Cara Scan Barcode QR dan Cara Membuat Barcode Sendiri

Di era modern ini kita sering kali menjumpai kumpulan titik-titik hitam yang tak teratur berbentuk kotak, ya itu biasa disebut barcode. Barcode dalam penggunaannya sudah dimanfaatkan oleh banyak pihak mulai dari industri hingga kepentingan pribadi. Seperti yang paling mudah kita jumpai yaitu pada kemasan makanan, dan hampir semua kemasan makanan yang berasal dari pabrik kini memiliki barcode. Contoh lain yaitu ingin berbagi password wifi dengan barcode atau membuka wa di laptop. Mengingat pentingnya barcode dalam kehidupan kalian, mengetahui cara scan barcode adalah hal yang wajib.

Sebelum mengetahui cara scan barcode terlebih dahulu kalian harus mengerti apa saja jenis-jenis barcode. Barcode mempunyai 2 macam yaitu barcode satu dimensi dan dua dimensi. Barcode satu dimensi terdiri dari Code 39, EAN-8, ISBN, dan lain-lain. Untuk barcode dua dimensi yaitu QR Code, Micro QR Code, PDF417, dan lain-lain. Ternyata cukup banyak ya jenis jenis barcode, padahal selama ini kita hanya tau itu itu saja.

Daftar Isi

Cara Scan Barcode di Android

Cara Scan Barcode

Dalam penggunaannya di bidang smartphone, jenis barcode yang sering digunakan adalah QR Code. Maka dari itu kami akan memberikan penjelasan cara scan barcode QR dibawah ini. Perlu kalian ketahui, aplikasi barcode scanner sebenarnya sudah banyak dan tersedia di play store secara gratis. Tetapi kali ini kita akan menggunakan aplikasi yang ringan dan banyak digunakan pengguna android yaitu QR & Barcode Scanner (Play Store)

  1. Cari dan unduh di Google Play Store aplikasi QR & Barcode Scanner.
  2. Setelah kalian selesai mengunduh dan menginstal aplikasi QR & Barcode Scanner lanjut dengan membuka aplikasi tersebut.
  3. Setelah membuka aplikasi QR & Barcode Scanner untuk pertama kali diperlukan perijinan akses kamera.
  4. Setelah kalian ijinkan, maka kalian dapat scan kode QR atau Barcode lainnya yang kalian inginkan.
  5. Sangat mudah bukan cara scan barcode?

Selain aplikasi tersebut ada juga aplikasi yang recommended buat kalian gunakan yaitu QR Code Scanner (Play Store). Penggunaanya hampir sama dengan QR & Barcode Scanner diatas. Tetapi saya akan memberikan caranya dibawah ini.

  1. Cari dan unduh aplikasi QR Code Scanner di Google Play Store.
  2. Setelah kalian selesai melakukan proses mengunduh dan menginstal aplikasi QR Code Scanner lanjut dengan membuka aplikasi tersebut.
  3. Setelah membuka aplikasi QR Code Scanner, tinggal pilih ”Scan Code”
  4. Untuk pertama kali, kalain akan disuruh untuk melakukan perijinan akses kamera.
  5. Setelah kalian ijinkan, maka kalian dapat scan kode QR atau Barcode lainnya yang kalian inginkan.

Sebenarnya masih banyak aplikasi barcode scanner lainnya. Jika kalian ingin melihat apa saja aplikasi barcode scanner terbaik, silahkan kunjungi 10 Aplikasi Barcode Scanner Terbaik & Terpopuler di Android.

Cara Membuat Barcode Sendiri di Android

Selain cara scan barcode, kalian juga dapat membuat barcode sendiri loh. Gak percaya? Ikuti langkah langkah dibawah ini. Sebelumnya kalian tau gak banyak yang bisa dirubah menjadi barcode seperti foto, wifi, lokasi dan masihh banyak lagi. Jika kalian ingin mengerti cara merubahnya menjadi barcode maka perhatikan tutorial dibawah ini.

  1. Cari aplikasi QR Droid di Google Play Store dan unduh.
  2. Setelah kalian selesai melakukan proses mengunduh dan menginstal aplikasi QR Droid lanjut dengan membuka aplikasi tersebut.
  3. Kalian akan diberi tutorial atau penjelasan tentang fitur-fitur QR Droid, klik Skip
  4. Seperti biasa aplikasi akan menyuruh untuk memberikan perijinan akses ke kamera

Cara Membuat Barcode dengan QR Droid

  1. Setelah itu, pilih 3 garis yang ada di pojok kiri atas dan masuk pada pilihan My QR Codes
  2. Pilih tombol + yang ada di pojok kanan bawah

Cara Membuat Barcode dengan QR Droid

  1. setelah itu kalian dapat memilih subjek apa yang akan di bentuk kode QR nya misalnya wifi, foto, alamat web, aplikasi, nomer telepon, lokasi, sms, email, dan masih banyak lagi.
  2. Dalam tutorial kali ini kita mencoba menggunakan pilihan Web Addres. Kalian dapat mencoba dengan pilihan lain dan isi sesuai apa yang ditanyakan QR Droid. kalau sudah klik next
  3. Kalian akan memasuki edit barcode, kalian bebas mengedit kode QR kalian dengan mengganti warna, memberikan frame, menambahkan logo serta meng-enskripsi barcode kalian.
  4. Jika sudah selesai mengedit, klik Done dan Kode QR buatan kalian sendiri sudah tersimpan. Kalian dapat melihatnya di My QR Codes

Cara Membuat Barcode dengan QR Droid

Itulah cara scan barcode QR dan cara membuat barcode sendiri yang sangat mudah. Sangat banyak manfaat dari menggunakan barcode diantaranya berbagi wifi, scan ovo, berbagi alamat melalui google maps, kadang juga terdapat di buku. Semoga artikel ini dapat membantu kalian.

Tinggalkan komentar