Ukuran Gambar dan Video yang Paling Pas untuk Instagram

Banyak media yang bisa digunakan untuk berbagi momen seperti Instagram, facebook, twitter, dan lain-lain. Instagram merupakan media sosial paling banyak favoritnya. Adanya fitur utama yang diunggulkan Instagram yaitu berbagi foto dan video yang bisa di lihat oleh pengguna lain. Sisi lain dari Instagram ini banyak orang yang menggunakan Instagram untuk keperluan bisnis. Dari Instagram muncullah selebgram, jika kalian mempunyai follower yang banyak kalian harus tau ukuran foto dan video yang pas untuk Instagram. Agar foto atau video yang ada di akun Instagram kalian terlihat keren dan tidak pecah. Berapa ukuran gambar dan video Instagram yang pas? Kali ini laci usang akan membahas seputar Instagram lagi. Sebelumnya saya juga sudah membahas cara mengembalikan foto yang terhapus di intagram.

Untuk mendapatkan gambar yang pas buat Instagram kalian harus memperhatikan aspek ratio dan ukuran gambar. Jika kalian sudah mengetahui hal tersebut, postingan kalian di Instagram dijamin akan tidak pecah dan keren. 

Ukuran Gambar dan Video Instagram Agar Tidak Terpotong

Ukuran Gambar Instagram Post

Peraturan di Instagram memperbolehkan penggunanya untuk melakukan upload gambar antara 320 pixel sampai dengan 1080 pixel. Jadi jika gambar yang akan kalian upload kurang dari 320 pixel, secara otomatis Instagram akan meningkatkan menjadi 320 pixel. akan tetapi jika ukuran gambar atau foto yang kalian upload melebihi dari 1080 pixel, Instagram secara otomatis akan mengecilkannya menjadi 1080 pixel.

Pada awal munculnya Instagram, ukuran post yang diperbolehkan adalah berukuran 640 x 640 pixel, namun seiring dengan berjalannya waktu, pihak Instagram melakukan pengembangan resolusinya menjadi 1080 x 1080 pixel. pada aplikasi Instagram terdapat tiga aspek ratio yang bisa digunakan yaitu persegi, horizontal, vertikal.

  • Untuk gambar persegi yang dapat kalian gunakan adalah dengan menentukan aspek rasio 1:1 dengan resolusi  1080 x 1080 pixel.
  • Untuk gambar horizontal atau lanskap, kalian dapat menentukan dengan resolusi 1080 x 566 pixel  dengan aspek rasio 16:9.
  • Untuk ukuran vertikal atau potret bisa menggunakan ukuran 4:5 dengan resolusi 1080 x 1350 pixel. 

Ukuran Gambar Instagram

Ukuran Insta Story Instagram

Selain bisa melakukan post foto dan video, di Instagram juga ada fitur keren yaitu insta story Instagram. Di fitur ini kalian dapat berbagi cerita singkat, selain itu terdapat juga banyak filter, dan fitur-fitur keren di Instagram story ini. 

Untuk ukuran story Instagram ini tidak seperti ukuran gambar pada postingan. Jika Insta Story langsung diambil menggunakan kamera pada aplikasi Instagram, maka story akan menampilkan ukuran sesuai layar penggunanya.. Saat ini kebanyakan smartphone mempunyai 2 jenis rasio yaitu 9:16 dan 9:18. Apabila yang membuat story di layar dengan rasio 9:16 dan jika dilihat dengan layar 9:18, maka secara otomatis akan terpotong dengan ditandai frame hitam di pinggir layar, begitu juga sebaliknya. untuk resolusi 9:16 yang direkomendasikan adalah 1080 x 1920 pixel, sedangkan untuk 9:18 adalah 1080 x 2160 pixel.

Ukuran Gambar Instagram Story

ukuran tersebut bukan hanya berlaku pada story Instagram, akan tetapi juga berlaku pada IGTV dan Instagram Live.

Ukuran Video Instagram

Tidak hanya foto, di Instagram kalian juga dapat mengunggah video. Akan tetapi terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan upload video agar tidak terpotong dan mempunyai kualitas yang baik. Rasio dan resolusi adalah hal yang cukup penting dalam sebuah video. Berikut adalah ukuran video yang tepat untuk kalian unggah di Instagram :

  • Video Persegi : Aspek Rasio 1:1 dengan resolusi 1080 x 1080 pixel. Durasi video yang diizinkan adalah 2 hingga 60 detik.
  • Video lanskap : Aspek rasio yang digunakan 16:9 dengan resolusi 1080 x 608 pixel. Durasi video yang diizinkan adalah 2 hingga 60 detik
  • Kalian juga dapat mengunggah video berukuran rasio 4:5 dengan resolusi 1080 x 1350 pixel.

Ukuran Video Instagram

Ukuran Foto Profil Instagram

Perlu diketahui bahwa foto profil Instagram seperti kebanyakan media sosial lainnya yang mempunyai rasio 1:1. Untuk ukuran foto profil di Instagram yang bisa kalian gunakan adalah minimal 110 x 110 pixel. Agar mendapatkan kualitas foto profil yang baik, kalian dapat mengupload foto profil hingga 180 x 180 pixel.  Buat kalian yang ingin membuat foto profil sendiri dan mengeditnya di photoshop atau lainnya, kami menyarankan untuk membuat ukuran 3 x 3 cm, supaya tidak ada yang terpotong.

Buat kalian yang ingin membuat ukuran gambar untuk Instagram supaya pas dan tidak terpotong saya sarankan untuk mengeditnya dahulu menggunakan photoshop. Kenapa photoshop? karena photoshop mempunyai banyak tools yang dapat membuat foto kalian tidak terpotong dan terlihat lebih keren. untuk lebih jelasnya kalian dapat membaca cara memotong foto di photoshop.

Demikianlah informasi tentang ukuran gambar dan video instagram. semoga dapat menambah pengetahuan kalian. jika dirasa artikel ini bermanfaat, kalian dapat membagikan melalui tombol share yang sudah kami sediakan.

Tinggalkan komentar