Nomor Pusat Pesan Indosat Terbaru

Nomor Pusat Pesan Indosat (IM3, Mentari dan Matrix)

Tidak sedikit orang yang mengalami masalah saat melakukan pengiriman SMS. Penyebabnya sangat bermacam – macam seperti tidak terdaftar di jaringan, pulsa tidak mencukupi, dan masih banyak lagi. Akan tetapi penyebab yang sering terjadi adalah nomor pusat pesan, untuk itu kalian perlu mengubah nomor pusat pesan Indosat pada ponsel kalian.

Pusat Pesan SMS adalah bagian dari jaringan nirkabel yang menangani operasi SMS, seperti perutean dan penyimpanan pesan teks yang masuk dalam perjalanan ke titik akhir yang diinginkan.

Meskipun faktanya saat ini SMS jarang digunakan, akan tetapi masih ada beberapa orang yang menggunakan SMS sebagai alat berkomunikasi. Pada beberapa wilayah jaringan internet masih sangat lambat, untuk mengatasi hal tersebut SMS dipilih karena tidak perlu menggunakan akses internet.

Bagi kalian yang saat ini mengalami kegagalan dalam mengirim SMS pada kartu Indosat IM3, Mentari atau Matrix. Maka kalian sangat beruntung karena kami akan membahas tentang apa itu nomor pusat pesan Indosat beserta cara mengganti nomor pusat pesan Indosat IM3, Mentari dan Matrix.

Berapa Nomor Pusat Pesan Indosat?

Nomor pusat pesan Indosat  IM3 adalah +62855000000 atau +62216124 sedangkan untuk Mentari dan Matrix adalah +62216124.  Bagi kalian yang mengalami kegagalan saat mengirim SMS pada kartu Indosat IM3, Mentari dan Matrix coba cek nomor pusat pesan Indosat di HP kalian apakah sudah benar atau masih salah. Untuk cara melihatnya kalian masuk pada pengaturan pusat pesan atau SMSC.

Jika nomor pusat pesan Indosat kalian masih salah, maka kalian perlu menggantinya. Untuk tutorial cara menggantinya kalian dapat melihat tutorialnya di bawah.

Tapi sebelum itu kalian harus memahami terlebih dahulu apa itu nomor pusat pesan? Nomor pusat pesan adalah nomor yang digunakan sebagai pusat saat kalian mengirimkan pesan berupa SMS. Jadi SMS yang kalian kirim akan melalui nomor pusat pesan terlebih dahulu sebelum dikirimkan ke nomor tujuan.

Maka dari itu apabila nomor pusat pesan kalian salah, maka SMS akan gagal terkirim. Untuk mengatasi hal tersebut, kalian perlu merubah nomor pusat pesan pada ponsel kalian.

Cara Mengganti Nomor Pusat Pesan Indosat

Saat SMS gagal terkirim dan ternyata penyebabnya adalah nomor pusat pesan, maka kalian perlu mengetahui cara mengatur nomor pusat pesan Indosat agar SMS kalian dapat terkirim. Berikut langkah – langkah cara mengganti nomor pusat pesan Indosat :

  1. Buka Pengaturan
  2. Kemudian pilih Aplikasi Sistem
  3. Lalu pilih Pesan
  4. Masuk pada Pengaturan Lainnya

Mengganti Nomor Pusat Pesan Indosat

  1. Pilih Nomor Pusat Pesan SMS
  2. Jika kalian menggunakan dual SIM maka tentukan kartu Indosat kalian terletak pada SIM berapa.
  3. Kemudian pilih Indosat kalian dan rubah menjadi +62855000000 (bagi Indosat IM3) atau +62216124 (bagi Mentari dan Matrix)
  4. Setelah kalian merubah nomor pusat pesan, pilih Oke dan restart ponsel kalian

Cara Mengganti Nomor Pusat Pesan Indosat

Setelah smartphone kalian kembali menyala, cobalah untuk mengirim SMS kembali. Jika masih terjadi kegagalan saat mengirim SMS, mungkin kalian salah memasukkan nomor pusat pesan Indosat atau terdapat masalah lain.

Bagaimana? cara mengatur nomor pusat pesan Indosat IM3, Mentari dan Matrix sangat mudah bukan? Caranya cukup simpel dan tidak memakan waktu yang lama. Juga tidak membutuhkan aplikasi lainnya.

Baca Juga : Cara Memperkuat Sinyal Indosat

Cara Mengubah Nomor Pusat Pesan Indosat melalui Kode Dial

Selain cara di atas, masih ada cara kedua yaitu menggunakan kode dial. Cara ini bisa dibilang lebih singkat daripada cara sebelumnya. Untuk lebih jelasnya perhatikan langkah-langkah berikut ini :

  1. Buka aplikasi telepon pada ponsel kalian dan ketik *#*#4636#*#* (beda merek, mungkin berbeda juga kode dialnya)
  2. Setelah itu kalian akan diarahkan pada pengaturan jaringan, kemudian masuk pada menu pengaturan SIM Indosat kalian.
  3. Masukkan pada menu nomor pusat pesan atau SMSC yaitu +62855000000 (bagi Indosat IM3) atau +62216124 (bagi Mentari dan Matrix)
  4. Kemudian Perbarui atau Update

Cara Mengganti SMSC Indosat

Setelah melakukan cara di atas kami merekomendasikan untuk melakukan restart pada ponsel kalian agar SMSC dapat diperbarui dan kembali normal.

Nomor Pusat Pesan Operator lain :

Apa Yang Perlu Dilakukan Jika Masih Tidak Bisa Mengirim SMS?

Jika kalian sudah melakukan perubahan pada nomor pusat pesan Indosat dan SMS masih gagal terkirim. Kalian perlu melakukan beberapa hal dibawah ini.

  1. Cek Pulsa dan Masa Aktif Kartu

Jika pulsa kalian habis dan masa aktif kartu sedang dalam masa tenggang, maka kalian tidak akan bisa mengirim SMS. Maka dari itu kalian perlu melakukan pengecekan pulsa dan masa aktif kartu Indosat melalui *123# atau *363# atau *889#.

  1. Hubungi Call Center Indosat

Jika semua cara sudah dilakukan maka solusi terakhir kalian dapat menghubungi pihak Indosat. Kalian dapat menghubungi pihak Call Center Indosat melalui :

Telepon : 185 atau 186 atau +6221 3000 3000 atau +6221 5438 8888

Twitter : @indosatcare

Email : cs@indosatooredoo.com

Hubungi customer service Indosat tersebut dan jelaskan masalah yang sedang kalian alami.

Itulah beberapa cara mengatasi kegagalan saat mengirim SMS pada kartu Indosat. Cara ini sangat mudah dilakukan karena kalian cukup mengganti nomor pusat pesannya. Dan jika nomor pusat pesan Indosat sudah diganti, dan masih terjadi kegagalan saat mengirim SMS, maka dapat dipastikan terdapat masalah lainnya.

Demikianlah artikel tentang nomor pusat pesan Indosat IM3, Mentari dan Matrix.  Semoga artikel ini dapat membantu kalian untuk mengatasi kegagalan saat mengirim SMS. Jika menurut kalian artikel ini bermanfaat, kalian dapat membagikan melalui tombol share yang sudah kami sediakan. Dan apabila terdapat sesuatu yang kurang dipahami, kalian dapat langsung bertanya melalui kolom komentar yang sudah kami sediakan dibawah.

Tinggalkan komentar