Cara Ganti Kartu ATM BCA Rusak, Hilang, atau Berganti ke Chip

Banyak nasabah bank BCA yang ingin mengganti kartu ATM mereka. Untuk itu kami akan memberikan cara ganti kartu ATM BCA secara mudah.

Biasanya Bank menerbitkan kartu pembayaran secara elektronik yang biasa disebut dengan Kartu ATM. Kartu tersebut dapat digunakan untuk pembayaran secara nontunai dimana tidak perlu membawa uang cash atau tunai.

Jumlah uang di kartu ATM sesuai dengan jumlah uang di rekening tabungan. Keberadaan kartu ATM juga sangat memudahkan dalam transaksi dimana bentuknya yang simpel dan mudah dibawa kemana saja.

Setiap lembaga perbankan pasti memiliki kartu ATM sendiri-sendiri dengan berbagai penawaran yang berbeda-beda. Jenis kartu ATM pun banyak macamnya tergantung juga dengan jenis tabungan yang dipakai.

Bank BCA memberikan layanan kartu ATM bagi nasabahnya dimana kartu ATM tersebut dibagi menjadi beberapa kelas tergantung jenis tabungan yang dibuka.

Merchant yang bekerjasama dengan bank BCA juga sangat banyak sekali, jadi jika sedang melakukan transaksi di merchant tersebut jangan khawatir jika tidak membawa uang tunai karena kalian bisa bertransaksi secara non tunai menggunakan kartu ATM.

Cara Ganti Kartu ATM BCA

Kartu ATM BCA mempuyai masa yaitu 5 tahun. Jadi ketika kartu ATM sudah mencapai umur 5 tahun, maka kalian harus ganti kartu ATM BCA.

Selain itu, kartu ATM BCA terbaru mempunyai chip. Dimana hal tersebut dapat meminimalisir kejahatan. Jadi jika kalian mempunyai kartu ATM BCA lama yang tidak mempunyai chip, segera ganti kartu ATM BCA kalian.

Untuk itu kami akan memberikan cara ganti kartu ATM BCA yang sangat mudah dan dapat kalian lakukan.

Syarat Ganti Kartu ATM BCA

Saat ingin ganti kartu ATM BCA, kalian diharuskan untuk membawa persyaratan yang telah ditetapkan bank BCA. Berikut syarat ganti kartu ATM BCA.

  1. Buku Tabungan

Untuk jenis BCA yang tidak menggunakan buku tabungan, maka kalian tidak perlu membawa buku tabungan.

  1. Kartu Identitas

Kartu Identitas yang dapat kalian gunakan adalah KTP, SIM, Paspor atau kartu lainnya yang dapat memverifikasi bahwa kalian pemilik yang sebenarnya.

  1. Kartu ATM Lama

Persyaratan ini dikecualikan apabila kalian mengalami kehilangan kartu ATM BCA.

  1. Surat Kehilangan

Untuk mengganti kartu ATM yang hilang ada berkas tambahan yang harus kalian sertakan untuk pengajuan kartu ATM yang baru. Kalian harus menyertakan surat keterangan kehilangan dari kantor polisi terdekat dengan rumah kalian.

Pada surat tersebut harus disertakan data perbankan sesuai dengan yang tercantum di buku rekening maupun di kartu ATM yang hilang. Surat keterangan kehilangan dibutuhkan ketika kalian meminta kartu ATM baru di kantor cabang langsung melalui Customer service.

Karena kehilangan kartu ATM merupakan hal yang berbahaya, takutnya bisa disalahgunakan bagi yang menemukan. Jadi surat keterangan kehilangan dibutuhkan untuk proses pemblokiran kartu ATM yang hilang.

Baca Juga: Cara Melihat User ID BCA

Cara Ganti Kartu ATM BCA

Jika kartu ATM BCA kalian hilang, rusak, atau ingin berganti ke chip. Maka kalian perlu melakukan cara ganti kartu ATM BCA berikut ini.

Untuk cara mengganti kartu ATM BCA terdapat dua cara yang dapat kalian lakukan yaitu melalui customer service bank BCA dan mesin CSD (Customer Service Digital).

Perlu diketahui, cara ganti kartu ATM BCA ini dapat kalian terapkan pada semua jenis kartu BCA seperti Xpresi, Silver, Gold dan Platinum.

Cara Ganti Kartu ATM BCA Melalui Customer Service

  1. Siapkan buku tabungan dan kartu identitas diri (KTP)
  2. Datangi kantor cabang bank BCA terdekat lalu ambil nomor antrian untuk Customer Service.
  3. Setelah nomor antrian kalian dipanggil, katakan kepada costumer service tentang tujuan kalian.
  4. Customer service akan meminta persyaratan seperti kartu identitas diri (KTP) dan buku tabungan untuk memproses penggantian kartu ATM BCA yang baru.
  5. Customer service akan memproses dan mengambilkan kartu ATM yang baru kemudian diaktivasi oleh Costumer service.
  6. Kalian akan diminta memasukkan PIN (boleh baru atau tetap yang lama)
  7. Setelah itu selesai, Customer Service BCA akan memberikan kartu ATM yang baru kepada kalian.

Kekurang dari cara ganti kartu ATM BCA ini adalah kalian diharuskan mengantri dan menunggu giliran kalian untuk menghadap ke Customer Service BCA.

Akan tetapi jika kalian malas untuk menunggu lama, kalian dapat menggunakan mesin Customer Service Digital (CSD) yang ada di kantor bank BCA.

Cara Ganti Kartu ATM BCA Melalui Mesin Customer Service Digital (CSD)

  1. Sentuh layar CS Digital kemudian pilih menu Kartu lalu Ganti Kartu.
  2. Tap e-KTP lalu scan sidik jari telunjuk.
  3. Mesin akan meminta memasukkan kartu ATM rusak dan masukkan kartu ATM kalian.
  4. Akan muncul pilihan upgrade jenis kartu (Xpresi, Silver, Gold, Platinum) pada layar. Silahkan pilih kartu yang sesuai.
  5. Masukkan PIN baru (memakai PIN yang lama juga boleh).
  6. Kartu cetak yang baru akan keluar dari mesin CS Digital.

Dari seluruh perbankan yang ada di Indonesia bank BCA selalu terdepan untuk kecanggihan teknologinya, demi memudahkan nasabahnya dalam bertransaksi mereka menyediakan mesin CS Digital yang keberadaanya sangat membantu nasabahnya.

Dimana ketika nasabahnya kehilangan kartu ATM, kartu ATM rusak, penggantian kartu ATM berchip serta kartu ATM tertelan tidak perlu bingung. Karena dengan adanya CS Digital, kalian bisa mencetak kartu sendiri dengan menggunakan e-KTP dan buku tabungan.

Tetapi belum semua kantor cabang BCA menyediakan CS Digital, masih beberapa daerah tertentu saja tetapi tenang pihak bank BCA pasti akan meratakan kehadiran mesin CS Digital di semua kantor cabangnya di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Cara Cek Nomor Rekening BCA

Biaya Ganti Kartu ATM BCA

Untuk penggantian biaya ganti kartu ATM BCA dari Magnetic Stripe ke Chip adalah gratis. Sedangkan biaya layanan penggantian kartu ATM BCA yang rusak dan hilang berbeda-beda tergantung jenis kartu ATM yang digunakan.

  1. Biaya layanan paspor BCA Xpresi dan Silver adalah Rp.10.000 beserta biaya materai 6000.
  2. Biaya layanan paspor BCA gold dan platinum adalah Rp.15.000 sampai Rp.20.000 beserta biaya materai 6000.

Supaya tidak ada biaya tambahan untik materai 6000, kalian bisa membawa materai 6000 sendiri dari rumah. Biaya layanan ganti kartu ATM juga menjadi salah satu cara menegur halus supaya menggunakan kartu ATM hati-hati.

Baca Juga: Cara Mengetahui No Kartu ATM BCA 16 Digit

Penyebab Kartu ATM BCA Harus Diganti

Ada beberapa hal yang harus kalian ketahui mengapa perlu ganti kartu ATM BCA. Penggantian kartu ATM BCA memang harus dilakukan demi keamanan dan kenyamanan kalian sebagai nasabah. Sehingga ketika bertransaksi menggunakan kartu tidak terganggu.

Berikut beberapa penyebab harus ganti kartu ATM BCA:

  1. Kartu ATM BCA Terblokir

Saat memasukkan PIN kartu ATM hanya diberikan kesempatan sebanyak 3 kali saja, jika sudah sampai 3 kali memasukkan PIN yang salah secara otomatis maka kartu ATM akan terblokir dan tentunya tidak dapat digunakan untuk bertransaksi.

  1. Kartu ATM BCA Rusak atau Cacat

Kartu ATM BCA ada kecacatan atau kerusakan misal bagian plastik pelapis kartu ATM mengelupas atau adanya goresan pada garis hitam bagian belakang kartu, dan beberapa kecacatan lainnya.

Hal-hal itu juga bisa menyebabkan kartu ATM tidak bisa digunakan untuk bertransaksi, bahkan bisa tertelan di mesin ATM.

  1. Kartu ATM BCA Hilang

Jika kartu ATM BCA kalian hilang, maka kalian perlu ganti kartu ATM BCA untuk mempermudah kalian melakukan transaksi. Selain itu, hendaknya kalian segera melapor ke pihak BCA perihal kehilangan kartu ATM BCA tersebut.

Hal tersebut dilakukan agar pihak BCA segera memblokir kartu ATM lama yang hilang tersebut agar rekening kalian tetap aman.

  1. Kartu ATM BCA Retak

Kartu ATM BCA itu dahulunya lumayan tipis, jadi jika terlalu sering terkena tekanan akan mudah retak. Bahkan jika tekanan yang diberikan terlalu keras bisa menyebabkan patah dan seketika kartu ATM tidak bisa dipakai untuk bertransaksi.

Biasanya salah satu faktor penyebabnya adalah kartu ATM dimasukkan ke dalam dompet kemudian dimasukkan lagi di bagian saku belakang celana dan diduduki.

  1. Kartu ATM BCA Basah

Jika kartu ATM BCA terkena air karena kehujanan atau secara tidak sengaja tersiram air juga bisa menyebabkan kartu ATM tidak bisa dipakai. Memang sekali dua kali tidak apa-apa, akan tetapi jika terlalu sering terkena air itu bisa bermasalah kartu ATM bisa jadi lembab dan tumbuh jamur.

  1. Kartu ATM BCA Terkena Suhu Panas

Suhu panas memang bisa mempengaruhi beberapa jenis benda termasuk kartu ATM. Apalagi jika sampai terbakar, kartu ATM otomatis tidak bisa digunakan karena jika kartu ATM sudah terbakar itu berarti sudah rusak.

  1. Kartu ATM BCA Masih Menggunakan Magnetic Stripe

Pada tahun 2018 kartu ATM yang baru diperkenalkan menggunakan sistem keamanan chip. Jadi bagi kalian yang masih menggunakan kartu ATM magnetic stripe masih tetap bisa dipakai sampai batas waktu penggunaan terakhir tahun 2021.

Jika sampai tahun 2022 belum juga mengganti yang berchip, otomatis pihak perbankan akan melakukan pemblokiran. Maka dari itu kartu ATM yang masih menggunakan magnetic stripe diharuskan segera ganti kartu ATM BCA chip dengan mendatangi bank cabang terdekat.

Baca Juga: Cara Ganti PIN ATM BCA

Selesai sudah pembahasan kali ini tentang cara ganti kartu ATM BCA, semoga bisa membantu kalian. Jangan lupa share ke teman-teman kalian jika ini membantu. Dan jika ada yang kurang kalian pahami silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaan di kolom yang telah kami sediakan.

This content is protected by DMCA