Pengertian dan Fungsi Flashdisk serta Kelebihan dan Kekurangannya

Seiring perkembangan teknologi ada sebuah barang yang berukuran kecil namun mempunyai banyak manfaat, ya itu adalah Flashdisk. Flashdisk sudah menjadi hal wajib yang harus dimiliki oleh setiap orang yang berkecimpung di dunia teknologi. Hal itu dikarenakan fungsi flashdisk dalam dunia teknologi sangat berpengaruh. Kadang beberapa orang mempunyai flashdisk lebih dari satu, hal itu didasari karena kebutuhan. Flashdisk menjadi salah satu komoditas utama barang-barang teknologi, terbukti dengan mudahnya kita membeli flashdisk, hampir di semua toko elektronik sudah menyediakan flashdisk dengan berbagai tipe, ukuran dan merek.

Flashdisk merupakan salah satu memori eksternal yang banyak digunakan saat ini. Memori eksternal adalah penyimpanan yang tidak di dalam sebuah perangkat dan mudah untuk dibawa kemana-mana. Berbeda dengan memori internal yang menancap pada suatu perangkat, memori eksternal ini mudah untuk dipindahkan pada perangkat satu ke perangkat lainnya.

Flashdisk mempunyai banyak julukan diantaranya USB Drive, Pen Drive, Pocket Drive, Micro disk dan masih banyak lagi. Sebenarnya banyak perangkat penyimpanan eksternal selain flashdisk, diantaranya hardisk, micro sd, CD-ROM, dan masih banyak lagi. Tetapi menurut saya perangkat eksternal yang paling efisien dilihat dari segi ukuran barang maupun ukuran penyimpanan adalah flashdisk. Pada artikel ini kami akan membahas tuntas flashdisk mulai dari pengertian flashdisk, fungsi flashdisk hingga kelebihan dan kekurangannya.

Fungsi Flashdisk

Apa itu Flashdisk?

Mungkin bagi pemula kalian akan bertanya-tanya, apa itu flashdisk? Flashdisk adalah alat penyimpanan data eksternal yang dapat dihubungkan pada port USB dan mampu menyimpan berbagai format data seperti file word, foto, video dan jenis jenis file lainnya. Flashdisk merupakan penyempurnaan dari penyimpanan eksternal seperti disket, CD-ROM atau lainnya. Pada awalnya disket dan CD-ROM menjadi penyimpanan eksternal utama. Akan tetapi setelah kedatangan flashdisk, posisi disket dan CD-ROM tersebut mulai tergantikan.

Seiring berkembangnya waktu, flashdisk sudah mempunyai berbagai ukuran penyimpanan. Dulu flashdisk hanya berukuran 512 MB. Akan tetapi sekarang kalian akan sangat sulit menemukan flashdisk dibawah 2GB. Karena flasdisk yang beredar sekarang mempunyai ukuran 4 GB, 8 GB, 16 GB, 32 GB, 64 GB, 128 Gb hingga yang pernah saya temui terdapat flashdisk yang mempunyai penyimpanan 1 TB atau 1000 GB.

Kenapa flashdisk yang hanya mempunyai ukuran kecil mampu menyimpan file yang cukup besar? Hal itu dikarenakan flashdisk hanya menggunakan chip sebagai komponen penyimpanannya dan hal itu yang membuatnya menjadi kecil. Itulah yang menjadi alasan kenapa flashdisk menjadi penyimpanan eksternal yang banyak digunakan saat ini. Berbeda dengan Hardisk atau CD yang masih menggunakan komponen mekanik, semua komponen flashdisk sudah menggunakan komponen digital elektrik.

Fungsi Flashdisk

Sudah pasti, fungsi flashdisk sangatlah membantu di berbagai hal. Untuk itu kalian harus mengetahui apa saja manfaat dari penggunaan flashdisk agar kalian dapat menggunakan flashdisk secara maksimal. Mungkin yang kalian ketahui fungsi flashdisk hanya melakukan pengiriman dari perangkat satu ke perangkat lainnya dan juga dapat menyimpan file. Tapi sebelum itu kalian harus mengetahui cara memindahkan file ke flashdisk agar tidak terjadi error pada file yang dikirim.

Fungsi flashdisk ternyata tidak hanya itu saja, ada yang cukup unik yaitu dapat menjalankan aplikasi portable. Saat flashdisk kalian colokkan, kalian dapat menjalankan aplikasi seperti OpenOffice, Notepad ++, Firefox Portable, 7Zip, dan masih banyak lagi aplikasi portable yang dapat dijalankan.

Selain aplikasi portable, kalian juga dapat memutar berbagai macam file audio atau memainkan video dalam laptop atau pc.

Mudahnya melakukan transfer file dengan flashdisk, oleh beberapa pengguna komputer dimanfaatkan untuk melakukan backup pada data data penting. Hal tersebut sangat membantu karena flashdisk dapat menampung berbagai macam ekstensi file.

Kelebihan Flashdisk

Flashdisk mempunyai banyak kelebihan dibanding penyimpana eksternal lainnya. Berikut akan kami berikan beberapa kelebihan flashdisk menurut Laci Usang:

  1. Harga flashdisk bisa dibilang paling murah diantara penyimpanan eksternal lainnya. Dengan harga yang terjangkau kita sudah mendapatkan ukuran penyimpanan yant cukup besar. Murag itulah yang menjadi salah satu faktor flashdisk sangat laku dan banyak digunakan orang.
  2. Flashdisk ini termasuk komponen hardware yang bersifat non volatile, artinya data yang tersimpan tidak akan hilang meskipun Flashdisk dicabut atau tidak dialiri listrik. Pada beberapa momory internal komputer terkadang data yang tersimpan akan hilang ketika komputer dimatikan.Flashdisk mampu menyimpan berbagai ekstensi file seperti .doc .mp3 .html .mp4 .pdf .jpeg bahkan file-file yang berekstensi aneh (tidak familiar atau jarang digunakan oleh umum)
  3. Berbeda dengan Disket dan CD-ROM, Flashdisk mempunyai ukuran yang lebih kecil. Sehingga flasdisk mudah dibawa keman saja. Dan semakin besar ukuran penyimpanan flashdisk, tidak mempengaruhi ukuran flashdisk secara fisik.
  4. Cara Penggunaan flashdisk cukup mudah. Hanya mencolokkan flashdisk pada port USB dan tunggu hingga perangkat mendeteksi, lalu kalian dapat menggunakan di File Explorer. Catatan: untuk pertama kali mencolokkan flashdisk pada perangkat yang baru, pendeteksian flashdisk akan sedikit memakan waktu karena perangkat melakukan proses install drive flashdisk.
  5. Flashdisk dapat menggantikan peran CD-ROM sebagai media instalasi windows. Akan tetapi terlebih dahulu flashdisk harus dijadikan bootable.

Kekurangan Flashdisk

Terlepas dari kelebihannya yang banyak, flashdisk juga mempunyai kekurangan yang harus kalian ketahui. Akan tetapi kekurangan disini bukan berarti flashdisk itu jelek dan tidak layak dibeli. Dengan mengetahui kekurangannya kita semaksimal mungkin dapat menghindari hal-hal ini. Apa saja kekurangan flashdisk?

  1. Bentuknya yang kecil memang memudahkan untul dibawa kemana saja, akan tetapi hal ituulah juga yang membuat peluang hilang atau jatuh semakin besar. Untuk itu kalian harus berhati-hati saat membawa flashdisk.
  2. Karena ukurannya yang kecil, agar lebih simple biasanya flashdisk ditaruh dalam saku celana. Nah kadang kalian lupa mencuci celana tersebut yang mengakibatkan flashdisk terkontaminasi air dan berakhir rusak. Oleh karena itu, biasakan menaruh flashdisk pada tempatnya.

Itulah ulasan mengenai pengertian dan fungsi flashdisk serta kelebihan dan kekurangannya. Dalam dunia yang hampir semuanya serba teknologi ini, sepertinya kita harus mengetahui hal-hal seputar teknologi. Untuk itu artikel ini bertujuan untuk memberikan wawasan bagi kalian yang belum mengetahui tentang flashdisk. Jika ada sesuatu yang belum kalian pahami dapat kalian tanyakan pada kolom komentar di bawah ini.

Tinggalkan komentar