6 Penyebab Kulkas 2 Pintu Bagian Bawah Tidak Dingin

Bagian bawah kulkas 2 pintu kalian tidak dingin? Berikut kami akan memberikan penjelasan penyebab kulkas 2 pintu bagian bawah tidak dingin.

Permasalahan yang biasa sering terjadi pada kulkas dua pintu adalah ketika kulkas bagian bawah tidak dingin. Kulkas bagian bawah biasanya diletakkan buah atau sayuran dimana suhu diatas 0⁰ C dan sebisa mungkin harus stabil supaya sayuran dan buah tetap segar.

Apapun merk kulkasnya pasti ada yang mengalami kulkas bagian bawah tidak dingin. Hal tersebut terjadi bisa dikarenakan beberapa faktor kerusakan komponen kulkas atau usia kulkas dan bisa juga disebabkan karena pemakaiannya yang kurang hati-hati.

Penyebab Kulkas 2 Pintu Bagian Bawah Tidak Dingin

Berikut beberapa penyebab kulkas 2 pintu bagian bawah tidak dingin sedangkan bagian freezer suhunya normal.

  1. Penumpukan Bunga Es Pada Evaporator yang Berlebihan

Penumpukan bunga es bisa terjadi karena sistem defrost tidak berfungsi sehingga bunga yang jumlahnya harusnya normal menjadi semakin banyak akhirnya menumpuk memenuhi evaporator.

Evaporator yang penuh juga menutupi jalannya sirkulasi udara dingin di kulkas bagian bawah, akhirnya suhu dingin tetap bertahan di freezer tidak bisa sampai ke kulkas bagian bawah. Hal itulah yang menjadi penyebab kulkas 2 pintu bagian bawah tidak dingin.

Baca Juga: Penyebab Kulkas Tidak Dingin Tapi Lampu Menyala

  1. Kipas Kulkas Mati

Kipas pada kulkas berfungsi menyebarkan suhu dingin di seluruh sudut-sudut kulkas. Dengan adanya kipas juga suhu dingin juga bisa sampai ke kulkas bagian bawah.

Jika kipas pada kulkas mengalami kerusakan maka suhu di dalam kulkas tidak bisa optimal dan di bagian tertentu suhunya akan lebih dingin. Dan pada bagian evaporator terjadi penumpukan bunga es yang berlebih.

  1. Pengaturan Suhu Kulkas Bagian Bawah Tidak Sesuai

Kulkas dua pintu biasanya memiliki pengatur suhu yang berbeda dimana satu diletakkan di bagian freezer dan satunya di kulkas bagian bawah. Terkadang dalam mengatur suhu beberapa orang lupa suhu seharusnya berapa. Karena thersmostat hanya ada garis merah dan nomor 1-4 saja.

Jika tanda panah berbentuk knop di putar arah ke kanan maka suhu akan bertambah dingin dan sebaliknya akan berkurang dinginnya.

  1. Sirkulasi Angin Bagian Bawah Tertutup Spon

Melalui sirkulasi angin, suhu dingin dari dalam freezer bisa sampai ke bagian bawah kulkas. Sirkulasi angin ini terletak di bagian atas evaporator atau freezer yang bisa dibuka tutup dengan menggunakan spon.

Jika knop pengatur suhu diputar ke kanan maka spon akan membuka untuk jalan sirkulasi udara. Namun jika spon pada sirkulasi rusak maka spon tidak akan bisa dibuka dan tutup sehingga udara dingin tertahan di freezer atau evaporator akhirnya terjadi pembekuan bunga es yang berlebihan. Pembekuan tersebut yang memicu kulkas 2 pintu bagian bawah tidak dingin

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau Kulkas

  1. Karet pada Pintu Kulkas Longgar atau Rusak

Setiap pintu pada kulkas terdapat karet sebagai perekat pintu kulkas supaya udara dingin pada kulkas tidak keluar atau bocor. Jika karet pada pintu kulkas rusak atau longgar sehingga bisa menyebabkan udara dingin keluar dan udara dari luar kulkas masuk.

Kerusakannya bisa saja disebabkan karena usia, robek, dan juga bisa jamur akibat kurangnya menjaga kebersihan kulkas. Selain itu suhu di dalam kulkas juga bisa berkurang dinginnya akibat udara dingin bocor.

  1. Sering Buka Tutup Pintu Kulkas

Terlalu sering membuka tutup pintu kulkas bisa saja menyebabkan suhu di dalam kulkas tidak stabil. Untuk mendinginkan kembali suhu dalam kulkas biasanya diperlukan waktu kurang lebih 6-8 jam sampai kembali ke suhu dingin yang diinginkan.

Maka dari itu ketika proses ini sedang berlangsung jangan sembarangan membuka tutup pintu kulkas. Terutama kulkas bagian bawah yang sirkulasinya udara dinginnya hanya mengaharapkan suhu dingin dari freezer.

Ketika bagian bawah kulkas tidak dingin karena disebabkan penumpukan bunga es berlebih pada evaporator maka kalian bisa melelhkan bunga es terlebih dahulu, tetapi jika ada komponen yang rusak maka harus diperbaiki atau diganti dengan yang baru supaya kinerja kulkas kembali normal.

Atau selalu lakukan service pada kulkas secara teratur untuk menghindari beberapa penyebab di atas.

Sampai disini pembahasan tentang penyebab kulkas 2 pintu bagian bawah tidak dingin kita kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa share ke teman-teman kalian jika sudah membantu. Tinggalkan komentar jika ada yang kurang kalian pahami di kolom yang sudah kami sediakan.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA