Penyebab dan Cara Mengatasi AC Mati Sendiri Termudah

AC yang sudah berumur tua atau sering digunakan pasti akan mengalami kerusakan. Salah satu ciri ciri kerusakaan adalah AC mati sendiri. Lalu apa penyebab dan cara mengatasi AC mati sendiri tersebut? Berikut akan kami jelaskan secara detail.

AC yang tiba tiba mati atau sering mati sendiri adalah hal yang sangat wajar dan banyak dialami oleh pemilik AC dengan merek seperti Panasonic, Daikin, LG, Samsung, Sharp dan lainnnya.

AC yang sering mati sendiri ini dirasa wajar karena sudah sangat banyak yang mengalami dan permasalahan ini dapat diatasi dengan sangat mudah dan tentunya berhasil.

Lalu bagaimana cara mengatasi AC mati sendiri? Berikut akan kami berikan cara mengatasinya agar AC kalian kembali normal dan tidak mati mati sendiri.

Penyebab AC Mati Sendiri

Ada beberapa hal yang biasanya sering terjadi pada AC salah satunya mati sendiri atau mati tanpa di offkan menggunakan remote.

Banyak penyebab yang menjadikan hal tersebut terjadi, sama seperti halnya barang elektronik pasti ada aja terjadi kerusakan yang tiba-tiba. Berikut adalah penyebab AC mati sendiri:

  1. Timer Menyala Atau Aktif

Sebenarnya beberapa pengguna AC terkadang lupa atau tidak sengaja menyalakan atau mengaktifkan timer AC dan sampai lupa untuk mematikannya, padahal hal ini juga bisa menyebabkan AC bisa mati sendiri.

Khusus untuk AC Panasonic, sebelumnya kami sudah pernah membahas tentang bagaimana cara mematikan timer AC Panasonic yang dapat dilihat jika AC kalian bermerek Panasonic.

  1. Tidak Berfungsinya Thermise Otomatis AC

Hal ini bisa terjadi karena disebabkan masa Thermise Otomatis AC yang sudah habis sehingga menyebabkan AC tidak bisa diremot. Kerusakannya juga bisa menggangu kinerja kompresor AC sehingga bisa menggangu kinerja dan fungsi AC keseluruhan.

  1. Kerusakan Pada Tombol ON/OFF Indoor AC

Kerusakan ini disebabkan karena pengguna AC tidak menutup tutup indoor AC mereka dengan benar sehingga menyebabkan penutup AC menjepit komponer power AC. Selain itu juga di sebabkan karena tombol ON/OFF tidak normal dan usia AC yang lumayan tua karena sudah lama dipakai.

  1. PCB Modul Error

Karena terkena tegangan tinggi atau voltase listrik rendah jalur pada tombol ON/OFF dengan modul terjadi korsleting. Korsleting listrik dapat terjadi karena ketidakstabilan aliran listrik atau terkena samabaran petir pada waktu hujan deras.

  1. Tekanan Pada Freon Kurang

Berkurangnya tekanan pada freon terjadi karena adanya kebocoran ringan pada bagian evaporator, pipa instalasi, maupun kondensor. Gangguan freon yang lebih ringan dikarenakan nepel menjadi kendur karena getaran mesin. Serta adanya sambungan pipa AC yang tidak terpasang dengan baik.

Itulah penyebab dari AC tiba tiba mati sendiri. Setelah kalian mengetahui penyebab atau titik masalahnya maka kalian dapat dengan mudah membenarkan AC kalian hingga dapat digunakan dengan normal kembali.

Baca Juga: Cara Setting Remote AC Universal

Cara Mengatasi AC Mati Sendiri

Setelah kalian mengetahui apa saja penyebab AC sering mati sendiri tersebut, kini saatnya saya akan memberikan tentang cara mengatasi AC mati sendiri.

Penyebab dan Cara Mengatasi AC Mati Sendiri

Cara yang akan kami berikan ini cukup mudah, jadi beberapa cara dapat kalian lakukan sendiri tanpa perlu alat tambahan. Berikut adalah beberapa cara mengatasi AC mati sendiri:

  1. Untuk mengatasi Timer AC yang menyala dan aktif-aktif sendiri, kalian bisa mencoba langkah ini yaitu dengan mencabut stopkontak sementara selama kurang lebih 3-5 menitan atau mematikan Timer AC selama 3-5 menit kemudian nyalakan kembali.
  2. Jika Thermise Otomatis AC tidak berfungsi kalian bisa mengatasinya dengan menjauhkan Thermise atau mata kucing dari Evaporator Indoor. Cara ini di anggap cukup efektif namun hanya bertahan dalam waktu singkat saja. Jika Thermise mengalami masalah yang cukup serius maka harus dilakukan penggantian Thermise yang baru agar kinerja AC menjadi normal kembali.
  3. Jika penutup AC terjepit, kalian bisa mengatasinya dengan menutup penutup AC dengan benar atau jika untuk kerusakan tombol Power yang lain diperlukan tindakan yang berbeda.
  4. Apabila modul AC tidak normal atau error, maka cepat dan segera perbaiki jalur yang mengalami korsleting tersebut. Kerusakan ini sebenarnya jarang terjadi, untuk mencegahnya kalian bisa menggunakan stabilizer pada AC agar arus listrik yang masuk ke AC tetap stabil yaitu 220 Volt. Sehingga AC tidak akan mati dengan sendiri karena daya masuk secara stabil.
  5. Lakukan pengecekan terlebih dahulu pada freon. Jika tekanan freon kurang, maka isi ulang freon agar freon bekerja normal kembali. Dan jika freon tidak ada tekanan sama sekali berarti ada kebocoran. Kalian bisa memperbaikinya dengan memeriksa kebocoran tersebut kemudian lakukan penembelan atau penggantian pada bagian freon tersebut.

Jika keadaan AC setelah kalian melakukan perbaikan dengan cara di atas tetapi masih belum berhasil, maka keadaan AC sudah perlu ditangani oleh teknisi ahli. Karena terkadang jika kita hanya mencoba-coba untuk memperbaiki, maka bisa terjadi hal fatal bahkan AC bisa rusak permanen.

Cara mengatasi AC mati sendiri ini dapat dilakukan pada berbagai merek AC seperti Panasonic, Daikin, LG, Samsung, Sharp, Gree, AUX, Changhong, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Cara Setting Remote AC Panasonic Biar Dingin

Tips Agar Tidak Terjadi AC Mati Sendiri

Mungkin kalian yang melihat artikel ini sudah mengalami permasalah tentang AC mati sendiri. Akan tetapi kali ini kami akan memberikan tips agar tidak terjadi AC yang sering mati sendiri.

Tujuan dari kami memberikan tips ini adalah agar jika di kemudian hari apabila AC kalian sudah berfungsi secara normal atau kalian membeli AC yang bari, maka kalian dapat menjaganya agar tidak terjadi permasalah ini lagi.

Berikut adalah tips agar AC kalian awet dan tidak terjadi mati sendiri atau mati secara tiba tiba:

  1. Selalu Cek Kondisi Dari AC

Ada baiknya ketika AC yang kalian punya kotor, maka kalian segera bersihkan. Selain itu apabila terjadi hal yang mencurigakan dengan AC yang berpotensi untuk kerusakan AC, maka kalian harus segera memperbaikinya dan jangan mengabaikan hal tersebut.

  1. Bersihkan Filter Secara Rutin

Kalian harus membersihkan filter setidaknya 3 bulan sekali. Atau agar lebih bagus, kalian dapat membersihkan filter 1-2 bulan sekali.

  1. Service Secara Berkala

Dengan melakukan service secara berkala, maka kondisi dari AC kalian akan terjaga dan terpantau. Jika saat service terdeteksi adanya kerusakan, maka kalian harus segera memperbaikinya.

Nah itu tadi penyebab dan cara mengatasi AC mati sendiri yang tiba tiba maupun sering terjadi. Selain itu kami juga sudah memberikan beberapa tips agar kalian tidak mengalami AC sering mati sendiri lagi.

Semoga artikel ini bisa membantu kalian dan jika dirasa bermanfaat, kalian dapat membagikan dengan tombol share yang sudah kami sediakan.

Atau jika terdapat hal yang kurang dipahami, kalian dapat bertanya melalui kolom komentar yang sudah kami sediakan di bawah ini.

Tinggalkan komentar