Cara Scan Barcode Maps Android dan IOS beserta Cara Membuatnya

Aplikasi maps merupakan hal yang sangat penting di era sekarang ini, karena dengan aplikasi ini kalian tidak akan mungkin tersesat saat mencari alamat. Cukup nyalakan GPS dan cari alamat menggunakan aplikasi maps, maka maps akan memberitahu berbagai jalan seperti jalan tercepat atau jalan alternatif. Seiring berkembangnya jaman, koordinat maps atau alamat dapat dibuat barcode. Misalnya jika kamu ingin memberitahu alamat rumahmu kepada teman, kamu tidak perlu memberitahu alamat detailnya dan cukup suruh teman kalian menscan barcode yang telah kamu buat. Mudah bukan? Tetapi kalian perlu mengetahui terlebih dahulu cara scan barcode maps beserta cara membuatnya. Sebenarnya cara scan barcode maps itu hampir sama dengan cara scan barcode QR, dikarenakan barcode maps tergolong barcode QR.

Dengan kemudahan mencari alamat ini, aplikasi maps banyak dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Misalnya pada undangan, layaknya undangan modern biasanya terdapat alamat yang berbentuk barcode. Hal itu sangat memudahkan bagi tamu undangan untuk menghadiri acara tersebut tanpa takut salah alamat atau tersesat. Tetapi kalian terlebih dahulu harus mengetahui cara scan barcode maps android atau IOS berikut ini.

Cara Scan Barcode Maps di Android

Daripada menuliskan url google maps, banyak orang cenderung menggunakan barcode QR untuk mempermudahnya. Dengan QR ini kalian cukup memindainya menggunakan kamera. Beberapa smartphone kelas atas sudah dilengkapi fitur bawaan pemindai kode QR pada kameranya. Tetapi jika smartphone kalian belum ada, kalian dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka Play Store, cari dan unduh aplikasi QR & Barcode Scanner. Tunggu hingga proses instalasi selesai.
  2. Setelah selesai, buka aplikasi tersebut.
  3. Untuk pertama kali menggunakan aplikasi QR & Barcode Scanner, kalian diharuskan memberikan akses perijinan kamera.
  4. Setelah aplikasi terbuka, arahkan kamera pada barcode yang ingin kalian scan.
  5. Setelah terdeteksi barcode tersebut, pilih buka browser.
  6. Pilih google maps atau browser kesayangan kalian. Kalau kami sih merekomendasikan google maps.

Cara Scan Barcode Maps di Android

Selain digunakan untuk scan barcode maps aplikasi ini juga mendukung untuk scan barcode wifi, kontak, dan masih banyak lagi. Sebenarnya aplikasi untuk menscan barcode maps bukan hanya QR & Barcode Scanner saja, masih banyak aplikasi barcode scanner yang ada di Play Store. Kalian dapat menggunakan aplikasi selain itu, dan hampir semua aplikasi barcode scanner untuk cara menggunakannya sama.

Cara Scan Barcode Maps di IOS

Hampir semua perangkat IOS sudah dibekali fitur bawaan kamera yaitu pembaca barcode QR. Cukup arahkan kamera pada barcode QR, maka iphone kalian akan otomatis mendeteksi. Tapi jika kalian ingin menggunakan aplikasi pihak ketiga, maka kalian perlu mengunduh Quick Scan – QR Code Reader. Cara menggunakannya sebagai berikut:

  1. Buka App Store terlebih dahulu. Cari dan unduh Quick Scan – QR Code Reader.
  2. Setelah proses instalasi berhasil, buka aplikasi tersebut.
  3. Arahkan kamera pada barcode QR yang ingin kalian scan.
  4. Aplikasi akan segera mendeteksi URL maps. Silahkan buka dengan tap dan kalian akan diarahkan sesuai dengan apa yang kalian scan.

Itulah cara scan barcode di Iphone yang harus kalian ketahui. Selain menscannya kalian juga dapat membuat barcode sendiri lho. Untuk penjelasan lebih lanjut baca artikel dibawah ini.

Cara Membuat Barcode Maps Tanpa Aplikasi di Android dan IOS

Tak perlu memakai aplikasi untuk membuat barcode maps, cukup memanfaatkan browser bawaan kalian saja. Cara ini dapat digunakan pada perangkat Android maupun IOS. Tetapi pada tutorial ini kami menggunakan perangkat android. Mungkin anda bingung bagaimana caranya, ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk membuat barcode maps tanpa aplikasi.

  1. Buka aplikasi google maps kalian, atau juga dapat menggunakan browser dengan mengunjungi link berikut https://www.google.com/maps/
  2. Ketikkan alamat atau tempat yang ingin kalian bentuk barcodenya.
  3. Setelah maps menunjukkan tempatnya, klik Info Selengkapnya.
  4. Setelah masuk pada bagian info, klik tombol bagikan tempat.
  5. Salin info tempat tersebut menggunakan papan klip.

Cara Membuat Barcode Maps Tanpa Aplikasi

  1. Masuk ke browser yang kalian punya, dan tempelkan info tempat yang sudah kalian copy tadi.
  2. Bersihkan url sehingga membentuk url google maps.
  3. Tambahkan .qr pada akhir url google maps tersebut.
  4. Barcode kalian sudah jadi dan siap digunakan.

Cara Membuat Barcode Maps Tanpa Aplikasi

Sekarang kalian dapat menscreenshot barcode tersebut untuk kalian gunakan atau bagikan kepada teman kalian. Jika dengan cara di atas kalian bingung atau gagal melakukannya, kalian dapat mencoba cara membuat barcode maps lain di bawah ini.

Cara Membuat Barcode Maps dengan Aplikasi di Android

Selain tanpa aplikasi, kini ada juga aplikasi yang dapat membuat barcode maps. Dengan menggunakan aplikasi ini, membuat barcode maps lebih mudah dibandingkan dengan cara tanpa aplikasi di atas. Aplikasi yang kami gunakan adalah QR Droid. Cara membuat barcode maps nya sebagai berikut:

  1. Buka Play Store. Cari dan install QR Droid
  2. Setelah proses install selesai. Buka aplikasi tersebut.
  3. Untuk pertama kali berikan akses perijinan kamera.
  4. Masuk ke pojok kiri atas (ikon garis 3) dan pilih bagian My QR Codes

Cara Membuat Barcode Maps dengan Aplikasi

  1. Klik ikon + pada pojok kanan bawah
  2. Akan disajikan banyak pilihan. Pilih menu Geolocation.
  3. Setelah masuk pada menu Geolocation, pilih ikon koordinat untuk lokasi terkini kalian dan pilih ikon peta untuk mencari alamat.

Cara Membuat Barcode Maps dengan Aplikasi

  1. Dalam tutorial ini kami menggunakan pilihan peta. Ketik alamat yang ingin dibuat barcode dan cari. Setelah ketemu klik Use This Address.
  2. Koordinat maps akan otomatis terisi sesuai alamat yang akan dibuat barcode.
  3. Klik next dan kalian akan sampai pada bagian pengeditan barcode QR.
  4. Setelah kalian puas mengedit, klik Done dan barcode QR akan tersimpan.

Cara Membuat Barcode Maps dengan Aplikasi

Itulah berbagai cara menscan barcode maps android dan IOS beserta cara membuatnya.  Barcode maps ini banyak digunakan untuk memudahkan memberikan alamat dalam berbagai acara misalnya pernikahan, seminar dan masih banyak lagi. Mengingat banyaknya manfaat barcode maps ini, kalian perlu mengetahui hal tersebut agar tidak ketinggalan jaman.

Tinggalkan komentar