Penyebab Mesin Cuci Bunyi Glodak Glodak, Nging, Atau Berisik

Mesin cuci atau pengering mesin cuci berisik bunyi glodak glodak, berdecit, atau nging adalah hal yang umum terjadi. Berikut kami akan memberikan penyebab dan cara mengatasi mesin cuci bunyi glodak glodak atau sejenisnya.

Saat digunakan untuk mencuci terkadang mesin cuci mengeluarkan bunyi seperti glodak-glodak, berdecit, nging dan tentu saja berisik. Bagi beberapa orang munculnya suara tersebut sangatlah mengganggu dan bisa juga menandakan mesin cuci sedang mengalami masalah.

Seperti biasanya memang mesin cuci mengeluarkan suara ketika digunakan untuk mencuci, tetapi suara yang dikeluarkan tidak seberisik itu hanya suara pelan berputar gantian arah, derit, dengusan kecil serta berlangsung sesuai dengan timer waktu yang dinyalakan.

Lalu apa saja yang menjadi penyebab bunyi tersebut saat mesin cuci digunakan?

Penyebab Mesin Cuci Bunyi Glodak Glodak, Nging, atau Berisik

Mesin cuci atau pengering mesin cuci yang berisik terjadi karena terdapat sebuah masalah. Berikut kami akan memberikan informasi penyebab mesin cuci bunyi glodak glodak atau sejenisnya.

  1. Ketidakseimbangan Bebab Cucian Dalam Drum Mesin Cuci

Penyebab mesin cuci bunyi glodak glodak saat mencuci adalah jika ketidakseimbangan terjadi di dalam drum mesin cuci dikarenakan mesin mencuci beban yang terlalu banyak sehingga ada satu sisi yang lebih berat. Akhirnya pakaian di dalam drum menimbulkan suara glodak-glodak seperti bertabrakan.

Selain bunyi glodak-glodak, mesin juga bisa mengeluarkan bunyi berdecit berisik karena kelebihan muatan pakaian saat dicuci, hal ini disebabkan mesin bekerja terlalu keras walaupun kecepatan yang digunakan tetap. Untuk tabung pengering juga berlaku hal yang sama.

Baca Juga: Mesin Cuci Berdengung Tidak Mau Berputar

  1. Lantai Tidak Datar

Kondisi lantai yang tidak seimbang juga bisa menjadi penyebab munculnya suara. Karena mesin cuci harus diletakkan di lantai yang datar dan seimbang. Sesuaikan juga dengan kondisi kaki pada mesin cuci.

Terlebih jika mesin cuci di letakkan dilantai yang masih berkontur tanah dimana lantai seperti ini sangat tidak seimbang.

  1. Drum Mesin Cuci Mengalami Kerusakan

Suara yang ditimbulkan adalah bising dikarenakan drum mengalami kerusakan. Suara yang ditimbulkan adalah berdecit dikarenakan drum mengalami kerusakan karena adanya korosi, koin, resleting dan keausan lainnya akhirnya drum jadi penyok, berlubang dan bengkok.

Jika drum logam bengkok akhirnya drum logam bersentuhan langsung dengan drum lainnya, sehingga pada waktu digunakan mencuci muncul suara derit berdecit.

  1. Sabuk Penggerak Mesin Cuci Bermasalah

Penyebab muncul suara berdecit berisik selama proses perputaran mesin dikarenakan ada kerusakan pada sabuk penggerak yang robek, rusak atau tidak dipasang dengan benar.

  1. Ada Rak atau Lemari di Dekat Mesin Cuci

Jika setelah mesin dinyalakan dan tiba-tiba ada suara benturan glodak-glodak, pastikan apakah mesin cuci menabrak benda yang ada disekitarnya. Bunyinya akan sedikit banyak berisik jika tidak segera diatur jarak yang sesuai dengan mesin cuci.

  1. Filter Pompa Pembuangan Tersumbat Kotoran

Filter pompa pembuangan yang tersumbat ternyata juga bisa menimbulkan suara berdecit yang keras sehingga berisik ketika didengar.

Hal ini disebabkan karena filter pompa tertutup sumbatan kotoran atau benda-benda kecil dari pakaian.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Air Mesin Cuci Tidak Keluar

  1. Mesin Cuci Terlalu Dekat Dengan Dinding

Mesin cuci memang selalu bergetar ketika sedang digunakan untuk mencuci, maka dari itu ketika mendengar suara benturan dari selang air atau selang pembuangan yang menyentuh dan menatap bagian belakang dari mesin cuci.

Maka dari itu tarik mesin cuci agak kedepan sampai memberi ruang yang cukup sehingga tidak menimbulkan suara lagi.

Beberapa penyebab mesin cuci berisik bunyi glodak glodak, berdecit, atau nging dikarenakan ada hal sepele yang mungkin sering diabaikan dan beberapa hal lainnya memang dikarenakan bagian mesin yang rusak.

Cara Mengatasi Mesin Cuci Bunyi Glodak Glodak, Nging, atau Berisik

Lalu bagaimana cara mengatasi mesin cuci bunyi glodak glodak, nging, atau berisik. Ada solusi yang bisa kalian coba untuk mengatasi mesin cuci berbunyi, berikut ini langkah-langkah yang bisa kalian coba:

  • Masukkan muatan di dalam tabung mesin cuci sesuai dengan kapasitasnya jangan berlebih. Hindari memasukkan item berat seperti selimut, keset, karper dan sejenisnya karena akan membutuhkan waktu lama bagi mesin untuk menyeimbangkan sisi tabung.
  • Untuk lantai yang tidak datar berkontur tanah, lebih baik rabat dahulu menggunakan semen supaya lantai datar dan rata.
  • Untuk filter pompa yang tersumbat kotoran, kalian ambil saja filter tersebut untuk dibersihkan secara manual menggunakan sabun dan sikat gigi bekas.
  • Jauhkan mesin cuci dari benda-benda yang bisa menimbulkan sentuhan. Aturkan jarak yang sesuai dengan mesin cuci supaya tidak terjadi benturan dengan benda-benda lain di sekitarnya.
  • Jika ada bagian mesin cuci yang rusak baik bengkok, penyok, aus, robek atau pemasangan yang kurang pas lebih baik segera diperbaiki atau diganti dengan yang baru jika tidak memungkinkan untuk diperbaiki. Panggil jasa teknisi ahli jika tidak bisa memperbaiki sendiri.

Bagaimana? Cukup mudah bukan cara mengatasi mesin cuci bunyi glodak glodak, nging, atau berisik? Semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk kalian.

Yang terpenting lagi jangan terlalu panik jika timbul suara ketika mesin cuci digunakan mencuci. Pasti ada sedikit kesalahan bukan selalu dikarenakan mesin cuci rusak.

Jika ada yang ditanyakan tinggalkan komentar di kolom yang telah kami sediakan. Jangan lupa bagikan di platform sosial media yang kalian miliki.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA