3 Cara Membuat Sorotan di IG Yang Paling Mudah

Membuat sorotan cerita Ig merupakan fitur keren dari Instagram. Faktanya cara membuat sorotan di Instagram merupakan hal sangat mudah. Sorotan Instagram merupakan hasil dari cerita/story yang di simpan di akun Instagram kalian. Sebelum sorotan Instagram ini ada, insta story ig dapat di lihat selama 24 jam atau sehari.

Sorotan Ig muncul di dalam akun profil Instagram tepat berada dibawah bio instagram, tidak seperti insta story yang muncul di atas beranda. Jika ada seseorang yang mengunjungi profil kalian, sorotan ini akan tampil di atas feed Instagram tepat tengah diantara bio dan feed, mereka dapat melihat sorotan yang telah kalian buat.

Sebelumnya saya sudah membahas tentang cara membuat blog pribadi di Instagram, yang dimana blog pribadi ini dapat digunakan kalau akun kita terkait dengan akun bisnis. Beda dengan sorotan Instagram, kalian dapat membuatnya tanpa harus membuat akun kalian ke akun bisnis.

Bagaimana caranya? Berikut cara membuat sorotan di Ig yang bisa kalian coba. Mungkin diantara kalian yang ingin tau apakah bahasa di Instagram bisa diganti dengan Bahasa lain, saya juga sudah mengulas di cara mengganti bahasa Instagram. Untuk dapat membuat sorotan Instagram, pertama kali yang harus kalian lakukan adalah membuat insta story. Sebenernya ada beberapa cara untuk membuat sorotan Instagram ini.

Cara berikut merupakan cara paling mudah yang dapat di praktekkan, karena tidak perlu membutuhkan sebuah aplikasi tambahan. Berikut Langkah-langkah membuat sorotan di Ig.

3 Cara Membuat Sorotan Permanen di Instagram

Tombol +

Jika kalian biasa berselancar di ig, tentunya tidak asing lagi dengan tombol + ini. Tombol ini berada di profil Instagram yang berada tepat di bawah bio dan di atas feed Instagram. Tapi kekurangan dari tombol ini yaitu tidak bisa menambahkan sorotan langsung dari story yang akan dibuat.

Dan juga jika belum pernah sama sekali membuat sorotan di instagram, atau mungkin akun kalian masih akun baru, kalian tidak akan menemukan tombol + ini. maka dari itu kalian harus membuat sorotan dahulu agar tombol + ini muncul.

Jadi sebelum membuat sorotan kalian harus membuat insta story terlebih dahulu. Tapi disitu kalian dapat melihat daftar cerita-cerita lama yang pernah kalian post. Kalian bisa menambahkan story-story lama tersebut ke dalam highlight yang akan kalian buat. Berikut Langkah-langkahnya.

  1. Pertama silahkan kalian buka aplikasi Instagram di hp masing-masing
  2. Kemudian langsung menuju ke profil dan klik icon +
  3. Selanjutnya pilih story yang akan di sorot, kalian dapat memilih lebih dari satu cerita artinya kalian dapat membuat banyak cerita dalam satu soorotan. Jika sudah selesai klik selanjutnya di pojok kanan atas
  4. Kemudian berikan nama atau judul sorotan kalian dan pilih selesai

cara membuat sorotan di instagram

Dengan begitu kalian sudah bisa buat sorotan/highlight Instagram. Selain cara tersebut, kalian juga bisa membuat sorotan langsung dari insta story yang kalian buat.

Cara Menambahkan Story Instagram ke Sorotan

  1. Pertama buka aplikasi Instagram kalian
  2. Kemudian klik Cerita Anda di deretan story follower kalian.
  3. Kemudian buat sebuah cerita jika belum membuat, jika sudah klik Kirim Ke atau langsung klik Cerita Anda
  4. Selanjutnya pilih timbol bagikan di sebelah cerita anda
  5. Jika sudah klik selesai

cara membuat sorotan tanpa membuat story

  1. Langkah selanjutya kalian buka story yang telah di buat
  2. Kemudian pilih icon love di pojok kanan bawah
  3. Selanjutnya apabila kalian ingin menambahkan story tersebut ke sorotan yang lama kalian bisa langsung klik sorotan yang telah terbuat. Dan juga sebaliknya jika ingin menambah sorotan baru klik icon +. Silahkan sesuaikan dengan keinginan kalian. Untuk kali ini saya ingin menambahkan sorotan baru jadi klik icon +
  4. Kemudian kasih nama atau judul dari sorotan tersebut klik tambahkan dan selesai.

cara membuat sorotan instagram

  1. Cek di profil kalian, sorotan yang kalian buat akan tampil di daftar highlight. Sorotan tersebut bersifat permanen, jadi jika tidak di hapus akan tetap ada.

Cara Membuat Sorotan Cerita di Instagram

  1. Pertama silahkan buka aplikasi Instagram kalian
  2. Kemudian buat story dengan mengklik icon kamera di pojok kiri atas
  3. Silahkan kalian buat story sesuai story yang ingin di post atau ingin mengambil foto dari galery.
  4. Jika sudah klik kirim ke
  5. Kemudian pilih bagikan di sebelah text cerita anda
  6. Selanjutnya jangan klik selesai dahulu kalian pilih Tambahkan ke Sorotan
  7. Silahkan mau di tambahkan ke sorotan lama atau buat sorotan baru, sesuaikan dengan keinginan kalian
  8. Selesai

cara membuat sorotan cerita instagram

Cara Membuat Sorotan di Instagram Tanpa Membuat Story

Mungkin Sebagian dari kalian ingin mengunggah sebuah highlight atau biasa yang disebut dengan sorotan ini, tapi tidak harus membuat sebuah story dahulu.

Sebenarnya cara membuat sorotan tanpa membuat story ini tidak bisa. Tapi kali ini saya akan mengakali dengan berbagai trik. Berikut cara membuat highlight tanpa membuat insta story dahulu.

Menjadikan Akun menjadi Private

  • Pertama kalian buka dahulu aplikasi Instagram di hp kalian
  • Karena cara ini memerlukan akun private jadi kalian harus membuat akun Instagram kalian menjadi private. buat kalian yang akunnya terkait dengan akun bisnis, kalian harus mengembalikan akun ke akun pribadi. Untuk cara mengembalikan akun bisnis ke akun pribadi sudah saya ulas.
  • Jika sudah menjadikan akun ke akun pribadi selanjunya jadikan akun kalian menjadi private.
  • Masuk ke pengaturan/setting
  • Kemudian pilih menu privasi
  • Selanjutnya pilih menu privasi akun dan aktifkan.

Ubah pengaturan cerita

  • Masuk ke profil dan pilih pengaturan/ setting
  • Kemudian pilih menu privasi
  • Lalu tab menu cerita. Kemudian pilih sembunyikan cerita dari, kalian perlu mencentang semua follower yang ada. Ini mungkin hal paling membosankan, tapi kalau menurut saya centang saja yang menurut kalian tidak harus tau.
  • Kemudian unggah cerita seperti halnya membuat insta story
  • Setelah selesai membuat story masukkan ke dalam sorotan. Jangan menghapus cerita dalam kurun waktu 24 jam, karena jika kalian menghapus story sebelum 24 jam di sorotan juga akan ikut terhapus juga.
  • Setelah 24 jam silahkan ubah Kembali akun kalian seperti semula
  • Selesai.

Untuk membuat sorotan tanpa membuat story ini mungkin tidak bisa ya. Untuk tips diatas sedikit rumit, jadi menurut saya kurang aja sih.

Mungkin segitu saja tentang pembahasan cara membuat sorotan di ig ini, semoga artikel kali ini membantu kalian, jika ada kurangnya mohon di maklumi dan jika ada yang masih kebingungan bisa tanyakan di kolom komentar.

Tinggalkan komentar