Penyebab Kulkas 2 Pintu Tidak Dingin dan Cara Mengatasi

Mungkin banyak dari kalian yang sedang mengalami kulkas 2 pintu tidak dingin. Berikut kami akan memberikan penjelasan tentang penyebab kulkas 2 pintu tidak dingin beserta cara mengatasinya.

Kulkas merupakan salah satu barang elektronik yang cukup diperlukan keberadaannya. Dahulu sebelum adanya kulkas orang-orang bingung dimana tempat menyimpan bahan makanan atau minuman mereka supaya tidak cepat basi dan busuk.

Kulkas yang dijual di pasar memiliki banyak sekali merk dengan dua jenis pintu yaitu 1 pintu dan 2 pintu. Masing-masing memiliki fungsi yang sama dan untuk kegunaannya tergantung dari kulkas itu sendiri.

Saat ini mari kita bahas kulkas dua pintu, terbagi 2 pintu atas dan bawah atau juga kanan dan kiri. Sebagai alat elektronik yang setiap hari menyala tanpa off kecuali saat dibersihkan tentu akan tiba masa mengalami kerusakan.

Permasalahan yang biasa atau sering terjadi pada kulkas adalah tidak dingin. Sehingga es jadi sulit membeku dan menyebabkan makanan yang disimpan di dalamnya akan cepat membusuk.

Permasalah tersebut sudah sangat sering terjadi pada pengguna kulkas 2 pintu. Berikut kami akan memberikan informasi tentang penyebab kulkas 2 pintu tidak dingin dan cara mengatasinya.

Penyebab Kulkas 2 Pintu Tidak Dingin

Berikut akan kami berikan informasi penyebab kulkas 2 pintu tidak dingin beserta penjelasan detailnya.

  1. Kerusakan atau Kebocoran Freon

Freon sendiri berfungsi sebagai pendingin, tidak hanya AC kulkas pun menggunakan freon sebagai pendinginnya.

Jika freon mengalami kebocoran atau rusak tentu saja kulkas tidak akan bisa dingin dengan cepat yang ada suhu kulkas akan hangat.

  1. Penyumbatan Pipa

Jika pipa pada kulkas mengalami penyumbatan tentu akan menganggu jalannya sirkulasi freon. Terlebih juga pipa tertutup bunga es sehingga tebalnya bunga es menutupi lubang angin.

Freon yang seharusnya bisa segera mendinginkan malah akhirnya tertahan karena ada sumbatan. Hal tersebut menjadi penyebab kulkas 2 pintu tidak dingin.

  1. Kinerja Defrost ke Nofrost Tidak Normal dan Timer Rusak

Jika kinerja defrost ke nofrost tidak normal bisa menyebabkan bertumpuknya bunga es pada evaporator. Karena fungsi komponen terebut adalah membantu mencairkan bunga es yang sudah terlalu banyak.

Baca Juga: Penyebab Kulkas 2 Pintu Bagian Bawah Tidak Dingin

  1. Sirkulasi Pendinginan Mengalami Masalah

Dalam jalannya sirkulasi pendinginan tentu harus lancar tanpa harus ada gangguan supaya kulkas dingin. Namun jika mengalami masalah tentunya akan menghambat dinginnya suhu di kulkas.

  1. Oli dari Mesin Kompresor Naik ke Evaporator

Naiknya oli dari mesin kompresor ke evaporatir bisa disebabkan karena kompresor sedang tidak baik-baik saja. Bisa disebabkan karena kompresor bekerja terlalu keras dan akhirnya oli mesinnya naik ke evaporator.

  1. Berkurangnya Tekanan Pada Kompresor

Tekanan pada kompresor kulkas harus tetap normal suoaya dingin kulkas stabil. Tetapi jika tekanan pada kompresor berkurang bisa menyebabkan dingin kulkas agak lama atau bahkan tidak bisa dingin sama sekali.

  1. Karet Pintu Kulkas Tidak Menutup Dengan Rapat

Pintu kulkas harus selalu tertutup rapat agar tetap dingin, namun jika karet pada pintu tidak tertutup rapat bisa menyebabkan udara dari luar masuk dan dingin kulkas jadi berkurang.

Udara panas yang masuk ke kulkas bisa menjadi penyebab kulkas 2 pintu tidak dingin.

  1. Meletakkan Barang Elektronik yang Menghasilkan Panas di Dekat Kulkas

Jika kalian meletakkan barang elektronik yang menghasilkan panas Seperti microvawe dan sejenisnya di dekat kulkas bisa menaikkan suhu kulkas juga.

Baca Juga: Penyebab Kulkas Tidak Dingin Tapi Lampu Menyala

  1. Usia Pemakaian Kulkas

Faktor yang sering menjadi penyebab kulkas 2 pintu tidak dingin adalah karena usia pemakaian kulkas yang sudah sangat lama. Beberapa komponen rusak karena memang faktor usianya yang sudah terlalu tua dan sudah waktunya untuk ganti yang baru.

Komponen yang bekerja pada kulkas sebenarnya banyak, selain karena penyebab di atas, penyebab kulkas 2 pintu tidak dingin bisa juga disebabkan karena kerusakan pada komponen yang lain.

Cara Mengatasi Kulkas 2 Pintu Tidak Dingin

Setelah kalian mengetahui penyebab kulkas 2 pintu tidak dingin, maka kalian harus mengetahui juga bagaimana cara mengatasi kulkas 2 pintu tidak dingin tersebut. Solusi berikut ini adalah jika kalian masih bisa membenarkan sendiri.

  1. Jika freon rusak atau mengalami kebocoran maka kalian bisa cek mana yang bocor, matikan kulkas terlebih dahulu jika sudah mengetahui lokasi bocornya. Perbaiki terlebih dahulu jika kebocoran sudah tercover kulkas bisa kalian nyalakan lagi.
  2. Jika karet pada ointu kulkas sudah kendor maka kalian harus menggantinya dengan yang baru agar kulkas bisa tertutup dengan rapat.
  3. Jika timer rusak dikarenakan roda giginya aus dan patah sehingga defrost tidak bekerja normal. Maka solusinya harus diperbaiki dengan menggantinya yang baru.
  4. Untuk barang elektronik yang bisa menghasilkan panas lebih baik diletakkan berjauhan dengan kulkas suapaya suhu kulkas tidak ikut naik.
  5. Untuk oli kompresor yang naik ke evaporator maka kalian bisa membuang oli dari kompresor menggunakan pipa hisap, lalu belah kompresor pas di bawah garis las pabrikan secar melingkar. Jangan sampai tembus kedalam lakukan dengan hati-hati, ketuk hati-hati pada tanda panah di kompresor dan tuang oli sedikit demi sedkit lalu putar menggunakan tangan. Jika kondisi kompresor baik maka bisa kalian pasang lagi.
  6. Lubang angin yang tertutup tebalnya bunga es dan pipa akhirnya tersumbat juga maka yang harus dilakukan adalah mencairkan bunga es. Dengan cara buka pintu kulkas letakkan kipas di depan kulkas untuk mempercepat proses pencairan bunga es.

Untuk penyebab kulkas 2 pintu tidak dingin yang lainnya kalian harus memerlukan jasa service karena jika komponen sudah rusak berat tentu kalian tidak bisa memperbaikinya sendiri.

Sampai disini pembahasan penyebab kulkas 2 pintu tidak dingin dan cara mengatasinya kali ini. Semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi kalian.

Tinggalkan komentar di kolom yang telah kami sediakan jika ada yang kurang kalian pahami. Atau kalian juga bisa membagikannya kepada teman teman kalian melalui tombol share yang sudah kami sediakan.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA