Penyebab dan 7 Cara Mengatasi Listrik Jeglek [100% Terbukti]

Listrik rumah jeglek terus dan bingung bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini akan kami berikan informasi tentang penyebab dan cara mengatasi listrik jeglek terus.

Listrik saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok sehari-hari, tanpa adanya listrik tentu alat-alat elektronik tidak dapat dinyalakan.

Maka dari itu memang keberadaan listrik saat ini sangat penting sekali, bahkan hanya mati beberapa jam saja sudah sangat menyusahkan.

Tapi selain itu listrik sendiri juga bisa sering mati tiba-tiba atau biasanya disebut jeglek. Biasanya hal ini memang sangat menjengkelkan sekali, apalagi terjadi berkali-kali.

Daya listrik setiap rumah tangga berbeda-beda, daya yang biasa dipakai rumah tangga mulai dari 450 VA, 900 VA, 1300 VA dimana setiap rumah tangga berhak memilih akan memasang daya yang mana.

Saat menggunakan alat elektronik jangan lupa sesuaikan dengan kemampuan daya listriknya, terkadang ada orang lupa bahwa daya listrik rumahnya tidak bisa mencover dari daya alat-alat elektroniknya karena tidak dicek terlebih dahulu.

Ini bisa menjadi salah satu penyebab listrik jeglek karena tidak mampu mengcover daya listrik alat elektronik. Jadi jika daya alat elektronik bertambah maka daya listrik juga harus ditambah untuk mengimbangi.

Lalu apa penyebab listrik jeglek dan bagaimana cara mengatasi listrik jeglek yang terjadi terus menerus? Berikut ini informasi lengkapnya.

Penyebab Listrik Jeglek

Sebenarnya apa sih yang menyebabkan listrik jeglek? Sebelum mengetahui penyebab listrik jeglek perlu kalian ketahui dahulu mengenai MCB.

MCB sendiri merupakan komponen listrik yang sangat penting sebagai sistem proteksi atau pengaman dalam instalasi listrik ketika terjadi overload atau beban berlebih dan short circuit atau hubungan arus pendek.

Jadi jika terjadi beban berlebih atau hubungan arus pendek listrik maka MCB akan otomatis turun dan listrik akan mati.

Berikut ini penyebab listrik jeglek yang mungkin terjadi.

  1. MCB Kelebihan Beban

Penggunaan MCB masing-masing daya listrik berbeda. Daya 450VA maka MCB 2 Ampere, daya 900VA maka MCB 4 Ampere, dan daya 1300VA maka MCB 6 Ampere. Kalian bisa dengan cepat mengetahui MCB kelebihan beban dengan cara dibawah ini :

  • Naikkan MCB terlebih dahulu lalu pasang Tang Ampere pada keluaran MCB.
  • Pasang semua kabel alat elektronik kalian kemudian nyalakan lampu satu persatu dan Lihat pada Tang Ampere akan menunjukkan angka atau nilai berapa.
  • Berikutnya nyalakan alat elektronik satu persatu sambil melihat pada Tang Ampere.
  • Jika nilai pada Tang Ampere melebihi kapasitas MCB, otomatis MCB akan turun.
  1. Hubungan Arus Pendek

Biasanya memang arus pendek atau ada instalasi listrik yang rusak ditandai dengan jeglek. MCB akan turun sebenarnya juga sebagai kode bahwa ada kabel yang rusak karena terkelupas atau di makan tikus.

Selain kabel rusak juga bisa disebabkan kabel terpaku secara tidak sengaja serta wiring kabel stopkontak antara netral dan phase bersentuhan.

  1. MCB Rusak

MCB mengalami kerusakan karena sudah mencapai masa pakainya dan juga bisa karena terbakar sehingga harus diganti yang baru. Untuk patokan masa pakai tidak bisa ditentukan, jadi bisa juga dilihat dari pemakaian listrik setiap harinya.

Bisa disimpulkan penyebab listrik jeglek dikarenakan terjadi overload dan short circuit. Atau juga bisa disebabkan karena MCB mengalami kerusakan.

Cara Mengatasi Listrik Jeglek

Setelah tahu penyebab listrik jeglek adalah bagaimana cara mengatasi listrik jeglek.

  1. Geser MCB

Cara menghidupkan listrik jeglek termudah pertama adalah dengan menggeser MCB agar listrik kembali menyala tetapi dengan mematikan beberapa alat elektronik yang sebelumnya dinyalakan secara bersamaan.

  1. Pasang Stabilizer

Jika MCB mengalami kelebihan beban listrik, maka kalian perlu memasang Stabilizer atau AVR agar tegangan tetap stabil.

  1. Matikan Beberapa Alat Elektronik

Untuk cara mengatasi listrik jeglek ini dapat kalian selesaikan dengan mematikan alat elektonik yang tidak digunakan.

  1. Gunakan Alat Elektronik Dengan Daya Rendah

Kalian harus memperhitungkan berapa daya listrik dengan alat elektronik yang kalian gunakan secara bersamaan. Untuk cara mengatasi listrik jeglek ini, kalian dapat menggunakan alat elektronik berdaya rendah seperti lampu LED atau yang lainnya.

  1. Ganti Kabel yang Rusak

Jika MCB jeglek karena ada hubungan arus pendek listrik maka cara mengatasi listrik jeglek yaitu dengan mengganti kabel yang terkelupas atau mensolasinya. Cabut kabel yang mengenai kabel juga jika ada jalur kabel di tembok diberi tanda agar tidak disentuh.

Untuk kabel netral dan phase yang bersentuhan kalian kupas dan pasang dengan benar agar tidak bersentuhan.

  1. Pasang Thermistor

Kalian juga bisa memasang thermistor atau thermal resistor NTC pada rangkaian listrik untuk menghindari jeglek.

  1. Ganti MCB

Jika semua cara mengatasi listrik jeglek  di atas sudah kalian terapkan, maka solusi terakhir adalah dengan mengganti MCB. Untuk penggantian MCB yang baru, kalian lebih baik meminta bantuan pihak PLN. Karena penggantian komponen ini tidak boleh dilakukan oleh sembarangan orang. Petugas PLN wajib memperbaiki komponen yang rusak tersebut sampai bisa kembali normal kembali.

Memperbaiki MCB yang rusak juga sangat beresiko, karena jika salah memasang bisa berakibat fatal jadi lebih baik kalian meminta bantuan PLN. Saat ini PLN tidak menerima pemberian uang atau bayaran bentuk apapun.

Sedikit tips dari kami, ketika kalian membeli barang elektronik apapun lihat dayanya serta sesuaikan dengan daya listrik rumah untuk menghindari MCB turun atau jeglek.

Saat menggunakan alat elektronik juga jangan sekaligus banyak dalam waktu bersamaan, gunakan secara bergantian.

Juga sering-sering lakukan pemeriksaan kabel instalasi, kabel alat elektronik, apapun komponen yang terhubung langsung dengan listrik untuk menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi.

Sampai disini pembahasan tentang penyebab dan cara mengatasi listrik jeglek, semoga bisa membantu kalian.

Jangan lupa share. Tinggalkan komentar atau pertanyaan di kolom yang tersedia jika ada yang kurang kalian pahami. Terima kasih sudah membaca.

This content is protected by DMCA