Cara Mengatasi Metode Pembayaran Telkomsel Tidak Tersedia

Selain menyediakan berbagai layanan menarik, Telkomsel juga menyediakan metode pembayaran pada Google Play Store. Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan metode pembayaran tersebut. Namun pernahkah kalian mengalami metode pembayaran Telkomsel tidak tersedia? kami yakin di antara kalian semua pasti sudah ada yang pernah mengalami gagalnya atau tidak tersedia metode pembayaran yang ada di Google Play Store.

Sebenarnya memang tidak sedikit juga yang mengeluh tentang metode pembayaran Telkomsel tidak tersedia. Bagaimana tidak? Ketika kalian sudah ingin membeli aplikasi pada Play Store dan pada saat akan melakukan pembayaran yang terjadi malah pembayaran tersebut tidak bisa digunakan, tentunya kalian pasti merasa kesal bukan?

Hal tersebut bisa terjadi mungkin saja karena dari pihak Telkomsel yang sedang bermasalah dengan Google Play Store. Namun kalian jangan khawatir, kami akan memberikan cara untuk mengatasi masalah tersebut.

Metode Pembayaran Telkomsel Tidak Tersedia

Kartu Telkomsel sering diminati masyarakat dengan alasan karena sinyalnya yang bisa dijangkau sampai ke pelosok desa. Meskipun harganya yang cukup mahal, namun tidak membuat kartu Telkomsel menjadi kekurangan pengguna. Layanan yang diberikan telkomsel salah satunya metode pembayaran pada Google Play Store.

Di zaman sekarang ini kita bisa membeli aplikasi game atau yang lainnya di Google Play Store dengan menggunakan pulsa salah satunya dengan menggunakan kartu Telkomsel seperti AS, Loop, Hallo, dan Simpati. Meskipun metode pembayaran Telkomsel dapat dilakukan, nyatanya masih ada juga kegagalan yang sering muncul, salah satunya pembayaran tersebut menjadi tidak tersedia atau tidak muncul.

Ketika metode pembayaran Telkomsel tidak muncul mungkin kalian bingung dengan permasalahan ini. Oleh karena itu, untuk mengatasi kebingungan yang kalian rasakan, kami akan membantu kalian memeberikan cara mengataisnya. Dengan begitu kalian bisa mengikuti cara yang kami tulis di bawah ini.

Baca Juga : Cara Mengubah Pembayaran Google Play dengan Pulsa

Penyebab Metode Pembayaran Telkomsel Tidak Tersedia

Saat melakukan cara menambahkan metode pembayaran telkomsel, mungkin beberapa dari kalian akan mengalami kendala, salah satunya metode pembayaran telkomsel tidak muncul. Hal itu terjadi karena beberapa penyebab.

Penyebab metode pembayaran Telkomsel menjadi tidak tersedia yaitu kemungkinan karena dari pihak provider Telkomsel yang bermasalah maupun dari pihak Google Play Store itu sendiri. Masalah tersebut terjadi mungkin karena adanya perbaikan dari pihak Google Play Store sehingga menyebabkan efek samping terjadinya metode pembayaran tidak tersedia.

Cara Mengatasi Metode Pembayaran Telkomsel Tidak Tersedia

Ada berbagai cara untuk mengatasi agar kalian bisa melakukan pembayaran melalui pulsa Telkomsel untuk kartu AS, Loop, Hallo, dan Simpati. Berikut ini adalah cara untuk mengatasinya:

  1. Hapus Data dan Cache

Cara pertama untuk mengatasi masalah metode pembayaran yang tidak tersedia yaitu dengan menghapus data dan cache dalam Google Play Service dan Google Play Store. Berikut ini adalah cara untuk menghapus data:

  • Buka menu pengaturan
  • Lalu pilih aplikasi terinstal/kelola aplikasi
  • Kemudian pilih aplikasi layanan Google Play atau Google Play Service dan Play Store
  • Selanjutnya pilih hapus data dan hapus cache

Cara Mengatasi Metode Pembayaran Telkomsel Tidak Tersedia

Setelah itu coba masuk lagi dalam play store dan lihat apakah masalah sudah dapat teratasi. Jika belum, coba cara lainnya agar masalah metode pembayaran telkomsel dapat teratasi.

  1. Gunakan 1 SIM Card

Cara kedua yaitu dengan menggunakan 1 SIM Card saja. Jika kalian memiliki 2 SIM atau 2 nomor lebih baik kalian gunakan 1 kartu saja dan kosongkan SIM Card yang satunya. Dan pastikan SIM Card yang kalian gunakan sudah terisi dengan pulsa. Adapun cara untuk mengosongkan salah satu SIM Card yaitu:

  • Matikan ponsel kalian terlebih dahulu
  • Setelah itu cabut kartu
  • Kemudian tempatkan kartu yang sudah terisi pulsa ke dalam SIM Card 1
  • Selanjutnya nyalakan ponsel kalian

Kenapa saya merekomendasikan menggunakan satu kartu? Karena terkadang google play store error dalam mendeteksi kartu mana yang akan digunakan untuk menjadi metode pembayaran.

  1. Gunakan Kartu yang Mempunyai Kuota pada SIM 1

Apabila pada cara kedua tersebut masih belum berhasil, kalian bisa menggantinya dengan cara menggunakan kuota yang ada di SIM 1. Jadi, sebelum masuk pada Google Play Store, hapus data terlebih dahulu kemudian buka kembali dengan menggunakan kuota yang ada di SIM 1.

Pastikan SIM 1 kalian mempunyai kuota terlebih dahulu, jika tidak mempunyai kuota maka bisa gunakan wi-fi.

Saya merekomendasikan untuk menggunakan wi-fi dan menggunakan kartu yang akan dijadikan metode pembayaran pada SIM 1 juga pastikan SIM 2 sudah kosong tidak terisi kartu.

  1. Hapus Metode Pembayaran Pulsa

Dan jika cara-cara di atas masih belum berhasil juga, mungkin cara terakhir ini bisa membantu kalian dalam mengatasi kesulitan tersebut. Yaitu dengan cara menghapus metode pembayaran pulsa. Untuk caranya, kalian bisa mengikuti arahan-arahan yang kami tulis di bawah ini:

  • Pastikan koneksi internet kalian sudah tersambung
  • Buka aplikasi Play Store
  • Tekan “ikon burger atau garis tiga bertumpuk” yang ada di pojok kanan atas
  • Setelah itu masuk pada menu “Metode Pembayaran”
  • Kemudian pilih “Edit Metode Pembayaran”
  • Selanjutnya hapuslah metode pembayaran pulsa Telkomsel untuk kartu AS, Loop, Hallo, dan Simpati
  • Lalu langsung saja menuju ke Google Play Store
  • Dan tambahkan paymen pada Play Store dan pilihlah metode pulsa
  • Selesai

Itulah empat cara untuk mengatasi metode pembayaran Telkomsel tidak muncul. jika cara pertama tidak berhasil kalian bisa menggunakan cara kedua, ketiga, dan seterusnya atau kalian bisa memilih cara apa saja yang terlihat mudah untuk dilakukan.

Untuk catatan, jika membeli sebuah produk Google lebih baik kalian membeli voucher Google Play yang ada di Indomaret, Alfamaret, atau toko terdekat lainnya. Mengapa tidak menggunakan pulsa saja? Karena saat ini sering dijumpai jika melakukan pembelian menggunakan pulsa itu sulit dan bahkan terjadi keggalan saat melakukan transaksi. Jadi lebih baik kalian membeli voucher seperti yang sudah kami tulis tadi.

Sampai di sini saja untuk artikel cara mengatasi metode pembayaran telkomsel tidak tersedia ini dan semoga tutorial-tutorial di atas dapat membantu kalian dalam mengatasi metode pembayaran Telkomsel yang tidak mucul. jangan lupa untuk share artikel ini jika menurut kalian bermanfaat dan membantu. Atau jika mengalami kendala, kalian juga bisa menanyakan apa saja melalui kolom komentar yang sudah kami sediakan.

Tinggalkan komentar