Apa Itu Nomor Kartu Debit BRI? Berikut Informasi Lengkapnya

Bagi nasabah BRI, setiap pembukaan rekening pasti selalu diberikan kartu ATM untuk mempermudah kita dalam melakukan transaksi entah itu transfer ataupun tarik tunai. Namun kebanyakan orang masih belum memahami betul tetang nomor kartu debit BRI.

Apa itu nomor kartu debit BRI? dan bagaimana mengecek nomor kartu BRI? Sepertinya artikel ini akan sangat membantu bagi kalian yang sedang mencari letak nomor kartu debit BRI. Untuk penjelasan lengkapnya silahkan baca sampai tuntas dan jangan sampai ada yang terlewat.

Seperti yang kita ketahui, nomor debit BRI dengan nomor rekening jelas berbeda. Jangan sampai ketika diminta nomor ATM kalian malah memberikan nomor rekening, begitu juga sebaliknya. Nomor kartu BRI ini harus senantiasa dijaga kerahasiaannya, dan disetiap angka terdapat fungsi yang berbeda-beda.

Untuk dapat digunakan dalam debit online, nasabah harus menginput 16 digit nomor kartu ATM BRI pada aplikasi marketplace, misalnya pada Shopee, Tokopedia, Bukalapak atau marketplace lain yang mendukung pembayaran dengan sistem debit online.

Tentunya ada beberapa cara mudah yang dapat kalian gunakan untuk mengetahui nomor kartu debit BRI.

Apa Itu Nomor Kartu ATM BRI?

Nomor kartu ATM BRI adalah angka 16 digit yang berisi informasi elemen keamanan yang pada kartu ATM atau debit kalian. Di mana setiap kartu ATM dijadikan sebagai identitas nasabah yang artinya setiap kartu ATM memiliki nomor debit yang berbeda-beda.

Fungsi Bagian Kartu Debit BRI

Kartu debit memiliki beberapa bagian yang sangat penting dan harus dijaga kerahasiaannya. Berikut beberapa fungsi kartu debit:

Nomor Kartu Bagian Depan

Untuk 16 digit nomor kartu ATM ini letaknya di bagian depan dari kartu fisik. Setiap digit angka yang ada memiliki arti sendiri-sendiri. Berikut beberapa artian yang tertera:

  1. Jika digit pertama kartu ATM adalah angka 4, menandakan bahwa kartu ATM menggunakan jaringan Visa.
  2. Jika digit pertama kartu ATM adalah angka 5, menandakan bahwa kartu ATM menggunakan jaringan MasterCard.
  3. Sedangkan lima digit setelah angka pertama menunjukkan Identitas Bank penerbit kartu.
  4. Lalu untuk sembilan digit lainnya adalah Identitas Pemilik Kartu.

Tanggal Berlaku

Setiap kartu ATM memiliki masa berlaku atau masa kadaluarsa. Apabila kalian memiliki kartu ATM yang mendekati masa berlaku kalian harus pergi ke bank kalian untuk melakukkan perganti kartu.

Untuk pergantian kartu itu sendiri memerlukan biaya, namun jika kalian melakukkan pergantian kartu 3 bulan sebelum tanggal kadaluarsa kalian tidak akan dikenakan biaya.

Jika kalian tidak melakukkan pergantian kartu maka kalian tidak bisa menggunakan kartu kalian untuk melakukkan transaksi.

Kode CVC / CVV

Kode ini merupakan kode penting bagi semua kartu debit. Semua kartu dari bank BRI, BCA, BNI dan bank lainnya pasti memiliki kode CVC ini. Kalian harus menjaga kerahasiaan dari kode ini. Kode ini biasa digunakan untuk membobol kartu atm kalian.

Karena kode ini digunakan untuk mengkonfirmasi transaksi yang telah dilakukkan. CVV dan CVC sebenarnya sama-sama kode rahasia. Bedanya, kode CVV dipakai jaringan Visa, sedangkan kode CVC digunakan jaringan MasterCard.

Smart Chip

Adanya smart chip pengguna kartu debit dapat terhindar dari kejahatan skimming. Bedanya transaksi pakai kartu ATM chip dengan magnetic stripe terlihat saat digunakan di mesin EDC. Kartu yang memiliki chip dimasukkan ke mesin EDC. Sementara kartu yang pakai magnetic stripe digesekkan ke mesin EDC buat transaksi.

Hologram

Semua kartu debit miliki hologram, adanya hologram ini supaya pedagang atau merchant bisa mengetahui kartu yang diterimanya buat transaksi valid.

Baca Juga: Cara Cek Transferan Masuk Lewat ATM BRI

Cara Mengetahui Nomor Kartu Debit BRI

Untuk mengetahui nomor kartu BRI kalian bisa melakukannya dengan cara online maupun offline. Bagaimana cara cek nomor kartu debit BRI? Berikut adalah penjelasannya:

Menggunakan Kartu ATM

Cara ini sangat efektif dan paling mudah untuk diterapkan, karena kalian tinggal melihat nomor debit yang sudah tertera di kartu ATM.

  1. Siapkan kartu ATM BRI kalian
  2. Lihat pada bagian depan kartu ATM
  3. Pada bagian depan itulah 16 digit nomor kartu debit BRI yang kalian cari
  4. Kemudian kalian tinggal mencatatnya atau menyimpannya

Melalui Riwayat Transaksi Internet Banking

Cara kedua ini bisa kalian gunakan ketika pada saat keluar rumah dan tidak membawa kartu ATM, jadi opsi selanjutnya kalian bisa melakukannya melalui riwayat transaksi dari Internet Banking. Bagaimana caranya, simak tutorial berikut ini:

  1. Pastikan koneksi internet kalian sudah tersambung dengan lancar
  2. Lakukan trasnsaksi finansial terlebih dahulu
  3. Kemudian pada Status Transaksi, cari pada bagia paling bawah
  4. Setelah itu kalian akan mengetahui nomor kartu ATM BRI
  5. Kemudian kalian tinggal mencatatnya atau menyimpannya

Melalui BRIS (BRI Syariah) Online

Ini merupakan opsi ketiga yang bisa kalian lakukan juga untuk mendapatkan nomor kartu debit BRI:

  1. Pastikan koneksi internet kalian sudah tersambung dengan lancar
  2. Buka aplikasi BRIS Online pada ponsel kalian
  3. Masukan kode 6 digit aplikasi
  4. Pilih salah satu rekening pada daftar kartu rekening
  5. Pilih Nomor Kartu, dan kembali masukkan kode 6 digit
  6. Klik Kirim, dan tunggu beberapa saat, dan nomor ATM BRI Syariah akan segera terlihat
  7. Kemudian kalian tinggal mencatatnya atau menyimpannya

Itulah k3tiga cara cek nomor kartu debit BRI, namun apabila tutorial di atas dirasa masih kurang nyaman, kalian bisa langsung mendatangi Bank BRI lalu bertanya kepada pegawai Bank BRI.

Perlu diketahui, bahwa kalian harus menjaga kerahasiaan dari nomor ATM agar tidak disalahgunakan oleh orang yang jahat. Apabila sewaktu-waktu kartu ATM hilang, segera melapor kepada pihak Bank yang melayani registrasi rekening sebelumnya.

Selain itu melihat tanggal kedaluwarsa kartu ATM juga perlu diperhatikan. Karena jika sampai melewati batas tanggal yang sudah ditentukan, biasanya kartu ATM tidak bisa digunakan. Solusianya kalian mendatangi Bank BRI terdekat untuk melapor bahwa kartu ATM sudah kedaluwarsa.

Cukup sudah untuk informasi kali ini, yaitu cek nomor debit kartu BRI yang mudah. Semoga dapat membantu dan bermanfaat untuk kalian semua. Jangan ragu juga untuk share artikel ini agar dapat membantu yang lain juga.

Sampai jumpa pada informasi menarik selanjutnya…

This content is protected by DMCA