8 Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di Android beserta Penyebabnya

Aplikasi merupakan suatu program yang dibuat untuk mengerjakan dan melakukan tugas tertentu. Seiring berjalannya waktu banyak pekerjaan yang dengan mudah dapat dikerjakan dengan aplikasi android. Misalnya membuat video dari foto, jika dahulu untuk mengedit video diperlukan laptop atau pc. Sekarang cukup menggunakan smartphone dan unduh aplikasi membuat video dari foto, maka kalian sudah dapat mengedit video layaknya menggunakan laptop atau pc. Tapi pernah gak sih sewaktu kalian menginstal aplikasi mengalami error? Mungkin akan terdapat peringatan bahwa aplikasi tidak terpasang. Tapi tenang, kali ini kami mempunyai cara mengatasi aplikasi tidak terpasang. Tetapi sebelum mengetahui caranya, terlebih dahulu kalian harus mengetahui penyebab aplikasi tidak terpasang.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang

Apa Saja Penyebab Aplikasi Tidak Terpasang?

Dengan mengetahui penyebab aplikasi tidak terpasang di android, hal itu akan meminimalisir terjadinya app not installed. Sebenarnya rata rata penyebab tersebut adalah hal sepele yang sering kalian abaikan. Dibawah ini adalah beberapa penyebab aplikasi tidak terpasang atau app not installed.

Memori Android Terlalu Penuh (Insufficient Storage)

Penuhnya kapasitas memori smartphone menjadi salah satu faktor terbesar penyebab aplikasi tidak terpasang. Bukan hanya pada kasus aplikasi tidak terpasang, akan tetapi penuhnya kapasitas memori mempengaruhi pada kinerja atau performa smartphone kalian. Alangkah baiknya menghapus file sampah yang ada di smartphone kalian agar smartphone berjalan dengan normal.

Terlalu Sering Menginstal Aplikasi yang Tidak Butuhkan dan Akhirnya Diuninstall

Tanpa kalian sadari atau tidak ketika kalian menguninstall aplikasi, ada beberapa file yang tidak terhapus dan hal itu biasa disebut sampah. Penyebab ini masih terhubung dengan penyebab pertama. Jika kalian sering menginstall aplikasi kemudian menguninstallnya, maka aplikasi tersebut akan meninggalkan sampah yang mengakibatkan memori hp mengalami penuh dan akan berdampak pada tidak bisanya menginstall aplikasi.

Rusaknya Aplikasi (Corrupted App file)

Salah satu penyebab aplikasi tidak terpasang adalah ada file di dalam aplikasi yang rusak atau  corrupted. Hal ini dapat terjadi karena kalian mendapatkan aplikasi tersebut bukan dari Play Store. Jika kalian mendapatkan aplikasi dari selain Play Store maka aplikasi tersebut mempunyai potensi besar untuk rusak filenya. Alangkah baiknya jika mengunduh aplikasi selalu dari Play Store untuk menghindari terjadinya kerusakan pada aplikasi tersebut.

Selain itu penyebab file aplikasi rusak adalah adanya proses penghentian saat pengunduhan aplikasi. Mungkin saat kalian melakukan pengunduhan tersebut, kalian melakukan penghentian sementara (pause). Hal itu juga dapat menyebabkan file aplikasi menjadi rusak (corrupted).

Aplikasi Tidak Kompatibel

Kalian harus memahami bahwa ada beberapa aplikasi yang hanya dapat dimainkan oleh beberapa perangkat saja. Ini biasanya terjadi karena versi android kalian tidak cocok. Karena banyak aplikasi yang menggunakan spesifikasi misalnya minimal android 6.0, sedangkan perangkat kalian masih mempunyadi sistem operasi android 5.0. Maka aplikasi tersebut tidak akan dapat diinstall dan jika dipaksakan maka yang terjadi aplikasi tidak terpasang.

Menginstal Aplikasi di Memori Eksternal

Jika kalian menggunakan Custom ROM dan menggunakan memori eksternal atau SD Card sebagai tempat instalasi aplikasi, hal tersebut lah yang menjadi faktor terjadinya aplikasi tidak terpasang. Jika sistem android kalian masih dalam keadaan asli dari pabrik dan anda tidak pernah menggantinya, maka abaikan penyeban ini.

Memori Mengalami Error

Bisa dipastikan jika memori mengalami error maka aplikasi tidak akan terpasang. Karena saat proses install berlangsung, aplikasi tidak dapat membuat folder instalasi di memori kalian. Jika ini terjadi pada smartphone kalian, maka bisa dipastikan seluruh aplikasi tidak dapat diinstall pada perangkat kalian. Jadi jika banyak aplikasi yang tidak bisa diinstall pada perangkat kalian, maka kalian perlu mencurigai adanya error pada memori kalian.

8 Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di Android

Setelah kalian memahami penyebab aplikasi tidak terpasang di atas, makan kalian perlu mengetahui cara mengatasi aplikasi tidak terpasang ini. Kami akan memberikan 8 cara yang dapat kalian coba satu persatu agar dapat mengatasi aplikasi tidak terpasang atau app not installed.

  1. Reboot / Restart / Mulai ulang Android

Mungkin ini cara yang biasa kalian gunakan jika mengalami sedikit error pada smartphone kalian, ya cara itu adalah restart (mulai ulang) smartphone. Cara ini biasanya ampuh mengtasi error. Tidak ada salahnya mencoba cara ini, karena ketika smartphone melakukan restart maka semua program akan kembali seperti semula dan sangat mungkin untuk mengatasi aplikasi tidak terpasang pada smartphone kalian.

  1. Periksa Versi Aplikasi

Versi aplikasi merupakan hal yang sangat penting. Kalian dapat melihat review di Play Store atau yang lainnya tentang apakah aplikasi tersebut dapat terinstal di perangkat kalian. Karena banyak sekali aplikasi yang mempunyai dua opsi unduhan misalnya yang pertama khusus untuk Android 5.0 kebawah dan yang kedua untuk Android 5.0 keatas. Kalian perlu mempelajari detail tentang versi aplikasi, terutama jika kalian mengunduhnya bukan dari Play Store.

  1. Uninstall Aplikasi yang jarang banget digunakan

Memasang aplikasi yang jarang digunakan itu merupakan hal yang rugi. Karena aplikasi tersebut memakan memori kita. Alangkah lebih baik jika aplikasi yang jarang digunakan tersebut diuninstall. Melakukan uninstall aplikasi yang jarang digunakan sama dengan memberikan ruangan memori untuk aplikasi baru agar dapat diinstal di perangkat kalian.

  1. Reset App Permissions

Setiap aplikasi android mempunyai permissions. Nah saat kalian menginstal aplikasi, kalian pasti akan dimintai perijinan aplikasi untuk mengakses beberapa tools smartphone kalian. Mungkin aplikasi tidak terpasang karena tidak mendapatkan izin. Jadi kalian perlu mereset app permissions dengan cara masuk ke Settings – Apps – All – Menu key – Reset Application Permissions atau Reset App Preferences.

  1. Pastikan File Aplikasi Tidak Rusak atau Error

Kalian perlu berhati-hati saat melakukan transfer aplikasi, karena terjadinya aplikasi tidak terpasang dapat terjadi ketika proses pemindahan tersebut tidak berjalan lancar sehingga terdapat file yang rusak. Kalian harus memastikan apakah file yang ditransfer tersebut tidak rusak.

  1. Unduh Aplikasi Hanya di Play Store

Mengunduh aplikasi bajakan adalah hal yang tidak dibenarkan oleh siapapun. Seharusnya kita perlu mengunduh aplikasi dari platform yang terpercaya misalnya Play Store untuk menghargai para developer atau pengembang aplikasi tersebut. Selain itu dengan mengunduh di Play Store, kalian akan mendapatkan aplikasi dengan file yang berkualitas dan terhindar dari kerusakan file.

  1. Reset lokasi penginstalan aplikasi

Mungkin kalian pernah mengganti lokasi penginstalan. Tempat lokasi penginstalan yang tidak seharusnya pada tempanya dapat menyebabkan aplikasi tidak terpasang. Caranya mengatasinya dengan reset app installation location. Cukup masuk ke pengaturan atau settings dan cari app installation location. Ubah pengaturan menjadi default sehingga membiarkan sistem di android yang memilih sendiri lokasi untuk aplikasi yang akan kalian pasang.

  1. Hapus data beberapa aplikasi lainnya

Data aplikasi lain yang berlebih juga dapat menghambat proses installasi sehingga terjadilah aplikasi tidak terpasang. Maka kalian perlu melihat beberapa aplikasi yang mempunyai data yang besar. Caranya dengan masuk Settings (Pengaturan) – App – Cari Aplikasinya – Clear Data (Hapus Data). Hal tersebut akan memberikan ruang memori dan dapat memperlancar proses install aplikasi.

Itulah beberapa cara mengatasi aplikasi tidak terpasang beserta penyebabnya. Masalah app not installed ini dapat terjadi di semua hp android diantaranya xiaomi, samsung, oppo, vivo, dan lainnya. Jika ada sesuatu yang belum kalian pahami atau ada yang perlu ditanyakan, silahkan komentar di bawah ini.

Tinggalkan komentar