Program Startup Studio Indonesia dan Kriteria Untuk Mengikutinya

Perkembangan teknologi yang semakin masif saat ini memberikan dampak perubahan yang cukup besar, termasuk dalam tataran bisnis. Jika disimak, ada tren perubahan bisnis ke arah digital, hal ini salah satunya ditandai dengan banyaknya startup baru yang hadir di Indonesia. Nah, menyikapi hal tersebut, Kominfo merilis program Startup Studio Indonesia yang bisa dimanfaatkan.

Tentu, hadirnya program dari Kominfo tersebut merupakan sebuah dukungan, terutama untuk UMKM yang bersiap dan menata diri untuk go digital. Diharapkan, dengan turut dalam program tersebut, para pelaku UMKM akan memiliki pemahaman yang lebih baik terkait dunia startup sehingga bisa mengembangkan usaha dengan lebih baik dan memiliki daya saing yang lebih tinggi.

Nah, ada beberapa program khusus yang disediakan dalam Startup Studio Indonesia yang bisa Anda ikuti. Apa saja program yang dimaksud dan bagaimana kriteria agar bisa mengikutinya? Simak ulasannya!

Program Unggulan Startup Studio Indonesia Dari Kominfo

Seperti yang disinggung di awal, Startup Studio Indonesia merupakan program yang diadakan oleh Kominfo yang bertujuan untuk membantu para pelaku UMKM untuk go digital guna menghadapi inovasi dan perkembangan teknologi yang terjadi saat ini.

Dalam operasional Startup Studio Indonesia tersebut, ada beberapa program unggulan yang disediakan dan bisa diikuti oleh para peserta. Adapun beberapa program yang dimaksud diantaranya adalah:

1.     Founder’s Camp

Founder’s Camp adalah program pertama yang ada dalam program Startup Studio Indonesia. Program ini merupakan suatu agenda yang berisi tentang brainstorming dan juga mentoring oleh para pelaku industri dan diadakan selama 5 hari.

Selama periode program ini, para peserta akan mendapatkan pengetahuan mendasar dan fundamental yang perlu dikuasai oleh para founder startup. Selain itu, melalui program ini, para pelaku bisnis nantinya akan mendapatkan pengetahuan dan pengalaman agar memiliki sudut pandang yang lebih luas sehingga bisa mengambil langkah pengembangan yang tepat.

Adapun beberapa topik yang akan dibahas dan dipelajari dalam program Founder’s Camp ini diantaranya adalah:

  • Leadership
  • Strategy of product
  • Customer experience
  • Marketing and growth hacking
  • Fundraising

Jika disimak dari bab yang hendak dibahas, bisa dikatakan bahwa Founder’s Camp adalah salah satu program yang sangat menarik. Selain itu, Anda yang baru memulai bisnis pun akan mendapatkan petunjuk yang tepat guna mengarahkan bisnis ke arah yang lebih baik.

2.     1-on-1 Coaching Clinic

Startup Studio Indonesia menyediakan program lain bernama 1-on-1 Coaching Clinic. Program ini adalah sesi private per startup secara khusus. Dengan adanya program ini, para pelaku bisnis bisa melakukan konsultasi dengan para ahli.

Konsultasi bisa dilakukan untuk mengetahui strategi pengembangan produk guna mengetahui tips untuk mengembangkan skala bisnis, meningkatkan marketing dan lainnya. Diharapkan, pelaku bisnis nantinya akan menemukan beragam aspek penunjang yang diperlukan dalam pengelolaan bisnis.

Kriteria Startup Untuk Mengikuti Program Startup Studio Indonesia

Untuk mengikuti program Startup Studio Indonesia, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Beberapa kriteria tersebut adalah:

  • Startup sudah memiliki MVP serta traction selama 3 bulan
  • Usaha startup masih dalam tahapan pendanaan angle, pre-seed, seed, pre-series A dan series A.
  • Startup harus memiliki badan hukum
  • Diutamakan startup yang bergerak dalam bidang pendidikan, kesehatan, pariwisata, logistik, agrikultur dan maritim

Tentu, selain harus memenuhi kriteria yang dimaksud, nantinya ada seleksi yang akan dilakukan. Nah, dengan beragam program yang disediakan, Startup Studio Indonesia adalah pilihan yang tepat untuk memajukan bisnis Anda!

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA