Penyebab dan 11 Cara Mengatasi Tidak Bisa Login BNI Mobile Banking

Kenapa tidak bisa login BNI mobile? Hal tersebut terjadi pasti dikarenakan sebuah penyebab. Untuk itu kali ini kami akan membahas mengenai penyebab dan cara mengatasi tidak bisa login BNI Mobile Banking.

BNI sendiri sudah menjadi salah satu perbankan terbesar dan tertua di Indonesia yang tentunya tidak ketinggalan dalam memberikan layanan online berbentuk aplikasi untuk para nasabahnya.

Seperti yang kalian tahu, layanan yang diberikan oleh pihak BNI saat ini sudah sangat membantu dan mempermudah para nasabahnya dalam melakukan transaksi hanya dalam satu genggaman tanpa perlu ke ATM atau kantor bank, salah satunya adalah BNI Mobile.

Fitur yang diberikan BNI Mobile mulai dari layanan informasi saldo, pembayaran tagihan telepon, pembelian pulsa, pembayaran kartu kredit, dan masih banyak lagi. Layanan yang diberikan ini juga terjamin keamanan dan kenyamanannya.

Tetapi tahukan kalian sebelum menggunakan aplikasi BNI Mobile tentunya kalian diminta terlebih dahulu untuk melakukan login.

Tetapi terkadang aplikasi BNI Mobile yang kita gunakan tidak bisa login sehingga membuat kita jengkel padahal sangat dibutuhkan untuk melakukan transaksi.

Mungkin kalian akan bingung kenapa tidak bisa login BNI Mobile Banking padahal kalian sudah sangat betul memasukkan username dan password akun BNI Mobile kalian.

Karena hal tersebutlah kami akan memberitahu kalian apa saja penyebab BNI Mobile tidak bisa login dan bagaimana cara mengatasi tidak bisa login BNI Mobile Banking.

Sebenarnya permasalahan tentang BNI Mobile tidak hanya tentang gagal login, akan tetapi juga ada masalah lainnya sepert gagal aktivasi. Bagi kalian yang mengalami gagal aktivasi, kalian dapat membaca cara mengatasi aktivasi Mobile Banking BNI gagal terus.

Penyebab Tidak Bisa Login BNI Mobile Banking

Setiap permasalahan pasti terdapat faktor penyebabnya, salah satunya pada masalah gagal login BNI Mobile. Untuk itu kalian harus tahu penyebab tidak bisa masuk BNI Mobile berikut ini:

  1. Baru Ganti Handphone

Kalian pasti tidak tahu bahwa melakukan pergantian handphone bisa menyebabkan tidak bisa login ke BNI Mobile.

  1. Nomor Aktif yang Digunakan di BNI Mobile Diletakkan di Slot 2.

Pihak bank atau Customer Service BNI pasti menyarankan nomor yang aktif dan digunakan di BNI Mobile harus diletakkan di slot 1.

  1. Belum Mengaktifkan SMS Premiun.

SMS banking biasanya digunakan untuk menginformasikan kepada kalian setelah melakukan transaksi seperti penarikan tunai ataupun transfer.

  1. BNI Mobile Belum Diperbaharui.

Bagi kalian pengguna BNI Mobile wajib untuk selalu mengupdate versi terbaru aplikasi kalian.

  1. Salah Memasukkan Username dan MPIN.

Ini sering terjadi batas memasukkan Usernam dan MPIN hanya 3 kali lebih dari itu otomatis kan terblokir. Terkadang karena terlalu buru-buru ketika mengetikkan usernam atau MPIN kelebihan 1 huruf jadi kalian harus benar-benar teliti ketika mengetikkan username dan MPIN BNI Mobile kalian.

  1. Server Sedang Dalam Perawatan (Maintenance).

Tidak bisa Log In ke akun bisa saja di sebabkan karena sistem server aplikasi masih dalam perawatan atau pengupdate an ke versi terbaru.

Itulah penyebab susah login BNI Mobile Banking yang harus kalian pahami. Selain itu jangan terlalu cepat dalam mengambil keputusan misal tidak bisa login kalian langsung meng-uninstall aplikasi BNI Mobile kalian.

Baca Juga : Cara Ganti PIN ATM BNI

Cara Mengatasi Tidak Bisa Login BNI Mobile Banking

Setelah kalian mengetahui apa saja penyebab tidak bisa masuk akun BNI Mobile Banking, kini kami akan membagikan cara mengatasi tidak bisa login BNI Mobile Banking yang dapat kalian baca di bawah ini:

  1. Pastikan Nomor Yang Digunakan di BNI Mobile Berada di SIM 1

Pastikan nomor aktif yang digunakan untuk BNI Mobile di letakkan di SIM 1 handphone kalian. Karena BNI Mobile hanya akan mendeteksi nomor yang berada pada SIM 1.

  1. Restart Smartphone

Mungkin ini terlihat sedikit bercanda, akan tetapi pada beberapa masalah merestart smartphone dapat menyelesaikan masalah pada HP. Karena dengan merestart smartphone, maka sistem akan kembali normal.

Mungkin pada saat kalian tidak bisa login BNI Mobile disebabkan oleh adanya sistem di HP  yang mengalami kesalahan dan hal tersebut dapat diatasi dengan merestart smartphone.

  1. Aktifkan Layanan Pesan Teks Premium

Untuk mengaktifkan silahkan buka menu Pengaturan kemudian pilih Aplikasi lalu pilih menu icon tiga titik yang berada di sudut kanan atas setelah itu pilih Akses khusus dan pilih Gunakan layanan Pesan Teks Premium lalu pilih Aktifkan.

Berbeda merek HP mungkin akan berbeda juga tempat untuk mengaktifkan layanan teks premium ini. Pada intinya kalian harus mengaktifkan layanan teks premium pada HP kalian.

  1. Update Aplikasi BNI Mobile

Setiap ada pemberitahuan dari Play Store atau App Store untuk mengupdate versi terbaru langsung saja kalian update supaya tetap bisa memakai BNI Mobile dengan nyaman tanpa kendala.

Untuk mengupdate aplikasi BNI Mobile Banking untuk pengguna Android melalui PlayStore dan untuk pengguna iOS melalui AppStore. Buka Playstore atau Appstore kemudian cari BNI Mobile dan pilih Update lalu tunggu sampai proses selesai dan aplikasi BNI Mobile bisa digunakan kembali.

  1. Aktifkan Akun Kembali

Untuk kalian yang baru ganti HP dan tidak bisa login BNI Mobile Banking, maka sebaiknya kalian meminta bantuan Customer Service di cabang BNI terdekat untuk mengaktifkan kembali akun kalian. Karena aplikasi BNI Mobile tidak bisa digunakan di dua handphone sekaligus.

  1. Lupa Username dan MPIN.

Bagi kalian yang lupa dengan Username dan MPIN ingat kembali username dan MPIN kalian. Jika benar -benar lupa silahkan tekan tombol Lupa MPIN/Password selanjutnya ikuti langkah untuk mereset akun kalian.

  1. Tekan Lupa MPIN/Password Transaksi.
  2. Masukkan User ID kalian, Nomor Kartu Debit. Tekan dropdown untuk memilih Lokasi Negara. Lalu tekan Ya, kirim OTP.
  3. Kode OTP akan terkirim melalui SMS ke nomor handphone yang telah terdaftar. Pastikan nomor handphone yang digunakan memiliki pulsa.
  4. Masukkan 6 angka kode OTP. Pilih Kirim Ulang Kode OTP apabila tidak menerima SMS kode OTP, atau kode OTP expired.
  5. Selanjutnya buat MPIN dan Password Transaksi baru. Lalu tekan Simpan.
  6. Selamat kalian berhasil mengubah MPIN dan Password Transaksi.
  7. Aplikasi BNI Mobile sudah bisa kalian gunakan kembali.

Apabila cara di atas masih saja gagal, kalian dapat mencoba cara lainnya di bawah ini.

  1. Tunggu Hingga Kembali Normal

Pada saat server sedang dalam perbaikan kalian tentu saja tidak akan bisa masuk ke akun BNI Mobile kalian, jadi kalian harus menunggu sebentar sampai server kembali normal.

Waktu yang digunakan untuk proses maintenance sekitar kurang lebih 90 menit. Biasanya pihak BNI akan menginformasikan perihal Maintenance di website resmi BNI https://bni.co.id/.

  1. Update Webview Sistem Android

Untuk kalian pengguna HP Android silahkan update webview sistem android yang ada di Google Play Store. Lakukan clear cache terlebih dahulu di menu pengaturan HP Android kemudian pilih aplikasi BNI Mobile lalu Aktivasi kembali dari awal dan tunggu SMS OTP jika sudah diterima, kembali lagi ke aplikasi BNI Mobile Baking untuk memasukkan kode OTP.

  1. Update Google Chrome dan Sistem Operasi Handphone.

Pastikan kalian selalu update versi terbaru Google Chrome dan juga sistem operasi handphone kalian dan pastikan selalu yang versi paling baru.

  1. Hubungi Call Center BNI

Kalian juga dapat menghubungi pihak BNI untuk mendapatkan bantuan seputar masalah BNI Mobile Banking tidak bisa login. Untuk menghubungi call center BNI kalian menghubungi lewat telepon di 1500046 atau twitter Customer Service BNI melalui @BNICustomerCare.

  1. Datang ke Kantor Cabang atau Pusat BNI

Apabila kalian sudah menerapkan cara di atas, maka solusi terakhir yang dapat kalian lakukan adalah dengan mendatangi langsung kantor cabang atau pusat BNI. Kalian dapat meminta tolong bantuan customer service BNI untuk masalah tidak bisa login ini.

Itulah penyebab dan cara mengatasi tidak bisa login BNI Mobile Banking, kalian dapat mencoba satu persatu cara untuk menemukan penyebab tidak bisa login BNI Mobile. Cara di atas juga dapat menyelesaikan masalah BNI mobile banking tidak bisa login setelah ganti hp.

Apabila menurut kalian artikel ini membantu, kalian dapat membagikan melalui tombol share yang sudah kami sediakan.

Atau apabila artikel cara mengatasi tidak bisa login BNI Mobile Banking ini kurang dipahami, kalian dapat bertanya melalui kolom komentar yang sudah kami sediakan.

Tinggalkan komentar