputer sepengetahuan pemiliknya. Mungkin segitu saja pembahasan cara buat password dan mengunci laptop di windows 10, 7 dan windows 8.

Tinggalkan komentar