14 Cara Mengatasi Tidak Terdaftar Di Jaringan (Not Registered On Network)

Rasanya malas banget ketika kita mau melakukan panggilan telepon atau memasukkan kode ussd dan ketika mengetikkan kode dial terdapat notifikasi tidak terdaftar di jaringan ( Not Registered On Network).

Masalah jaringan yang sering kali dialami pengguan internet sebernanya ada beberapa seperti tidak terdaftar di jaringan, kode MMI tidak valid, jaringan tiba tiba lelet, dan masih banyak lagi. Beda masalah jaringan, berbeda pula cara mengatasinya. Untuk itu kali ini kami akan membahas tentang cara mengatasi tidak terdaftar di jaringan.

Sebenarnya kenapa sih kok kartu sim tidak tidak terdaftar di jaringan (not registered on network) padahal sinyal bagus dan hp pun normal-normal saja. Masalah ini sudah banyak sekali muncul di hp, terutama sih Android soalnya kalo IOS mungkin sudah aman kali ya.

Di iphone pun mungkin bisa terjadi penyebabnya dari kartu perdana itu sendiri. Saya pernah mengalami ini di hp vivo dan kartu sim yang saya gunakan yaitu im3. Tapi kebanyakan masalah ini muncul di hp samsung dan kartu indosat, tapi ada beberapa yang mengalami not registered on network ini di hp lain seperti oppo, xiaomi, samsung galaxy j1, Samsung j2 prime dan hp-hp lainnya.

Penyebab tidak terdaftar di jaringan ini bisa terjadi dari hp kalian dan juga kartu sim. Kartu sim yang mengalami masalah tidak terdaftar di jaringan ini juga banyak mulai dari Indosat ooredo, im3, telkomsel, smartfren, axis, xl, 3 juga ada yang pernah mengalami masalah ini.

Kenapa Kartu Sim Tidak Terdaftar di Jaringan?

kartu sim tidak terdaftar di jaringan

Penyebab tidak terdaftar jaringan ini ada banyak sekali. Tapi, setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Tips dibawah bisa kalian coba satu per satu, mungkin bisa perbaiki masalah not registered on network ini.

Sedangkan untuk penyebab kartu sim tidak terdaftar di jaringan ada banyak, mungkin kalian mengalami salah satu dari penyebab berikut ini:

  • Hp gagal memindai jaringan
  • Kesalahan pada sistem
  • Kerusakan pada hardware hp
  • Kartu sim terblokir
  • Kartu sim belum registrasi

Nah maka dari itu kali ini Laci Usang akan memberikan tips cara mengatasi tidak terdaftar di jaringan atau not registered on network. Berikut beberapa cara alternatif yang mungkin bisa membantu untuk atasi masalah tidak terdaftar jaringan ini.

Baca Juga : Cara Mempercepat Jaringan Smartfren

14 Tips Cara Mengatasi Error Kartu Sim Tidak Terdaftar di Jaringan 

Kami akan memberikan 14 tips cara mengatasi error kartu SIM tidak terdaftar di jaringan yang dapat kalian coba. Cara yang kami berikan ini sangatlah mudah, jadi kalian dapat mencoba satu persatu hingga masalah kalian dapat teratasi.

  1. Tunggu Beberapa Waktu

Hal paling membosankan adalah menunggu iya kan. Kalian dapat mencoba untuk menunggu beberapa saat, mungkin ada masalah jaringan. Jika masih tidak bisa coba gunakan operator yang sama nomor yang berbeda, mungkin pinjam teman kalian. Jika teman kalian tidak ada masalah berarti tedapat di hp android kalian. Bisa saja software atau hardware yang rusak. Tunggu 30-1jam untuk mengatasi masalah tidak terdaftar di jaringan ini.

  1. Cek Kartu Sim Sudah Terdaftar Apa Belum

Langkah awal yang harus di cek yaitu mengecek apakah nomor kalian sudah melakukan registrasi atau belum jika belum segera registrasi untuk menggunakan kartu tersebut. Masalah ini mungkin bisa terjadi di kartu kalian karena belum terdaftar. Mungkin kalian lupa sih tidak daftar dahulu hehehe. Coba aja cek kartu sim kalian sob.

  1. Ganti Mode Jaringan ke 3G atau 2G

Untuk tips ini mungkin bisa membantu. Sebenarnya hampir semua hp jika dimasukkan sim card akan otomatis melakukan deteksi jaringan sesuai lokasi kalian. Untuk jaringan default bisa LTE, 3G atau 2G tergantung pada lokasi kalian saat ini.

Masalah ini mungkin bisa terjadi dikarenakan sebuah jaringan, maka dari itu coba untuk ganti mode jaringan ke 3G atau 2G dan coba melakukan panggilan atau memasukkan kode ussd dan lihat apakah masalah kartu sim tidak terdaftar di jaringan sudah dapat teratasi

  1. Gunakan Mode Pesawat

Masalah ini terjadi bisa disebabkan oleh jaringan. Coba matikan semua jaringan yang ada di hp kalian dan aktifkan mode pesawat. Tunggu beberapa menit kemudian aktifkan lagi jaringan kalian. Lalu coba dengan melakukan panggilan atau masukan ussd. Cara ini bisa membantu masalah tidak terdaftar di jaringan ini. Tapi tidak semua bisa terselesaikan dengan cara ini.

  1. Setting Jaringan Lewat Kode Rahasia

Setiap smartphone mempunyai sebuah kode untuk melakukan pengaturan jaringan. Dengan mengganti jaringan lewat kode dial, mungkin dapat mengatasi masalah ini. Untuk kode dial pada merek smartphone berbeda-beda, biasanya kode dialnya adalah *#*#3848#*#* atau *#*#4636#*#* atau *#*#4838#*#*.

Kalian dapat mencoba satu persatu kode dial di atas, yang sesuai dengan merek smartphone kalian. Setelah kalain masuk pada pengaturan jaringan, coba untuk menggantinya ke LTE/TD-SCDMA-UMTS atau lainnya sesuai jaringan kalian.

Yang terpenting jangan melakukan pemilihan jaringan pada LTE Only. Karena 4G LTE Only hanya digunakan untuk mengunci jaringan saja dan bahkan saat kalian mengunci jaringan 4G untuk mengecek pulsa saja tidak bisa.

  1. Copot Kartu Sim

Mencopot kartu dan memasukkan kembali adalah hal umum yang sering dilakukan banyak orang ketika mengalami masalah pada jaringan. Mencopot kartu ini bisa merestart jaringan kartu kalian.

Jadi apabila penyebabnya terletak pada jaringan, maka solusinya dengan merestart jaringan dengan mencopot kartu SIM kemudian menancapkannya kembali. Mungkin hal tersebut dapat mengatasi masalah di jaringan.

  1. Hubungi CS Operator

Setiap operator kartu sim pasti memiliki CS (customer service). Masalah ini bisa disebabkan juga oleh kartu sim tersebut. Untuk itu mengatasi masalah tersebut, kalian bisa langsung menanyakan ke setiap CS kartu yang kalian gunakan.

Apabila masalahnya memang terletak di kartu simnya, maka kalian akan diberi tahu bahwa ada sesuatu yang bermasalah di jaringan atau lainnya. Untuk menghubungi customer service, kalian hanya perlu mengutarakan masalah yang sedang kalian alami.

Artikel Terkait :

Call Center Telkomsel

Call Center Tri

  1. Datang ke Pusat Pelayanan Kartu

Datang langsung ke pusat pelayanan kartu sesuai operator sim kalian merupakan hal yang cerdas, akan tetapi hal tersebut sedikit menguras tenaga dan memakan waktu. Akan tetapi apabila kalian datang ke pusat pelayanan kartu, maka masalah kalian sudah pasti dapat teratasi.

Kalian dapat langsung datang ke grapari jika nomor kalian telkomsel, atau ke XL Center jika nomor kalian XL, dan jika nomor kalian indosat kalian bisa datang ke Gerai Indosat. Jika terdapat masalah pada kartu sim kalian, maka nanti akan diperbaiki oleh pegawai pusat pelayanan tersebut.

  1. Restart HP

Merestart HP juga dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tidak terdaftar di jaringan (not registered on network). Cara ini biasa dilakukan orang apabila sedang mengalami error pada sebuah smartphone.

Tak adalah salahnya jika kalian mencoba cara ini, siapa tahu kalian dapat mengatasi masalah tidak terdaftar di jaringan ini hanya dengan merestart hp. Tentunya kalian akan sangat senang sekali.

  1. Flash Hp

Beberapa langkah sudah dicoba dan tidak bisa memperbaiki masalah tidak terdaftar di jaringan ini. Cobalah flash hp kalian, flash ini bisa terbukti membantu atasi masalah ini dan bisa juga tidak apabila memang kerusakan terletak pada hardware.

Kalian bisa flash sendiri hp kalian sudah banyak cara dan tutorial flash hp di youtube maupun di google. Jika kalian tidak bisa, suruh orang yang bisa atau kalian bawa ke service hp untuk flash.

  1. Update OS

Not registered on network ini juga bisa disebabkan oleh sistem yang tidak berjalan dengan semestinya, karena OS terdapat bug atau hal yang error di dalam sistem maka bisa juga masalah ini disebabkan oleh OS.

Di beberapa merek smartphone terbaru kebanyakan ada update OS, guna memperbaiki sistem yang error atau menambah peforma hp. Tapi ada juga yang belum bisa update OS.

  1. Reset Hp Ke Pengaturan Pabrik

Mereset hp ke pengaturan pabrik ini cukup ekstrim juga dilakukan, karena ketika kalian mereset hp ke setelan pabrik semua data akan hilang. Apapun  file yang ada di dalam hp akan hilang kecuali sistem bawaan hp.

Cara ini bisa dicoba untuk mengatasi masalah not registered on network ini. Ada beberapa orang yang menggunakan cara ini terbukti berhasil. Lalu apa masalahnya? Tak tau juga karena reset ke pengaturan awal berarti mengembalikan semua ke awal seperti hp baru.

Coba saja dengan cara ini, tapi sebelum reset saya rekomendasikan dahulu untuk membackup data data kalian. Sebelumnya sudah saya ulas tentang aplikasi backup terbaik di android.

  1. Service Hp

Jika masalah belum kelar juga coba bawa ke tukang service mungkin ada beberapa komponen yang error atau rusak. Mungkin tukang service lebih mengetahui letak dari masalah kenapa tidak terdaftar di jaringan ini.

Akan tetapi apabila kalian menggunakan jasa, kalain harus mengeluarkan sedikit uang untuk membayar jasa tersebut. Dan jika masalah kartu not registered on network ini sudah hilang kalian pasti akan lega.

  1. Ganti Kartu Sim

Semua cara sudah digunakan dan masalah belum kelar cara yang terakhir adalah buang kartu wkwkw. Buang kartu ya sob, sebelum dibuang kalian datang saja ke pusat pelayanan kartu sesuai provider yang kalian gunakan untuk transfer nomor ke kartu yang baru. Jadi nomornya sama cuma kartunya yang diganti.

Nah itulah beberapa tips, cara memperbaiki tidak terdaftar di jaringan (not registered on network). Gimana sob, apakah masalah kalian terselesaikan dengan beberapa cara alternatif diatas. Jika ada yang berhasil jangan lupa kasih komentar untuk memberi tahu ke teman-teman lainnya bahwa cara ini berhasil di hp kalian.

Tinggalkan komentar