Penjelasan Nomor Referensi Nasabah BRI Internet Banking

Seiring berjalannya waktu dan internet yang semakin kencang, banyak hal yang dilakukan menggunakan internet. Salah satunya hadirnya fasilitas Internet Banking. Dengan fasilitas Internet Banking ini kalian dapat melakukan banyak hal layaknya di depan mesin ATM seperti transfer uang, cek saldo, mutasi rekening, beli pulsa, beli voucher, dan masih banyak lagi. Akan tetapi nomor referensi nasabah akan menjadi kendala bagi kalian yang belum terbiasa menggunakan Internet Banking BRI.

Internet Banking BRI merupakan suatu fitur yang dihadirkan Bank BRI untuk memudahkan para nasabahnya dalam melakukan transaksi finansial tanpa harus datang ke Bank atau mesin ATM.  Akan tetapi ketika kalian melakukan transfer menggunakan Internet Banking BRI, kalian akan diminta untuk mengisi nomor referensi nasabah.

Pasti banyak dari kalian yang kebingungan, apa itu nomor referensi nasabah? Untuk itu kami akan menjelaskan secara detail berikut ini.

Nomor Referensi Nasabah

Daftar Isi

Apa itu Nomor Referensi Nasabah BRI Internet Banking?

Nomor referensi nasabah adalah nomor unik nasabah yang dibuat oleh diri sendiri atau suatu badan usaha (perusahaan atau semacamnya) yang digunakan sebagai tanda bahwa nasabah tersebut yang melakukan transaksi.

Jika belum paham dari pengertian tersebut kami akan memberikan analogi:

Anggi sedang menempuh kuliah di suatu Universitas dan mempunyai NIM (Nomor Induk Mahasiswa) 1234567. Saat Anggi ingin membayarkan uang semester, ia melakukan pembayaran menggunakan Internet Banking BRI. Saat itu ia akan diminta untuk mengisi nomor referensi nasabah, Anggi mengisi nomor tersebut dengan 1234567 (NIM Anggi). Nomor itu menunjukkan bahwa Anggi yang melakukan transaksi tersebut. Hal itu akan mempermudah kampus yang ditempati Anggi untuk memverifikasi pembayaran uang semester Anggi tersebut.

Nomor referensi nasabah pada Internet Banking BRI ini harus diisi. Jika tidak maka proses transaksi akan gagal atau tidak dapat diproses. Jadi ketika kalian melakukan transaksi menggunakan Internet Banking  BRI dan kalian tidak membutuhkan nomor referensi tersebut, kalian dapat mengisi sembarangan nomor tersebut agar transaksi dapat diproses.

Mungkin nomor referensi nasabah hanya terdapat pada Internet Banking BRI. Lalu, apa alasan bank BRI memberikan kolom pengisian nomor referensi nasabah tersebut?. Memang sedikit membingungkan tentang nomor tersebut bagi yang belum mengetahuinya, akan tetapi nomor tersebut ternyata digunakan untuk mempermudah nasabah dalam mengkonfirmasi suatu transaksi kepada suatu badan jasa atau perusahaan atau semacamnya.

Baca Juga : Cara Ganti PIN ATM BRI

Sedikit info nomor referensi terbagi menjadi 2 yaitu nomor referensi bank dan nomor referensi nasabah.

Demikianlah ulasan mengenai nomor referensi nasabah Internet Banking BRI. Jika terdapat hal belum dimengerti, kalian dapat menanyakan melalui kolom komentar dibawah ini. Jika artikel ini dirasa bermanfaat kalian dapat membagikannya melalui kolom komentar yang telah kami sediakan.

Tinggalkan komentar