Penyebab Mesin Cuci Berdengung Tidak Mau Berputar dan Cara Mengatasi

Masalah yang terjadi pada mesin cuci cukuplah banyak, salah satunya mesin cuci tidak berputar hanya berdengung. Berikut kami akan memberikan informasi penyebab mesin cuci berdengung tidak mau berputar beserta cara mengatasinya.

Saat ini teknologi memang semakin canggih dan berkembang. Bahkan mencuci pun sekarang lebih mudah karena adanya mesin cuci yang tentu praktis dan meringankan beban daripada mencuci menggunakan tangan.

Terlebih mencuci secara manual banyak memerlukan tenaga apalagi baju yang di cuci sangat kotor. Tetapi yang namanya barang elektronik pasti ada saja masalah yang bisa terjadi, seperti komponen mesin yang bermasalah.

Masalah yang biasa terjadi pada mesin cuci salah satunya muncul bunyi dengung dan tidak mau berputar. Padahal jika tidak bisa berputar maka mesin cuci tidak bisa digunakan untuk mencuci pakaian.

Lalu mengapa mesin cuci tidak mau berputar? Berikut kami akan memberikan informasi penyebab beserta cara mengatasi mesin cuci berdengung tidak mau berputar.

Penyebab Mesin Cuci Berdengung Tidak Mau Berputar

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab mesin cuci berdengung tidak mau berputar, apa saja penyebabnya mari kita bahas:

  1. Baju yang Dimasukkan Mesin Overload atau Terlalu Banyak

Setiap mesin jenis apapun pasti mempunyai daya kapasitasnya masing-masing. Termasuk juga mesin cuci yang juga memiliki kapasitas untuk mencuci baju.

Jika mesin cuci dimasukkan pakaian yang terlalu banyak atau overload maka beban mesin akan berat dan tentu saja tidak akan berputar.

Bunyi dengung muncul karena beban terlampau berat dan memaksa untuk memutar tidak bisa sehingga mesin cuci hanya berdengung tidak mau berputar.

  1. Dinamo Mesin Cuci Rusak

Dinamo pada mesin cuci bekerja sebagai komponen yang berperan besar dalam kelancaran kinerja mesin cuci. Jika dinamo rusak atau tidak berfungsi maka mesin cuci tidak mau berputar hanya suara berdengung dari dinamo.

Kerusakan dinamo sendiri bisa disebabkan karena kabel penghubung putus karena dimakan tikus atau juga bisa disebabkan karena konsleting. Karena bagian bawah mesin cuci ada rongga yang bisa dimasuki tikus kecil. Jadi sering-seringlah untuk kalian periksa bagian itu untuk antisipasi ada tikus masuk.

Dinamo juga bisa tidak mau bekerja karena tersumbat kotoran yang menumpuk sehingga hanya berdengung saja.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Air Mesin Cuci Tidak Keluar

  1. Kapasitor Rusak

Kapasitor sebagai penghubung dinamo, ketika dinamo yang kotor tidak mau berputar dan sudah dibersihkan tetapi tetap tidak mau berputar.

Maka yang bermasalah adalah kapasitor yang putus sehingga dinamo tidak bisa berputar. Hal tersebut mengakibatkan mesin cuci berdengung tidak mau berputar.

  1. Karet Vanbelt Longgar

Jika mesin tidak mau berputar bisa juga kalian periksa karet vanbelt pada mesin cuci apakah longgar atau tidak, jika karet longgar tentu saja mesin tetap berputar tetapi lemah. Karet vanbelt juga memiliki peranan yang penting dalam menjalankan mesin.

  1. Timer Mesin Cuci Rusak

Tidak berjalannya mesin cuci bisa dikarenakan timer mesin rusak, kabel bagian timer yang putus sehingga timer tidak bisa berfungsi semestinya. Akibatnya hanya berputar satu arah saja dan tidak mau berputar secara dua arah.

Itulah beberapa penyebab mesin cuci berdengung tidak mau berputar. Mungkin kalian mengalami salah satu dari beberapa penyebab di atas. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Cara Mengatasi Mesin Cuci Berdengung Tidak Mau Berputar

Sangat dianjurkan jika kalian bisa memperbaiki mesin cuci sendiri, karena terkadang lokasi tukang service atau teknisi tidak semuanya dekat dengan rumah.

Maka lebih baik kalian memperbaiki sendiri jika bisa, namun jika kalian tidak bisa melakukan penggantian komponen yang rusak maka serahkan saja pada teknisi.

  1. Jika mesin tidak berputar karena overload maka kalian hanya perlu mengurangi jumlah pakaian yang masuk di dalam tabung mesin cuci.
  2. Jika mesin dinamo rusak karena kabel putus dimakan tikus maka periksa kabel terlebih dahulu lalu lakukan penyambungan. Sedangkan untuk dinamo yang tersumbat kotoran lakukan pembersihan pada dinamo sampai bersih.
  3. Kapasitor yang rusak karena putus maka kalian hanya perlu menyambungnya kembali supaya kembali berfungsi normal kembali.
  4. Karet vanbelt yang longgar bisa kalian lakukan pengaturan ulang dengan menggeser dinamo. Namun jika sudah sangat longgar ganti saja dengan yang baru. Perlu diingat jangan memasangnya terlalu kencang karena bisa merusak gearbox mesin cuci.
  5. Untuk timer yang rusak kalian bisa cek dahulu apakah ada kabel yang putus, jika kabel putus lakukan penyambungan. Namun jika komponen timer yang rusak maka serahkan saja pada teknisi karena jika sudah menyangkut komponen mesin sangat tidak memungkinkan untuk diperbaiki sendiri.

Jika mesin cuci rusak saat masa garansi masih berlaku maka lebih baik kalian mengunjungi toko di tempat kalian beli mesin cuci tersebut.

Sampai disini pembahasan mesin cuci berdengung tidak mau berputar, semoga bermanfaat dan bisa membantu kalian.

Jika ada yang ditanyakan tinggalkan komentar di kolom yang telah kami sediakan. Jangan lupa bagikan ke teman-teman kalian di platform sosial media yang kalian miliki.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA