7 Cara Menghapus Data dari Pinjaman Online (Pinjol)

Mengingat saat kalian meminjam online membutuhkan beberapa data penting, maka alangkah baiknya ketika proses peminjaman tersebut kalian menghapus datanya. Untuk itu kami akan memberikan cara menghapus data dari pinjaman online.

Saat ini semua serba mudah dan apapun dapat diakses kapanpun dimanapun tanpa perlu bersusah payah. Termasuk salah satunya mencari pinjaman uang.

Tetapi kalian harus teliti jika menyangkut dengan pinjaman online karena tidak semua pinjaman online diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Jika pinjaman online yang belum berada di bawah pengawasan OJK bisa dipastikan itu ilegal.

Pinjaman online atau pinjol kebanyakan juga mengambil bunga yang lumayan besar. Jadi jika kalian meminjam, maka jangan sampai lupa membayar bunganya. Karena bunga tersebut bisa menjadi lebih besar dari nominal uang yang kalian pinjam.

Banyak platform yang menyediakan pinjaman bahkan terdapat aplikasi yang menyediakan jasa pinjaman uang secara online. Dengan hanya bermodal data kartu identitas dan tanpa menunggu waktu lama proses peminjaman online dapat dilakukan, bahkan cair dalam hari itu juga.

Akan tetapi data yang sudah kalian lampirkan pada saat melakukan pinjaman online tersebut pastinya data yang sangat penting.

Karena hal tersebut, saat selesai meminjam uang secara online dan kalian sudah melunasinya. Kalian harus menghapus data kontak yang kalian lampirkan di platform pinjaman online tersebut.

Cara menghapus data dari pinjaman online atau pinjol ini dapat kalian gunakan untuk menghilangkan jejak pinjaman online kalian. Untuk lebih lengkapnya, perhatikan cara-cara di bawah ini.

Cara Menghapus Data dari Pinjaman Online

Belakangan ini banyak sekali penyalahgunaan data pribadi yang dilakukan oleh beberapa aplikasi pinjaman online. Penyalahgunaan data pribadi merupaan salah satu kejahatan yang bisa dikenai sanksi baik perdata maupun pidana.

Maka dari itu kalian harus lebih berhati-hati dalam menggunakan aplikasi yang berkaitan dengan pinjaman online. Berikut ini saya akan membagikan bagaimana cara menghapus data dari pinjaman online.

  1. Hubungi Call Center

Bagi kalian yang sudah melunasi semua pinjaman online, silahkan menghubungi pihak call center pinjaman online dan mengajukan permohonan penghapusan data pribadi kalian. Sertakan bukti-bukti valid bahwa hutang dari pinjaman sudah kalian lunasi.

Setiap platform pinjaman online mempunnyai call center yang berbeda-beda. Kalian dapat melihat pada informasi kontak pinjaman online yang kalian gunakan tersebut.

  1. Hapus Data Aplikasi

Dengan menghapus data, kalian dapat membersihkan data-data yang tersangkut di aplikasi pinjaman online.

Berikut cara menghapus data di aplikasi pinjaman online:

  1. Buka Pengaturan yang ada di telepon kalian
  2. Pilih pada bagian Aplikasi
  3. Cari aplikasi pinjaman online yang kalian gunakan
  4. Pilih Hapus Data dan Cache

Cara Menghapus Data Di Aplikasi Pinjaman Online

Setelah kalian melakukan cara di atas, maka data di aplikasi pinjaman online akan otomatis terhapus dan aplikasi akan kembali seperti semula ketika kalian membukanya pertama kali.

  1. Hapus Aplikasi Pinjaman Online

Penghapusan aplikasi bertujuan agar kalian bisa memutus diri dari rantai pinjaman online. Dengan menghapus aplikasi tersebut diharapkan agar tidak terjerat lagi untuk meminjam di pinjaman online yang beresiko.

Untuk menghapus aplikasi pinjaman online, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Pengaturan yang ada di telepon kalian
  2. Pilih pada bagian Aplikasi
  3. Cari aplikasi pinjaman online yang kalian gunakan
  4. Pilih Uninstall

Cara Menghapus Data Dari Pinjaman Online

Aplikasi pinjaman online akan secara otomatis terhapus dan hilang dari smartphone kalian.

  1. Ganti SIM Card Baru

Setelah menghapus aplikasi pinjaman online, kalian juga perlu mengganti kartu SIM Card. Hal ini bertujuan agar tidak muncul notifikasi pesan dari pinjaman online tersebut.

Dengan mengganti SIM Card baru, kalian dapat menghilangkan jejak dari pinjaman online yang pernah kalian gunakan.

  1. Hapus Akun Media Sosial

Beberapa aplikasi pinjaman online biasanya terhubung dengan akun sosial media kalian, jadi mereka masih bisa mengirim notifikasi dari akun sosial media kalian. Hal tersebut biasanya dilakuakn ketika kalian tidak bisa dihubungi.

Jadi kalian dapat hapus saja akun sosial media yang terhubung dengan aplikasi pinjaman online supaya lebih aman.

  1. Ganti Akun dengan Nomor Baru

Mengganti akun dengan nomor yang baru ini bertujuan agar kalian tidak bisa dihubungi lagi oleh pihak pinjaman online.

Jika kalian tidak ingin mengganti SIM Card baru dan membuang SIM Card lama. Maka cara menghilangkan jejak dari pinjaman online dengan mengganti akun dengan nomor yang baru ini adalah solusinya.

  1. Hubungi Otoritas Jasa Keuangan

Langkah terakhir ini dapat kalian gunakan jika pihak aplikasi pinjaman online sudah melewati batas dalam penyalahgunaan data pribadi kalian.

Maka kalian bisa melaporkan aplikasi tersebut ke OJK (Otoritas Jasa Keuangan) agar diproses apakah aplikasi tersebut memang betul-betul di bawah pengawasan OJK. Jika terbukti aplikasi ilegal tentunya pihak OJK akan memblokir aplikasi tersebut.

Perlu diketahui, semua cara menghapus data di pinjaman online atau pinjol di atas dapat dilakukan apabila kalian sudah melunasi semua pembayaran atau sudah mengembalikan uang beserta bunga yang ditetapkan pinjaman online yang kalian gunakan.

Jangan sekali-kali kalian lari dari tanggung jawab dengan meminjam uang tanpa mengembalikan. Karena hal tersebut merupakan tindakan yang menyalahi aturan dan melanggar hukum.

Cara Mengamankan Data Kontak dari Pinjaman Online

Terlepas dari cara-cara di atas, kalian juga perlu mengetahui cara menghapus data kontak dari pinjaman online untuk menghindari pihak pinjaman online menghubungi kontak yang tersimpan di smartphone kalian.

Untuk mengamankan kontak di smartphone kalian agar daftar kontak kalian tidak disadap oleh pihak pinjaman online. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Settings atau Pengaturan di Smartphone kalian.
  2. Pilih menu Aplikasi kemudian cari aplikasi pinjaman online terkait.
  3. Pilih Perizinan Akses Aplikasi
  4. lalu nonaktifkan semua izin akses aplikasi.

Cara Mengamankan Data Kontak dari Pinjaman Online

Kalian juga bisa mengamankan dengan mengganti nomor WhatsApp, menonaktifkan GPS dan jangan kaitkan sosial media kalian dengan nomor yang baru.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, kalian sudah berhasil melakukan cara menghilangkan sadapan pinjaman online

Baca Juga: Cara Menghapus Akun Akulaku

Bahaya Pinjaman Online

Pinjaman online mempunyai beberapa bahaya yang perlu kalian ketahui. Yang sering terjadi saat ini adalah penyalahgunaan data pribadi dari peminjam. Dimana mereka menggunakan data pribadi kalian untuk mengancam ketika peminjam atau nasabah mengalami kredit macet.

Bahkan jika ketika kalian pertama kali menggunakan aplikasi pinjaman online dan menyetujui aplikasi tersebut mengakses seperti kontak nomor. Bisa dipastikan mereka mampu melacak kemudian menghubungi saudara terdekat ataupun teman-teman kalian agar kalian membayar sisa pinjaman kalian.

Mereka juga akan menghalalkan segala cara agar uang yang kalian pinjam dikembalikan secara penuh beserta semua bunganya. Hal ini biasa sering terjadi pada aplikasi yang tidak langsung diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan tentunya ilegal.

Apabila kalian meminjam di aplikasi yang diawasi oleh OJK, mereka hanya menggunakan data pribadi peminjam untuk menguji kelayakan kredit apakah ada kendala dalam pembayaran pinjaman atau tidak.

Selain itu apabila platform pinjaman online yang tidak terpercaya, mereka dapat menjual data kalian. Dimana menjual data termasuk salah satu hal yang tidak diperbolehkan dan melanggar hukum.

Tips Menghindari Pinjaman Online

Pinjaman online memang memiliki resiko yang lumayan besar. Bahkan kehidupan kalian bisa terusik hanya karena pinjaman online.

Maka dari itu jangan terlalu menggantungkan hidup dengan berhutang, apalagi di pinjaman online. Terlebih juga banyak aplikasi online yang belum tentu berada di bawah pengawasan OJK atau dalam kategori ilegal.

Kami akan memberikan beberapa tips kepada kalian agar terhindar dari pinjaman online.

  • Biasakan diri untuk hidup hemat
  • Menabung dari uang gaji. Berapapun nilai uang yang kalian tabung tidak menjadi masalah. Untuk menabung, salah satunya kalian dapat menggunakan Bank. Khusus Bank BRI, kalian dapat membaca cara menabung di Bank BRI.
  • Jangan terlalu memaksakan diri untuk hidup sesuai tren tapi sesuaikan dengan keadaan kita apa adanya.
  • Jangan menuruti gengsi, karena hanya akan menyiksa diri kalian di masa depan
  • Jangan malu untuk berkata tidak jika di tawari sesuatu yang tidak sesuai dengan kemampuan kalian

Itulah cara menghapus data dari pinjaman online yang dapat kalian lakukan pada semua platform pinjaman online seperti Kredit Pintar, Rupiah Cepat, Tunaiku, Modalku, UangTeman dan masih banyak lagi.

Selain itu kami juga sudah memberikan bahaya dari pinjaman online beserta tips menghindari pinjaman online. Apabila terdapat sesuat yang belum kalian pahami, maka kalian dapat meninggalkan komentar di bawah.

Atau jika menurut kalian artikel cara menghapus data kontak dari pinjaman online ini bermanfaat, kalian dapat membagikan melalui tombol share yang sudah kami sediakan.

Tinggalkan komentar