7 Cara Memperkuat Sinyal GPS di Android

Sinyal GPS menjadi masalah serius bagi sebagian orang. Banyak yang mengeluhkan perihal kenapa jaringan gps lemah? Dan banyak juga yang mencari cari cara memperkuat sinyal gps?. Disini Laci Usang akan memberikan beberapa solusi diantaranya mengaktifkan mode akurasi tinggi, menggunakan aplikasi GPS Active sebagai aplikasi penguat gps dan masih banyak lagi.

Masalah sinyal GPS ini sering kami temukan pada driver ojek online, diantaranya gojek dan grab. Mereka mengeluh perihal sinyal GPS yang lemah sehingga performa mereka menjadi tidak maksimal. Andai saja ada cara memperkuat GPS? Jawaban dari pertanyaan seperti itu dapat kalian temukan disini. Karena kami mempunyai 7 cara menguatkan sinyal GPS. Hal ini dapat membantu para driver ojek online untuk meningkatkan pendapatannya. Selain itu metode penguat GPS ini dapat kalian gunakan untuk membantu memperbaiki sinyal gps yang lemah.

7 Metode Penguat GPS yang Paling Ampuh

Mempunyai GPS yang kuat adalah idaman bagi banyak orang, terutama driver ojek online. Bagi driver ojol, mempunyai sinyal GPS yang baik akan meningkatkan kecepatan kinerja mereka. Sedangkan bagi masyarakat, mempunyai sinyal GPS yang baik dapat memberikan akses jalan terbaik dan memberitahu lokasi yang tepat, akurat dan cepat.

Apa rasanya jika saat kalian ingin pergi ke sebuah tempat yang belum pernah kalian kunjungi dan pada saat di tengah jalan tiba-tiba sinyal GPS menghilang. Pasti kalian akan kebingungan, hal itu disebabkan karena lemahnya sinyal GPS. Untuk itu kalian harus mengetahui beberapa metode penguat GPS terbaik ini.

  1. Aktifkan Mode Akurasi Tinggi

Ini adalah salah satu metode Penguat GPS untuk Ojek Online. Cara ini wajib dilakukan oleh setiap driver ojek online baik gojek maupun grab. Karena mode akurasi tinggi ini berfungsi memerintah smartphone untuk memacu GPSnya sehingga GPS dapat berkerja semaksimal mungkin. Kelemahan dari cara ini adalah baterai akan cepat boros. Maka dari itu jika mengaktifkan mode ini pastikan baterai kalian masih dalam kondisi terisi banyak daya atau bisa juga membawa power bank sebagai cadangan baterai.

Melihat kelemahan yang ditimbulkan oleh mode akurasi tinggi ini sepertinya cara ini masih worth it untuk dicoba. Karena fitur ini adalah fitur bawaan dari smartphone yang dapat digunakan secara gratis dan tidak perlu memakai aplikasi pihak ketiga untuk memaksimalkan gps. Untuk cara mengaktifkan mode akurasi tinggi adalah sebagai berikut:

Note: Banyak cara yang digunakan untuk mengaktifkan mode akurasi tinggi. Berbeda merek smartphone juga berbeda pula caranya. Tetapi cara dibawah ini dapat diterapkan pada seluruh merek hp.

  1. Tarik bilah notifikasi dan cari ikon GPS.
  2. Tekan dan tahan pada icon GPS. Maka kalian akan diarahkan ke halaman pengaturan GPS.
  3. Aktifkan GPS, setelah itu pilih mode Akurasi tinggi.

Metode Penguat GPS dengan Mode Akurasi Tinggi

  1. Perbaiki Koneksi Jaringan Internet

Permasalahan sinyal GPS masih erat kaitannya dengan kecepatan dan kestabilan jaringan internet yang digunakan. Maka dari itu saat mengalami sinyal GPS lemah, kalian harus mengecek terlebih dahulu apakah koneksi internet berjalan secara lancar. Jika koneksi internet lancar akan tetapi sinyal GPS masih lemah, maka kalian perlu menggunakan aplikasi tambahan.

Aplikasi yang dapat kalian gunakan adalah Connection Stabilizer Booster. Aplikasi ini membantu menstabilkan koneksi kalian agar dapat memperkuat sinyal GPS. Untuk caranya adalah sebagai berikut:

  1. Cari dan install Aplikasi Connection Stabilizer Booster di Play Store.
  2. Buka Aplikasi tersebut. Untuk pertama kali, kalian akan diberi informasi tentang aplikasi Connection Stabilizer Booster. Klik Ok, saya mengerti dan jangan lupa centang terlebih dahulu agar tidak muncul lagi.
  3. Pada tampilan awal aplikasi tersebut, pilih Nyalakan terus.
  4. Aplikasi akan mencoba menstabilkan internet kalian.
  5. Kalian dapat mengecek dengan melihat pada bilah notifikasi.

Metode Penguat GPS dengan Aplikasi Connection Stabilizer

Note: Perlu diketahui aplikasi ini dapat digunakan ketika data seluler aktif. Jika belum aktif, maka aktifkan terlebih dahulu.

  1. Menggunakan Aplikasi GPS Active

GPS Active adalah salah satu dari beberapa aplikasi penguat sinyal GPS. GPS Active sangat membantu untuk memaksimalkan GPS. Aplikasi ini tergolong populer untuk memperbaiki jaringan gps yang lemah. Banyak orang yang sudah menggunakan aplikasi ini seperti driver ojek online. Para driver menggunakan ini agar dapat meningkatkan penghasilan mereka. Bagi kalian yang belum mengetahui cara menggunakan GPS Active, kali ini kami akan memberitahy caranya:

  1. Cari dan install Aplikasi GPS Active di Play Store.
  2. Tunggu hingga proses instalasi selesai.
  3. Aktifkan GPS pada smartphone kalian.
  4. Buka Aplikasi GPS Active.
  5. Pilih Start Service.
  6. Untuk pertama kali akan ditanya untuk memberikan akses GPS. Pilih Setuju dan jangan lupa centang agar tidak muncul lagi.
  7. Aplikasi akan meningkatkan sinyal GPS. Untuk mengetahui apakah GPS Active berjalan, kalian dapat melihat pada bilah notifikasi.

Metode Penguat GPS dengan Aplikasi GPS Active

  1. Pastikan GPS Selalu Aktif

Tanpa disadari, mungkin saat kalian menggunakan GPS, mode hemat daya juga sedang diaktifkan. Hal itu dapat membuat GPS non-aktif secara otomatis. Sebenarnya kalian dapat mengaktifkan mode hemat daya tanpa mempengaruhi GPS dengan pengaturan tertentu. Kalian dapat mencari pada pengaturan mode hemat daya dan ubah pengaturannya. Tapi jika kalian tidak ingin ribet, kalian dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu GPS Connected yang dapat di unduh secara gratis di Play Store. Aplikasi ini akan membuat GPS selalu dalam keadaan aktif. Sehingga anda tidak perlu khawatir GPS non-aktif dengan sendirinya.

  1. Lakukan Refresh GPS

Menggunakan GPS terlalu lama dapat mengakibatkan crash atau kerusakan sedikit pada sistem. Hal yang harus dilakukan ketika terjadi seperti itu, cukup dengan merefresh GPS. Cukup matikan GPS dan nyalakan lagi. Rasakan perbedaannya, mungkin sensor GPS akan sedikit lebih baik dari sebelumnya. Jika aktivitas kalian mengharuskan setiap saat mengaktifkan GPS seperti driver ojek online, kalian perlu merefresh GPS secara berkala misalnya 2 jam sekali atau 3 jam sekali. Hal itu membantu merawat sensor GPS agar tetap baik dan tidak mudah rusak.

  1. Cari Masalah Pada GPS

Lemahnya sinyal juga bisa terjadi karena terdapat beberapa masalah, entah itu hardwarenya atau softwarenya. Jika terjadi kerusakan pada hardwarenya kalian perlu mengganti komponen yang ada di hp. Jika yang mendapati kerusakan adalah softwarenya, kalian cukup mengganti sistemnya atau menginstall ulang sistemnya. Kalian dapat mengetahui masalah tersebut dengan merasakannya sendiri saat menggunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

  1. Restart smartphone

Mungkin cara ini yang biasa kalian gunakan jika mengalami sedikit error pada smartphone, ya cara itu adalah restart (mulai ulang) smartphone. Cara ini mungkin juga akan dapat mengembalikan GPS menjadi fresh sehingga GPS dapat bekerja secara maksimal. Tidak ada salahnya mencoba cara ini, karena ketika smartphone melakukan restart maka semua program akan kembali seperti semula tak terkecuali GPS. Merestart smartphone biasanya dengan menekan tombol power selama kurang lebih 3 detik dan akan muncul pilihan mulai ulang.

Itulah 7 cara memperkuat sinyal GPS yang sangat ampuh mengatasi sinyal GPS lemah dan sering mati. Semoga metode-metode diatas dapat menjadi penguat GPS yang bermanfaat bagi kalian. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan share ke teman-teman kalian agar dapat menambah wawasan mereka terutama driver ojek online baik gojek maupun grab. Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar