Papan Tombol Samsung

6 Cara Mengatasi Papan Tombol Samsung Hilang, Terhenti & Tidak Muncul

Papan tombol Samsung atau keyboard Samsung merupakan aplikasi bawaan yang dimiliki oleh smarphone merk Samsung. Keyboard menjadi hal yang paling penting dalam smartphone. Apa jadinya jika sebuah smartphone memiliki keyboard yang rusak, maka smartphone tidak dapat digunakan untuk banyak hal seperti membalas chat WhatsApp, browsing, dan masih banyak lagi. Error yang terjadi pada keyboard kemungkinan besar terjadi karena aplikasi mengalami kesalahan ketika terdapat perintah atau juga bisa terjadi karena kerusakan pada smartphone kalian misalnya RAM yang terdapat pada Samsung kalian terlalu penuh sehingga aplikasi keyboard tidak dapat diproses dan mengakibatkan keyboard tidak muncul.

Mengingat pentingnya keyboard bagi smartphone, jika terjadi error kalian perlu mengatasinya dengan berbagai cara mengatasi papan tombol samsung error yang akan kami tuliskan di bawah ini.

Tapi perlu digaris bawahi jika terjadi error pada hardware Samsung, maka cara dibawah ini tidak bisa mengatasinya. Kalian harus melakukan service atau klaim garansi. Untuk melakukan klaim garansi terlebih dahulu kalian harus melakukan cek garansi Samsung untuk mengetahui apakah HP Samsung kalian masih dalam masa garansi atau tidak.

Error yang Mungkin Terjadi pada Papan Tombol Samsung Kalian

Sebelum mengetahui caranya, kalian perlu mengetahui apa saja error yang mungkin terjadi pada papan tombol Samsung:

  • Keyboard Samsung hilang
  • Keyboard Samsung terhenti “Sayangnya, keyboard Samsung telah terhenti”
  • Keyboard Samsung tidak muncul
  • Keyboard Samsung tidak dapat digunakan
  • Dan error lainnya

Jika papan tombol Samsung kalian mengalami error seperti diatas, maka kalian cukup mengikuti beberapa cara di bawah ini agar kembali normal seperti biasanya.

Baca Juga : Cara Cek Sensor Samsung

Mengatasi Papan Tombol Samsung atau Keyboard Samsung Error

  1. Paksa Berhenti Aplikasi Samsung Keyboard dan Dictionary

Hal yang pertama jika mengalami error pada keyboard samsung, kalian bisa memaksa berhenti Aplikasi Samsung Keyboard dan Dictionary. Ini mengakibatkan aplikasi akan berhenti dan memulai progamnya lagi yang memungkinkan aplikasi dapat berjalan dengan baik lagi.

Paksa Berhenti Papan Tombol Samsung

Jika kalian belum mengetahui cara memaksa berhenti aplikasi Samsung keyboard, caranya cukup mudah. Masuk pada Settings (Pengaturan), kemudian pilih Apps (Aplikasi). Kemudian cari aplikasi Samsung Keyboard, jika kalian tidak menemukan pilih menu lainnya (ikon titik tiga) pada pojok kanan atas, dan pilih Show system apps (Tampilkan aplikasi sistem). Kemudian cari lagi aplikasi Samsung Keyboard, setelah kalian menemukan masuk kedalam situ dan pilih Force Stop (Paksa Berhenti). Sekarang dapat kalian mencoba apakah keyboard berjalan normal? Jika masih error, maka kalian perlu melakukan cara yang kedua

  1. Hapus Data dan Cache agar Papan Tombol Samsung Berjalan Normal

Papan tombol Samsung atau Keyboard Samsung terjadi error dapat dimungkinkan terjadi karena terlalu banyak data yang menumpuk pada aplikasi tersebut. Maka solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menghapus data aplikasi Keyboard Samsung. Perlu di catat, menghapus disini tidak akan mengahapus aplikasinya akan tetapi hanya data data yang telah anda simpan pada Samsung Keyboard misalnya pengaturannya, tema, dan lain-lain.

Clear Data dan Cache Papan Tombol Samsung 1

Clear Data dan Cache Papan Tombol Samsung 2

Caranya cukup simpel dan mirip seperti cara yang pertama. Masuk pada Settings (Pengaturan), kemudian pilih Apps (Aplikasi). Kemudian pilih menu lainnya (ikon titik tiga) pada pojok kanan atas, dan pilih Show system apps (Tampilkan aplikasi sistem). Kemudian cari aplikasi Samsung Keyboard dan masuk kedalam situ, pilih pada bagian Storage (Penyimpanan), lalu kalian dapat memilih Clear Data (Hapus Data) dan Clear Cache (Hapus Memori). Taraaa keyboard kamu akan berjalan dengan normal kembali.

  1. Restart Smartphone Kalian

Restart Samsung

Mungkin ini cara yang biasa kalian gunakan jika mengalami sedikit error pada smartphone kalian, ya cara itu adalah restart (mulai ulang) smartphone. Cara ini mungkin juga akan dapat mengembalikan error yang terjadi pada keyboard kalian. Pada merk Samsung cara untuk memulai ulang smartphone yaitu dengan menekan lama tombol power sekitar 3 detik hingga terdapat pilihan restart dan tinggal kalian eksekusi. Metode seperti ini juga biasa dilakukan untuk mengatasi error yang terjadi pada aplikasi lain. Dan kebanyakan hasilnya berhasil.

  1. Update Aplikasi Samsung Keyboard

Mempunyai aplikasi Samsung Keyboard yang versi lama juga memungkinkan terjadinya error. Pasalnya, update yang terbaru itu sudah memperbaiki kesalahan-kesalahan atau bug dari versi sebelumnya. Alangkah lebih baiknya untuk menjaga agar tidak terjadi error, cek secara berkala pembaruan Samsung Keyboard kalian untuk mendapatkan performa yang lebih baik dan fitur terbaru.

Update Samsung Keyboard

Caranya cukup mudah dengan masuk ke bagian Setting Keyboard (Ikon gerigi pada keyboard) dan pilih About Samsung Keyboard (Tentang Samsung Keyboard). Cek versi kalian, jika kalian mempunyai versi yang sudah lama maka kalian perlu mengupdatenya. Mungkin hal tersebut dapat mengatasi error yang terdapat pada keyboard Samsung kalian.

  1. Reset Pengaturan Aplikasi Samsung Keyboard

Mungkin kalian tidak suka dengan pengaturan bawaan keyboard, jadi kalian sering merubah pengaturan tersebut. Terjadi error pada keyboard juga bisa diakibatkan karena settingan atau pengaturan yang kalian ubah pada keyboard mengalami kesalahan. Jika sudah seperti itu, maka kalian cukup mengembalikan pengaturannya ke pengaturan bawaan.

Atur ulang pengaturan Papan Tombol Samsung

Caranya dengan masuk ke bagian Setting Keyboard (Ikon gerigi pada keyboard), kemudian kalian akan diarahkan ke halaman pengaturan Keyboard, setelah itu pilih Reset to Default Settings (Atur ulang pengaturan), lalu kalian akan disajikan 2 pilihan Reset Keyboard Settings (Reset pengaturan keyboard) dan Clear Personalised data (Hapus data personalisasi), tinggal kalian eksekusi satu persatu pilihan tersebut dan keyboard kalian akan kembali ke pengaturan bawaan.

  1. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika kalian sudah mencoba 5 cara diatas dan hasilnya masih saja error, maka jalan satu satunya dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Cara ini sudah pasti berhasil karena kalian akan mengganti aplikasi Samsung Keyboard kalian dengan Aplikasi pihak keyboard dibawah ini:

Gboard

Aplikasi keyboard ini sangat cocok sebagai pengganti Samsung Keyboard kalian yang rusak. Aplikasi ini di kembangkan oleh perusahan yang sangat besar yaitu Google. Aplikasi ini cukup ringan dan sangat kecil sekali memakai RAM kalian jadi kalian akan nyaman menggunakan Gbord ini. Fitur yang terdapat pun sudah menyamai Samsung Keyboard bahkan mungkin melebihi. Jadi Gboard ini dapat menjadi jalan mengatasi Samsung Keyboard kalian yang error terus menerus.

SwiftKey

Ada lagi aplikasi keyboard yang sangat ringan dan juga nyaman yaitu SwiftKey. Aplikasi ini juga dikembangkan oleh perusahaan besar yaitu Microsoft. Jika aplikasi dikembangkan oleh perusahaan, secara kualitas tidak perlu ditanyakan lagi. Fitur yang terdapat dalam aplikasi ini juga sudah hampir sama dengan kebanyakan keyboard lainnya. SwiftKey dapat menjadi opsi pilihan kalian untuk mengganti Samsung Keyboard yang error.

Go Keyboard

Kalau aplikasi keyboard yang satu ini bukan mengandalkan pada performa, akan tetapi pada tampilan yang dibuat semenarik mungkin agar kalian tidak cepat bosan. Go Keyboard menyediakan ribuan tema yang dapat anda pakai secara gratis. Selain tema, Go Keyboard juga memberikan ribuan emoji dan emoticons yang dapat kalian gunakan. Jika kalian menggunakan ini, kalian sudah bisa dipastikan tidak akan cepat bosan.

Itulah 6 cara yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi error yang terjadi pada papan tombol Samsung kalian. Dengan cara diatas kami berharap papan tombol Samsung kalian dapat berjalan secara normal kembali dan dapat digunakan lagi seperti biasanya.

Jika kalian mempunyai pertanyaan seputar papan tombol Samsung atau Keyboard Samsung dapat kalian tanyakan melalui komentar di bawah ini.

Tinggalkan komentar