Penyebab Pengeringan Mesin Cuci Tidak Berputar

Barang elektronik memang kerap mengalami masalah yang membuat pemiliknya tidak bisa menggunakannya lagi. Seperti yang terjadi pada mesin cuci, pengeringan mesin cuci tidak berputar.

Mesin cuci menjadi komponen terpenting yang ada di rumah. Dengan adanya mesin cuci kita dapat mudah mencuci pakaian yang kotor tanpa perlu repot-repot ngucek.

Banyak merk mesin cuci dari yang murah sampai yang mahal seperti sharp, Panasonic polytron dan lain-lain.

Dan juga banyak tipe yang bisa kalian beli ada yang 1 tabung dan juga 2 tabung yang tentunya mempermudah dalam mencuci pakain.

Mengingat bahwa mesin cuci adalah barang elektronik, tentunya pasti memiliki masalah saat mesin cuci tersebut sudah lama digunakan atau sering digunakan.

Masalah yang sering muncul di mesin suci adalah pengeringan mesin cuci tidak berputar. Masalah ini kerap di alami Sebagian pemiliki mesin cuci dirumahnya.

Oleh sebab itu, kami disini ingin memberikan kalian informasi mengenai pengering mesin cuci yang tidak bisa berputar.

Penyebabnya apa sih, dan bagaimana cara memperbaiki masalah pada mesin cuci pengering ini.

Penyebab Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar

Terdapat penyebab pengering mesin cuci kalian yang tidak bisa berputar dengan semestinya. Penyebabnya itu sendiri beragam.

Berikut penyebab pengering mesin cuci tidak bisa berputar:

  1. Kabel Putus

Kabel yang putus juga bisa menjadi penyebab pengering mesin cuci tidak bisa berputar dengan semestinya. Tidak sedikit orang yang mengalami kabel putus pada pengering mesin cuci.

Jika ini yang terjadi kalian harus membongkar mesin kalian dan memeriksa apakah kabel sambungan pada pengeringan memang putus.

Jika putus silahkan disambung lagi, namun jangan lupa untuk mencopot colokan mesin cuci dulu.

  1. Kapasitor Rusak

Umumnya pada setiap mesin cuci memiliki kapasitor baik itu 1 tabung mapun 2 tabung. Ukuran kapasitor mesin cuci juga berbeda, kapasitor mesin cuci sharp tidak sama dengan Panasonic, Samsung maupun polytron.

Pengeringan mesin cuci tidak berputar juga bisa disebabkan oleh kapasitor yang rusak bahkan ada yang terbakar.

Kalian bisa melakukkan tes antar kabel menggunakan alat tester.

Terdapat ciri-ciri tertentu jika terjadi kerusakan pada kapasitor. Lebih lengkapnya kalian bisa membaca artikel tentang ciri-ciri kapasitor mesin cuci rusak.

  1. Dinamo Rusak

Kerusakan pada dinamo ini juga sering dialami pemiliki mesin cuci. Bisa aja dinamo mesin cuci kalian mengalami macet yang menyebabkan tidak bisa berputar.

Kalian bisa membuka dinamo mesin cuci kalian dan membersihkan bagian as dinamo dan bos supaya tidak macet dan bisa berputar Kembali.

Dan jangan lupa untuk memberikan pelumas pada as dan bos dinamo agar berputarnya lancar.

  1. Tali Rem Pengering Putus

Tali ini berfungsi untuk membuat sistem otomatisasi saat pengering bekerja. Hal ini juga bisa membuat pengering mesin cuci kalian tidak bisa berputar dengan semestinya.

Jika tali ini putus dinamo yang digunakan berputar terus melakukkan rem sehingga tidak bisa berputar.

Untuk mengganti tali ini tidak susah, namun jika kalian bingung kalian bisa mencari orang yang mengerti tentang hal ini.

  1. Tali Rem Tremoll Rusak

Tali rem tremol terletak pada dinamo, tali ini bisa sasja putus yang menyebabkan tidak bisa berputarnya pengerin mesin cuci.

  1. Saklar Penutup Pengering Rusak atau Berkarat

Kerusakan pada saklar pintu pengering juga bisa membuat mesin cuci kalian mengalam masalah tidak berputar.

Hal ini ada beberapa yang mungkin menyebakan yang sering terjadi yaitu berkarat.

  1. Timer Rusak

Kerusakan pada timer mesin cuci memang banyak yang mengalami hal ini dikarenakan bagian pegas pada mesin cuci sudah usang.

Jika memang timer kalian rusak kalian bisa menggantinya sesuai dengan merk mesin cuci.

  1. Door Switch Rusak

Door switch sangat erat kaitanya dengan timer karena menyatu dengan timer. Kerusakan door switch biasanya disebabkan karena adanya air yang masuk pada saluran.

Dan itu sangat fatal jika mesin cuci bekerja menggunakan sensor karena akan membuat sensor rusak.

  1. Lantai Tidak Rata

Faktor lantai juga mempengarui kinerja mesin cuci saat melakukkan pengeringan. Jika mesin cuci kalian terdapat sensor hal ini mungkin yang menyebabkan pengeringan mesin cuci tidak berputar.

Setelah mengetahui beberapa penyebab yang mungkin menimpa pengering mesin cuci kalian. Saatnya kalian melakukkan cek pada mesin cuci.

Jika sudah ketemu masalahnya kalian dapat memperbaiki sendiri atau membawanya ke tukang service mesin cuci terdekat di kota kalian.

Itulah informasi yang dapat kami berikan mengenai pengering mesin cuci yang tidak bisa berputar. Baca juga informasi cara setting remote ac universal.

Tinggalkan komentar