Menyalin Teks dari Manapun di Android dengan Universal Copy

Perlu kalian ketahui ketika menggunakan android ada beberapa aplikasi yang tidak mengijinkan penggunanya untuk melakukan copy paste. Misalnya saat ingin mengcopy caption instagram milik orang lain, pasti kalian kebingungan untuk mengcopynya. Memang instagram tidak mengijinkan penggunanya di android untuk melakukan copy paste tersebut. Tapi jangan khawatir, kini terdapat aplikasi yang dapat memecahkan masalah tersebut. Aplikasi tersebut bernama Universal Copy. Tidak hanya di Instagram, aplikasi copy paste teks ini dapat digunakan hampir pada semua aplikasi yang tidak memperbolehkan copy paste.

Yang paling menjengkelkan dari tidak bisa copy paste tersebut adalah jadinya kita dipaksa untuk mengetik secara manual. Sedangkan teksnya banyak, hiyaaa pasti sangat menyebalkan. Tapi dengan hadirnya universal copy, membuat kalian dapat mempersingkat waktu.

Seperti layaknya melakukan copy paste pada android, melakukan copy paste dengan universal copy juga sama cuma berbeda sedikit. Cukup dengan melakukan beberapa sentuhan kalian sudah dapat menyalin teks. Untuk tutorial menggunakan aplikasi universal copy secara lengkap dapat kalian baca terus artikel ini sampai bawah.

Apa itu Universal Copy?

Sebelum pada tutorialnya, kalian perlu memahami aplikasi universal copy. Aplikasi copy paste android ini dibuat oleh Camel Corporation dan telah diunduh sebanyak 1 juta lebih pengguna android. Aplikasi copy paste teks yang satu ini sangat ringan dan mudah digunakan. Aplikasi ini juga dapat ditingkatkan fiturnya dengan membeli universal copy plus. Camel Corporation juga mempunyai beberapa aplikasi lainnya yaitu Easy Copy – Smart Clipboard.

Cara Menggunakan Universal Copy

Universal copy sebagai aplikasi copy paste teks di android sebenarnya cukup mudah digunakan untuk pemula sekalipun. Dengan melakukan step by step sesuai artikel ini, kalian dapat melakukan copy paste teks di segala tempat. Terlebih dahulu Install aplikasi Universal Copy di Play Store. Aplikasi ini dapat kalian unduh secara percuma atau gratis dan cara menggunakannya tidak sulit. Untuk lebih lanjutnya ikuti langkah langkah di bawah ini.

  1. Cari dan Install Universal Copy di Play Store.
  2. Tunggu hingga proses instalasi selesai. Lanjut buka Aplikasinya.
  3. Setelah masuk pada aplikasinya, pilih pilihan untuk mengaktifkan universal Copy. Ubah dari Disabled menjadi Enabled.
  4. Kalian akan disuruh untuk membuka pengaturan dan mengaktifkan aksebilitas aplikasi ini. Pilih Open Settings.
  5. Cari Aksebilitas Universal Copy.

Universal Copy

  1. Aktifkan aksebilitas aplikasi tersebut.
  2. Jika terdapat dialog box yang muncul, setujui atau pilih OK.

Universal Copy

  1. Kalian dapat kembali dan melihat bahwa universal copy sudah aktif dengan melihat di bilah notifikasi.
  2. Arahkan layar pada teks yang ingi kalian copy paste teksnya.
  3. Klik universal copy yang terdapat di bilah notifikasi tadi.

Universal Copy

  1. Maka aplikasi akan otomatis mendeteksi adanya teks pada layar kalian.
  2. Sentuh tahan pada teks yang ingin kalian copy paste.
  3. Akan muncul text yang dapat kalian copy paste dengan memilih tombol salin.

Universal Copy

Mudah bukan caranaya?. Sekarang teks yang kalian copy sudah berada pada clipboard kalian. Cukup paste atau tempel pada tempat yang kalian inginkan.

Kelebihan Universal Copy

  • Dapat melakukan copy paste dimanapun selama ada teks.
  • Tidak terdapat iklan dalam aplikasi ini.
  • Aplikasi dapat di upgrade untuk fitur yang lebih lengkap (Universal Copy Plus).
  • Aplikasi ringan dan mudah digunakan.
  • Tidak memerlukan koneksi internet.

Kekurangan Universal Copy

  • Tidak bisa melakukan scroll saat universal copy diaktifkan, sehingga tidak bisa melakukan copy paste teks panjang.
  • Tidak bisa digunakan pada aplikasi facebook lite.
  • Untuk pemula yang tidak mengerti cara menggunakannya pasti membingungkan, karena tidak diberi panduan langsung dari aplikasinya.

Selama kami menggunakan aplikasi ini, kami hampir tidak pernah menemukan sebuah teks yang tidak bisa disalin oleh universal copy. Selama dalam layar kalian terdapat teks maka aplikasi pasti dapat mendeteksi. Banyak aplikasi yang dapat disalin seperti instagram, Youtube, Twitter, play store, shopee dan masih banyak lagi.

Kami menemukan ada sebuah aplikasi yang tidak bisa disalin yaitu facebook lite. Memang untuk universal copy versi gratisnya tidak bisa. Tetapi pada aplikasi versi berbayarnya sangat mungkin bisa, karena menggunakan fitur OCR PLUS.

Itulah ulasan tentang universal copy mulai dari cara menggunakan hingga kelebihan dan kekurangan. Semoga dengan membaca artikel ini dapat membantu kalian. Jika terdapat hal yang belum diketahui atau ingin ditanyakan dapat kalian isi pada kolom komentar di bawah.

2 pemikiran pada “Menyalin Teks dari Manapun di Android dengan Universal Copy”

Tinggalkan komentar