9 Cara Mengatasi dan Menghilangkan Wifi Tanda Seru di Laptop dan HP

Laciusang.com – Tak sedikit orang yang mengalami permasalahan wifi tanda seru. Sangat menjengkelkan jika wifi terdapat ikon tanda seru, karena itu menandakan tidak bisa terhubung ke internet. Untuk itu kami akan memberikan penjelasan penyebab dan cara mengatasi wifi tanda seru.

Kehadiran internet hingga saat ini tidak bisa dipisahkan di semua aspek kegiatan atau aktivitas manusia. Hampir semua orang mengakses wifi untuk mencari internet dan mempermudah kegiatan mereka dalam belajar maupun bekerja.

Selain itu banyak tempat-tempat yang saat ini menyediakan layanan wifi gratis. Wifi pun juga dapat diakses menggunakan laptop atau smartphone.

Akan tetapi pernahkan kalian ketika menyembung wifi tetapi menemukan tanda seru? Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Sebenarnya tanda seru pada wifi menunjukkan jika ada yang tidak beres dengan jaringan wifi. Dengan wifi ada tanda seru tentunya hal itu akan menganggu aktivitas kalian.

Tanda seru pada wifi di PC atau Laptop dan juga smartphone menandakan koneksi pada wifi tidak maksimal. Serta menyebabkan wifi yang kalian akses atau gunakan menjadi lambat atau bahkan tidak bisa digunakan sama sekali (No Internet Access).

Penyebab Wifi Tanda Seru

Tetapi bagaimana bisa wifi menjadi ada tanda seru ketika disambungkan dengan perangkat? Tentu ada banyak faktor penyebab yang menjadikan wifi muncul tanda seru.

Tanda seru ini juga bisa menandakan sinyal wifi dalam keadaan lemah sehingga internet menjadi lelet ketika digunakan. Bahkan bisa juga perangkat yang kalian gunakan tidak bisa terhubung dengan internet jika wifi muncul tanda seru.

Berikut beberapa faktor penyebab wifi tanda seru:

  1. Perangkat Sedang Bermasalah

Perangkat yang bermasalah juga bisa menyebabkan wifi ada tanda seru, hal ini menandakan bahwa perangkat kalian tidak bisa terhubung dengan jaringan wifi.

Karena jika salah satu bermasalah antara perangkat atau wifinya bisa menyebabkan salah satu menolak atau tertolak untuk bisa terhubung.

  1. Belum Memasukkan Username dan Password

Saat ini sudah banyak wifi yang menggunakan portal login untuk memberikan keamanan. Pengguna diharuskan menyambungkan ke wifi terlebih dahulu, kemudian akan dialihkan ke halaman yang diharuskan mengisi username dan password.

Sebelum memasukkan username dan password, wifi biasanya akan muncul ikon tanda seru. Jadi ketika wifi muncul tanda seru, mungkin kalian lupa belum memasukkan username dan password.

  1. Router Wifi Terlalu Panas

Wifi tanda seru no internet access juga bisa disebabkan karena wifi terus menerus digunakan tanpa jeda istirahat. Bahkan wifi sampai memberikan tanda seru karena terlalu seringnya dipakai. Bahkan hal yang parah, router wifi tidak dapat digunakan kembali.

  1. Wifi Hanya Bisa Diakses Perangkat atau Orang Tertentu

Beberapa wifi disetting hanya bisa diakses oleh perangkat atau orang tertentu saja, hal ini memang sengaja dilakukan untuk membatasi wifi. Perangkat atau orang yang bisa mengakses sebelumnya sudah didaftarkan agar bisa terkoneksi dengan wifi.

Jadi jika kalian mencoba untuk terkoneksi dengan wifi tersebut, kalian memang akan diminta untuk memasukkan username dan password tetapi kalian tetap tidak akan bisa terhubung.

  1. Menggunakan DNS, Proxy atau IP Tertentu

Penggunaan DNS, Proxy atau IP sendiri biasanya berlaku di kantor-kantor penting dimana pengaturan ini dilakukan oleh bagian tim IT Support. Hanya tim IT saja yang bisa menghubungkan koneksi internet wifi ke pengguna.

Itulah penyebab wifi ada tanda seru. Setelah mengetahui penyebabnya, kini saatnya kami memberikan cara mengatasi dan menghilangkan wifi tanda seru.

Baca Juga: Cara Melihat Password Wifi Yang Sudah Terhubung

Cara Mengatasi Wifi Tanda Seru di Laptop dan HP

Wifi tanda seru biasa terjadi di perangkat handphone maupun laptop, tetapi untuk keduanya diatasi dengan cara yang berbeda.

Berikut beberapa cara mengatasi wifi tanda seru:

  1. Memutuskan dan Menyambungkan Lagi Jaringan Wifi

Memutuskan dan menyambungkan jaringan wifi bertujuan memancing koneksi wifi ke perangkat agar tanda seru hilang dan perangkat dapat terhubung atau terkoneksi kembali dengan jaringan wifi.

  1. Merestart Router Wifi

Tanda seru pada wifi bisa saja disebabkan karena Router pada wifi sedang mengalami masalah dan terjadi eror. Hal ini dapat diatasi dengan merestart Router Wifi. Berikut langkah-langkah merestart router wifi:

  1. Tekan tombol Power pada wifi bagian belakang kemudian tunggu beberapa saat.
  2. Tekan tombol Power kembali untuk menghidupkan router wifi.
  3. Coba untuk kembali menghubungkan perangkat dengan jaringan wifi.
  4. Tanda seru biasanya akan hilang pada icon wifi diperangkat.
  1. Password Diubah atau Diganti

Jika password diubah atau diganti, otomatis kalian tidak akan bisa terkoneksi lagi dengan jaringan wifi. Jadi agar bisa terkoneksi lagi dengan jaringan wifi, kalian juga wajib untuk mengganti password tersimpan dengan password yang baru.

  1. Setting IP Wifi menjadi Otomatis pada Menu Control Panel

IP tidak otomatis juga menjadi salah satu penyebab wifi muncul tanda seru. Jadi bagaimana cara mengubah IP menjadi Otomatis? Berikut ini langkah-langkah mengatasi wifi laptop tanda seru di control panel:

Cara Pertama

  1. Buka Control Panel yang berada di Start Menu pada bagian bawah tampilan.
  2. Masuk ke opsi Network and Sharing Center.
  3. Klik opsi Change Adapter Setting selanjutnya masuk opsi Wireless Network Connection.
  4. Pada opsi Internet Protokol Version 4 (TCP/IP) klik dua kali.
  5. Bagian Konfigurasi IP Address, Atur ke opsi Obtain an IP Address Automatically.

Cara Kedua

  1. Buka Control Panel yang berada di Start Menu pada bagian bawah tampilan.
  2. Masuk ke opsi Network and Sharing Center.
  3. Klik opsi Change Adapter Setting selanjutnya masuk opsi Wireless Network Connection.
  4. Pada opsi Internet Protokol Version 4 (TCP/IP) klik dua kali.
  5. Ubah IP Address menjadi 235.4.232.231
  6. Subnet Maks 255.255.255.0
  7. Default Gateway 192.168.1.1
  8. Preferred DNS server 8.8.8.8
  9. Alternative DNS 8.8.4.4
  10. Klik OK dan Selesai.

 

  1. Menghilangkan Tanda Seru Laptop dengan Menu Run

Menu Run bertujuan untuk mencari alamat IP yang baru. Berikut langkah mengatasi wifi laptop tanda seru menggunakan menu Run.

  1. Tekan tombol kombinasi Windows + R.
  2. Silahkan isi cmd pada kolom lalu klik Enter

CMD untuk Menyelesaikan Masalah Wifi

  1. Ketikkan netsh int ip reset C:\resetlog.txt lalu klik Enter
  2. Lakukan Restart pada Laptop kalian.

Cara Mengatasi Wifi Tanda Seru

  1. Mengatur Tanggal dan Waktu

Pengaturan tanggal dan waktu yang salah juga bisa menyebabkan wifi ada tanda seru. Jadi kalian wajib untuk mengecek apakah pengaturan tanggal dan waktu di laptop atau HP kalian sudah sesuai. Jika belum segera lakukan penggantian tanggal dan waktu sesuai dengan waktu sekarang.

  1. Memperbaiki melalui Administrative Tools

Berikut langkah-langkahnya untuk memperbaiki wifi tanda seru melalui Administrative Tools.

  1. Tekan tombol Windows dan ketikkan Services
  2. Cari opsi DHCP Client dan DNS Client lalu klik kanan dan pilih Restart.
  3. Lakukan Restart laptop atau PC kalian.

Cara Menghilangkan Tanda Seru di Wifi

  1. Install Ulang Driver Wifi

Cara menghilangkan tanda seru di wifi selanjutnya adalah install ualng driver wifi yang versinya terlalu lama. Driver tersebut perlu dilakukan update agar tanda seru pada wifi hilang.

Dengan melakukan install ulang pada driver wifi, maka masalah wifi yang bertanda seru akan hilang.

  1. Lakukan Reset Factory pada HP

Ini adalah langkah terakhir jika wifi tanda seru no internet access tetap tidak hilang pada HP. Kalian mau tidak mau harus melakukan reset pabrik. Akan tetapi resikonya kalian akan kehilangan semua file berkas di handphone kalian.

Sebelum melakukan reset pabrik, kalian bisa melakukan backup file-file yang dianggap penting terlebih dahulu.

Cara di atas dapat diterapkan pada beberapa permasalahan router seperti wifi indihome tanda seru atau router yang lainnya.

Cukup mudah sekali cara mengatasi dan menghilangkan wifi tanda seru di laptop dan HP ini untuk dipraktekkan. Selesai sudah pembahasan kali ini. Semoga bisa membantu kalian.

Jika ada yang kurang kalian pahami, silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaan di bawah. Atau jika dirasa artikel ini bermanfaat, kalian dapat berbagi melalui tombol share yang sudah kami sediakan.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA