Inilah Perbedaan Microsoft OneDrive dan Google Drive

Laciusang.comPerbedaan Microsoft OneDrive dan Google Drive : Agak sulit untuk memperjelas jika membandingkan dua perusahaan raksasa global di atas. Ingatlah bahwa baik Microsoft maupun Google memiliki kualitas layanan dan produk yang sama yang sempurna dan hebat, terutama termasuk layanan cloud mereka.

Repositori Microsoft adalah Microsoft OneDrive, dan Google, bersama dengan Google Drive, mendapat tempat di hati para penggunanya.

Beberapa orang akan mengatakan bahwa Microsoft memiliki keunggulan dalam hal penyimpanan virtual, tetapi banyak yang akan mengatakan bahwa Google adalah juara dalam hal penyimpanan data berbasis cloud. Daripada pusing mari kita simak Perbedaan Microsoft OneDrive dan Google Drive dibawah ini:

Perbedaan Microsoft OneDrive dan Google Drive

Microsoft OneDrive dan Google Drive adalah dua produk yang dapat menyimpan berbagai jenis dokumen, termasuk video, PDF, kata-kata, dan file lainnya, yang dapat diakses dengan mudah oleh pengguna yang berbeda di berbagai jenis perangkat.

Tentunya beberapa produk diatas meningkatkan produktivitas Sahabat Lakuuu sehingga hasil kerjanya lebih efektif.

Perbedaan Microsoft OneDrive dan Google Drive

Namun, kemungkinan ini adalah pertanyaan yang sering diajukan oleh pengguna baru yang ingin mendaftar penyimpanan berbasis cloud dengan cepat. Apa perbedaan Microsoft OneDrive dan Google Drive? Yuk simak 3 perbedaan dibawah:

Penyimpanan

Microsoft OneDrive menawarkan penyimpanan gratis 5GB untuk pengguna baru, dapat diperluas hingga 6TB.

Sementara itu, Google Drive menawarkan pengguna baru penyimpanan gratis hingga 15GB. Seperti Microsoft, Google menawarkan pengembangan untuk pengguna yang ingin menambah ruang penyimpanan hingga 2TB.

Biaya Langganan

Inilah perbedaan yang dirasakan sebagian besar pengguna baru, subscription fee atau biaya langganan.

perbedaan onedrive

Berikut detail harga langganan Microsoft OneDrive:

  • OneDrive standalone dengan kapasitas 100GB (berlangganan Rp 31.000 rupiah/bulan)
  • Microsoft 365 Individual mendapatkan penyimpanan 1TB dan akses gratis ke Microsoft Outlook, Word, Excel, dan PowerPoint seharga Rp 879.999 per tahun.
  • Microsoft 365 suite yang dapat ditautkan hingga 6 akun Microsoft dengan penyimpanan 6TB dengan biaya berlangganan Rp 1.199.999 per tahun.

perbedaan google drive

Tidak seperti Microsoft OneDrive, Google Drive memiliki rincian biaya berlangganan sebagai berikut:

  • 100GB dengan biaya berlangganan Rp 26.900/bulan atau Rp 269.000/tahun.
  • 200 GB dengan biaya berlangganan Rp 43.000/bulan atau sekitar Rp 430.000/tahun.
  • 2TB dengan biaya berlangganan Rp 135.000/bulan atau Rp 1.350.000/tahun.

Dari penjelasan diatas silahkan untuk menentukan sendiri keperluan kalian. Apakah Microsoft memiliki lebih banyak ruang penyimpanan (6TB) daripada Google, di mana ekspansi penyimpanan yang optimal adalah 2TB.

Tentunya hal ini tergantung dari kebutuhan Sahabat Lakuuu.

Fitur Keamanan

Dari sudut pandang keamanan, baik Microsoft maupun Google tidak menggunakan enkripsi ujung ke ujung.

Sebaliknya, file atau dokumen di dalamnya dikirim ke cloud melalui enkripsi HTTPS. Google dan Microsoft juga mengenkripsi file menggunakan kata kunci masing-masing.

Tidak seperti Google, Microsoft menambahkan struktur ganda dengan menggunakan fungsi kubah individu. Fitur ini tidak menambahkan enkripsi ke file Anda.

Sebaliknya, ada struktur otentikasi di setiap file, seperti PIN, penggunaan sidik jari, verifikasi wajah, kode dari autentikator, atau kode verifikasi yang dikirim melalui email atau SMS.

Bagaimana menurut kalian tentang Perbedaan Microsoft OneDrive dan Google Drive? Jika bermanfaat jangan lupa share artikel ini ke sosmed kalian ya, agar teman saudara kalian juga tahu. Terimakasih!!

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA