Tips dan Cara Menabung 10 Juta Dalam Setahun [Terbukti Berhasil]

Dalam waktu satu tahun, nabung 10 juta setahun adalah hal yang tidak cukup mudah. Untuk itu kalian perlu mengetahui cara menabung 10 juta dalam setahun.

Menabung adalah sesuatu yang sangat baik untuk masa depan. Menabung saat ini sudah seperti kebutuhan, dengan menabung juga kita bisa mewujudkan apa yang kita inginkan. Menabung juga merupakan kebiasaan yang baik untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tetapi menabung tidaklah mudah, karena diperlukan niat yang sungguh-sungguh. Selain niat juga diperlukan kedisiplinan dan konsistensi dalam menjalankannya.

Dalam menabung tidak semua orang bisa melakukannya dengan senang hati, masih ada juga yang menabung dengan terpaksa sehingga hasil menabung tidak bisa mencapai target yang diinginkan. Tidak menyalahkan mengapa banyak niat menabung menjadi wacana semata dan tidak terealisasikan.

Maka dari itu kalian harus menyiapkan beberapa tips dan trik yang mendukung agar menabung menjadi ringan dan dijalankan dengan sepenuh hati.

Bagi pemula dalam dunia menabung, kalian dapat memulai dengan mempunyai target 10 juta dalam setahun.

Bagi kalian yang ingin mengetahui tips dan bagaimana cara menabung 10 juta dalam setahun, kalian dapat membaca tips di bawah ini.

Tips dan Cara Menabung 10 Juta Dalam Setahun

Agar menabung menjadi seru kalian harus membuat konsep menabung menjadi menarik. Ketika menabung kalian jangan ada rasa terpaksa atau tertekan karena bisa menghambat proses kalian dalam menabung.

Buatlah cara menabung 10 juta dalam setahun berikut ini sekreatif mungkin yang bisa memicu semangat kalian dalam menabung serta segera merealisasikan apa yang kalian ingingkan.

  1. Menabung Sesuai Nominal

Cara menabung 10 juta dalam setahun yang paling mudah adalah dengan menentukan nominal uang yang ditabung. Dengan menggunakan asumsi menabung perhari atau perbulan dalam setahun.

Kalian bisa menggunakan nominal yang sama atau berbeda. Misal kombinasi 50.000 dengan 100.000 atau kombinasi nominal lainnya. Yang terpenting kalian perhitungkan berapa kali menabungnya.

Untuk nabung 10 juta setahun, kalian perlu melakukan perhitungan berikut ini.

10.000.000 : nominal uang yang akan ditabung = berapa kali waktu menabung

Berapa kali waktu menabung bisa kalian bagi dengan total minggu dalam setahun (52 minggu) = berapa kali menabung dalam seminggu. (Misal 3,4 atau 5 kali menabung dalam seminggu dengan nominal uang yang kalian akan tabung)

Buatkan juga daftar tabel yang sudah disiapkan jumlah kotaknya sesuai berapa kali waktu untuk menabung (misal 200 kali) dan sudah dituliskan di dalamnya nominal uangnya.

Jika kalian sudah menabung kalian bisa coret nominal angkanya yang ada di kotak dan tinggal melanjutkan menabung sampai target waktu dan jumlah nominal target tercapai.

Berikut contoh tabel menabung 10 juta setahun yang dapat kalian gunakan.

Tabel Menabung 10 Juta Setahun

Tabel menabung 10 juta setahun di atas adalah versi kami, kalian dapat membuatnya sendiri entah perminggu atau perhari sesuai dengan kenyamanan kalian.

  1. Menabung Dengan Nominal 100.000

Cara menabung 10 juta dalam setahun dengan nominal 100.000 adalah sesuatu yang mudah untuk dilakukan, kalian hanya memerlukan menabung seminggu 2-3 kali saja.

Dengan 100 kali dalam setahun yang artinya menabung sebanyak 9 kali dalam sebulan, kalian sudah dapat mengumpulkan uang sebanyak 10 juta dalam satu tahun.

Kalian bisa memilih hari khusus setiap minggunya untuk menabung atau sekali menabung dalam seminggu dan nominal menyesuaikan.

Tetapi beberapa orang nominal 100.000 lumayan banyak sekali, terlebih bagi yang bekerja dengan gaji yang sangat sedikit mungkin untuk makan saja tidak tersisa. Menabung dengan nominal ini bisa kalian terapkan bagi keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta per bulan atau lebih.

  1. Menabung Dengan Nominal 50.000

Kalian juga bisa mencoba untuk cara menabung 10 juta setahun dengan menggunakan nominal 50.000 setiap menabung. Dibandingkan dengan nominal 100.000, maka kalian memerlukan waktu 2 kali lipat yaitu 200 kali agar target 10 juta setahun tercapai.

Untuk membaginya, kalian dapat menabung dengan nominal 50.000 sebanyak 4 kali dalam satu minggu.

Selesai memasukkan uang di celengan, kalian jangan lupa mencoret nominal uang yang sudah kalian tulis di tabel. Jika semuanya sudah tercoret silahkan hitung ulang apakah jumlah uang senilai 10 juta.

Baca Juga: Cara Membagi Gaji Bulanan

  1. Menabung Dengan Nominal 20.000

Sebenarnya cara menabung agar dapat 10 juta dalam setahun dapat dilakukan menggunakan uang dengan nominal berapapun. Semuanya tergantung kepada perencanaan. Salah satunya adalah dengan nominal 20.000

Dengan nominal yang lumayan terjangkau dan ramah dikantong, tentunya pasti akan banyak yang tertarik. Hanya saja waktu kalinya lebih banyak 135 kali dari total jumlah hari dalam setahun yaitu sebanyak 500 kali menabung

Dalam sehari mungkin kalian akan diminta menabung lebih dari sekali. Dalam setahun terdapat 52 minggu. Jadi 500 kali / 52 = 10 kali. Artinya kalian harus menabung dengan nominal 20.000 sebanyak 10 kali dalam seminggu untuk memenuhi target 10 juta dalam setahun.

  1. Menabung ala Orang Korea

Orang korea juga memiliki tips menabung 10 juta dalam setahun yang unik, yaitu dengan menggunakan setengah uang saku harian. Menabung setiap hari dari uang saku yang mereka dapatkan.

Misal dalam satu hari kalian mendapatkan uang saku senilai 50.000 maka kalian menabung sebanyak 25.000 dan kemudian kalian evaluasi di akhir bulan untuk mengetahui jumlah uang yang terkumpul.

Untuk nabung 10 juta setahun, setiap bulan kalian harus melakukan evaluasi agar target satu tahun dapat tercapai.

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 1 Juta

  1. Menabung dengan nominal sesuai Tanggal

Cara menabung 10 juta dalam setahun kalian juga dapat memanfaatkan tanggal. Menabung sesuai tanggal yaitu dengan menabung pada tanggal tertentu dan nominal uangnya sesuai tanggal.

Misalkan kalian akan menabung mulai pada tanggal 2 di setiap bulannya dengan nominal mulai dari 2000, 20.000, 200.000 atau 2.000.000. Dan untuk tanggal berikutnya kalian tinggal mengikuti nominalnya.

Kalian bisa melakukannya mulai pada tanggal yang kalian mulai sampai tanggal 29 setiap bulannya, dan sisa tanggalnya bisa kalian gunakan untuk beristirahat.

  1. Menabung dengan Fitur Potong Saldo Gaji Otomatis

Jika kalian tidak terbiasa membuat daftar tabel atau membuat celengan tabungan manual kalian yang sudah memiliki gaji tetap dan ditransferkan ke rekening tabungan, buatlah saja tabungan khusus yang nominalnya langsung terpotong dari saldo gaji.

Cara menabung 10 juta dalam setahun ini terbukti efektif. Jadi kalian tidak perlu repot-repot menabung secara manual, dan cara ini lebih praktis. Untuk nominalnya kalian bisa menentukan sendiri berapa, sehingga akhir tahun sudah mempunyai uang 10 juta seperti yang kalian targetkan sebelumnya.

Itu tadi beberapa cara menabung uang 10 juta dalam setahun yang bisa kalian terapkan untuk mencapai target yang diinginkan. Jika kalian punya ide kreatif menabung lainnya, kalian juga bisa memakainya.

Yang terpenting dalam menabung itu adalah nominalnya berapa dan harus berapa kali menabung sampai terpenuhi target senilai 10.000.000 dalam setahun. Selain itu menabung juga susah-susah gampang jika tidak didasari niat dan kedisiplinan dalam melakukannya.

Baca Juga: Cara Menabung di Bank BRI

Tips Menabung Agar Cepat Tercapai Target

Dalam menabung selain menggunakan cara di atas, kalian juga memerlukan tips tambahan yang bisa membantu target kalian tercapai. Dengan tips-tips ini diharapkan kalian bisa berhasil dengan cepat.

  1. Jangan Membelanjakan Uang untuk Hal yang Tidak Penting

Yang dimaksud barang yang tidak penting adalah barang memang tidak kalian butuhkan. Terkadang orang-orang mudah terpengaruh untuk jika tahu barang yang unik padahal tidak dibutuhkan.

Daripada untuk membeli barang yang tidak penting, lebih baik kalian gunakan uang tersebut untuk ditabungkan saja.

Dengan tidak membelanjakan uang untuk hal yang tidak penting, maka uang kalian akan tetap terjaga dan tidak menggangu proses menabung 10 juta dalam setahun.

 

  1. Membeli Barang Kebutuhan Bukan Keinginan

Kebutuhan pokok kalian jangan sampai terganggu, kalian wajib memenuhi kebutuhan pokok kalian. Jika kalian ingin membeli barang yang kalian inginkan, tahan dahulu gunakan uang uang tersebut untuk ditabung agar target menabung kalian cepat tercapai.

Kalian juga harus bersabar untuk tidak membeli barang keinginan kalian. Jika target menabung kalin sudah terpenuhi dan ada uang sisa setelah kalian gunakan, kalian bisa menggunakan sisanya untuk membeli barang yang diinginkan.

 

  1. Berhemat dan Tidak Boros

Jangan suka membelanjakan uang secara boros karena boros bukanlah kebiasaan yang baik dan bisa merugikan kalian. Lebih baik kalian berhemat dan menggunakan uang sesuai kebutuhan.

Sisa uangnya bisa kalian gunakan untuk kalian tabung agar segera tercapai target 10 juta dalam setahun atau target lainnya bisa tercapai.

 

  1. Kurangi Berpergian dan Nongkrong

Bagi kalian yang sering berpergian dan nongkrong jangan dibiasakan, kurangi kebiasaan itu. Bukan melarang tetapi lebih dikurangi saja, jika sebulan kalian berpergian hampir setiap hari, kurangi hingga kalian bepergian sebanyak 4 kali atau 2 kali dalam sebulan.

Ini dilakukan agar uang yang kalian pakai untuk nongkrong lebih baik ditabungkan saja. Agar target 10 juta tercapai dengan cepat dalam setahun.

  1. Cari Penghasilan Tambahan

Cari penghasilan tambahan dengan bekerja parttime, meskipun tidak banyak uang yang didapatkan setidaknya bisa menambah uang tabungan kalian sehingga target 10 juta kalian bisa tercapai dengan cepat.

Tips di atas adalah tips untuk mempermudah kalian melakukan cara menabung 10 juta dalam setahun, jika kalian melakukannya dengan sungguh-sungguh akan sangat membawa pengaruh pada kalian saat menabung.

Tetapi yang terpenting adalah kalian menjalankannya dengan konsisten tidak hanya pada awal menabung saja. Karena kebiasaan yang baik akan membawa dampak yang baik juga.

Terima kasih sudah membaca artikel cara menabung 10 juta dalam setahun ini. Jangan lupa share ke teman-teman kalian.

Jika ada yang ditanyakan tentang tips nabung 10 juta dalam setahun di atas, silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaan di kolom yang kami sediakan.

This content is protected by DMCA