Tombol Navigasi

4 Fitur Tersembunyi Tombol Navigasi Xiaomi yang Harus Anda Ketahui

Untuk meminimalisir kerusakan pada tombol navigasi, kebanyakan produsen smartphone sekarang menggunakan tombol virtual. Tak terkecuali dengan perusahaan besar asal Tiongkok ini yaitu Xiaomi. Hp China dalam pandangan masyarakat Indonesia mendapat predikat buruk, tetapi hal itu tidak berlaku pada Xiaomi. Karena xiaomi mampu membuktikan bahwa meskipun HP dari China tetapi kualitasnya sangat bagus. Meskipun tetap dijuluki hp china tidak membuat konsumen mengurungkan niat untuk membeli smartphone yang satu ini. Terbukti dengan penjualan awalnya di Idonesia yang sangat besar hingga mampu merajai pasar smartphone Indonesia dan mengalahkan para pesaingnya. Itu disebabkan karena Xiaomi menawarkan harga murah dengan kualitas yang bisa di adu dengan smartphone merk lain.

Kembali ke topik kita pada tadi. Xiaomi memberikan 3 tombol navigasi yang masing masing mempunyai fungsi berbeda beda yaitu tombol < untuk fungsi kembali (tombol back), tombol kotak untuk fungsi kembali ke layar utama (tombol home), dan tombol garis 3 berfungsi mengetahui aplikasi terkini yang anda buka (tombol menu). Mengetahui fungsi tersembunyi dari tombol navigasi di Xiaomi adalah hal yang sangat menarik. Oleh karena itu Laci Usang akan memberikan beberapa informasi yang mungkin belum anda ketahui.

Pengguna Xiaomi Wajib Mengetahui 4 Fitur Ini

  1. Mengatur Fungsi dari Tombol Navigasi

Secara umum jika smartphone xiaomi tersebut belum dirubah pengaturannya maka ketika anda tekan tombol menu maka akan muncul aplikasi terbaru (recent apps) tetapi jika anda tekan dan tahan tombol menu maka akan muncul menu pengaturan aplikasi yang sedang kita jalankan. Sedangkan untuk tombol home ketika kita tekan maka otomatis akan ke halaman awal (home screen) tetapi jika kita tekan dan tahan maka akan memunculkan google assistant. Untuk tombol back jika kita tekan maka akan kembali ke halam sebelumnya atau menutup aplikasi.

Tetapi, yang perlu anda ketahui xiaomi memberikan pengaturan bebas untuk mengatur fungsi tersebut sesuka hati yaitu dengan cara masuk ke Pengaturan > Setelan Tambahan > Pintasan Tombol dan Gerakan.

Mengatur Fungsi dari Tombol Navigasi

Setelah itu anda bebas mengkostumasi fungsi tersebut sesuai keperluan anda dan kenyamanan anda. Sudahkah anda mengetahui pengaturan tersebut? jika anda belum mengetahui sebelumnya maka beruntunglah anda membaca artikel ini, tetapi jika anda sudah mengetahuinya bisa dilanjut membaca tips lainnya dibawah ini.

  1. Menonaktifkan Tombol Navigasi pada Aplikasi Tertentu

Sekarang, bermain game menjadi kegiatan yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia khusunya anak muda. Apa yang terjadi jika saat main game tiba – tiba tanpa sengaja menyentuh tombol home yang mengakibatkan game tersebut terhenti, mungkin anda akan marah. Merupakan hal yang sangat menyebalkan bukan? Tetapi tenang, Xiaomi memberikan solusi untuk masalah tersebut. Xiaomi memberikan fitur untuk menonaktifkan tombol navigasi saat kita berada pada aplikasi tertentu yang dapat kita atur. Yaitu dengan cara masuk ke Pengaturan > Setelan Tambahan > Pintasan Tombol dan Gerakan > Otomatis Nonaktifkan Tombol Navigasi.

Menonaktifkan Tombol Navigasi pada Aplikasi Tertentu

Setelah masuk ke dalam menu Otomatis Nonaktifkan Tombol Navigasi, anda dapat memilih aplikasi atau game mana saja yang ingin dimatikan. Akan mucul 3 pilihan yaitu tanya dulu, selalu nonaktif, dan jangan dinonaktifkan. Rubah pengaturan aplikasi tersebut dari “Jangan dinonaktifkan” menjadi ”Selalu nonaktif”. Sekarang anda dapat menikmati game tanpa terpencet tombol navigasi lagi. Perlu  diingat matinya tombol navigasi ini hanya berlaku pada aplikasi yang anda pilih atau tentukan saja, untuk aplikasi yang tidak dirubah pengaturannya maka seluruh navigasi akan tetap berfungsi normal

  1. Menonaktifkan Tombol Navigasi

Berbeda dengan cara yang diatas, kali ini anda dapat menonaktifkan navigasi dengan satu kali tap. Yaitu menggunakan tombol pada bilah notifikasi, kemudian cari Tombol. Jika anda tidak menemukannya maka anda perlu menampilkannya dengan cara pilih icon bernama Lainnya kemudian cari icon bernama Tombol dan seret icon tersebut ke atas untuk di tampilkan. Untuk keluar dari mode ini cukup tekan lagi icon tombol di bilah notifikasi tadi atau tekan dua kali pada tombol navigasi kalian.

Menonaktifkan Tombol Navigasi

Fungsi tersebut juga berguna pada saat main game agar tidak tersentuh secara tidak sengaja. Atau juga ini bisa digunakan untuk menjahili teman kita, pasti jika teman anda tidak mengrtahui fitur ini akan kaget dan mengira tombol nya sudah rusak, wkwkwk…..

  1. Mengatasi Tombol Navigasi yang Rusak

Jika anda mempunyai smartphone xiaomi lama yang masih menggunakan tombol navigasi dibawah layar dan kebetulan rusak. Tidak perlu repot repot ke servis hp untuk membetulkan hal tersebut karena dengan aplikasi yang ada di play store, anda dapat menggantinya dengan tombol yang berada di layar. Mudah bukan? Cukup cari di play store dengan kata kunci “tombol navigasi” maka akan muncul banyak aplikasi yang dapat anda pilih untuk memberikan tombol navigasi di layar pada xiaomi kalian. Kami disini akan memberikan beberapa aplikasi yang sudah kami tes dan terbukti berjalan dengan baik.

  1. Simple Control (Play Store)

Simple Control

Aplikasi ini merupakan aplikasi di bidang navigasi button yang paling popular. Sudah diunduh oleh 10 juta lebih pengguna android. Jadi masalah kualitas aplikasi ini tidak perlu ditanyakan lagi. Aplikasi ini mempunyai fitur yang sangat lengkap yang memungkinkan anda untuk mengedit sepuasnya mulai dari mengganti icon, mengatur panjang dan lebar sampai transparency. Selain di bawah anda juga dapat mengatur tombolnya untuk berada di kiri layar atau kanan layar.

  1. Navigation Bar (Play Store)

Navigation Bar

Ini juga merupakan salah satu aplikasi yang mungkin cocok dengan anda. Aplikasi ini sangat simple dan ringan serta juga terdapat fitur tekan tombol lama untuk aksi yang lain. Fitur yang ada di aplikasi sudah termasuk dalam kategori yang lengkap, tetapi jika anda menginginkan membuka semua fitur yang ada di aplikasi ini, anda harus membayar untuk menggunakan versi pro nya. Tetapi menurut saya versi gratisnya sudah lebih dari cukup.

Itulah beberapa fitur tersembunyi dari tombol navigasi xiaomi yang mungkin belum anda ketahui sebelumnya. Terus perbanyaklah pengetahuan kalian seputar teknologi dengan mengunjungi website ini.

Tinggalkan komentar