Penyebab Mesin Cuci Lambat Berputar dan Cara Memperbaikinya

Kenapa mesin cuci atau pengering lambat berputar? Berikut kami akan memberikan informasi tentang penyebab mesin cuci lambat berputar dan cara mengatasinya.

Mesin cuci merupakan perangkat elektronik yang jika digunakan dalam jangka waktu tertentu pasti mengalami penurunan kualitas, salah satunya mesin cuci lambat berputar.

Saat akan mencuci pakaian tetapi mesin cuci berputar lambat tentu bisa membuat mood mencuci jadi menurun, apalagi saat cucian sedang banyak-banyaknya.

Memang keberadaan mesin cuci akan sangat mempermudah. Namun jika saat akan digunakan ada kendala bisa-bisa mencuci akan sangat lama bahkan bisa jadi mencuci secara manual.

Apa sih yang menyebabkan mesin cuci lambat berputar? Ada beberapa faktor penyebab mesin cuci lambat atau pelan berputar.

Penyebab Mesin Cuci Lambat Berputar dan Cara Mengatasi

Bagi kalian yang penasaran apa saja penyebab mesin cuci lambat berputar, berikut kami akan memberikan informasinya.

  1. Tabung Overload

Saat akan memasukkan baju kotor kedalam tabung mesin cuci, periksalah jenis kain dan juga beratnya. Karena setiap tabung memiliki kapasitasnya sendiri.

Jangan sampai terlalu banyak sehingga overload akhirnya mesin akan lambat bahkan tidak berputar sama sekali karena bebannya yang berlebihan.

  1. Gearbox Rusak

Gearbox sebagai komponen berbentuk seperti gigi yang menghubungkan tabung mesin cuci. Artinya perputaran pada tabung mesin cuci ditentukan gearbox ini.

Penyebab mesin cuci berputar lemah salah satunya disebabkan oleh gearbox rusak. Hal tersebut mengakibatkan tabung akan mengalami kendala berputar baik lambat atau bahkan tidak berputar sama sekali.

Kerusakan pada gearbox bisa disebabkan karena pengaturan vanbelt yang terlalu kencang sehingga menekan gearbox terlalu keras.

 

  1. Karet Vanbelt Longgar atau Usang

Karet vanbelt yang longgar menyebabkan mesin berputar tidak semestinya atau istilahnya berputar dengan lambat. Longgarnya karet vanbelt bisa disebabkan karena pemakaian yang sudah terlalu lama atau karena mesin cuci sering digunakan.

Saat karet vanbelt longgar periksalah pada bagian belakang mesin atur ulang kemudian lakukan penggeseran dinamo agar karet vanbelt sedikit kencang dan kelonggaran bisa dikurangi.

Jangan atur vanbelt terlalu kencang karena bisa merusak gearbox.

Baca Juga: Mesin Cuci Bunyi Glodak Glodak

  1. Dinamo Mesin Cuci Bermasalah

Penyebab mesin cuci berputar pelan salah satunya disebabkan oleh Dinamo. Dinamo memiliki peranan yang penting dalam kinerja mesin cuci, yaitu mengubah energi listrik menjadi energi kinerik dalam perputaran mesin.

Jika mesin cuci lambat berputar bisa dipastikan ada masalah atau kerusakan pada dinamo. Bisa juga karena dinamo tersumbat kotoran sehingga kinerjanya terhambat, mesin cuci lambat berputar.

Kerusakannya ditandai dengan munculnya suara yang keras serta berdengung dan disertai perputaran mesin lambat bahkan tidak berputar sama sekali.

  1. Kapasitor Rusak

Kapasitor juga memiliki peranan yang tidak kalah penting, sebagai komponen yang menyimpan energi listrik untuk menyalakan dinamo mesin cuci saat start pertama.

Penyebab mesin cuci lambat berputar juga dapat disebabkan oleh kapasitor yang rusak. Hal tersebut mengakibatkan dinamo tidak akan bisa berfungsi atau digunakan untuk mencuci.

Baca Juga: Mesin Cuci Berdengung Tidak Mau Berputar

  1. Timer Mesin Cuci Rusak

Timer digunakan sebagai pengatur waktu saat mencuci, kerusakannya bisa disebabkan karena kabel bagian timer putus akibat dimakan tikus.

Akibat dari rusaknya timer menyebabkan mesin cuci lambat berputar, bahkan hanya bisa berputar satu arah saja.

Itu tadi penyebab mengapa mesin cuci lambat berputar, komponen mesin cuci yang bermasalah atau rusak merupakan sebagian besar penyebabnya.

Kalian selaku pemilik mesin cuci di rumah wajib melakukakn pengecekan rutin mesin cuci kalian sehingga jika ada kerusakan bisa diperbaiki sejak awal.

Untuk perbaikan kerusakan yang ringan bisa kalian perbaiki sendiri seperti jika ada kabel putus kalian perlu untuk menyambungnya lagi, komponen yang tersumbat kotoran tinggal dibersihkan menggunakan kuas atau tangan dan terakhir jika kerusakan itu berat maka kalian harus membawanya pada teknisi mesin cuci.

Untuk komponen yang rusak berat dan tidak bisa dipakai lagi maka harus dilakukan penggantian komponen dengan yang baru agar mesin cuci tetap nyaman digunakan saat mencuci.

Baca Juga: Cara Membersihkan Mesin Cuci 2 Tabung

Tips Merawat Mesin Cuci Agar Tetap Awet

Sangat perlu sekali dilakukan perawatan pada mesin cuci kalian supaya tetap awet, perawatan mesin cuci yang rutin juga bisa untuk mengatasi penyebab mesin cuci lambat berputar.

  1. Periksalah keadaan karet vanbelt pada mesin cuci apakah sudah longgar atau belum. Pastikan kondisinya normal sehingga saat dipakai tetap nyaman. Lakukan pengaturan ulang jika terlihat agak longgar.
  2. Bersihkan tabung mesin cuci dengan cara memutarnya tanpa ada pakaian di dalamnya. Gunakan air hangat yang mengalir agar bakteri di sela-sela lubang tabung mati dan dibasmi.
  3. Bersihkan laci tempat menaruh sabun dan pelembut memakai sikat gigi bekas serta melepasnya saat dibersihkan. Bersihkan secara menyeluruh sampai benar-benar bersih agar kuman dan bakteri tidak bisa tumbuh di area tersebut.
  4. Gunakan detergen dan pelembut pakaian kualitas yang baik, karena jika kualitasnya rendah bekasnya yang tertinggal bisa menyebabkan tumbuhnya jamur atau bakteri yang bisa menimbulkan bau yang tidak sedap.
  5. Untuk menangkal bau yang tidak sedap saat selesai mencuci buka sedikit pintu mesin cuci, hal ini dilakukan untuk mencegah tumbuhnya bakteri penyebab bau tidak sedap.

Perawatan di atas bisa dilakukan sendiri dan tentu juga tidak terlalu sulit untuk dikerjakan setiap beberapa kali dalam seminggu yang terpenting rutin dan konsisten.

Cukup disini pembahasan penyebab mesin cuci atau pengering lambat berputar, semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi kalian yang sudah membaca.

Jangan sungkan tinggalkan pertanyaan jika ada yang kurang dipahami di kolom komentar yang telah kami sediakan. Share juga di platform sosial media yang kalian punya.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA