11 Cara Mengatasi Nomor Indosat Tidak Bisa Menerima & Kirim SMS

Gagal menerima sms bahkan tidak bisa kirim sms merupakan hal yang wajar terjadi pada kartu sim Indosat. Jadi pada kali ini saya akan membahas mengenai nomor Indosat tidak bisa menerima sms.

Meskipun di jaman sekarang ini untuk saling terhubung sudah banyak yang beralih ke aplikasi seperti whatsapp, telegram dan yang lainnya. Namun sms merupakan hal yang harus diperhatikan meskipun jarang digunakan sepenuhnya.

Gagal menerima sms juga menjadi masalah Ketika kita ingin mengetahui kode otp saat mau login atau mau verifikasi. Jika masalah ini tidak diselesaikan apa yang terjadi terhadapat akun kalian seperti OVO, Grab ataupun akun-akun yang lain.

Kenapa Nomor Indosat Tidak Bisa Menerima SMS?

Sebelum lanjut ke poin inti dari cara mengatasi nomor Indosat tidak bisa menerima sms ini. Kalian perlu mengetahui dahulu penyebab-penyebabnya.

Penyebab kartu Indosat tidak dapat menerima sms:

  1. Tidak terdaftar di jaringan

Tidak terdaftar dijaringan juga menjadi faktor penyebab gagal menerima atau mengirim sms kartu Indosat kalian.

  1. Kesalahan kode mmi tidak valid

Pernah mengalami masalah kode mmi tidak valid saat memasukkan kode dial seperti cek pulsa sms Indosat atau saat cek masa tenggang Indosat.

Kode mmi tidak valid sangat umum ditemui saat ini kalian bisa membaca artikel kami tentang kode mmi tidak valid.

  1. Nomor Pusat Pesan Indosat Hilang/Salah

Setiap provider kartu sim Indosat, telkomsel atau smartfren pasti memiliki yang Namanya nomor pusat pesan Indosat.

Apabila nomor pusat ini hilang atau salah ya begini jadinya. Nomor indosat im3 kalian tidak bisa menerima sms bahkan mengirim.

  1. Mode 4G LTEonly

Buat kalian yang menggunakan mode 4G LTEonly pada hp kalian. Saya sarankan rubah dahulu ke mode defaultnya. Karena Ketika kalian menggunakan mode ini kalian tidak dapat menerima sms, kirim bahkan telfon.

  1. Gangguan Jaringan

Jika penyebabnya adalah gangguan jaringan dari pusat Indosat. Mungkin kalian perlu sabar sejenak, nikmatin kopi dan main mobile legends hehe.

  1. Masa Aktif Habis

Penyebab lainya juga bisa dikarenakan nomor kalian masa aktifnya habis atau dalam masa tenggan. Jika itu yang terjadi kalian perlu perpanjang masa aktif kartu Indosat kalian.

  1. Sistem Error

Smartphone dijalankan menggunakan sistem dan program. Apabila program tersebut terdapat kesalahan / bug script yang korup, mungkin ini juga yang menyebabkan tidak bisa menerima sms kartu Indosat kalian.

  1. Kartu Terblokir

Mungkin kalian nomor kalian terblokir. Sangat fatal sekali jika nomor kalian tidak bisa digunakan lagi. kalian bisa mengaktifkan kembali kartu Indosat kalian yang mati. Tapi sebelum itu kalian bisa membaca cara mengaktifkan kartu Indosat yang teblokir.

Penyebab-penyebab ini mungkin bisa menimpa kartu kalian dan menyebabkan tidak bisa menerima sms. Nah untuk mengatasinya ada beberapa cara, berikut cara mengatasi nomor kartu Indosat tidak bisa menerima sms dan kirim sms.

Cara Mengatasi Nomor Indosat Tidak Bisa Menerima Sms

Cara berikut ini merupakan cara sederhana yang mungkin bisa membantu menyelesaikan masalah nomor Indosat tidak bisa menerima sms.

Baca Juga:

Dalam beberapa kasus yang berurusan dengan kartu sim dan jaringan pasti hal pertama yang dilakukkan yaitu merestart, mengaktifkan mode pesawaat dan lain-lain.

Cara Pertama: Aktifkan Mode Pesawat

Mengaktifkan mode pesawat bisa mereset jaringan kalian yang awalnya h+ mungkin bisa kembali ke 4G. begitu pula dengan sms, tidak bisa menerima atau kirim sms kalian bisa mengaktifkan mode pesawat beberap menit kemudia nyalakan kembali.

Untuk mengaktifkan mode pesawat kalian bisa menuju ke Pengaturan->Mode Pesawata(aktifkan) atau dengan munggulir layar ke bawah seperti membukan notfikasi dan cari di menu bar

Misalnya kalian ingin menerima kode verifikasi, coba kirim ulang sms kode verifikasinya.

Cara Ke-2: Menonaktifkan Kartu Sim Sementara

Kalian bisa menonaktifkan kartu untuk sementara waktu dan aktifkan lagi. Jika masalahnya karena gangguan jaringan sangat membosankan jika menunggu waktu berjam-jam.

Kalian bisa menuju ke pengaturan->kartu ganda dan jaringan kemudian nonaktifkan kartu Indosat kalian yang bermasalah.

Cara Ke-3: Mengubah Mode Jaringan

Sama seperti mode pesawat namun sedikit berbeda. Kalian bisa merubah jaringan kalian yang awalnya 4G rubah ke 3G/2G.

Kalian bisa merubahnya di Pengaturan->Kartu Ganda dan Jaringan->Mode Jaringan. (setiap hp berbeda-beda).

Cara Ke-4: Hapus Cache Aplikasi SMS

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, bahwa masalahnya bisa berupa sistem yang error. Kalian bisa menghapus data dan cache aplikasi pesan di hp kalian.

Untuk caranya:

  • Pertama kalian bisa menuju ke setelan atau pengaturan
  • Kemudian pilih Pengatuan Lainya
  • Pilih menu Aplikasi kemudian pilih Semua Aplikasi

cara mengatasi nomor indosat tidak bisa menerima sms

  • Cari Aplikasi Pesan yang ada di hp kalian dan
  • Buka dan pilih Penyimpanan

nomor indosat tidak bisa menerima sms

  • Kemudian pilih Bersihkan Cache

Cara Ke-5: Cek Perizinan Aplikasi

Umumnya setiap aplikasi yang terinstall di sistem smarphone kita harus memiliki perizinan untuk bisa digunakan sepenuhnya.

Aplikasi pesan sms juga memerlukan perizinan, jadi apabila kalian tidak mengizinkan aplikasi untuk perizinan sms maka kalian tidak bisa menerima atau mengirim sms.

Untuk mengaktifkan perizinan sms di aplikasi pesan seperti berikut:

  • Pertama buka Pengaturan->Pengaturan Lainnya
  • Pilih Aplikasi->Semua Aplikasi

cara mengatasi nomor indosat tidak bisa menerima sms

  • Cari aplikasi “Pesan” buka dan pilih Perizinan

kenapa nomor indosat tidak bisa menerima sms verifikasi

  • Dibagian SMS silahkan kalian aktifkan jika kondisinya tidak aktif

Apabila perizinan ini sudah aktif kalian bisa menggunakan cara lain untuk mengatasi nomor Indosat im3 tidak bisa menerima sms ini.

Cara Ke-6: Merubah 4G LTE Only

Jika kalian pernah membuat jaringan kalian ke 4g LTEonly kalian dapat merubahnya.

Kalian dapat mengganti setelan 4GLte only tersebut ke pengaturan lain. Misalnya dari 4GLte Only ke LTE/TD-CDMA/UMTS. Untuk mengubah itu kalian dapat memasukkan ussd *#*#4636#*#*.

Untuk pengguna Vivo jika menggunakan kode *#*#4636#*#* tidak bisa kalian bisa menggunakan *#*#4838#*#*.

Cara Ke-7: Merestart Hp

Merestart/reboot hp merupakan hal paling umum yang di lakukan banyak orang. Faktanya merestart hp bisa mengembalikan masalah seperti kesalahan jaringan kode mmi tidak valid ini.

Cara ini tidak cuma mengatasi masalah kode mmi tidak valid. Merestart hp juga saya masukkan ke dalam pemabahsan saya mengenai cara mengatasi tidak terdaftar di jaringan (not registered on network) yang sudah kami bahas.

Cara Ke-8: Cek Nomor Pusat Pesan Indosat (SMSC)

Nomor pusat pesan adalah nomor yang digunakan sebagai pusat saat kalian mengirimkan pesan berupa SMS.

Nomor Pusat Pesan SMS adalah bagian dari jaringan nirkabel yang menangani operasi SMS, seperti perutean dan penyimpanan pesan teks yang masuk dalam perjalanan ke titik akhir yang diinginkan.

Maka dari itu apabila nomor pusat pesan kalian salah, maka SMS akan gagal terkirim dan juga tidak bisa menerima sms. Untuk mengatasi hal tersebut, kalian perlu merubah nomor pusat pesan pada ponsel kalian.

Nah untuk cara merubah nomor pusat pesan Indosat ini tidak saya sertakan disini. Namun kalian bisa membaca pembahasan saya mengenai nomor pusat pesan Indosat.

Disana sudah lengkap, daftar nomor pusat pesan Indosat im3, matrik, mentari beserta cara mesettingnya.

Cara Ke-9: Menghubungi Call Center Indosat

Jika masalahnya belum kelar juga, solusi terakhir yaitu menghubungi call center Indosat. Kalian bisa menghubungi call center Indosat di nomor berikut ini:

  • +6221 3000 3000
  • +6221 5438 8888
  • +2121 5449501 06
  • 186
  • 185

Atau bisa juga melalui akun sosial media dari Indosat. Saya sarankan jika menggunakan sosial media, kalian bisa menggunakan twitter.

Cara ke-10: Datang Ke Gerai Indosat

Menghubungi call center Indosat mungkin bisa tejawab. Mungkin saja ada beberapa kendala yang mengharuskan kalian datang langsung ke gerai Indosat untuk menyelesaikan masalah kartu Indosat tidak bisa menerima sms.

Kalian bisa mencari lokasi gerai terdekat kalian disini.

Cara Ke-11: Reset Hp

Mereset hp merupakan hal yang tidak saya sarankan sama sekali. Jika memang masalahnya dari kartu atau jaringan. Kalian tidak perlu mereset hp hanya untuk mencoba mengatasi masalah tidak bisa menerima sms.

Akhir Kata

Itulah sedikit informasi yang dapat saya berikan mengenai nomor Indosat tidak bisa menerima sms. Banyak orang yang mengalami masalah ini. Tidak hanya di kartu Indosat, kartu lainnya seperti telkomsel, smartfren juga ada.

Baca Juga:

Kalian bisa mencoba beberapa cara diatas untuk mengatasi gagal menerima sms ini. Sekian dulu informasi yang dapat saya berikan.

Pernah mengalami sinyal Indosat yang lemot? pasti bikin kesel dan malas banget kan. Kalian bisa membaca artikel mengenai cara memperkuat sinyal Indosat mungkin bisa membantu :).

Jika ada kendala atau pertanyaan bisa langsung tulis di kolom komentar. Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar