Cara Memperbaiki Blender Philips Rusak atau Mati Total

Apakah kalian mempunyai blender Philips yang bermasalah? Ikuti Langkah Langkah cara memperbaiki blender Philips berikut ini.

Banyak sekali merk blender yang bisa kalian temui mulai dari Miyako, Cosmos, Panasonic, Sharp, Philips dan masih banyak lainnya. Masing-masing memiliki kelebihannya sendiri.

Tetapi kali ini kita akan membahas  tentang blender Philips, salah satu merk blender yang cukup terkenal dan banyak dipakai oleh ibu-ibu rumah tangga. Dengan harga mulai dari Rp.450.000 sampai dengan Rp.700.000 , blender Philips terkenal awet dan tahan lama.

Tetapi masalah awet tidaknya itu tetap tergantung bagaimana cara menggunakannya dan merawatnya sehingga tidak mudah rusak. Selain itu setiap barang elektronik pasti akan mengalami kerusakan jika sudah tiba masanya, tak terkecuali blender Philips.

Kemudahan yang ditawarkan akan hadirnya blender sangat membantu kalian dalam mengatasi permasalahan dapur.

Namun perlu kalian ketahui juga, terlepas merk blender, hampir semua permasalahan yang terjadi hampir sama.

Lalu bagaimana cara memperbaiki blender philips? Bagi kalian yang ingin mengurangi jumlah pengeluaran rumah tangga bisa sekali untuk mencoba memperbaiki kerusakan tersebut sendiri.

Cara Memperbaiki Blender Philips

Berikut beberapa permasalahan yang biasa sering terjadi pada blender Philips dan cara memperbaikinya:

  1. Mata Pisau Berat Berputar

Mata pisau yang berat berputar bisa saja terjadi dikarenakan menumpuknya debu pada mata pisau. Karena menyimpan blender sembarangan sehingga banyak debu yang menempel akhirnya membuat mata pisau berat berputar.

Maka dari itu kalian perlu menyimpan blender pada tempat yang kering, bersih dan terhindar dari debu. Juga lakukan pembersihan secara menyeluruh dan teratur untuk menghindari hal ini terjadi.

  1. Mounting Blender Bocor

Kalian pasti pernah mengalami ketika akan menghaluskan bahan masakan dengan sedikit menambahkan air ternyata bagian mounting blender bocor sehingga bahan beserta air ketika di blender tumpah atau rembes membasahi mesin motor blender.

Penyebab utama hal ini dikarenakan karet pada bosing sudah tidak elastis lagi sehingga tidak bisa menampung air dari dalam blender.

Untuk cara memperbaiki blender philips ini kalian hanya perlu mengganti karet tersebut dengan karet yang baru. Sehingga rembesan air dari blender bisa segera diatasi.

 

  1. Gigi Karet pada Blender Gompel atau Patah

Penyebab hal ini dikarenakan posisi gigi konektor karet dengan konektor karet pada mesin tidak terpasang sempurna. Akibatnya blender akan kesulitan berputar.

Jika hal ini terjadi cara memperbaiki blender Philips adalah kalian perlu melakukan penggantian komponen ini dengan yang baru sehingga posisinya bisa terpasang dengan sempurna.

 

  1. Putaran Motor Blender Tersendat

Penyebab putaran motor belender tersendat adalah carbon brush yang sudah aus, atau bisa juga karena sesuatu yang sedang diblender terlalu keras sehingga menjadikan mesin tersendat dalam berputar.

Cara memperbaiki blender philips ini tentu saja mengganti carbon brush dengan yang baru agar putaran motor blender kembali normal. Hindari menghaluskan bahan yang terlalu keras, karena selain merusak blender juga bisa merusakan mesin motor blender.

 

  1. Saat Dinyalakan Keluar Percikan Api

Munculnya percikan api saat blender dinyalakan karena disebabkan carbon brush yang longgar dan per pada carbon brush yang kurang menekan sehingga memaksa 2 benda keras untuk berbenturan sehingga muncul percikan api.

Untuk cara memperbaiki blender keluar percikan api ini kalian perlu melakukan penggantian pada carbon brush dengan yang baru tetapi setipe dengan merk sebelumnya. Ketika membeli carbon brush biasanya satu paket dengan per dengan harga sekitar Rp.70.000.

  1. Blender Dinyalakan Hanya Berdengung

Saat blender dinyalakan tetapi tidak mau berputar dan hanya berdengung saja, hal ini bisa saja karena mesin motor sudah seret disebabkan karena arus listrik yang masuk tidak masuk secara maksimal alhasil hanya menimbulkan suara dengung saja.

Selain itu juga bisa disebabkan karena carbon brush dan brostel sudah tipis sehingga tidak mampu atau tidak kuat menggerakkan mesin motor blender.

Saat mesin hanya berdengung saja maka kalian harus segera mematikan blender agar mesin tidak panas dan menimbulkan konslet.

Cara memperbaiki blender philips untuk masalah ini kalian perlu memberikan pelumas pada mesin motor supaya tidak seret lagi. Atau jika karena carbon brush dan brostel sudah tipis maka kakian perlu menggatinya dengan yang baru.

  1. Motor Blender Tidak Mau Berputar

Motor blender tidak mau berputar bisa disebabkan karena Dinamo yang bermasalah, kerusakan Dinamo ini dikarenakan ada lilitan di dalam dinamo yang putus. Untuk bisa memeriksa kerusakan pada Dinamo kalian bisa menggunakan alat OHM meter, Dinamo dikatakan dalam kondisi baik jika jarum pada OHM meter berada di angka 3.

Kerusakan pada dinamo tentu akan terlalu sulit jika lilitan yang putus disambungkan dan akan memakan waktu yang lama. Maka dari itu cara memperbaiki blender philips dilakukan dengan penggantian Dinamo yang baru.

  1. Tombol ON/OFF Bermasalah

Tombol ON/OFF pada blender juga sering bisa mengalami masalah,  biasanya ketika tombol ini ditekan blender tidak mau berputar sehingga terkadang menganggap blender rusak dan tidak bisa dipakai.

Padahal bisa saja hal ini disebabkan karena kabel atau stpkontak atau daya listrik yang bermasalah. Maka dari itu lakukan pengecekan terlebih dahulu, jika kabel pada blender yang rusak maka kalian harus melakukan penggantian yang baru. Namu jika ternyata kabel baik-baik saja, lakukan pengecekan pada stopkontak cobalah dengan mencolokan kabel alat elektronik yang lain jika tidak menyala berarti stopkontak bermasalah.

Tetapi jika tetap tidak menyala, maka bisa jadi daya listrik sedang down, sehingga kalian harus menunggu sampai daya listrik kembali normal agar bisa menggunakan blender lagi.

Saat memperbaiki kerusakan, jika kalian menemui ada komponen mesin yang benar-benar rusak kalian harus segera menggantinya dengan yang baru. Karena jika tidak diganti bisa menyebabkan kerusakan pada komponen yang lain.

Nah itu tadi cara memperbaiki blender philips yang mengalami kerusakan, semoga bisa membantu kalian.

Jangan lupa bagikan ke teman kalian jika bermanfaat. Tinggalkan pertanyaan dikolom ynag tersedia jika ada yang akan kalian tanyakan.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA