Tips dan Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Mencukupi

Mengelola keuangan keluarga memang sangat diperlukan untuk orang yang sudah berumah tangga. Berikut tips dan cara mengatur keuangan rumah tanggaa agar mencukupi.

Dalam rumah tangga tentunya sangat diperlukan mengatur keuangan dengan baik, tidak hanya perempuan saja tetapi semua anggota keluarga harus sama-sama belajar. Memang tidak mudah dalam mengatur keuangan, harus banyak belajar tips dan trik agar berhasil. Selain itu juga harus tekun, rajin, teliti dan telaten dalam menjalankannya.

Setiap orang juga memiliki gaji yang berbeda-beda, tetapi agar mencukupi cara mengatur keuangan rumah tangga harus dilakukan.

Dengan mengetahui cara mengelola keuangan rumah tangga, diharapkan arus keuangan menjadi sehat. Biasanya hanya ibu atau perempuan yang menjadi peran kunci dalam mengatur keuangan, tetapi agar semuanya berjalan dengan baik semua anggota keluarga harus tahu dan memahami bagaimana cara mengatur keuangan keluarga dengan baik.

Kerjasama keluarga juga merupakan peran yang juga harus diterapkan dalam mengatur keuangan, sekecil apapun peran anggota keluarga tetap harus dihargai. Supaya mereka juga tahu bagaimana kondisi keuangan dan bagaimana cara mengaturnya agar mencukupi kebutuhan selama satu bulan.

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Bagaimana cara mengatur keuangan runah tangga agar mencukupi dan tidak boros? Ada beberapa cara yang bisa kalian terapkan dalam sehari-hari agar keuangan yang kalian miliki mencukupi.

Terlepas dari itu setiap cara bisa kalian lakukan tetapi tidak harus langsung semuanya, lakukan saja secara bertahap satu persatu terlebih dahulu jika keberatan melakukan semuanya bersamaan. Karena yang paling penting adalah bagaimana prosesnya sehingga bisa menjadi kebiasaan yang baik.

  1. Membuat Skala Prioritas Tertulis

Skala prioritas tetap menjadi poin yang paling utama, karena di dalamnya tercatat semua kebutuhan penting yang harus terpenuhi. Setiap daftar penting tersebut harus tercatat di dalam skala prioritas.

Buatkan buku khusus untuk mencatat kebutuhan penting setiap bulannya. Buku ini juga harus bisa diketahui oleh seluruh anggota keluarga dan disimpan oleh bendahara keluarga yaitu ibu.

Selain kebutuhan pokok atau prioritas, kalian juga harus menuliskan kebutuhan kondisional serta kebutuhan yang tiba-tiba atau mendesak.

  1. Membuat Anggaran Belanja Bulanan Tertulis

Setiap kebutuhan pokok harus disiapkan anggaran untuk kebutuhan sehari-hari. Biasanya tidak jauh berbeda dengan bulan-bulan berikutnya. Besar kecilnya anggaran yang dibutuhkan kalian harus menuliskannya di buku khusus skala prioritas.

Termasuk juga anggaran untuk dana darurat juga harus dipersiapkan. Anggaran tersebut bisa disimpan di amplop atau dompet khusus yang sudah diberikan nama supaya mudah ketika akan dibelanjakan.

Siapkan anggaran tersebut di awal bulan atau hari pertama menerima gaji, sehingga dana sudah direncanakan dari awal tidak akan digunakan untuk hal yang lain.

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 1 Juta

  1. Mencatat Setiap Pengeluaran

Mencatat pengeluaran biasanya dilakukan untuk mengoreksi atau mengecek apakah pengeluaran di bulan ini atau sebelumnya mengalami perubahan atau tidak.

Perubahan yang terjadi bisa dikarenakan beberapa faktor, kemungkinan ada kebutuhan mendesak yang terlalu sering sehingga pengeluaran bertambah.

Dalam mencatat pengeluaran kalian bisa membuat buku khusus untuk mencatatnya, jangan campurkan dengan buku catatan lainnya. Agar kalian mudah dalam mengecek pengeluaran yang telah dilakukan.

Catat setiap pengeluaran dalam satu hari dengan menggunakan bukti struk atau nota pembelian dan pembayaran apapun. Jika dalam satu hari terlalu membebani kalian bisa mencatatnya setiap 2 atau 3 hari.

  1. Mendahulukan Kebutuhan daripada Keinginan

Kebutuhan wajib untuk dipenuhi agar aktivitas sehari-hari berjalan dengan lancar. Berbeda dengan keinginan yang biasanya hanya bersifat sementara. Kalian harus bisa membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan.

Setiap kali kalian menginginkan sesuatu perhatikan dahulu apakah sesuatu itu masuk kedalam kebutuhan yang harus dipenuhi. Jika tidak lebih baik jangan kalian hiraukan, tahan saja untuk membeli dan lebih dahulukan kebutuhan kalian.

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 3 Juta

  1. Memasak Makanan Sendiri

Beberapa orang memang tidak telaten memasak mungkin karena sibuk atau tidak ada waktu sehingga terpaksa harus membeli makanan di rumah. Tetapi jika kalian di rumah berkeluarga tentu istri akan menyarankan untuk memasak makanan sendiri. Karena bisa menghemat uang serta uang untuk beli makanan bisa digunakan untuk hal lainnya.

Memasak memang membutuhkan banyak waktu, tetapi dengan memasak sendiri kebersihan dan kesehatan makanan lebih terjamin. Dan tentunya biayanya agak murah daripada membeli makanan di warung, jika membeli makanan 30 ribu untuk satu hari makan maka jika memasak sendiri 30 ribu bisa untuk 2 hari makan. Lebih hemat memasak sendiri bukan?

  1. Membawa Bekal dari Rumah

Membawa bekal dari rumah juga salah satu cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros, dimana jika kalian harus membeli makanan di luar yang belum tentu terjamin kebersihan dan kesehatannya. Maka dengan membawa bekal dari rumah kalian juga bisa dianggap berhemat.

Selain itu juga kalian bisa menyenangkan istri atau ibu kalian dirumah. Serta uang yang seharusnya untuk jajan di luar bisa kalian tabung.

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 4 Juta

  1. Sisihkan Dana Darurat

Keperluan darurat biasanya muncul secara tidak terduga, seperti sakit yang tiba-tiba merupakan juga masuk hal darurat. Dimana kalian akan memerlukan dana tambahan untuk membeli obat atau berobat di rumah sakit.

Ada lagi jika ada saudara melahirkan, saudara menikah dan hajatan lainnya juga memerlukan dana darurat. Hal ini memang tidak setiap bulan ada tetapi terlepas hidup di kota maupun desa sama saja tetap harus menyiapkan dana darurat untuk hal-hal tersebut.

Maka dari itu menyiapkan dana darurat sangat perlu sekali, siapkan setiap awal bulan berapapun nominalnya.

  1. Bayar Tagihan Tepat Waktu

Bagi kalian yang memiliki tagihan bulanan harus menyiapkan anggaran di awal bulan supaya kalian tidak kebingungan nantinya. Anggaran ini jangan sampai tercampur dengan anggaran kebutuhan lainnya.

Termasuk jika kalian memiliki hutang harus berkata jujur dengan anggota keluarga, jangan menyembunyikan fakta jika kalian meminjam uang orang lain demi keluarga.

Untuk tagihan lainnya jangan sampai kalian kesampingkan sehingga hanya fokus pada tagihan hutang. Semua tagihan harus kalian bayarkan tepat waktu jangan sampai menunggak.

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Pribadi Remaja

  1. Memanfaatkan Transportasi Umum

Bagi kalian yang tidak memiliki kendaraan pribadi, lebih baik gunakan transportasi umum yang tentunya lebih murah dari menggunakan taksi atau ojek. Mengapa saya menyarankan kendaraan umum karena rata-rata biayanya lebih murah serta terjangkau.

Jika kalian sudah memiliki kendaraan sendiri, lebih baik jika kalian berkendara menggunakan kendaraan sendiri. Karena selain efektif meskipun bisa lebih mahal sedikit daripada kendaraan umum kalian akan menjadi lebih nyaman dan tidak merepotkan.

Jika jarak perjalanan tidak jauh lebih baik kalian berjalan kaki saja, selain sehat juga tidak mengeluarkan uang.

  1. Hindari Berpergian yang tidak Penting

Nongkrong, jalan-jalan serta berwisata juga menjadi hal dibutuhkan oleh jiwa raga agar tetap bugar. Tetapi jangan terlalu berpergian terlalu sering, karena biaya uang dibutuhkan untuk satu keluarga lumayan banyak.

Boleh-boleh saja kalian membuat jadwal untuk berpergian tetapi pikirkanlah juga berapa budget yang kalian miliki, apakah bisa mencover semua keperluan selama berpergian. Perhitungkan dengan matang semua biaya yang harus dikeluarkan sebelum melakukan berpergian.

Memang sangat banyak cara mengatur keuangan rumah tangga agar mencukupi. Tentunya tidak mudah dalam menjalankannya karena tidak semua orang bisa langsung berhasil. Tetap jalankan saja dengan disiplin dan sungguh-sungguh serta jangan menyerah.

Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Diperlukan juga tips-tips untuk mengatur keuangan dalam rumah tangga, tips tersebut yang nantinya akan menjadi cara mengatur keuangan keluarga berjalan dengan sukses. Tentunya tips tersebut dijalani secara bersamaan dengan mengatur keuangan. Memang secara tidak langsung, tetapi tetap akan terasa efeknya secara perlahan.

  1. Hemat dan Tidak Boros

Dalam membelanjakan uang harus sesuai dengan bijak, membelanjakan sesuai yang tercatat di buku skala prioritas. Jangan menghamburkan uang untuk hal-hal yang tidak penting dan bersifat sementara.

Hidup boros juga tidak baik bagi kesehatan keuangan kalian, bisa saja karena terlalu boros kalian terjerumus dalam hutang. Maka dari itu berhematlah dan bijak dalam menggunakan uang.

  1. Memanfaatkan Diskon, Promo dan Cuci Gudang

Tips mengatur keuangan rumah tangga selanjutnya adalah dengan manfaatkan dengan baik jika ada toko yang menawarkan diskon, promo dan cuci gudang. Karena kalian bisa mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga yang cukup murah.

Dengan adanya diskon, promo dan cuci gudang kalian bisa mendapatkan barang dengan harga miring tetapi kualitasnya tetap baik.

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 2 Juta

  1. Membandingkan Harga setiap Membeli Sesuatu

Harga yang ditawarkan di setiap tempat kebanyakan memiliki perbedaan walaupun harganya hanya selisih 500 atau 1000 perak. Meskipun begitu selisih tersebut lumayan banyak. Sehingga perlu sekali untuk melakukan perbandingan harga.

Dengan produk sama tapi harga berbeda sedikit itu juga menjadi salah satu langkah hemat dalam membeli barang. Sebelum membeli barang kalian juga bisa survei terlebih dahulu untuk mamastikan toko yang menjual barang cukup murah dan ada sedikit selisih harga dengan toko lain.

  1. Simpan Uang Kembalian

Setiap kali membeli sesuatu pasti selalu ada kembalian, meskipun kembaliannya tidak banyak kalian tetap harus menyimpannya. Simpan saja di dalam celengan atau dompet khusus agar aman. Biasanya uang kembalian berupa uang logam receh atau juga recehan yang bentuk lembaran.

Menyimpan kembalian juga bisa menjadi kebiasaan yang baik, kalian juga bisa menggunakan uang kembalian ditabung sedikit demi sedikit. Dan jika sudah terkumpul banyak kalian bisa menukarnya menjadi uang utuh nominal besar di bank atau penjual yang sering butuh uang kecil untuk kembalian.

Baca Juga: Cara Menabung di Bank BRI

  1. Menabung di awal Bulan

Menabung wajib di awal bulan menerima gaji, penyisihan dana khusus untuk menabung jangan diganggu. Karena uag ini nantinya akan digunakan untuk keperluan di masa mendatang.

Prosentase minimal menabung sekitar minimal 20% dari total gaji yang diterima. Jika gaji kalian bertambah dan lebih banyak dari penghasilan sebelumnya lebih baik prosentase nominal menabung kalian tambahkan saja.

  1. Investasi yang Terjangkau

Investasi saat ini sudah menjadi hal yang umum dilakukan, karena sifatnya yang jangka panjang dan tidak ada batas pensiun. Kecuali untuk investasi asuransi kesehatan serta jiwa yang ada beberapa batasan usianya.

Investasi paling aman dan stabil adalah emas kadar 99,9%, biasanya emas yang berbentuk batangan. Kalian juga bisa investasi emas perhiasan tetapi emas perhiasan memiliki kekurangan yaitu susah untuk naik sehingga jika dijual kembali cenderung turun harganya.

Maka dari itu lebih baik kalian membeli emas batangan saja yang bentuknya simpel dan aman di tangan.

Nah itu tadi beberapa tips dan cara mengatur keuangan rumah tangga atau keluarga. Banyak sekali bukan yang harus dikerjakan. Terima kasih sudah berkunjung semoga bisa membantu kaian.

Jangan lupa share ke teman-teman kalian jika sudah membantu. Tinggalkan komentar atau pertanyaan di kolom yang telah kami sediakan jika ada yang kurang dipahami.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA