Penyebab Dan Cara Mengatasi Speaker Laptop Mati

Speaker laptop merupakan komponen penting yang sangat dibutuhkan keberadaannya. Jika sound laptop mati, maka bisa dipastikan laptop tidak akan dapat digunakan secara nyaman. Untuk itu kalian perlu mengetahui penyebab dan cara mengatasi speaker laptop mati.

Pada umumnya, sebuah laptop dibekali oleh dua buah speaker di sebelah kiri dan kanan. Namun terkadang timbul masalah dimana speaker laptop yang tiba – tiba mati. Bayangkan saja jika speaker mati atau tidak bisa mengeluarkan suara, pastinya kita tidak bisa menikmati hiburan ketika memutar musik dan video favorit bukan?

Kebanyakan orang jika mengalami laptop dengan speaker yang mati langsung beranggapan bahwasanya komponen speaker mengalami kerusakan dan harus diganti. Sehingga langsung membawanya ke tempat service laptop. Padahal speaker laptop yang mati dan tidak bisa mengeluarkan suara, belum tentu kerusakan pada komponen speaker tersebut. Bisa jadi hal itu disebabkan oleh kesalahan pengaturan atau adanya kerusakan pada driver speaker. Jadi, tidak perlu susah payah membawa ke tempat service, silahkan baca artikel tentang penyebab dan cara mengatasi speaker laptop mati di bawah ini.

Saat ini kebutuhan akan perangkat laptop sudah menjadi sebuah keharusan terutama bagi generasi millineal. Namun seringkali banyak problem yang sering terjadi, salah-satunya yaitu seperti kerusakan pada speaker laptop. Penyebab dari kerusakan speaker ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, baik dari driver, sampai pada masalah hardware speakernya.

Speaker Laptop Mati

Sering saya temui masalah – masalah kerusakan laptop seperti suara sound atau speaker laptop mati. Penyebab speaker laptop mati memang bisa disebabkan oleh berbagai hal. Namun jangan khawatir, karena kami akan menuliskan beberapa penyebab dan solusi mengatasi speaker laptop mati.

Apabila saat ini laptop kalian sedang bermasalah pada speakernya, maka tidak ada salahnya untuk membaca artikel ini. Mungkin saja dengan membaca artikel ini, kalian dapat mengatasi speaker laptop yang mati.

Penyebab Speaker Laptop Mati

Sebelum tutorial cara mengatasi speaker laptop yang tiba-tiba mati, lebih baik kalian harus mengetahui terlebih dahulu penyebab – penebabnya. Dengan mengetahui penyebab speaker laptop tidak bunyi, maka kalian dapat mencegah terjadinya kerusakan pada speaker laptop. dan inilah penyebab speaker laptop tiba – tiba mati:

  1. Driver Belum Diinstall

Pada dasarnya Speaker memang rata – rata bisa langsung berjalan tanpa driver. Tetapi untuk beberapa tipe, driver ini harus diinstall terlebih dahulu. Jadi, apabila speaker kalian tidak bunyi, mungkin itulah salah satu penyebabnya. Silahkan install driver apabila kalian belum melakukannya.

  1. Terdapat Kerusakan Pada Speaker

Penyebab speaker laptop tidak bunyi yang kedua ini adalah sebagian bersar karena kerusakan pada speakernya sendiri. Rusaknya speaker bisa disebabkan karena beberapa hal, seperti konslet, usia komponen sudah tua, atau terkena air. Jadi, sebagai pengguna laptop, alangkah lebih baiknya jika berhati-hati pada saat menggunakannya. Jangan sampai terkena air agar tidak terjadi kerusakan pada laptop.

  1. Kondisi Speaker Belum Dalam Keadaan Default

Biasanya hal ini terjadi karena efek sambung headset, namun waktu dilepas speakernya malah tidak terdeteksi. Untuk mengatasinya silahkan melakukan restart pada laptop kalian.

  1. Kabel Speaker Putus

Masalah ini hampir mirip dengan kerusakan pada speaker di atas, bedanya masalah ini khusus kabel speakernya saja yang terputus. Jika kabel pada komponen speaker terputus maka berakibat pada tidak berfungsinya speaker atau mati.

Baca Juga : Cara Mengatasi Keyboard Laptop Mengetik Sendiri

Cara Mengatasi Speaker Laptop Mati

Jika dilihat dari penyebab-penyebab yang sudah kami rangkum di atas, maka kalian tidak perlu terburu-buru membawanya ke tempat service. Dengan membaca artikel penyebab dan cara mengatasi sound laptop mati ini, mungkin kalian bisa memperbaikinya di rumah. Dan inilah cara mengatasi speaker laptop mati yang bisa kalian ikuti:

Install Driver Speaker

Driver speaker laptop memiliki nama yang berbeda beda misalnya Realtek. Driver ini sangat berpengaruh pada speaker. Jika kalian belum menambahkan driver sound pada laptop silahkan menginstallnya terlebih dahulu.

Untuk caranya,  ketikkan di pencarian Google dengan keyword Driver Sound Laptop (sesuai merek dan seri yang kalian gunakan). Setelah mendapatkan drivernya silahkan install.

Reinstall Driver Speaker Di Device Manager

Device Manager merupakan program yang mendaftar semua driver perangkat atau komponen tersambung di laptop, termasuk speaker. Menginstall ulang driver yang ada di Device Manager ini sangat disarankan. Mengapa? Karena efeknya bisa membuat speaker laptop yang tadinya error bisa normal lagi. Di bawah ini adalah tutorialnya:

  1. Buka kolom Search pada windows
  2. Ketik Device Manager lalu Buka

Masuk Ke Device Manager

  1. Cari speaker laptop yang terdaftar disana (Atau hardware suara)
  2. Klik kanan, kemudian klik Uninstall device

Speaker Laptop Mati

  1. Kemudian akan muncul peringatan, pilih Uninstall

Cara Mengatasi Speaker Mati

Jika sudah melakukan tutorial tersebut, silahkan Restart atau klik kanan pada Audio input and Output kemudian pilih Scan for hardware changes

Cek Kondisi Default Speaker

Default-nya speaker pasti akan tersetting nyala. Namun hal ini bisa berubah apabila kalian menyambungkan perangkat lain, misalnya seperti headset. Maka dari itu, kalian harus cek juga setting default speakernya untuk memastikan kondisinya masih nonaktif atau tidak. Untuk langkah-langkahnya bisa kalian lihat di bawah ini:

  1. Buka Control Panel

Masuk Ke Control Panel

  1. Masuk pada menu Hardware And Sounds

Menu Control Panel

  1. Selanjutnya pilih menu Sounds

Speaker Laptop tiba tiba Mati

  1. Kemudian cek dan setting disana apakah speaker sudah menjadi default audio laptop

Cara Mengatasi Speaker Laptop Mati

Cek Volume Speaker

Speaker laptop yang suaranya kecil atau bahkan sampai sulit untuk didengar, terkadang suka disalah diartikan menjadi tidak berfungsi. Jangan langsung menyimpulkannya dulu, tetapi lebih baik kalian harus cek cek juga kondisi volume speakernya.

Caranya, coba putar musik dengan setting volume sistem dan volume player ke maksimal. Jika masih terdengar suara, maka berarti speaker laptop kalian masih bisa dipakai.

Kalian juga bisa menggunakan tutorial seperti di bawah ini:

  1. Buka Control Panel
  2. Masuk pada menu Hardware And Sounds selanjutnya pilih menu Sounds
  3. Pilih speaker yang dipakai, lalu klik Properties
  4. Selanjutnya klik Enhancements lalu Klik Settings dan atur pengaturan Bass Boost

Membersihkan Speaker

Cara mengatasi speaker laptop mati selanjutnya ini merupakan cara yang paling sederhana, karena kalian hanya tinggal membersihkan secara rutin speaker laptop. caranya-pun juga sangat gampang, gunakanlah kain atau tisu bersih kemudian bersihkan speaker laptop.

Service Laptop

Apabila cara di atas masih belum bisa berhasil kalian gunakan, mungkin memang laptop kalian harus di bawah ke tempat service. Untuk biaya kerusakan speaker sendiri biasanya mencapai harga sekitar 150-300 ribu. Meskipun teribilang cukup mahal, demi kenyamanan pengguna, mau tidak mau kalian harus mengeluarkan uang untuk memperbaikinya.

Pakai Speaker Eksternal

Jika service laptop menurut kalian masih terlalu mahal, ada solusi speaker laptop mati lainnya yang lebih murah, yaitu dengan menggunakan speakes eksternal. Harga speakernya sendiri memang variatif. Untuk harga yang paling murah, bisa kalian dapatkan dengan harga sekitar 40ribu saja. Cukup terjangkau bukan? Speaker eksternal ini menyambungnya lewat port audio.

Itulah penyebab dan cara mengatasi speaker laptop mati, semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk kalian semua. Jangan lupa untuk share agar bisa membantu yang lainnya juga. Jika terdapat sesuatu yang kurang dipahami, kalian dapat bertanya melalui kolom komentar di bawah ini.

Tinggalkan komentar