Cara Mudah Screenshot Samsung Galaxy A30 dan A30s

Pengguna smartphone di Indonesia saat ini sangatlah banyak, khusunya pengguna Samsung A30 dan A30s. Bagi sebagian pengguna baru ponsel tersebut, banyak yang belum mengetahui tentang beberapa macam cara untuk melakukan tangkapan layar. Untuk itu kami akan memberikan cara screenshot Samsung Galaxy A30 dan A30s.

Samsung dengan seri A30 ini baru saja dirilis pada bulan Maret 2019 kemarin. Peluncuran samrtphone Samsung A30 ini disambut dengan baik di berbagai negara termasuk Indonesia. Merek Samsung kualitasnya memang tidak perlu diragukan lagi, sehingga tidak heran jika banyak yang menggunakan smartphone yang satu ini. Bagi pemula tentunya tidak begitu lancar menggunakan setiap fitur yang telah disediakan, seperti cara screenshot Samsung A30.

Selain mengenai spesifikasi dan harganya, banyak orang yang bertanya-tanya mengenai cara menangkap layar Samsung Galaxy A30. Seperti yang kita tahu, Samsung Galaxy A30 merupakan salah satu perangkat Samsung yang mengusung desain Infinity-U Display. Dengan desain ini, Samsung Galaxy A30 memiliki layar luas yang benar – benar memenuhi bagian depan dengan notch kecil di bagian atas. Dan berkat desain ini, Samsung menghilangkan tombol fisik di bagian depan Samsung Galaxy A30 dan menggantinya dengan soft key, seperti yang dilakukan oleh kebanyakan perusahaan pada smartphone baru saat ini.

Cara Screenshot Samsung Galaxy A30 / A30s

Tampilan baru yang dihadirkan oleh Samsung ini menimbulkan sebuah pertanyaan bagi penggunanya. Kebanyakan orang kebingungan bagaimana cara menangkap layar di Samsung Galaxy A30 atau A30s jika tombol fisik dihilangkan. Padahal seperti yang kita tahu, untuk mengambil screenshot di perangkat Samsung yang lama membutuhkan tombol fisik power dan home.

Untuk mengatasi kebingungan kalian tersebut, pada artikel hari ini kami akan memberikan cara screenshot Samsung A30 dan A30s secara lengkap dan mudah. Pastikan kalian membacanya dengan benar.

Menggunakan Tombol Fisik

Cara screenshot Samsung A30 / A30s dengan menggunakan tombol fisik ini hampir sama seperti tutorial pada android lainnya. Karena Samsung menghilangkan tombol fisik di bagian depan Galaxy A30 dan menggantinya dengan soft key, kalian bisa menggunakan power dan volume untuk melakukan screenshot. Untuk lebih lengkapnya perhatikan langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama, buka kunci layar dan masuk ke homescreen Samsung A30
  2. Selanjutnya, kalian cari gambar atau apaun yang ingin kalian screenshot
  3. Setelah menemukannya, tekan tombol Power dan Volume Bawah yang di tekan secara bersamaan
  4. Apabila terdengar suara shutter dan layar berkedip, maka screenshot berhasil diambil
  5. Gambar hasil screenshot dapat langsung dilihat pada menu galeri bawaan handphone Samsung A30 kalian

Sangat mudah bukan? Tetapi tidak cukup sampai di sini saja, karena masih ada tutorial lain untuk cara screenshot Samsung Galaxy A30 / A30s yang telah kami rangkum pada artikel ini.

Menggunakan Fitur Gerakan Swipe Palm

Cara screenshot Samsung A30 / A30s dengan fitur swipe palm atau mengusap layar ini merupakan cara yang tidak kalah mudah dengan cara sebelumnya. Tetapi kalian harus mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu di pengaturan. Umtuk lebih jelasnya perhatikan langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama, buka kunci layar dan masuk ke homescreen Samsung A30
  2. Buka menu Pengaturan atau Settings
  3. Pada menu Pengaturan, kalian dapat memilih menu Advanced Features
  4. Pada halaman selanjutnya, kalian dapat memilih menu Motion and Gestures
  5. Lalu kemudian, kalian dapat mengaktifkan fitur Palm Swipe to Capture dari daftar
  6. Setelah fitur ini berhasil diaktifkan, kalian bisa mencari gambar atau apapun yang ingin kalian screenshot
  7. Jika sudah menemukannya, kalian bisa menutup telapak tangan dan segera menyapu layar dari kanan ke kiri
  8. Apabila terdengar suara shutter dan layar berkedip, maka screenshot berhasil diambil
  9. Gambar hasil screenshot dapat langsung dilihat pada menu galeri bawaan handphone Samsung A30 kalian

Meskipun semua terbilang cukup mudah untuk dilakukan, namun saya pribadi lebih memilih cara screenshot Samsung A30 / A30s menggunakan fitur mengusap layar. Mengapa demikian? Karena terdapat sebuah informasi bahwa terlalu sering menggunakan tombol fisik dapat menyebabkan kerusakan pada tombol tersebut. Terlebih lagi tombol fisik merupakan tombol utama yang kita gunakan ketika hendak menyalakan ponsel.

Jadi untuk menghindari masalah tersebut, mungkin lebih baik jika menggunakan fitur palm swipe to capture untuk melakukan screenshot.

Baca Juga : Cara Screenshot Samsung A10

Cara Screenshot Panjang Samsung Galaxy A30 / A30s

Setiap android keluaran terbaru pasti sudah dilengkapi dengan fitur screenshot panjang ini. Begitu juga dengan Samsung Galaxy A30. Dan kalian harus tahu, bahwa cara screenshot panjang Samsung A30 / A30s bisa dilakukan dengan sangat mudah. Berikut ini adalah tutorialnya:

  1. Pertama, buka kunci layar dan masuk ke homescreen Samsung A30
  2. Selanjutnya, kalian bisa masuk pada website untuk melakukan screenshot
  3. Setelah menemukannya, kalian bisa menekan opsi Scroll Capture yang muncul setiap kali kalian mengambil screenshot
  4. Untuk mengeceknya, langsung saja kalian bisa membuka menu gallery pada ponsel kalian masing – masing

Selesai sudah untuk cara screenshot Samsung Galaxy A30 dengan beberapa metode yang sudah kami rangkum di atas. Semoga artikel ini bisa membantu kalian semua bagi yang membutuhkannya.

Terimakasih karena sudah membaca artikel ini sampai akhir, jangan lupa untuk share juga agar bisa membantu yang lainnya. Kalian bisa memberikan kami beberapa pertanyaan apabila ada yang tidak jelas atau kurang paham. Pertanyaan bisa kalian tulis melalui kolom komentar yang sudah kami sediakan.

Tinggalkan komentar