Cara Mengetahui Rekening Masih Aktif Atau Tidak

Kalian pasti memiliki rekening bukan? Apakah kalian sudah tau bagaimana cara mengetahui rekening masih aktif atau tidak. Pada kali ini saya akan memberikan informasi perihal status rekening masih aktif atau tidak.

Sebagian orang mungkin ada beberapa aktivitas yang menyebabkan rekening tidak aktif. Umumnya rekening yang tidak aktif yaitu rekening yang tidak melakukkan aktivitas transaksi seperti transfer dan lain-lain.

Seperti yang terjadi pada rekening BCA, di BCA rekening akan tidak aktif jika tidak melakukkan aktivitas transaksi dan saldo 0 selama 3 bulan dan jika sampai 6 bulan rekening akan di nonaktifkan.

Tidak hanya di bank BCA, semua bank yang ada seperti BRI dan BNI melakukkan hal yang serupa dengan ketentuan-ketentuan yang berlakuk di bank tersebut.

Berbicara tentang rekining pasti tidak jauh dengan kartu ATM. Apakah kartu ATM juga ikut tidak aktif? Pastinya juga ikut tidak aktif. Apabila rekening tidak aktif pasti kartu atm juga ikut tidak aktif dan menyebabkan kalian tidak bisa melakukkan transaksi.

Alasan Bank Rekening Tidak Aktif

Rekening tidak aktif disebabkan oleh pemiliki dari rekening itu sendiri yang biasanya penggunaan uang yang tidak baik atau jarang digunakan.

Bank mendapatkan bunga dari rekening kalian apabila rekening kalian jarang digunakan, bank tidak mendapatkan bunga dari rekening.

Dan itu yang menyebabkan rekening kalian tidak aktif. Biaya pemeliharaan yang tinggi dan layanan keamaan tidaklah gratis. Oleh sebab itu bank menetapkan prosedur-prosedur tertentu agar pemilik rekening menggunakan rekening untuk aktivitas transaksi.

Setelah kalian mengerti alasan bank dan sedikit penyebab kenapa kartu ATM kalian tidak aktif selanjutnya bagiamana cara mengetahui rekening masih aktif atau tidak.

Cara Mengetahui Rekening Masih Aktif atau Tidak

Kasus yang umum terjadi yaitu kalian masih dapat melihat dan mengecek rekening BRI maupun BCA menggunakan internet banking. Namun itu hanya mengecek, kalian tidak bisa melakukkan transaksi apapun menggunakan rekening yang tidak aktif tersebut.

Beberapa cara dibawah ini bisa kalian coba untuk mengecek rekening masih aktif atau tidak aktif.

Cara Pertama – Melakukan transaksi

Umunya rekening yang sudah tidak aktif tidak bisa melakukkan aktivitas transaksi. Jika kalian melakukkan transaki notifikasi pasti akan muncul yang menginformasikan bahwa rekening kalian sudah tidak aktif.

Cara Kedua – Menghubungi Customer Service Bank

Bank memberikan layana yang puas terhadapat customer maupun calon customer. Kalian dapat menghubungi customer service dari bank kalian dan menanyakan apakah rekening atas nama kalian sudah tidak aktif.

Cara ini cara yang paling efektif untuk dicoba. Bermodalkan pulsa dan duduk santai saja kalian bisa mengetahui status dari rekening kalian masih aktif atau sudah tidak aktif.

Cara Ketiga – Datang ke Bank Terdekat

Datang langsung ke bank pilihan yang tepat. Kalian dapat menanyakan rekening kalian dalam keadaan aktif atau tidak. Customer service nantinya akan mengecek rekening kalian.

Selain itu kalian juga bisa mengaktifkan Kembali rekening jika tidak aktif dengan dibantu customer service dari bank yang kalian gunakan.

Jangan lupa juga untuk membawa dokumen-dokumen yang mungkin akan dibutuhkan seperti KK, KTP, Buku tabungan dan juga kartu atm kalian.

Cara Keempat – Menggunakan Internet Banking dan Mobile Banking

Internet banking dan juga mobile banking mempermudah kita dalam mengelola rekening tersebut.  Transfer, cek saldo, cek mutas dan lainya dengan menggunakan hp.

Jika kalian memiliki internet banking maupun mobile banking kalian dapat login. Nanti akan ada informasi mengenai rekening kalian yang telah dinonaktifkan.

Jika kalian memiliki rekening dari BCA kalian perlu banget mengetahui tentang user id BCA. User id BCA digunakan untuk login ke Internet Banking BCA.

Kebanyakan orang lupa dengan user id bca oleh sebab saya memberikan informasi mengenai user id bca.

Bisakah Transfer ke rekening yang sudah tidak aktif?

Rekening yang sudah tidak aktif tidak bisa melakukkan transaksi baik itu transfer maupun menerima transfer.

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas untuk mengecek rekening aktif atau tidak kalian bisa melakukkan transfer ke rekening tersebut. Nanti akan ada informasi mengenai rekening yang dituju telah tidak aktif.

Apakah Rekening Yang Sudah Mati Dapat Diaktifkan Kembali?

Apabila rekening kalian telah mati (dormant) kalian masih dapat mengaktifkannya lagi. Kalian dapat mengaktifkannya dengan mengaktivasi manual di kantor bank.

Namun jangan lupa juga membawa dokumen yang mungkin dibutuhkan.

  1. KTP
  2. Buku tabungan
  3. ATM

Selain dengan datang langsung ke kantor bank kalian dapat mengaktifkannya dengan melakukkan transaksi debet.

Sekian infomasi yang dapat saya berikan mengenai cara mengetahui rekening masih aktif atau tidak.

Kalau untuk saya sendiri saya lebih nyaman langsung datang ke kantor bank dan menanyakan rekening saya. Namun jika tidak ingin datang langsung kalian bisa menghubungi melalui call center dari bank kalian.

Tinggalkan komentar