OPPO vs Xiaomi, Mari Kita Bandingkan Bagusan Mana?

Pasti banyak pertanyaan bagi pengguna android atau yang akan membeli smartphone, oppo atau xiaomi? Pertanyaan itu muncul karena sekarang banyak masyarat indonesia yang menggunakan kedua merek tersebut. Sedikit membingungkan memang jika membandingkan keduanya, karena kedua merek tersebut memiliki keunggulan dibidangnya masing-masing. Lalu, Bagusan mana sih oppo vs xiaomi? Kali ini kami akan memberikan perbadingannya secara detail.

Oppo Vs Xiaomi

Mengenal lebih jauh Merk Oppo dan Xiaomi

Oppo merupakan sebuah perusahaan yang bertempat di Guangdong, China. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2004 oleh Tony Chen. Oppo memulai petualangannya masuk pada pasar smartphone pada akhir 2013 dengan mengeluarkan smartphone pertamanya yaitu Oppo Find 5. Seiring berjalannya waktu, Oppo telah memperbaiki produknya dan mengeluarkan smartphone berkelas atas seperti Oppo Reno, Oppo Find X, Oppo R15, dan masih banyak lagi. Oppo ini terbilang perusahaan elektronik yang cukup sukses, karena dapat bersaing dengan perusahaan lainnya dan dari tahun ketahun penjualnya cukup stabil.

Xiaomi merupakan sebuah perusahaan yang juga berasal dari china (sama seperti Oppo). Perusahaan ini didirikan oleh Lei Jun dan mempunyai kantor pusat di Beijing, Tiongkok. Xiaomi ini terbilang perusahaan yang baru, karena baru didirikan pada tahun 2010. Meskipun Xiaomi perusahaan baru, ia mampu bersaing dengan perusahaan lainnya yang sudah lama berdiri. Perkembangan perusahaan Xiaomi ini sangat lah cepat. Terbukti pada tahun 2017 smartphone xiaomi mulai masuk ke Indonesia dan mempunyai pasar sekitar 3%, akan tetapi pada tahun berikutnya melonjak drastis dengan menguasai pasar 25% di Indonesia.

Keberhasilannya tersebut dikarenakan xiaomi mampu menawarkan harga yang murah dengan kualitas yang cukup baik. Banyak perusahaan lainnya yang merasa tersaingi dengan hadirnya merek Xiaomi ini salah satunya Oppo. Selain produk smartphone, Xiaomi juga meluncurkan beberapa produk lainnya seperti Laptop, Televisi, Smartwatch dan masih banyak lagi

Oppo vs Xiaomi, Mana yang Paling Laku di Indonesia?

Pada tahun 2020 ini, International Data Corporation (IDC) telah mengungkapkan bahwa Indonesia melakukan pengiriman smartphone mencapai 7,5 juta unit. Dari data yang saya dapatkan dari IDC tentang penjualan smartphone di Indonesia tahun 2020 kuartal pertama (Q1). Oppo berada pada posisi 2 dibawah Vivo pada peringakat pertama. Sedangkan Xiaomi berada pada peringkat 4 di bawah Samsung pada peringkat ketiga.

Dari data tersebut telah membuktikan bahwa saat ini Oppo mempunyai pangsa pasar yang lebih banyak dibanding Xiaomi. Tetapi hal tersebut tidaklah berarti Xiaomi lebih jelek. Karena pada pangsa pasar dunia Xiaomi mempunyai dua model smartphone yang menempati 5 besar. Redmi Note 8 menjadi model smartphone yang paling banyak dibeli nomer 3 di seluruh dunia dengan penjualan mencapai 6,6 juta unit. Sedangkan Redmi Note 8 Pro menjadi model smartphone yang banyak dibeli nomer 4 di seluruh dunia dengan penjualan mencapai 6,1 juta unit.

Jika dilihat dari data penjualan smartphone dunia pada 2020 kuartal pertama (Q1). Xiaomi berhasil menempati peringkat 4 dengan penjualan sebesar 10% atau 29,7 juta unit. Sedangan Oppo berada pada peringkat 5 dengan 8% atau sekitar 22,3 juta unit. Setelah mengetahui data tersebut, kalian pasti bingung. Pada wilayah Indonesia Oppo memang menang, akan tetapi pada pasar dunia merek Oppo kalah dengan Xiaomi. Untuk lebih membandingkan keduanya, mari kita lihat perbandingan lainnya.

Peredaran Oppo vs Xiaomi di Indonesia

Ada masalah tentang smartphone yang harus kita bandingkan kali ini. Yaitu keaslian smartphone. Faktanya saat kalian membeli smartphone Xiaomi, kalian hanya akan menemukan garansi distributor. Dan sulit untuk menemukan garansi resmi pabrik. Jika pun itu garansi resmi pabrik, saat kalian melakukan garansi pasti harus menunggu lama karena menunggu hp dikirim ke pabriknya di china. Untuk itu kalian perlu melakukan cek garansi Xiaomi terlebih dahulu.

Garansi distributor tersebut patut dipertanyakan, karena bisa saja komponen hp yang diapasang pada hp xiaomi tidaklah asli (original). Selain itu distributor juga bermasalah pada garansinya, karena ia bukanlah perusahaan resmi yang mengurusi produk Xiaomi di Indonesia.

Berbeda dengan Oppo yang sudah terdapat pabriknya di Indonesia, garansi yang didapatkan pun sudah pasti resmi. Hal ini sangat menguntungkan bagi pengguna. Karena jika terjadi cacat produksi pada smartphone, kalian akan dengan mudah melakukan garansi. Dan faktanya Oppo melakukan keseragaman harga pada seluruh Indonesia.

Harga dan Spesifikasi Oppo vs Xiaomi

Banyak yang mengatakan bahwa Xiaomi mempunyai harga murah dan dengan spesifikasi yang tinggi. Apakah hal tersebut benar? Yap benar. Pada spesifikasi yang sama, Xiaomi lebih murah dibandingkan Oppo. Dikarenakan mempunyai harga yang murah itulah, perkembangan Xiaomi di Indonesia sangatlah cepat. Meskipun Oppo mempunyai harga yang lebih mahal dari Xiaomi, rasanya Oppo masih worth it untuk dibeli. Karena Oppo mempunyai keunggulan di bidang lain dan Oppo sudah resmi di Indonesia (sudah terdapat pabrik Oppo di Indonesia).

Untuk lebih jelas melihat perbedaannya, berikut akan kami tampilkan tabel perbandingan Oppo vs Xiaomi secara detail mulai dari harga, memori internal, baterai, layar, dan masih banyak lagi.

Oppo Xiaomi
Harga 1 Jutaan
Oppo A 12 Redmi Note 7
RAM : 3 GB RAM : 3 GB
Internal : 32 GB Internal : 32 GB
Processor : MediaTek MT6765 Helio P35 Processor : Qualcomm Snapdragon 660
Battery : 4.230 mAh Battery : 4000mAh
Ukuran Layar : 6.22 inches Ukuran Layar : 6.3 inches
Kamera Depan : 5MP Kamera Depan : 13MP
Kamera Belakang : 13MP + 2MP Kamera Belakang : 48MP + 5MP
Harga : Rp. 1.800.000 Harga : Rp. 1.850.000
Harga 2 Jutaan
Oppo A8 2020 Redmi Note 8 Pro
RAM : 4 GB RAM : 6 GB
Internal : 128 GB Internal : 64 GB
Processor : MediaTek MT6765 Helio P35 Processor : MediaTek Helio G90T
Battery : 4.230 mAh Battery : 4.500 mAh 18W fast charging
Ukuran Layar : 6.5 inches Ukuran Layar : 6.53 inches
Kamera Depan : 8MP Kamera Depan : 20MP
Kamera Belakang : 12MP + 2MP + 2MP Kamera Belakang : 64MP + 8MP + 2MP + 2MP
Harga : Rp. 2.750.000 Harga : Rp. 2.800.000
Harga 3 Jutaan
Oppo A92 Mi 9 Lite
RAM : 8 GB RAM : 6 GB
Internal : 128 GB Internal : 128 GB
Processor : Qualcomm Snapdragon 665 Processor : Qualcomm Snapdragon 710
Battery : 5.000 mAh 18W fast charging Battery : 4.030 mAh 18W fast charging
Ukuran Layar : 6.5 inches Ukuran Layar : 6.39 inches
Kamera Depan : 16MP Kamera Depan : 20MP
Kamera Belakang : 48MP + 8MP + 2MP + 2MP Kamera Belakang : 48MP + 8MP + 2MP
Harga : Rp. 3.600.000 Harga : Rp. 3.600.000
Harga 4 Jutaan
Oppo Reno 3 Mi 9 SE
RAM : 8 GB RAM : 6 GB
Internal : 128 GB Internal : 128 GB
Processor : Mediatek MT6779 Helio P90 Processor : Qualcomm Snapdragon 712
Battery : 4.025 mAh 30W fast charging Battery : 3.070 mAh 18W fast charging
Ukuran Layar : 6.4 inches Ukuran Layar : 5.97 inches
Kamera Depan : 44MP Kamera Depan : 32MP
Kamera Belakang : 48MP + 13MP + 8MP + 2MP Kamera Belakang : 48MP + 13MP + 8MP
Harga : Rp. 4.700.000 Harga : Rp. 4.600.000

Dari perbandingan tabel tersebut dapat disimpulkan bahwa Oppo vs Xiaomi pada sesi perbandingan harga dan spesifikasi ini, Xiaomi menang. Karena pada harga yang sama, Xiaomi mempunyai spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan Oppo.

Perbandingan Kamera antara Oppo dan Xiaomi

“Oppo Camera Phone” begitulah slogan yang banyak disuarakan oleh perusahaan ini. Apakah benar kamera dari smartphone oppo lebih baik dari merek lainnya sehingga berani memasang tagline seperti itu?

Memang benar kamera dari oppo mempunyai kelebihan baik dari segi kejernihan, ketajaman, dan lainnya. Tidak hanya kamera belakang yang bagus, oppo juga mempunyai kamera depan yang sangat baik untuk selfie. Pada kamera oppo terdapat mode yang sangat disukai para fotografer yaitu mode pakar. Pada mode ini kita dapat melakukan pengaturan manual layaknya sebuah kamera. Oppo sepertinya dalam hal ini lebih unggul dari Xiaomi. Lalu bagaimana kualitas kamera Xiaomi?

Kamera Xiaomi tidak bisa dikatakan jelek. Karena xiaomi juga mempunyai kamera belakang yang dapat diandalakan. Jika hanya digunakan untuk mengabadikan momen, seperti liburan, pernikahan atau momen lainnya kamera xiaomi ini sudah lebih dari cukup. Akan tetapi jika kalian suka selfie, rasanya lebih baik kalian memilih hp Oppo dibanding Xiaomi. Karena kualitas kamera depan xiaomi masih kurang baik.

Sedangkan pada saat memfoto dengan kondisi kurang cahaya atau lowlight, kamera Oppo menang telak dari Xiaomi. Oppo dapat menangkap spektrum cahaya yang sangat rendah. Sedangkan Xiaomi sulit menangkap cahaya yang rendah, sehingga hasil foto yang ditampilkan tidak detail dan cenderung gelap.

Jadi Oppo vs Xiaomi pada sesi perbandingan kamera, Oppo lebih diunggulkan dibandingkan Xiaomi.

Kesimpulan: Oppo vs Xiaomi, Mana yang Lebih Bagus?

Jadi antara Oppo dan Xiaomi yang sama-sama merek dari china merupakan merek smartphone yang sangat bagus. Pada dasarnya Oppo vs Xiaomi ini tidak ada yang menang karena saling mempunyai kelebihan dan kekurangan. Pada merek Xiaomi, mereka mempunyai keunggulan harga yang sangat murah. Sedangkan pada Oppo, mereka mempunyai kualitas kamera yang bagus serta sudah mempunyai pabrik resmi di Indonesia untuk mempercepat proses garansi.

Saran saya, jika kalian mempunyai uang yang tidak banyak dan menginginkan smartphone dengan spesifilasi tinggi lebih baik membeli merek Xiaomi. Akan tetapi jika kalian mempunyai uang yang cukup banyak, saya menyarankan untuk membeli merek Oppo.

Demikianlah ulasan mengenai Oppo vs Xiaomi. jika menurut kalian artikel ini bermnfaat, kalian dapat berbagi melalui tombol share yang sudah kami sediakan. Jika terdapat penjelasan kami yang belum jelas, kalian dapat menanyakan melalui kolom komentar dibawah ini.

Tinggalkan komentar